Ketahui 8 Cara Membuat Karyawan Jujur!

Kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam diri setiap individu. Di dunia pekerjaan, pastinya hal ini juga dibutuhkan. Perusahaan membutuhkan karyawan-karyawan yang jujur dalam bekerja. pegawai yang jujur adalah pegawai yang pastinya di inginkan oleh setiap perusahaan. Karena, kejujuran karyawan adalah salah satu pondasi penting dalam kemakmuran dan kemajuan perusahaan.

Semua karyawan mungkin dapat bekerja dengan baik namun tidak semua orang dapat berlaku jujur. Oleh karena itu, penting bagi para pimpinan untuk membuat karyawan menjadi seorang yang jujur. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat karyawan menjadi jujur dan cara mencarinya. Simak terus ulasan dibawah ini!

Cara Membuat Karyawan Menjadi Jujur

Untuk mendapatkan karyawan yang jujur tidaklah mudah, namun bukan berarti sifat jujur karyawan tidak dapat dibentuk. Kamu bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini untuk membuat karyawan mu menjadi jujur.

Dibawah ini adalah cara membuat karyawan menjadi jujur antara lain adalah:

Menjadi Contoh Pemimpin Yang Baik

Pemimpin seharusnya dapat menjadi contoh yang baik agar bisa ditiru oleh karyawan-karyawannya. Kamu harus menjadi pemimpin yang dapat memberi contoh positif kepada karyawanmu. Berperilaku jujur sebagai pimpinan tentu akan menjadi tolak ukur bagi para karyawan pada kehidupan mereka di kantor.

Oleh karena itu, mulai lah dari diri mu sendiri sebagai pimpinan. Berikanlah contoh perilaku jujur kepada karyawanmu. Perilaku tidak jujur yang kamu lakukan sebagai pemimpin akan memberikan dampak negatif yang besar kepada perusahaan kamu. Para karyawanmu akan menghargai sifat asli, transparan dan jujur yang dimiliki pemimpinnya.

Memberikan Apresiasi

Seperti apa yang telah kita ketahui, mencari seseorang yang bersifat jujur merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki karyawan yang bekerja dengan jujur dalam lingkungan kerjamu, jangan sungkan untuk memberikan apresiasi kepada mereka. Jangan ragu untuk memberikan apresiasi kepada karyawan kamu yang memiliki sifat jujur. Kamu bisa memberikan penghargaan berupa barang yang ia sukai.

Barang yang diberikan tidak perlu mahal dan mewah. Apabila karyawan jujur tersebut diberikan hadiah, maka ia akan merasa senang dan mengingat bahwa perusahaanmu adalah perusahaan yang sangat menjunjung tinggi kejujuran seseorang. Karyawan tersebut pastinya akan merasa semakin betah.

Menghukum Pembohong dengan Hukuman Berat

Apabila kamu menemukan langsung bahwa karyawanmu sedang berbohong, entah berbohong kecil atau besar, hukumlah dia, Jika terdapat satu kebohongan yang dilakukan oleh karyawanmu dan hal tersebut terus menerus dibiarkan maka nantinya kebohongan itu akan menjadi kebiasaan.

Apabila karyawanmu sesekali tertangkap bahwa ia berbohong kecil maka, berikan kepadanya hukuman yang ringan. Namun, jika ia telah melakukan kebohongan beberapa kali dan juga melakukan kebohongan yang cukup besar hingga hal itu memberikan imbas terhadap perusahaan kamu.

Kamu dapat memberikan hukuman yang cukup berat kepadanya. Memberikan hukuman penting untuk membuat karyawan kamu menjadi seorang yang lebih jujur. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan untuk karyawanmu melakukan kebohongan-kebohongan selanjutnya.

Hindari Menjadi Pemimpin yang Pilih Kasih

Sebagai pimpinan, seharusnya kamu dapat menghindari sifat pilih kasih. Memilih-milih karyawan yang telah bekerja dari dulu sampai saat ini tidaklah memberikan manfaat kepada kamu. Hal tersebut justru hanya akan menimbulkan masalah. Biasanya, jika seseorang memiliki teman atau kerabat yang bekerja menjadi bawahan, maka hal ini akan membuat orang tersebut dapat berlaku tidak adil.

Apabila kamu memiliki kerabat atau teman yang bekerja menjadi bawahan, perlakukan dia seperti karyawan pada selayaknya. Jangan memberikan sikap yang berbeda diantara karyawan yang memiliki relasi dekat dengan kamu, dan yang bukan. Apabila temanmu melakukan kebohongan, maka hukum dia seperti kamu menghukum karyawanmu yang lain.

Menerapkan Keadilan

Hindari untuk bertindak tidak adil kepada karyawan kamu. Karena hal itu hanya akan memperkeruh lingkungan kerja. Sebagai pimpinan, belajarlah untuk bersikap adil kepada semuanya dalam hal apapun.

Kamu harus tegas dalam menangani kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh karyawanmu. Apabila kamu telah menanamkan sikap tegas, maka karyawanmu akan takut untuk melakukan kebohongan atau perbuatan tercela lainnya.

Tanamkan Budaya Keterbukaan

Dalam membantu upaya untuk membuat karyawan anda menjadi seseorang yang jujur, ciptakan budaya komunikasi yang terbuka dan jujur. Komunikasi merupakan faktor yang menjadi kunci dalam menjaga tempat kerja bebas dari rumor, negativitas, dan ketidakjujuran. Biarkan karyawan kamu untuk menyuarakan keberatannya, memberikan ide, dan meminta saran tanpa takut akan hukuman atau reaksi defensif.

Dorong selalu agar karyawan-karyawan kamu untuk bekerja dengan keterbukaan. Buatlah jadwal atau waktu-waktu khusus setiap hari atau setiap minggu untuk berdiskusi dengan karyawan kamu. Banyak hal yang dapat didiskusikan dimulai dari mengidentifikasi masalah apa saja yang dihadapinya dalam pekerjaan. Hal ini tidak hanya memberikan budaya positif bagi perusahaan kamu, namun bermanfaat juga untuk menutup peluang karyawan untuk melakukan kebohongan.

Tekankan Rasa Bertanggung Jawab

Tanamkan rasa tanggung jawab terhadap karyawan kamu, hal ini penting agar mereka dapat menghadapi dan mengatasi kesalahan yang mereka perbuat sesegera mungkin. Karyawan kamu adalah seorang manusia yang tidak akan luput dalam melakukan kesalahan dari waktu ke waktu. Minta karyawan kamu untuk menyadari kesalahan yang mereka perbuat sesegera mungkin tanpa takut akan konsekuensi negatif. Buatlah mereka bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka lakukan.

Hal ini akan membantu untuk mendorong karyawan kamu melakukan kejujuran dalam pekerjaan. Apabila sifat tanggung jawab telah kamu tanamkan pada karyawanmu, maka hal ini akan menghindari mereka dari kebohongan ketika mereka melakukab suatu kesalahan.

Karyawan pastinya juga ingin bekerja untuk perusahaan yang memiliki suasana etis, bertanggung jawab, dan transparan. Salah satu cara terbaik bagi organisasi untuk menunjukkan nilai-nilainya adalah jujur dan transparan tentang apa yang diyakini dan diperjuangkan perusahaan.

Memberi Penjelasan Kepada Para Karyawan

Pemimpin pada perusahaan dapat membuat karyawannya manjadi lebih jujur dan terbuka dengan menjelaskan alasan dan keputusan yang mereka keluarkan. Seringkali, para karyawan merasa tidak tahu menahu sama sekali jika perusahaan melakukan sesuatu secara tiba-tiba atau ketika suatu keputusan yang tidak mereka pahami dibuat. Hal ini dapat mengarah pada budaya di mana karyawan-karyawan merasa tidak diperdulikan dan acuh tak acuh kepada pemimpinnya.

Sayangnya, sampai hari ini masih terjadi dimana sebuah perusahaan memecat karyawan dengan cara yang membuat karyawan bertanya-tanya. Para karyawan tidak dapat mengajukan pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana keputusan untuk memecat mereka dibuat. Ini mengikis kepercayaan karyawan yang tersisa dan meningkatkan skeptisisme.

Jika para pemimpin menjelaskan bagaimana mereka sampai pada suatu keputusan tertentu serta apa dampak keputusan itu terhadap perusahaan, departemen dan karyawan lainnya. Maka, karyawan akan lebih menghargai pemimpin mereka dan akan percaya bahwa mereka dapat dipercaya dan jujur.

Setelah mengetahui cara-cara untuk membuat karyawan jujur, kini kamu bisa mempraktekkan hal tersebut pada perusahaan kamu. Agar membantu kamu dalam mendorong kejujuran karyawan, Jojonomic punya solusinya! Jojonomic memiliki aplikasi yang bernama JojoExpenses untuk menghindari kecurangan reimbursement yang dapat dilakukan karyawanmu. JojoExpenses memiliki fitur anti-fraud system yang membantu kamu dalam memonitor keuangan perusahaan. Yuk coba sekarang!