Ketahui 8 Cara Membuat Karyawan Jujur!

Kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam diri setiap individu. Di dunia pekerjaan, pastinya hal ini juga dibutuhkan. Perusahaan membutuhkan karyawan-karyawan yang jujur dalam bekerja. pegawai yang jujur adalah pegawai yang pastinya di inginkan oleh setiap perusahaan. Karena, kejujuran karyawan adalah salah satu pondasi penting dalam kemakmuran dan kemajuan perusahaan.

Semua karyawan mungkin dapat bekerja dengan baik namun tidak semua orang dapat berlaku jujur. Oleh karena itu, penting bagi para pimpinan untuk membuat karyawan menjadi seorang yang jujur. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat karyawan menjadi jujur dan cara mencarinya. Simak terus ulasan dibawah ini!

Cara Membuat Karyawan Menjadi Jujur

Untuk mendapatkan karyawan yang jujur tidaklah mudah, namun bukan berarti sifat jujur karyawan tidak dapat dibentuk. Kamu bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini untuk membuat karyawan mu menjadi jujur.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dibawah ini adalah cara membuat karyawan menjadi jujur antara lain adalah:

Menjadi Contoh Pemimpin Yang Baik

Pemimpin seharusnya dapat menjadi contoh yang baik agar bisa ditiru oleh karyawan-karyawannya. Kamu harus menjadi pemimpin yang dapat memberi contoh positif kepada karyawanmu. Berperilaku jujur sebagai pimpinan tentu akan menjadi tolak ukur bagi para karyawan pada kehidupan mereka di kantor.

Oleh karena itu, mulai lah dari diri mu sendiri sebagai pimpinan. Berikanlah contoh perilaku jujur kepada karyawanmu. Perilaku tidak jujur yang kamu lakukan sebagai pemimpin akan memberikan dampak negatif yang besar kepada perusahaan kamu. Para karyawanmu akan menghargai sifat asli, transparan dan jujur yang dimiliki pemimpinnya.

Memberikan Apresiasi

Seperti apa yang telah kita ketahui, mencari seseorang yang bersifat jujur merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki karyawan yang bekerja dengan jujur dalam lingkungan kerjamu, jangan sungkan untuk memberikan apresiasi kepada mereka. Jangan ragu untuk memberikan apresiasi kepada karyawan kamu yang memiliki sifat jujur. Kamu bisa memberikan penghargaan berupa barang yang ia sukai.

Barang yang diberikan tidak perlu mahal dan mewah. Apabila karyawan jujur tersebut diberikan hadiah, maka ia akan merasa senang dan mengingat bahwa perusahaanmu adalah perusahaan yang sangat menjunjung tinggi kejujuran seseorang. Karyawan tersebut pastinya akan merasa semakin betah.

Menghukum Pembohong dengan Hukuman Berat

Apabila kamu menemukan langsung bahwa karyawanmu sedang berbohong, entah berbohong kecil atau besar, hukumlah dia, Jika terdapat satu kebohongan yang dilakukan oleh karyawanmu dan hal tersebut terus menerus dibiarkan maka nantinya kebohongan itu akan menjadi kebiasaan.

Apabila karyawanmu sesekali tertangkap bahwa ia berbohong kecil maka, berikan kepadanya hukuman yang ringan. Namun, jika ia telah melakukan kebohongan beberapa kali dan juga melakukan kebohongan yang cukup besar hingga hal itu memberikan imbas terhadap perusahaan kamu.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kamu dapat memberikan hukuman yang cukup berat kepadanya. Memberikan hukuman penting untuk membuat karyawan kamu menjadi seorang yang lebih jujur. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan untuk karyawanmu melakukan kebohongan-kebohongan selanjutnya.

Hindari Menjadi Pemimpin yang Pilih Kasih

Sebagai pimpinan, seharusnya kamu dapat menghindari sifat pilih kasih. Memilih-milih karyawan yang telah bekerja dari dulu sampai saat ini tidaklah memberikan manfaat kepada kamu. Hal tersebut justru hanya akan menimbulkan masalah. Biasanya, jika seseorang memiliki teman atau kerabat yang bekerja menjadi bawahan, maka hal ini akan membuat orang tersebut dapat berlaku tidak adil.

Apabila kamu memiliki kerabat atau teman yang bekerja menjadi bawahan, perlakukan dia seperti karyawan pada selayaknya. Jangan memberikan sikap yang berbeda diantara karyawan yang memiliki relasi dekat dengan kamu, dan yang bukan. Apabila temanmu melakukan kebohongan, maka hukum dia seperti kamu menghukum karyawanmu yang lain.

Menerapkan Keadilan

Hindari untuk bertindak tidak adil kepada karyawan kamu. Karena hal itu hanya akan memperkeruh lingkungan kerja. Sebagai pimpinan, belajarlah untuk bersikap adil kepada semuanya dalam hal apapun.

Kamu harus tegas dalam menangani kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh karyawanmu. Apabila kamu telah menanamkan sikap tegas, maka karyawanmu akan takut untuk melakukan kebohongan atau perbuatan tercela lainnya.

Tanamkan Budaya Keterbukaan

Dalam membantu upaya untuk membuat karyawan anda menjadi seseorang yang jujur, ciptakan budaya komunikasi yang terbuka dan jujur. Komunikasi merupakan faktor yang menjadi kunci dalam menjaga tempat kerja bebas dari rumor, negativitas, dan ketidakjujuran. Biarkan karyawan kamu untuk menyuarakan keberatannya, memberikan ide, dan meminta saran tanpa takut akan hukuman atau reaksi defensif.

Dorong selalu agar karyawan-karyawan kamu untuk bekerja dengan keterbukaan. Buatlah jadwal atau waktu-waktu khusus setiap hari atau setiap minggu untuk berdiskusi dengan karyawan kamu. Banyak hal yang dapat didiskusikan dimulai dari mengidentifikasi masalah apa saja yang dihadapinya dalam pekerjaan. Hal ini tidak hanya memberikan budaya positif bagi perusahaan kamu, namun bermanfaat juga untuk menutup peluang karyawan untuk melakukan kebohongan.

Tekankan Rasa Bertanggung Jawab

Tanamkan rasa tanggung jawab terhadap karyawan kamu, hal ini penting agar mereka dapat menghadapi dan mengatasi kesalahan yang mereka perbuat sesegera mungkin. Karyawan kamu adalah seorang manusia yang tidak akan luput dalam melakukan kesalahan dari waktu ke waktu. Minta karyawan kamu untuk menyadari kesalahan yang mereka perbuat sesegera mungkin tanpa takut akan konsekuensi negatif. Buatlah mereka bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka lakukan.

Hal ini akan membantu untuk mendorong karyawan kamu melakukan kejujuran dalam pekerjaan. Apabila sifat tanggung jawab telah kamu tanamkan pada karyawanmu, maka hal ini akan menghindari mereka dari kebohongan ketika mereka melakukab suatu kesalahan.

Karyawan pastinya juga ingin bekerja untuk perusahaan yang memiliki suasana etis, bertanggung jawab, dan transparan. Salah satu cara terbaik bagi organisasi untuk menunjukkan nilai-nilainya adalah jujur dan transparan tentang apa yang diyakini dan diperjuangkan perusahaan.

Memberi Penjelasan Kepada Para Karyawan

Pemimpin pada perusahaan dapat membuat karyawannya manjadi lebih jujur dan terbuka dengan menjelaskan alasan dan keputusan yang mereka keluarkan. Seringkali, para karyawan merasa tidak tahu menahu sama sekali jika perusahaan melakukan sesuatu secara tiba-tiba atau ketika suatu keputusan yang tidak mereka pahami dibuat. Hal ini dapat mengarah pada budaya di mana karyawan-karyawan merasa tidak diperdulikan dan acuh tak acuh kepada pemimpinnya.

Sayangnya, sampai hari ini masih terjadi dimana sebuah perusahaan memecat karyawan dengan cara yang membuat karyawan bertanya-tanya. Para karyawan tidak dapat mengajukan pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana keputusan untuk memecat mereka dibuat. Ini mengikis kepercayaan karyawan yang tersisa dan meningkatkan skeptisisme.

Jika para pemimpin menjelaskan bagaimana mereka sampai pada suatu keputusan tertentu serta apa dampak keputusan itu terhadap perusahaan, departemen dan karyawan lainnya. Maka, karyawan akan lebih menghargai pemimpin mereka dan akan percaya bahwa mereka dapat dipercaya dan jujur.

Membuat karyawan jujur perlu dilakukan oleh perusahaan mana saja. Sebab mendapatkan karyawan jujur bisa membuat bisnis atau usaha berjalan dengan lebih lancar sehingga pencapaian target bisa lebih maksimal. Kejujuran pada dasarnya menjadi suatu hal yang penting bagi perusahaan. Sebab dengan adanya kejujuran maka perusahaan bisa berjalan dengan baik sehingga perusahaan bisa berkembang dan maju secara maksimal. Perilaku jujur memang kelihatan sepele namun sikap ini sangat diperlukan untuk kemajuan bisnis atau usaha. Oleh karena itu perilaku jujur dari para karyawan perlu ditingatkan. Berbagai hal bisa dilakukan untuk meningkatkan sikap dan perilaku jujur tersebut. Maka ke depannya perusahaan bisa maju dan berkembang dengan lebih baik lagi.

Tujuan Membuat Karyawan Jujur

Membuat karyawan jujur untuk pembentukan karakter baik

Karakter baik yang dimiliki oleh seseorang sangat berpengaruh pada diri orang tersebut. Tidak hanya dalam bersosialisasi di masyarakat saja tetapi juga di dunia kerja rupanya karakter diri turut berpengaruh. Dengan adanya kebiasaan untuk menjadi jujur maka tiap karyawan secara lambat laun akan memiliki karakter yang baik. Karakter baik selanjutnya harus tetap dipertahankan termasuk dalam bekerja. Sebab karakter baik pada dasarnya turut berpengaruh pada kinerja karyawan.

Reputasi diri karyawan meningkat

karakter baik yang meliputi sikap jujur pada seorang karyawan tentu akan meningkatkan reputasi dirinya. Bahkan reputasi diri ini tidak hanya didapatkan di dunia kerja saja. tetapi secara lebih jauh reputasi diri ini akan tampak semakin meningkat pula bagi setiap orang yang berada di sekitar karyawan tersebut. Reputasi diri yang baik tentu akan memberikan dampak positif termasuk di dunnia kerja. Reputasi diri yang meningkat bisa saja mempercepat proses promosi diri hingga karier bisa menanjak.

Membuat karyawan jujur untuk meningkatkan kinerja tim

Jika sebuah perusahaan memiliki karyawan yang memiliki sikap jujur maka sudah tentu lingkungan kerja menjadi lebih kondusif. Sebab kejujuran yang ada pada setiap karyawan cenderung meningkatkan kinerja tim. Setiap karyawan yang bergabung ke dalam sebuah tim bisa meningkatkan sikap saling percaya antara yang satu dengan yang lainnya. Tentunya kinerja tim ini akan meningkatkan segala keuntungan bagi perusahaan. Bahkan keuntungan yang diperoleh ini bisa di seluruh aspek atau divisi yang terdapat di suatu perusahaan sehingga keuntungan bsia diperoleh secara maksimal.

Pencapaian visi perusahaan

Pada akhirnya sikap jujur yang dimilikioleh seluruh karyawan bisa membantu perusahaan untuk lebih mudah mencapai tujuannya. Apa yang menjadi visi bagi sebuah perusahaan bisa diraih secara lebih maksimal. hal ini tentu berhubungan dengan adanya produktivitas perusahaan yang semakin meningkat. Sedangkan produktivitas perusahaan ini sendiri turut dipengaruhi oleh kinerja karyawan yang baik.

Citra perusahaan terjaga

Tujuan perusahaan yang tercapai umumnya meliputi berbagai hal. Mulai dari keberhasilan dalam hal pemasaran dan penjualan produk serta dalam hal meningkatkan layanan pada konsumen. Perusahaan juga umumnya bertujuan untuk bisa mempertahakan customer loyal yang bsia memberikan kepastian pendapatan bagi perusahaan. Maka dengan adanya kinerja karyawna dan produktivitas perusahaan yang kontinyu tentunya citra dan nama baik perusahaan akan selalu terjaga. Hingga akhirnya setiap tujuan perusahaan bisa lebih mudah untuk dicapai. Oleh akrena itu kejujuran yang berkaitan dengan karakter diri karyawan perlu dipertahankan demi pembentukan nama baik perusahaan.

Strategi Membuat Karyawan Jujur

Melakukan interview untuk membuat karyawan jujur

Proses iterview tentu sudah tidak asing lagi bagi suatu perusahaan. Interview biasa dilakukan di saat perusahaan melakukan proses perekrutan pegawai. Dalam proses interview ini pastikan bahwa perusahaan bisa memperoleh segala informasi mengenai pegawai yang akan diterima. Sebab siapa yang akan bergabung ke dalam tim perusahaan pada akhirnya akan turut berpengaruh pada kinerja perusahaan. Oleh karena itu berikan pertanyaan yang tepat pada para calon karyawan. Di samping itu perhatikan bagaima calon karyawan berbicara dan menjawab setiap pertanyaan dalam proses interview.

Informasi mengenai test

Tes yang dilakukan di suatu perusahaan mungkin bisa juga disebut dengan istilah lainnya. Misalnya disebut dengan istilah assessment atau sejenisnya. Tes ini umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja dan prestasi karyawan. Maka Anda bisa memberika info mengenai rencana pengadaan test pada para karyawan. Umumnya karyawan akan mempersiapkan diri secara lebih baik jika tahu bahwa akan diadakan test. Maka karyawan akan selalu memperbaiki karakter dirinya salah satunya adalah dengan mengembangkan sikap jujur.

Perjanjian secara tertulis

Sebuah perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak umumnya diungkapkan dalam bentuk tulisan. Perjanjian secara tertulis bisa menjadi suatu sarana bagi perusahaan untuk membuat karyawan agar bisa berlaku dan bersikap jujur. Sebab sebisa mungkinkaryawana kan berusaha untuk selalu menepati apa yang telah menjadi kesepakatan antara dirinya dan perusahaan. Terlebih lagi jika kesepakatan tersebut dinyatakan dalam bentuk tulisan dan ditandatangani secaralangsung oleh dirinya di atas materai. Maka karyawan akan selalu berusaha untuk bisa berperilaku sesuai dengan perjanjian tersebut dan tidak melanggarnya.

Pemberian punishment untuk membuat karyawan jujur

Punishment atau hukuman umumnya diberikan pada karyawan yang telah melakukan pelanggaran. Dengan adanya punishment atau hukuman inimaka karyawan akan menjadi lebih waspada. Kinerjanya akan diupayakan semaksimal mungkin agar bisa berjalan sesuai dengan harapan perusahaan. Sebisa mungkin karyawan akan selalu berusaha untuk bertindak sesuai dengan aturan.

Termasuk pula sikap jujur yang tentunya akan selalu dikembangkan oleh karyawan agar terhindar dari berbagai kesalahan. Dengan adanya sikap dan perilaku yang disesuaikan dengan permintaan perusahaan maka tiap karyawan akan terhindar dari pelanggaran. Hal ini berarti pula bahwa tiap karyawan akan terhindar dari hukuman ataupun punishment. Oleh karena itu sebaiknya setiap perusahaan bisa menerapkan adanya sanksi secraa tegas untuk mengatur para karyawan.

Adanya reward dalam membuat karyawan jujur

Tidak ada salahnya bagi sebuah perusahaan untuk memberikan reward bagi setiap karyawan yang memang telah bekerja dengan baik. Karyawan yang berprestasi dan telah memberikan kontribusi bagi perusahaan boleh saja diberi reward oleh perusahaan. Termasuk pula karyawan yang selama ini telah bekerja dengan jujur dan dengan disertai karakter baik lainnya. Hal ini akan memotivasi karyawan secara lebih lagi.

Pentingnya Membuat Karyawan Jujur

Membuat karyawan jujur mungkin tidak semudah seperti apa yang dibayangkan atau dipikirkan. Pada prakteknya membuat seluruh karyawan bisa bekerja secara jujur cukup sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi jika jumlah karyawan di sebuah perusahaan sangatlah banyak. Tentu akan menjadi sangat sulit bagi perusahaan untuk membuat seluruh karyawan menjadi jujur seperti yang diharapkan. Maka berbagai upaya perlu dilakukan agar karyawan bisa selalu jujur terutama dalam bekerja.

Kejujuran memang sangat penting dan bahkan menjadi suatu modal utama agar usaha menjadi sukses. Dengan adanya karakter jujur maka nantinya akan terbentuk suatu integritas yang tinggi dari seluruh karyawan. Maka pencapaian tujuan perusahaan bisa diraih secara bersama-sama.

Setelah mengetahui cara-cara untuk membuat karyawan jujur, kini kamu bisa mempraktekkan hal tersebut pada perusahaan kamu. Agar membantu kamu dalam mendorong kejujuran karyawan, Jojonomic punya solusinya! Jojonomic memiliki aplikasi yang bernama JojoExpenses untuk menghindari kecurangan reimbursement yang dapat dilakukan karyawanmu. JojoExpenses memiliki fitur anti-fraud system yang membantu kamu dalam memonitor keuangan perusahaan. Yuk coba sekarang!