Memilih Investor Yang Tepat Bagi Pendanaan Usaha

memilih investor

Memilih investor sebenarnya tidaklah terlalu sulit tetapi juga tidaklah mudah. Memilih investor sebaiknya dilakukan dengan lebih jeli agar Anda bisa mendapatkan investor yang sesuai dengan harapan. Menemukan investorbyang tepat dengan keinginan kita memang membutuhkan usaha yang cukup keras. Hal inilah yang terkadang cukup memberatkan bagi seorang pengusaha. Seringkali bahkan seorang pengusaha mengalami kesulitan dalam mencari investor yang sesuai dengan harapannya.

Kesulitan dalam menemukan investor yang tepat inilah yang kemudian bisa membuat seorang pengusaha yang sedang merintis bisnisnya ini mengalami kegagalan. Sebab pengusaha mengalami kesalahan dalam memilih investor pada awal membuka usaha atau bisnis. Kesalahan dalam memilih investor ini tidak seharusnya dipandang remeh sebab kesalahan dalam mendapatkan investor bisa saja membuat usaha atau bisnis Anda menjadi terhambat dan mengalami kegagalan dalam proses perkembangannya menuju ke kesuksesan.

Tentu saja kegagalan dan segala hambatan atau kendala di dalam jalannya usaha Anda ini tidaklah diinginkan. Namun bila investor yang dipilih dan didapatkan itu sesuai dengan keinginan serta harapan perusahaan maka perusahaan akan semakin berkembang dengan baik. Oleh karena itu memilih siapa saja yang akan menjadi investor sudah seharusnya dilakukan dengan lebih jeli sehingga investor yang telah dipilih ini bisa memberikan peluang bagi perusahaan untuk menjadi semakin berkembang pesat.

Tips Mendapatkan Investor

Memilih investor untuk bisnis Anda sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih mudah jika Anda memahami beberapa tips yang tepat dalam memilih investor. Salah satunya adalah dengan mengetahui beberapa jenis investor sehingga Anda bisa memilih investor yang paling tepat. Jenis investor memang perlu dikenal lebih rinci agar Anda tidak sampai melakukan kesalahan dalam memilih investor untuk mendukung bisnis Anda.

Memilih investor sebaiknya juga tidak hanya didasarkan pada uang saja. Anda mungkin bisa memilih satu atau lebih investor yang sekiranya dapat memberikan banyak pengetahuan pada Anda mengenai cara atau tips mengembangkan bisnis. Tentunya investor yang baik akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis bahkan bisa memberikan berbagai tips agar bisnis Anda bisa tepat sasaran. Investor bahkan bisa membantu Anda dalam mengatasi masa sulit yang mungkin saja bisa terjadi pada bisnis Anda. Dengan memahami beberapa jenis investor maka sudah tentu Anda akan mendapatkan investor yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Jenis Investor

Sekalipun investor bertugas untuk mendukung perusahaan namun sebenarnya investor ini terbagi ke dalam beberapa jenis. Salah satunya adalah Private Equity yang umumnya meliputi pendanaan proyek dan pembelian perusahaan. Investor kedua adalah Ventura Capitan yang meliputi penanaman modal pada usaha yang tergolong usaha rintisan atau masih awal berdiri dan biasanya dinilai dapat memperoleh kesuksesan. Jenis investor yang terakhir adalah Angel Investor yang mencari keuntungan tinggi melalui investasi pribadi pada perusahaan rintisan.

Seluruh jenis investor ini memiliki kegunaannya masing-masing. Dengan kata lain Anda harus melihat kebutuhan usaha Anda dalam memutuskan investor jenis apa yang akan digunakan untuk mendukung usaha Anda. Apakah Anda membutuhkan investasi dalam jumlah yang kecil ataukah besar. Sebab bila investasi yang dibutuhkan itu tergolong kecil maka Anda bisa memilih investasi pribadi. Namun bila Anda membutuhkan sebuah investasi untuk usaha yang cukup besar maka investasi yang digunakan setidaknya investasi yang mencakup skala besar dan umumnya bersifat formal.

Kesalahan dalam Memilih Investor

Kesalahan seorang pengusaha dalam memilih investor tak jarang terjadi. Bahkan seringkali dijumpai timbulnya kerugian pada suatu perusahaan karena adanya kesalahan dalam mencari dan memilih investor. Jika investor berperan sebagai penyokong atau pemberi dana untuk usaha atau bisnis Anda maka sebaiknya Anda dengan jeli mencari investor dan mempertimbangkan benar investor seperti apa yang dibutuhkan. Sebaiknya jangan sampai memilih investor sehingga Anda tidak sampai mengalami sebuah kerugian. Misalnya saja jika Anda baru pertama kali membangun usaha dan usaha ini merupakan rintisan maka sebaiknya carilah investor yang sesuai. Anda bisa menggunakan investor pribadi yang akan mendukung usaha kecil Anda sehingga resiko terjadinya kerugian pada bisnis Anda tersebut lebih kecil.

Sebaiknya jangan menggunakan investor besar untuk usaha rintisan sebab pendapatan yang diperoleh belum tentu cukup untuk mengganti dana investasi yang telah diberikan pada Anda. Oleh karena itu carilah investor yang sesuai dnegan kebutuhan bisnis Anda yang sedang berjalan. Kesalahan penggunaan investor bukan tidak mungkin akan menyebabkan timbulnya kerugian pada bisnis yang sedang dirintis. Kesalahan pemilihan investor akan menyebabkan bisnis mengalami kendala dan bahkan mungkin tidak dapat tepat sasaran.

Waktu yang Tepat Memilih Investor

Pada dasarnya pendanaan merupakan bagian yang terpentong bagi seseorang untuk membuka suatu jenis usaha atau bisnis. Baik kecil ataupun besar tetap saja suatu bisnis membutuhkan dana agar dapat beroperasional dengan baik. Oleh karena itu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih invwstor agar usaha Anda dapat berjalan dengan lebih lancar. Namun memilih investor haruslah tepat dna hal ini perlu dilakukan saat Anda akan memulai bisnis Anda.

Tidak semua usaha membutuhkan sokongan dana dalam jumlah yang besar. Jika merintis usaha dimulai dari kecil-kecilan terlebih dahulu maka Anda lebih baik memilih investor pribadi yang dapat memberikan dana dalam jumlah kecil. Selanjutnya jalankan usaha Anda dengan baik agar bisa semakin berkembang. Usaha yang berkembang inilah yang nantinya bisa saja membutubkan investor besar sehingga hasilnya juga bisa lebih besar daripada sebelumnya.

Memilih investor memang hal penting untuk memastikan perusahaan bertahan lebih baik dan tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Sehingga hal ini perlu dilakukan dengan teliti dan secermat mungkin. Demikian halnya menghitung pengeluaran perusahaan sebaiknya jangan gegabah dan asal-asalan saja. Selalu pastikan menghitung dengan baik jumlah pengeluaran dan pendapatan perusahaan supaya di kemudian hari tidak ditemukan kesalahan. Terutama bila dilakukan audit terhadap keuangan.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakan program yang lebih baik dan sistematis. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dimana program ini akan bekerja maksimal dalam menghitung seluruh pengeluaran perusahaan dengan cermat tanpa ada satupun yang terlewat. Tidak hanya itu saja, penggunaan program ini juga meminimkan resiko terjadi kecurangan dalam keuangan perusahaan. Sehingga dengan demikian sistem pemasukan serta pengeluaran perusahaan berjalan sesuai dengan kenyataannya.

Tentu saja hal ini berkat adanya fitur menarik yang dimiliki oleh JojoExpense termasuk fitur Mobile Approval, Capture Expenses, Budget Controlling, Reimburse via App & Web, Cash Advanced, serta masih banyak lagi fitur pendukung lainnya yang tak kalah menarik. Sehingga dijamin keuangan perusahaan terkontrol dengan optimal. Oleh karena itu segera beralih pada program yang satu ini. Dapatkan coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda dan lihat sendiri bagaimana program ini bekerja dengan efektif dan efisien. Dengan demikian keuangan perusahaan akan selalu sehat dan pengontrolannya lebih mudah serta optimal. Yuk, cobain dulu!