Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menambah Karyawan Baru?

Jika perusahaanmu sedang berkembang, kamu mungkin berpikir untuk mempekerjakan karyawan baru. Menambah karyawan baru selalu merupakan langkah besar bagi perusahaan yang sedang berkembang. Mempekerjakan tenaga baru ke dalam campuran pemula memiliki banyak manfaat dan dampak yang positif untuk perusahaan, tetapi juga bisa menjadi sumber stres.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menambah dan mempekerjakan karyawan baru. Dalam jangka panjang perusahaanmu juga akan dikenakan biaya jika ternyata perusahaa tidak benar-benar membutuhkan seorang karyawan, atau jika mereka ternyata orang kurang kompatibel. Jadi, apakah ini waktu yang tepat?

Apakah Perusahaan Sanggup Menambah Karyawan Baru?

Menambah karyawan bukanlah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Proses yang diperlukan untuk membuat karyawan baru menjadi sigap dan siap bekerja dengan pekerjaan yang diberikan kadang-kadang diabaikan.

Hanya karena perusahaan merekrut kandidat yang terlihat potensial dan paling memenuhi syarat, bukan berarti mereka akan bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Banyak yang perlu dipersiapkan untuk menerima karyawan baru seperti orientasi, pelatihan, dan masa percobaan kerja. Perusahaan juga perlu mengetahui semua persyaratan hukum mengenai ketenagakerjaan.

Perusahaan harus memiliki ruang, peralatan, dan persediaan yang cukup agar karyawan baru dapat bekerja dengan baik. Menambah karyawan baru mungkin tampak seperti cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, tetapi atasan juga harus siap untuk serangkaian tugas baru.

menambah karyawanApakah Bisa Mendapatkan Calon Karyawan Yang Potensial?

Jika perusahaan memilih kandidat atau karyawan pemula yang tidak sesuai dengan apa yang diingikan oleh perusahaan, hal itu mungkin akan membebani divisi tempat karyawan tersebut bekerja dalam jangka panjang. Menemukan seseorang dengan keterampilan yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan tentu merupakan hal yang mahal.

Jika perusahaan menambah karyawan yang tidak cocok dan perusahaan tetap harus membayar kinerjanya yang buruk, hal ini tentu saja dapat merugikan perusahaan.

Mendapatkan kandidat yang potensial tentu merupakan hal yang tidak mudah. Karena lebih membutuhkan banyak waktu yang digunakan untuk menyeleksi kandidat calon karyawan yang tepat. Banyak yang harus dilakukan dan dipersiapkan untuk menambah karyawan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan seperti cv screening, test kemampuan, psikotest jika dibutuhkan, dan wawancara.

Namun, jika Anda melakukannya dengan benar, karyawan baru Anda dapat menjadi aset, menghasilkan lebih dari investasi Anda secara signifikan.

Apakah Perusahaan Sanggup Membiayai Karyawan Baru?

Cobalah untuk memperkirakan pendapatan perusahaan mulai dari satu atau dua tahun ke depan untuk melihat apakah sekiranya perusahaan mampu menambah karyawan baru. Membuat prediksi seperti ini bisa jadi sulit. Keadaan ekonomi menawarkan beberapa petunjuk, dengan permintaan tenaga kerja yang biasanya tidak selaras dengan tren ekonomi saat ini.

Menambah karyawan secara berlebihan merupakahn hal yang berbahaya untuk perusahaan, karena dapat menyebabkan karyawan menjadi tidak bekerja karena tidak memiliki pekerjaan yang cukup.

Menambah karyawan baru melibatkan lebih dari sekadar membayar gaji. Ada pajak dan asuransi yang perlu untuk dipertimbangkan juga. Selain itu, perusahaan mungkin perlu menyewa ruang kantor tambahan untuk mengakomodasi lebih banyak karyawan dan lebih banyak perlengkapan.

menambah karyawanApa Yang Ingin Dicapai Oleh Perusahaan?

Semuanya tergantung pada tujuan bisnis perusahaan. Apakah perusahaan merasa cukup dengan bisnis kecil, atau perusahaan ingin meningkatkan langkah kesuksesan? Menambah karyawan baru mungkin memicu kejutan bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Bahkan mungkin membatasi pertumbuhan perusahaan pada awalnya.

Manfaat dari menambah karyawan mungkin tidak terlihat secara langsung, akan membutuhkan waktu. Tetapi perekrutan yang baik dapat meningkatkan produktivitas perusahaan secara signifikan.

Mungkin sudah saatnya untuk menambah satu atau dua karyawan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan jika karyawan lainnya sudah tidak sanggup untuk menambah dan menangani beban kerja yang semakin bertambah.

Dengan mendapatkan bantuan berupa tenaga baru, karyawan lainnya dapat lebih mendedikasikan diri untuk menggerakkan perusahaan dengan cara yang benar dan lebih baik, atau menambang aliran pendapatan yang sempat tertunda.

Dengan beban kerja yang dibagikan, kinerja dan produktivitas perusahaan kemungkinan akan meningkat. Selain itu, perusahaan tidak akan terlalu rentan terhadap kesalahan yang disebabkan oleh karyawan yang terlalu banyak bekerja.

menambah karyawanApakah Saat Ini Waktu Yang Tepat?

Salah satu tandanya adalah ketika kamu dan rekan kerja lainnya merasa lelah dengan melakukan banyak tugas ditambah lagi dengan tugas yang rendah keterampilan, seperti pengemasan dan pengiriman. Ini mungkin akan lebih efektif dan lebih menghemat waktu jika dikerjakan oleh karyawan baru. Sehingga kamu dan rekan kerja lainnya lebih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang sifat urgensinya lebih tinggi.

Selain itu, Jika kamu dan beberapa rekan lainnya menerima lebih banyak keluhan mengenai pekerjaan dari biasanya, ini mungkin menandakan bahwa tenaga yang dimiliki oleh perusahaan terlalu sedikit, dan tenaga kerja dalam perusahaan saat ini tidak mampu menangani semua pekerjaan dengan baik.

Keluhan mengenai pekerjaan dan ulasan negatif buruk untuk bisnis, dapat memperburuk citra yang sudah dibangun oleh perusahaan. Sehingga lebih baik perusahaan perlu memastikan bahwa perusahaan memiliki cukup banyak orang untuk dipekerjakan dan untuk menyediakan layanan yang lebih baik bagi klien perusahaan.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru?

Setelah terpikir untuk mempekerjakan karyawan baru untuk perusahaan, ada baiknya pertanyaan-pertanyaan diatas perlu untuk dipikirkan sebelum merekrut karyawan baru. Karena dengan mempekerjakan karyawan baru dan ruang bekerja perusahaan tidak memiliki tempat yang cukup, maka perusahaan harus pindah ke tempat yang lebih besar untuk “menampung” karyawan lama dan baru.

Perusahaan harus siap untuk mengeluarkan biaya yang lebih karena karyawan yang baru direkrut. Selain itu juga, dengan menambah karyawan baru, tentu akan menambah pekerjaan untuk manajemen sumber daya manusia karena mendata lebih banyak karyawan. Hal ini mungkin bisa memberatkan pekerjaan perusahaan jika perusahaan merekrut karyawan baru yang cukup banyak.

JojoPayrollTetapi hal ini tidak akan menjadi sulit jika perusahaanmu dibantu oleh JojoPayroll. karena JojoPayroll dapat membantu perusahaanmu untuk mengelola pembayaran kapan saja dan dimana saja. Sehingga proses penghitungan pengeluaran untuk karyawan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Yuk segera gunakan JojoPayroll!