Mendisiplinkan Karyawan Demi Tercapainya Etos Kerja Yang Tinggi

Mendisiplinkan karyawan sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan namun juga tidak semudah membalik tangan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang pemilik perusahaan atau pemimpin perusahaan untuk bisa membuat para karyawannya menjadi lebih disiplin. karyawan sendiri sebenarnya merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Karyawan merupakan pilar yang terpenting dalam perusahaan karena karyawan inilah yang akan membuat perusahaan mengalami kemajuan. Oleh karena itu segala hal yang terjadi pada karyawan akan berdampak pada pekerjaannya sehingga bisa turut berdampak pada perusahaan. Terlebih lagi jika hal tersebut berkaitan dengan kedisiplinan seorang karyawan.

Kedisiplinan karyawan sangat perlu untuk ditingkatkan agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan maksimal. Oleh karena itu HRD bersama dengan pimpinan perusahaan perlu memperhatikan lebih lagi kinerja karyawan. Kedisiplinan karyawan perlu untuk diperhatikan dan dinilai agar bisa lebih ditingkatkan. Sebab dengan adanya sikap disiplin kerja maka hasil pekerjaan karyawan akan menjadi baik dan maksimal. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan secara disiplin oleh karyawan akan memberikan kontribusi bagi perusahaan. Untuk meningkatkan sikap disiplin kerja maka ada beberapa hal yang bisa diberikan untuk para karyawan.

Membuat Suasana Kerja yang Kondusif

Suasana kerja tentu turut berpengaruh pada sikap karyawan dalam bekerja. Suasana kerja yang kondusif tentu akan membuat karyawan dapat bekerja dengan hati yang senang dan selalu termotivasi. Suasana kondusif akan membuat karyawan bekerja dengan efektif dan selalu ingin memberikan hasil kerja yang terbaik bagi perusahaan. Suasana yang kondusif juga akan membuat karyawan bisa bekerja dengan disiplin tinggi. Tentunya sikap disiplin ini akan membuat karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya secara tepat waktu. Untuk membuat suasana kerja menjadi kondusif bagi karyawan maka Anda bisa memberikan penataan ruangan yang terbaik bagi para karyawan. berikan ruang kerja yang terkesan menyenangkan bagi para karyawan.

Tidak Menuntut Karyawan Secara Berlebihan

Para karyawan memang sudah seharusnya dapat bekerja dengan baik dan dapat mencapai target. Untuk itu perusahaan harus menetapkan target yang harus dicapai oleh para karyawan. Tuntutan pekerjaan akan membuat karyawan bekerja dengan lebih giat dan maksimal. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan tuntutan kepada karyawan terutama tuntutan yang dapat membuat karyawna menjadi tertekan. Tuntutan yang berlebihan misalnya mengharuskan karyawan untuk menjalankan lembur hampir setiap hari. Atau mungkin tuntutan bisa berupa bertambah banyaknya pekerjaan yang dibebankan pada seorang karyawan. Hal ini tentunya akan membuat karyawna tertekan sehingga karyawan tidak lagi bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu teap perlakukan karyawan dengan baik dan berikan beban kerja yang sewajarnya saja dan sesuai dengan kemampuannya.

Memberikan Reward atau Penghargaan

Setiap orang tentu akan senang bila hasil pekerjaannya dipuji. Demikian pula dengan karyawna yang tentunya akan merasa sangat senang jika hasil pekerjaannya tersebut dihargai. Jika memang seorang karyawan telah memberikan keuntungan secara maksimal bagi perusahaan maka pimpinan perusahaan perlu memberikannya suatu penghargaan. Berbagai bentuk penghargaan yang diterima oleh karyawan tentu akan membuat karyawna menjadilebih giat lagi dalam bekerja karena ia merasa bahwa kerja kerasnya tersebut dihargai. Reward atau penghargaan bisa diberikan dalam bentuk apapun misalnya seperti dalam bentu insentif. Atau bisa juga perusahaan memberikan hadiah bagi karyawan yang berprestasi.

Memberikan Pelatihan

Seorang karyawan tentu pernah melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Namun hal ini tidak seharusnya menjadi bahan kemarahan untuk HRD atau pimpinan. Justru sebaliknya kesalahan yang dilakukan oleh karyawan ini dihindarkan agar tidak sampai terjadi lagi. Untuk menghindari kesalahan oleh karyawan maka And abisa memberikan pengembangan kualitas SDM salah satunya dengan cara memberikan pelatihan. Suatu pelatihan bagi karyawan sebenarnya merupakan hal yang penting karena melalui pelatihan inilah kemampuan karyawan dapat semakin dikembangkan. pengetahuan yang belum didapatkan oleh karyawan juga bisa diinformasikan sehingga karyawan menjadi lebih paham dan mengerti. dnegan adanya pelatihan dari perusahaan maka karyawan akan merasa semakin diperhatikan dan akan menjadi lebih termotivasi dalam bekerja.

Mengadakan Refreshing

Berbagai hadiah dan penghargaan bisa saja diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan sebagai bentuk dari ucapan terima kasih pada karyawan. Salah satu hadiah yang bisa diberikan pada karyawan misalnya dalam bentuk kesempatan bagi karyawan untuk melakukan refreshing. Anda bisa saja mengadakan rekreasi untuk tim kerja Anda sehingga para karyawan bisa bersama-sama melakukan perjalanan wisata. Liburan dan rekreasi memang perlu dan hal ini tidak bisa disepelekan. Setiap karyawan yang telah bekerja dengan serius juga tentu memerlukan rekreasi sebagai hiburan sebelum ia memulai pekerjaannya lagi. Dengan adanya kesempatan bagi karyawan untuk melakukan refreshing maka karyawan akan semakin efektif dalam bekerja.

Mendukung Penerapan Teknologi

Sudah bukan rahasia bahwa zaman sekarang perkembangan teknologi smeakin meningkat. Penerapan teknologi juga sudah seharusnya diadakan di tiap perusahaan untuk mendukung kinerja karyawan. Teknologi yang baik dan diterapkan di suatu perusahaanbisa saja pada akhirnya membuat karyawna dapat bekerja dengan lebih disiplin. Misalnya saja seperti adnaya sistem absensi yang menggunakan teknologi finger print sehingga karyawan tidak terlambat datang dan menjadi lebih disiplin. Tidak hanya itu saja tetapi banyak peralatan canggih yang juga bisa digunakan oleh perusahaan untuk semakin mendisplinkan karyawan. Misalnya dengan bantuan laptop untuk tiap karyawan agar karyawan dapat mengerjakan tugasnya dengan lebih cepat melalui laptopnya.

Mendisiplinkan karyawan adalah hal penting yang sebaiknya dilakukan dan direncanakan oleh setiap perusahaan pada karyawannya. Dari kedisiplinan muncul keteraturan kerja yang baik berupa etos kerja disiplin yang memimpin pada perusahaan yang lebih baik. Tentunya dalam memantau kedisiplinan karyawan perlu program yang baik dan otomatis. Salah satunya melalui penggunaan program JojoTimes. Dimana dengan program tersebut maka secara otomatis perusahaan lebih mudah untuk memantau kedisiplinan karyawan setiap harinya. Tidak hanya itu saja, tetapi program tersebut juga membantu untuk mencatat pelanggaran disiplin secara otomatis. Baik keterlambatan absensi maupun bentuk pelanggaran disiplin kerja lainnya. Sehingga nantinya perusahaan lebih mudah melihat mana karyawan dengan etos kerja disiplin yang tinggi dan mana yang tidak.

Tentunya semua itu berkat fitur-fitur yang tersedia dalam JojoTimes. Antara lain yaitu berupa fitur berikut ini:

  • Pemantauan Real Time Secara Akurat
  • Mobile Check In Dan Check Out
  • Sistem Kehadiran Terintegrasi

Serta masih banyak fitur lainnya yang akan membantu meningkatkan disiplin karyawan sepenuhnya. Oleh sebab itu jangan berpikir ulang tentang penggunaan program tersebut. Segara saja dapatkan coba gratis JojoTimes di perusahaan tempat Anda bekerja. Biarkan program ini dengan mudahnya mengatur segala bentuk informasi kedisiplinan karyawan secara tepat dan detail. Sehingga tim HRD perusahaan juga bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Selamat mencobanya!