Mengangkat Karyawan Jadi Manager, Pastikan Tidak Salah Pilih!

Mengangkat karyawan jadi manajer bisa saja terjadi di dalam suatu perusahaan. Namun tentunya sebelum Anda mengangkat seorang karyawan sebaiknya beberapa hal diperhatikan secara benar. Ada beberapa ketentuan yang tentunya harus dijadikan sebagai standar dari pengangkatan seorang karyawan hingga menjadi manajer. Hal ini bertujuan agar pengangkatan karyawan hingga menjadi manajer ini menjadi hal yang berguna dan efektif bagi perusahaan.

Tidak hanya itu saja tetapi pengangkatan karyawan ini juga bisa berguna bagi diri karyawan yang diangkat menjadi manajer itu sendiri. Setidaknya karyawan tersebut bisa meningkatkan skil dan kemampuan kerjanya sehingga ia bisa mengalami pengembangan karir yang baik dna bisa menjadi manajer yang efektif.

Lihat Ketertarikan

Tidak setiap karyawan bisa diangkat dan dijadikan manajer secara sembarangan. Oleh karena itu Anda harus jeli dan bisa memperhatikan dengan jelas apakah karyawan yang akan diangkat itu mau dan bersedia menjadi manajer ataukah tidak. Sebab ketertarikan seorang karyawan terhadap posisi manajer akan menentukan kualitas kerja karyawan tersebut. Seorang karyawan yang menginginkan posisi manajer tentu akan berusaha untuk bekerja secara maksimal saat benar-benar menjadi seorang manajer. Segala upaya akan dilakukannya agar ia dapat berkerja dengan baik dan dapat memberikan hasil terbaik untuk perusahaan sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Nilai Pengalaman

Jika Anda ingin mengangkat seorang karyawan hingga menjadi manajer maka senaiknya Anda melakukan wawancara dengan karyawan tersebut agar Anda dapat mengetahui pengalaman kerjanya. Atau Anda mungkin juga bisa melihat banyak hal yang dilakukannya di luar jam kerja. Setiap hal yang dilakukan oleh seorang karyawan di luar jam kerjanya bisa saja menunjukkan apakah ia bisa memimpin orang lain ataukah tidak. Apa yang dilakukan oleh seorang karyawan di luar jam kerja sudah menunjukkan dirinya telah dapat mempersuasif timnya ataukah belum. Pengalaman yang berkaitan dengan kepemimpinan sangatlah penting bagi seorang karyawan yang akan diangkat menjadi manajer. Sebab seorang manajer haruslah bisa memimpin timnya.

Nilai Kemampuan Berorganisasi

Tidak hanya pengalaman dalam memimpin saja yang perlu dilihat dari seorang karyawan yang sedang dipertimbangkan untuk diangkat menjadi manajer. Namun kemampuan karyawan tersebut dalam hal berorganisasi juga harus menjadi bahan pertimbangan. Sebab kemampuan seseorang dalam berorganisasi turut berpengaruh pada kemampuannya dalam bekerja sama dengan tim serta dalam memimpin sebuah tim. Kemampuan seseorang dalam membawa dirinya di suatu kelompok sangat penting untuk diamati dan dinilai karena hal ini turut berpengaruh pada sikapnya dalam memimpin tim. Seorang manajer memng sudah seharusnya dapat memimpin tim dan mampu berorganisasi dengan baik. Manajer harus memberikan pengaruh yang baik pada anggotanya gar dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat memberikan hasil yang baik pada perusahaan.

Diskusi

Walaupun keputusan promosi mengenai pengangkatan seorang karyawan berada di tangan Anda namun sebenarnya tak ada salahnya jika Anda tetap berdiskusi dengan karyawan lainnya mengenai kandidat yang akan diangkat menjadi manajer. Mungkin saja karyawan lain bisa memberikan saran atau masukan bagi Anda mengenai keputusan tersebut sehingga pertimbangan mengenai kandidat calon manajer.

Masukan dan saran dari karyawan juga bisa membantu Anda mengenai pandangannya terhadap kandidat yang akan dipromosikan menjadi manajer. Melalui proses diskusi inilah maka Anda bisa semakin memantapkan keputusan Anda dalam menganggkat karyawan yang Anda rekomendasikan menjadi seornag manajer di perusahaan.

Observasi

Sikap dan kemampuan seorang kandidat yang akan diangkat menjadi manajer perusahaan sudah seharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. TentunyaAnda berhak untuk mencari tahu mengenai apapun dan hal yang berkaitan dengan kandidat yang akan diangkat menjadi manajer ini. Anda bisa melihatnya secara objektif sehingga penilaian yang nyata bisa diberikan pada karyawan tersebut. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa meminta masukan dari karyawan atau rekan kerja yang lain tentang karyawan yang akan diangkat menjadi manajer tersebut. Berbagai macam masukan ini tentu sangat penting bagi Anda agar bisa diketahui lebih lanjut berbagai hal mengenai kandidat tersebut. Dengan demikian maka Anda bisa mempertimbangkan keputusan Anda mengenai pengangkatan karyawan.

Pelajari Karakter

Karakter seseorang sangatlah penting untuk diketahui terutama bila ia sedang dicalonkan untuk menjadi pemimpin sebuah tim kerja. Secara umum ada beberapa karakter yang perlu dihindari dari seseorang. Seperti misalnya karakter kaku yang terkadang dimilikioleh sebagian orang. Seseorang yang memiliki karakter pada dasarnya kurang tepat bila menjadi seorang manajer karena orang yang seperti ini tidak terbiasa open-minded dan bahkan bisa juga ia tidak memiliki ambisius dalam memimpin tim.

Selain itu karakter sombong dan tidak murah hati juga bukanlah jenis karakter yang diharapkan dari seorang manajer perusahaan. Sebab seorang manajer sudah seharusnya memiliki sikap yang tegas namun peduli dan mau membantu karyawan yang lain saat sedang menjumpai beberapa kesulitan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Percaya Pada Keputusan Sendiri

Kebanyakan orang selalu merasa ragu-ragu dengan keputusan yang telah diambilnya. Padahal hal ini tidak boleh sampai terjadi pada Anda terutama jika Anda bertanggung jawab penuh pada proses pengangkatan karyawna menjadi seorang manajer perusahaan. Anda harus percaya pada keputusan yang telah diambil dan tidak boleh ada keraguan mengenai hal ini. Jika nantinya karyawan yang telah diangkat ternyata bekerja dengan kurang baik maka hal ini akan menjadi tugas Anda dalam membantunya. Anda juga perlu mengembangkan berbagai sikap yang menjadi kelemahannya sehingga karyawan yang telah menjadi manajer ini bisa bekerja sengan lebih baik.

Upaya mengangkat karyawan jadi manager bisa jadi sebuah pilihan yang tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh tim HRD perusahaan dalam memilih mana karyawan yang paling tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat kinerja karyawan sepenuhnya dalam perusahaan. Apabila sulit melakukan hal ini, bisa jadi sudah waktunya bagi perusahaan untuk menggunakan program yang lebih efektif dan efisien. Misalnya saja beralih pada JojoTimes yang menjamin penyimpanan data karyawan lebih optimal serta otomatis. Dengan penggunaan program tersebut lebih mudah bagi tim HRD menilai tiap karyawan perusahaan dan memutuskan mana karyawan yang paling tepat dengan kriteria yang diminta. Selain itu program ini secara tidak langsung juga mempermudah pekerjaam tim HRD dalam hal efisiensi waktu serta efektifitas pekerjaan.

Hal ini berkat beberapa fitur yang dimiliki oleh JojoTimes, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Secured Cloud-Based Storage
  • Integrated Attendance System
  • Custom Format Report
  • Import and Export Employee Data

Serta masih banyak beberapa fitur menarik dari program tersebut yang memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan Anda. Oleh sebab itu sebaiknya tidak perlu berpikir lebih jauh, segera putuskan untuk menggunakan JojoTimes dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Biarkan program ini bekerja sempurna membantu proses pengangkatan manager di dalam perusahaan Anda. Tentunya pekerjaan tim HRD dalam hal ini akan lebih dimudahkan secara optimal. Coba saja!