6 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan

tips meningkatkan penjualan

Meningkatkan penjualan merupakan keinginan dari seluruh perusahaan. Ini karena penjualan merupakan jantung dari setiap bisnis atau usaha. Perusahaan jika tidak melakukan penjualan, pasti akan mati. Ibarat pepatah, no selling means dying. Tujuh langkah di bawah ini akan meningkatkan penjualan perusahaan hingga lebih dari 100 persen.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa penjualan adalah sebuah ilmu yang dapat dipelajari dan seni yang harus dilatih. Oleh karena itu, dalam penerapan setiap ilmu, hasil yang dicapai setiap orang atau pihak dapat berbeda. Meski begitu, 7 cara di bawah ini telah terbukti menggandakan nominal penjualan. Bahkan, ada perusahaan yang sampai berhasil meningkatkan omset 300 persen.

tips cara menjual1.      Melatih Pasukan Penjualan

Ini merupakan langkah pertama dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Untuk menggandakan omset penjualan dari produk atau jasa Anda, tak mungkin melakukannya sendirian. Harus ada tim yang bergerak bersama-sama dan seirama agar penjualan dapat meningkat secara optimal.

Prinsip faktor kali di sini sangat penting. Jika ada 300 anggota tim yang masing-masingnya menghasilkan penjualan 100 juta, berarti ada 30 milyar omset perusahaan. Semakin banyak anggota pasukan penjualan, tentu hasilnya akan semakin besar.

Pasukan penjualan tersebut tentu harus dididik dan dilatih untuk mampu menjual dengan efektif. Tak masalah mengeluarkan budget untuk itu, apalagi mengingat mereka merupakan ujung tombak dari perusahaan.

2.      Menciptakan Kolam Pelanggan

Diantara kedua metode dalam memancing ini, mana yang menurut Anda lebih baik? Pertama, memancing di lautan lepas di alam terbuka. Kedua, memancing di kolam ikan, dan ikannya dibuat lapar. Tepat sekali, cara yang kedua lebih terjamin dan lebih pasti untuk dapat ikan.

Analogi yang sama dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan. Calon pelanggan yang belum pernah tahu produk atau jasa kita ibarat ikan di laut lepas. Pelanggan yang sudah tahu, ibarat ikan di kolam. Sedangkan pelanggan yang membutuhkan produk Anda, ibarat ikan yang sedang lapar.

Untuk itu, perusahaan perlu terlebih dahulu melatih tenaga penjualan untuk membuat kolam pelanggan. Kolam tersebut dapat berbentuk list distributor, grup Facebook, grup WA, subscriber, follower, dan semacamnya. Semakin banyak kolam yang dibuat, kemungkinan peningkatan penjualan akan semakin besar.

tips cara menjual3.      Memberikan Tawaran yang Tak Dapat Ditolak

Kepada semua pelanggan yang ada dalam kolam tersebut, berikan penawaran yang tidak dapat mereka tolak. Penawaran ini tidak dapat ditolak karena mengandung nilai yang jauh lebih besar dari harga yang mereka bayar. Apalagi jika diberikan faktor pendorong (scarcity) sehingga pelanggan akan berebutan untuk segera melakukan pembelian.

Apa saja yang menjadi contoh unsur dalam tawaran yang tak dapat ditolak ini?

  1. Diskon atau potongan harga. Misalnya, beli hari ini, mendapat potongan harga 30%.
  2. Bonus atau tambahan. Misalnya, beli sebelum jam 15 hari ini, gratis produk lainnya.
  3. Beli 1 Gratis 1. Misalnya, beli 1 gratis 1 untuk 50 pembeli pertama. Stok terbatas.
  4. Misalnya, sampai tanggal 9 bulan ini, setiap pembelian minimal 1 juta rupiah akan mendapatkan cashback 10%, maksimal hingga 200 ribu rupiah.
  5. Gratis voucher. Misalnya, untuk pembelian produk elektronik tertentu di bulan ini, dapatkan voucher untuk belanja produk kecantikan sebesar 100 ribu rupiah.
  6. Bundling atau menjual 2 atau lebih produk dengan harga lebih murah dari total satuannya. Misalnya membeli cleaner dan serum kecantikan seharga masing-masing 100 ribu, cukup dengan 170 ribu saja.
  7. Kupon undian. Misalnya, setiap pembelian dengan nominal tertentu akan mendapatkan kupon undian yang diundi setiap bulan. Kupon berlaku kelipatan, dan hanya berlaku di bulan tersebut.
  8. Dan lain sebagainya

Semua tawaran tersebut tergantung dari kreativitas pasukan penjualannya. Jangan lupa juga untuk menghitung dengan cermat besaran nila yang ditawarkan dengan harga dasar produk.  Agar, program ini dapat meningkatkan penjualan secara optimal dan bukan justru merugikan.

4.      Program Loyalitas Pelanggan

Program ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pelanggan lama yang telah sering melakukan pembelian. Dengan demikian, pelanggan lama akan cenderung setia dan tidak mudah berpaling ke merek lain yang sejenis. Selain itu, program ini dapat memancing calon pelanggan baru untuk segera melakukan transksi pembelian.

Loyalty customer programme sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Ini karena pelanggan lama telah mengetahui dan merasakan langsung kualitas dan pelayanan dari perusahaan. Sehingga, tingkat kepercayaan mereka terhadap perusahaan relatif tinggi. Dalam dunia marketing, mereka biasa disebut sebagai hot market.

Hot market berbeda dengan cold market dan warm market. Cold market berarti pelanggan tersebut belum pernah mengenal produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Warm market berarti pelanggan sudah mengenal, hanya belum pernah bertransaksi sehingga masih tidak terlalu tinggi tingkat kepercayaannya.

tips cara menjual5.      Upselling, dan Cross-Selling

Meski sering disepelekan, 2 cara ini  sebenarnya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Beberapa perusahaan melaporkan peningkatan penjualan hingga 70 % dengan cara yang sederhana ini.

Upselling berarti menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan kategori premium. Sedangkan cross-selling berarti menawarkan produk lain yang menjadi pelengkap dari produk pertama.

Contoh upselling adalah, pelanggan produk kecantikan yang baru membeli cleaner, dapat ditawari serum yang memiliki harga lebih tinggi. Contoh cross selling adalah, pelanggan yang baru membeli smartphone, daat ditawari headset, antigores, dan case sekaligus.

Dengan 2 cara mudah ini, omset penjualan dapat meningkat tanpa harus menambah pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang sama, omset penjualan dapat mencapai 170% daripada tanpa 2 jurus ini. Untuk itu, perusahaan perlu melatih dan membiasakan tenaga penjualannya untuk melakukan upselling dan cross-selling ini.

6.      Membuka Program Partnership Berbasis Komisi

Program partnership merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Program partnership ini dapat diberikan kepada pelanggan lama yang telah sering melakukan pembelian. Bentuknya berupa kerjasama untuk mendapatkan penghasilan. Setiap pelangggan yang mampu mengajak pelanggan lain menggunakan produk perusahaan bisa mendapatkan komisi.

Ini sangat efektif karena prosesnya akan berjalan dengan sangat natural. Orang cenderung merekomendasikan sesuatu kepada orang lain ketika ia merasa puas dengan produk tersebut. Orang yang direkomendasikan juga akan lebih mudah percaya, karena sebelumnya sudah memiliki kedekatan dengan pelanggan tersebut.

Dukung Tenaga Penjualan Anda

Untuk mampu menerapkan cara menjual agar laris, Anda perlu memberikan dukungan kepada tenaga penjualan. Tak perlu khawatir mekanismenya, karena dengan menggunakan JojoExpense, hal ini akan jauh lebih mudah.

JojoExpense untuk mengatur anggaran iklanDilengkapi fitur mobile approval serta advance cash dengan intelligence OCR dan geo-tagging, JojoExpense sangat lengkap. Tidak akan ada lagi penipuan keuangan yang membuat perusahaan bocor. Jadi, Anda tetap dapat mendukung tenaga penjual menerapkan cara menjual agar laris dan menguntungkan. Coba demonya secara gratis di sini.