Cara Terbaik Menolak Pelamar Pekerjaan!

Menolak pelamar pekerjaan bukan hal yang mudah bagi HRD, banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Salah satunya citra perusahaan, cara menolak pelamar pekerjaan bisa menjadi salah satu hal yang dilihat oleh pelamar bagaimana perusahaan sebenarnya memperlakukan karyawannya. HRD harus berhati-hati dalam membuat pernyataan yang menolak pelamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan menolak pelamar dengan cara yang tepat maka perusahaan memiliki kesempatan yang baik dalam membangun jaringan dengan orang luar.

Calon karyawan yang perusahaan tolak bisa saja kedepannya menjadi salah satu gerbang bagi calon karyawan yang lain sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Yuk, kita simak ulasan mengenai bagaimana cara menolak pelamar pekerjaan secara halus dan tepat!

Cara Menolak Pelamar Pekerjaan secara Halus dan Cepat

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan standarnya terhadap karyawan. Standar tersebut yang harus selalu dijaga perusahaan agar perusahaan tetap berjalan dengan semestinya. Karyawan menjadi salah satu roda penggerak perusahaan, jika karyawan yang dimiliki tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang diharapkan, maka perusahaan lah yang akan merugi.

Memilih karyawan menjadi hal yang utama dalam sebuah perusaahan, sudah menjadi hal yang lumrah jika perusahaan menolak pelamar pekerjaan jika memang tidak sesuai dengan standar yang diharapakan perusahaan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebuah Perusahaan dalam Menolak Pelamar Pekerjaan agar tidak Menimbulkan Hal Negatif

Berikan Hasil secara Jujur

Perusahaan perlu jujur kepada pelamar agar apa yang diutarakan bisa diterima dengan baik. Jangan memberikan janji-janji palsu jika memang pelamar tersebut tidak bisa diterima di bagian mana pun di perusahaan. Memberikan kabar dengan jujur membuat pelamar pekerjaan menjadi lebih bahagia karena tidak merasa digantungkan oleh keputusan perusahaan.

Pelamar juga bisa mencari lowongan yang lain dengan mudah. Kejujuran juga menjadi poin utama dalam memberikan citra baik bagi perusahaan.  Perusahaan akan dianggap memberikan feedback yang baik bagi pelamar walaupun, keputusan perusahaan untuk menolak pelamar pekerjaan tesebut kurang bisa diterima.

Kabarkan dengan Segera

Kabar dari perusahaan bahwa lamaran ditolak atau diterima merupakan kabar yang sangat ditunggu-tunggu oleh calon karyawan. Sebagai perusahaan yang mengadakan lowongan pekerjaan, ada baiknya jika kabar tersebut sesegera mungkin dikabarkan apabila perusahaan menolak pelamar pekerjaan.

Jika perusahaan memiliki tahapan dalam penerimaan maka mengabarkan hasil menjadi hal yang bisa memudahkan proses selanjutnya. Mengabarkan dengan segera bahwa perusahaan kamu menolak pelamar pekerjaan juga akan membuat pelamar tidak berharap terlalu lama dan bisa mencari lamaran pekerjaan lainnya.

Memberikan Pesan Positif

Ketika HRD menolak pelamar pekerjaan, buat lah suasana pada email, surat atau notifikasi penolakan dalam suasana yang damai. Suasana ini bisa di bangun dengan membuat pernyataan degan pesan-pesan positif. Beberapa pesan positif yang bisa digunakan oleh HRD dalam menolak pelamar pekerjaan: 

Sampaikan Kelebihan

Setiap orang pastinya senang bila kelebihannya dilihat dan diperhatikan oleh orang lain. Sampaikan kelebihan yang dimiliki pelamar walau perusahaan menolak pelamar pekerjaan. Sampaikan bahwa yang dimiliki pelamar adalah kelebihan yang baik, namun perusahaan belum bisa menerima karena tidak sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.

Contohnya : “kelebihan yang anda miliki sangat baik dan akan berguna bagi anda kedepannya, namun perusahaan kami belum menemukan kelebihan yang cocok pada anda bagi perusahaan kami”. Dengan kata-kata seperti itu pelamar akan merasa tidak seperti dibuang begitu saja namun bisa juga menambah percaya dirinya dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Memberikan Feedback atau Evaluasi terhadap Pelamar

Evaluasi terhadap pelamar menjadi hal yang sangat penting, pelamar akan mengetahui kekurangan apa yang dimilikinya agar kedepannya jika mendapatkan kesempatan kembali pelamar tersebut akan bisa menjadi salah satu kandidat karyawan yang bisa diterima perusahaan. Dengan memberikan evaluasi pelamar juga akan merasa dihargai dan memberikan citra yang baik terhadap perusahaan.

Sampaikan dengan Kalimat yang tidak Menghakimi

Sampaikan penolakan dengan kalimat yang ramah dan menunjukan intelektualitas perusahaan. Pada awal kalimat jangan langsung pada pokok penolakan, bisa sampaikan kelebihan lalu selanjutnya utarakan apa yang sebenarnya kelebihan yang dimiliki pelamar belum memenuhi standar atau kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. Jangan buat kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele hal itu bisa membuat penafsiran ganda pada pelamar.

Memberikan Pilihan Lain

Jika pelamar dianggap memiliki kemampuan yang mumpuni pada bidang yang lain tidak salahnya perusahaan menawarkan pilihan lain bagi pelamar. Pemberian opsi ini merupakan salah satu cara terbaik bagi perusahaan dalam membantu mengurangi pengangguran di Indonesia khususnya. Hal ini juga harus diperhatikan secara seksama dan teliti bahwa pelamar ini merupakan orang yang memang cocok dengan jabatan tersebut.

Pertimbangan Perusahaan dalam Menolak Pelamar Pekerjaan

Perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam menolak pelamar pekerjaan.

Sesuaikan Kemampuan Perusahaan dengan Tawaran Pelamar

Tidak sedikit pelamar yang melamar sudah memiliki standar dan pengalaman sebelumnya. Pengalaman yang dimiliki biasanya membuat pelamar sudah mematok gaji yang menurutnya sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki. Pada tahap ini perusahaan perlu jeli dan cermat dalam mengatur budget yang akan dikeluarkan. Jangan sampai dengan menerima karyawan dengan penawaran yang tinggi membuat perusahaan devisit.

Pilih Karyawan dengan Kualifikasi yang Sesuai dengan Kriteria Perusahaan

Memilih karyawan dengan kualifikasi yang sesuai merupakan suatu yang wajib. Jika karyawan memiliki kualifikasi dibawah kriteria perusahaan maka bisa dipastikan bahwa pelamar tersebut tidak akan bisa bekerja sesuai target perusahaan. Memiliki calon karyawan yang juga kualitasnya diatas kriteria atau biasa disebut dengan overqualified juga bisa menjadi salah satu masalah. Karyawan dengan kualifikasi diatas rata-rata akan bekerja tidak sesuai SOP karena meresa mereka bisa memberikan hasil yang lebih tanpa memperhatikan SOP yang ada. Padahal SOP merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Pelamar Terlihat Tidak Tertarik

Terkadang pelamar akan terlihat tidak tertarik dengan deskripsi pekerjaan yang ada. Pada pembuatan pengumuman lowongan pekerjaan biasanya tidak dijelaskan secara rinci apa yang akan dilakukan calon karyawan pekerjaan seperti apa yang akan dilakukan. Hal ini yang harus diperhatikan oleh perusahaan jika melakukan perekrutan, karena semangat bekerja seorang karyawan dari ketertarikannya terhadap pekerjaannya. Hal ini juga yang akan langsung berdampak pada kinerja dan hasil yang dihasilkan oleh karyawan.

Memantau kinerja seorang karyawan merupakan bukan hal yang mudah, apalagi memiliki karyawan yang kurang nyaman dengan pekerjaannya. Biasanya karyawan tersebut akan sering tidak masuk dan turun produktifitasnya.

Untuk mengetahui absensi karyawan dengan mudah dan tepat aplikasi Jojonomic memiliki akses untuk memudahkan perusahaan untuk memonitor kinerja karyawan anda. Aplikasi JojoTimes memiliki fitur yang dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.