Menurunkan Biaya Perusahaan : Ini Dia, 10 Cara Jitu nya!

Tanpa disadari, biaya perusahaan terlebih biaya operasional bisa sangat membengkak. Jika tidak menurunkan biaya perusahaan, kondisi kesehatan keuangan akan terganggu. Bahkan bisa saja Anda mencari pinjaman untuk menutupi pembengkakan. Karena hal tersebut, perlu dilakukan cara penurunan biaya seperti biaya operasional perusahaan.

Cara Menurunkan Biaya Perusahaan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan biaya operasional perusahaan.

1. Menurunkan Biaya Perusahaan dengan Mengurangi Pengadaan Rapat di Tempat Mahal

Salah satu cara paling mudah untuk mengurangi biaya operasional agar tidak membengkak adalah dengan tidak rapat di tempat yang mahal misalnya di hotel berbintang. Memang perlu mencari tempat yang nyaman dan bisa dipergunakan berkonsentrasi, namun banyak tempat yang lebih murah.

Jikapun harus di hotel berbintang, pertimbangkanjuga apakah setelah pengambilan keputusan atau pengadaan rapat, ada dampak positif dari hal tersebut. Jika tidak, maka segera tinggalkan, atau biaya perusahaan akan membengkak.

2.      Menurunkan Biaya Perusahaan dengan Bijak dalam Memesan Tiket Pesawat

Terkadang karena keperluan tertentu, misalnya kunjungan ke cabang, perlu menggunakan penerbangan dengan pesawat. Namun, karena di perusahaan biaya sangat terbatas, maka perlu memilih pesawat kelas ekonomi, walaupun untuk kelas direktur sekalipun.

Cara tersebut dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran dana yang terlalu banyak. Jikapun ingin kelas bisnis, sekali dua kali tidak masalah, namun jika terlalu sering akan membuat kondisi keuangan tidak sehat. Anda juga bisa menggunakan pemesanan tiket online untuk memperoleh diskon dan mudah untuk membandingkan tiket.

3.      Menurunkan Biaya Perusahaan dengan Pergunakan Kertas Bekas

Terkadang untuk menulis laporan atau rencana untuk marketing, masih banyak yang menggunakan kertas baru, namun cara tersebut bisa berpengaruh pada biaya penggunaan kertas. Untuk draft ataupun hanya sebatas coretan, bisa menggunakan kertas bekas atau kertas yang sebelumnya dipergunakan. Namun, untuk mencetak surat resmi, Anda tetap harus menggunakan kertas baru sehingga terlihat professional dan bersungguh-sungguh.

4.      Menurunkan Biaya Perusahaan dengan Pengurangan Konsultan ataupun Kontraktor

Ada beberapa hal yang butuh bantuan pihak ketiga misalnya dalam pembangunan suatu rumah yang butuh kontraktor. Pertimbangkan lebih dahulu apakah dengan penggunaan kontraktor yang sedikit, hasil tetap bisa maksimal?

Selain itu, pertimbangkan pula kemampuan dari kontraktor tersebut apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan? Atau ada kontraktor yang memiliki kemampuan yang lebih yang dapat meng-handle lebih dari 1 proyek di perusahaan Anda. Selain itu, atur juga apakah ada pekerjaan yang harusnya bisa dikerjakan oleh karyawan Anda dengan maksimal, sehingga Anda tidak perlu menggunakan tenaga outsourcing.

5.      Atur Waktu Cuti Karyawan

Selama kondisi perusahaan sedang dalam kondisi yang sulit, Anda harus memberitahukannya kepada karyawan Anda karena mereka berhak tahu. Tidak akan ada yang mau untuk tidak cuti atau dikekang waktu cutinya karena alasan yang tidak jelas. Walaupun terkesan otoriter atau jadwal yang ketat, namun, setidaknya karyawan Anda tahu alasan perusahaan melakukan hal tersebut.

menurunkan biaya perusahaanAnda tetap bisa untuk memberikan cuti, akan tetapi, harus diatur. Jangan sampai, dalam 1 minggu atau 1 hari banyak karyawan yang cuti. Hal ini tidak hanya akan berdampak pada kondisi keuangan perusahaan namun juga produktivitas perusahaan.

6.      Menghemat Penggunaan Air dan Listrik

Penggunaan listrik dan air akan sangat berpengaruh pada tagihan yang harus dibayarkan per bulannya. Jika dibiarkan dan tidak terkontrol dengan baik akan membuat Anda harus membayar tagihan dalam jumlah besar. Otomatis, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan.

Untuk mengurangi biaya perusahaan, maka Anda harus menghemat penggunaan listrik dan air. Jika perlu, cek bagian keran apakah ada keran yang bocor karena bisa berpengaruh pada pembuangan air yang sia-sia dan membuat tagihan air naik.

7.      Cari dan Gunakan Barang yang Lebih Murah

Biasanya, penggunaan biaya seperti untuk furniture sudah dianggarkan dan disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. Akan tetapi, di saat tertentu, misalnya perlu kursi baru.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kursi dengan harga yang lebih terjangkau untuk menurunkan biaya perusahaan. Hindari penggunaan barang branded dan pembelian barang yang kurang diperlukan.

Misalnya untuk lampu, pilih lampu yang sinarnya bisa menyebar ke penjuru ruangan dan hemat energi. Cara tersebut lebih menghemat pengeluaran secara keseluruhan dibandingkan membeli lampu dengan jumlah yang banyak dan berdaya kecil.

8.      Menghemat Penggunaan Internet

Anda perlu untuk melakukan evaluasi mengenai apakah semua karyawan butuh kuota tambahan atau tidak dan berapa besar yang diperlukan. Jika memang tidak semuanya, sebaiknya batasi penggunaan internet.

menurunkan biaya perusahaanSedangkan jika semua karyawan menggunakan, sebaiknya pergunakan wifi atau menggunakan paket berlangganan terutama untuk marketing yang di luar lapangan.

9.      Hilangkan Training atau Pelatihan yang Kurang Perlu

Terkadang, untuk meningkatkan kemampuan karyawan, diperlukan pelatihan atau training. Namun, tidak semua training tersebut bermanfaat karena waktu pelaksanaan yang kurang tepat. Karena hal tersebut, tinjau ulang dan cek apakah pelatihan tersebut dapat memberikan timbal balik yang diinginkan. Jika tidak, maka sebaiknya tunda atau bahkan batalkan pelatihan tersebut.

10. Evaluasi mengenai Penggunaan Kendaraan Perusahaan

Cek kembali apakah pengadaan dan penggunaan kendaraan perusahaan sudah sesuai dengan yang diperlukan perusahaan atau tidak. jikapun perlu, Anda bisa meminta karyawan Anda untuk mencatat penggunaannya. Misalnya untuk keperluan apa, kapan dipergunakan dan kemana tujuannya.

Jika terlalu sering menggunakan dan tidak jelas tujuannya, itu akan membuat biaya untuk bahan bakar menjadi membengkak. Akibatnya yang lain, penggantian spare part dan service juga harus sering dilakukan.

Aturan Menurunkan Biaya perusahaan dengan JojoExpense

10 cara di atas memang untuk menurunkan biaya perusahaan, namun tidak berarti biaya operasional sepenuhnya berhenti. Akan tetap ada reimburse atau penggantian biaya yang dilakukan karyawan sehingga biaya yang dikeluarkan tersebut harus diganti oleh perusahaan. Jika hanya satu atau dua reimburs tidak masalah jika dicatat secara manual.

menurunkan biaya perusahaanNamun, jika sudah banyak reimburse masuk, maka akan memusingkan Anda. Karena hal tersebut, Anda perlu aplikasi seperti JojoExpense.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak hanya akan bisa mengolah data reimburse namun juga dapat mencegah penipuan keuangan dan mengontrol kondisi keuangan perusahaan dengan lebih baik. Keunggulan tersebut tidak lepas dari adanya fitur seperti berikut ini:

  • Mobile approval yang memungkinkan Anda menyetujui atau mengolah pengajuan dana.
  • Capture expense untuk memfoto bukti yang akan direimburse dan nantinya data tersebut akan dicatat sebagai catatan untuk biaya operasional.
  • Budget controlling untuk membantu Anda lebih mudah dalam mengontrol keuangan.
  • Reimburse lewat aplikasi ataupun website.
  • Cash advance.

Semua fitur tersebut bisa Anda nikmati jika Anda menggunakan JojoExpense sekarang juga. Hanya 150ribuan dan Anda akan merasakan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

fitur penting expense online

Anda bisa juga mencoba versi gratisnya untuk merasakan keunggulan dari JojoExpense. Jadi, kunjungi website JojoExpense sekarang dan ucapkan selamat tinggal pada kekacauan pengaturan keuangan secara konvensional!