Inilah Cara yang Tepat Dalam Menyusun Anggaran Perusahaan

Terkadang beberapa orang menganggap bahwa menyusun anggaran adalah sebuah hal yang sulit. Padahal dalam suatu lembaga pemerintahan atau perusahan, akan berjalan dengan baik apabila mereka memiliki perencanaan anggaran selama satu tahun kedepan. Anggaran tersebut nantinya menjadi acuan kita, dalam melihat pengeluaran belanja perusahaan beserta pemasukan selama satu tahun masa kerja. Oleh karena itu, anggaran menjadi suatu faktor yang sangat penting dan harus dibuat oleh para pelaku usaha.

Sebenarnya, menyusun anggaran itu tidak sesulit seperti yang selama ini kamu pikirkan loh. Ada berapa cara mudah dalam menyusun anggaran belanja perusahaan agar proses pemasukan serta pengeluaran dapat terdata dengan baik. Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa kita lakukan dalam meyusun anggaran perusahaan.

Perencanaan Anggaran

Anggaran atau rencana keuangan perusahaan adalah perencanaan yang dibuat secara sistematis dan terstruktur, yang terdiri dari angka beserta keseluruhan kegiatan yang dilakukan selama satu periode tertentu.  Mengingat seberapa pentingnya penyusunan anggaran belanja, maka dari itu perusahaan perlu kecermatan serta ketelitian dalam penyusunannya.  Selain itu, data serta informasi yang nantinya digunakan  dapat diambil dari catatan neraca kas yang ada di perusahaan.

Manfaat Anggaran Perusahaan

Berikut merupakan manfaat dari menyusun anggaran belanja perusahaan, antara lain :

  1. Membantu atasan khususnya manajer keuangan dalam mengelola setiap kegiatan perusahaan, termasuk dengan proses aliran dana yang keluar.
  2. Proses berjalannya aliran dana perusahaan akan berjalan dengan terencana, karena sesuai dengan perincian yang tersedia di anggaran
  3. Menghindari adanya proses alokasi dan yang tidak jelas.

Cara Menyusun Anggaran Perusahaan

Sekarang kita sudah mengetahui penjelasan mengenai anggaran belanja perusahaan  beserta manfaat yang dihasilkan. Yuk selanjutnya, kita bahas secara terperinci mengenai cara penyusunan anggaran perusahan :

1. Penentuan Pedoman

Langkah awal yang kamu lakukan ialah menentukan pedoman anggaran, pada pedoman anggaran ini bisa kamu buat berdasarkan anggaran belanja satu tahun perusahaan yang kadangkala dipersiapkan beberapa bulan sebelum anggaran beberapa tahun berikutnya. Pada tahapan ini biasanya, dikenal dengan peranan manajemen puncak sebagai dasaran dalam menyusun anggaran belanja.

Kegiatan manajemen puncak terbagi menjadi dua kegiatan yang diantaranya :

  • Kegiatan penetapan rencana besar perusahaan untuk penyusun anggaran belanja perusahaan. Penetapan rencana besar ini seperti hanya tujuan, manfaat dan asumsi dari anggaran belanja yang telah dibuat
  • Membentuk panitia yang memiliki tugas untuk menysun anggaran perusahaan selama satu periode tertentu.

2. Persiapan

Pada persiapan penyusunan anggaran, yang ikut berpartisipasi dalam penyusunannya adalah semua divisi yang ada di perusahaan dan bukan hanya manajemen puncak serta staff bagian akuntansi saja. Dibutuhkan kerjasama yang solid dalam penysusunan anggaran.

3. Penentuan

Hal selanjutnya adalah menentukan anggaran perusahaan yang sudah dibahas dan disiapkan oleh semua pihak terkait dalam sebuah perusahaan. Berikut merupakan 3 tahapan dalam menentukan anggaran, yaitu :

  • Setiap divisi dalam sebuah perusahaan membicarakan dan merumuskan akan hal yang telah disiapkan agar nantinya anggaran perusahaan yang dibuat nantinya dapat memenuhi kebutuhan dari tiap-tiap divisi.
  • Mengkoordinasikan secara terperinci mengenai anggaran perusahaan yang telah dibuat.
  • Membagikan secara adil anggaran perusahaan, kepada seluruh bagian dalam perusahaan.

Pada tahap ini nantinya, manajemen perusahaan dan direksi akan memeriksa serta melakukan pengesahan setelah melakukan pengujian dalam segi kelayakan dari setiap anggaran. Anggaran tersebut yang diuji merupakan, anggaran yang telah dibuat oleh setiap bagian dalam perusahaan.

4. Pelaksanaan

Tahapan terakhir dalam pembuatan anggaran perusahaan adalah eksekusi atau pelaksanaan anggaran. Pada bagian ini merupakan bagian yang nantinya perencanaan anggaran yang telah dibuat akan diputuskan.

Selanjutnya, masing-masing bagian akan menggunakan anggaran perusahaan sebagaimana yang telah disusun. Pada tahap ini, setiap atasan seperti manajer akan mengawasi kemudian melaporkan ke direksi apakah pelaksanaannya sesuai dengan yang dirumuskan sebelumnya atau tidak.

6 Macam Anggaran Keuangan Yang Harus Dimiliki Perusahaan

Di bawah ini adalah beberapa anggaran yang harus dimiliki oleh perusahaan :

Anggaran Penjualan

Pada anggaran ini dibuat untuk membuat perkiraan tentang penjualan di masa depan yang di dalamnya terdapat jenis-jenis rencana barang yang akan dijual, harga, jumlah, tempat, dan waktu penjualan itu sendiri. Umumnya pada anggaran ini akan dibuat dalam satu periode yang berisi rencana anggaran satu tahun periode.

Anggaran Biaya Produksi

Pada anggaran ini berisi mengenai rencana biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi. Nantinya, anggaran biaya produksi ini akan digunakan sebagai dasar dalam pembuatan anggaran laba-rugi dan kas.

Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran ini merupakan bagian paling terpenting dalam proses produksi dan di dalamnya terdapat perencanaan mengenai bahan baku beserta uang. Mengapa penting? Karena ketika kamu membuat anggaran ini, perusahaan dapat mengetahui atau ada transparansi mengenai bahan baku yang akan dipakai sebagai dasar atau patokan pada penyusunan anggaran laba-rugi dan anggaran kas.

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pada anggaran ini berisikan biaya tenaga kerja selama satu tahun dan dapat digunakan sebagai dasar dalam anggaran laba-rugi dan anggaran kas. Perhitungan dalam anggaran ini memiliki 2 dasar perhitungan, ada per jam dan per unit.

Anggaran Produksi

Pada anggaran ini di dalamnya berisikan semua perencanaan dalam perusahaan yang nantinya akan di produksi selama satu tahun periode. Ketika kamu membuat anggaran biaya produksi, maka anggaran produksi ini akan menjadi acuan atau dasar dalam pembuatannya dan ditentukan berdasarkan rencana dari penjualan atau persediaan yang sudah direncanakan.

Anggaran Overhead Pabrik

Seperti judulnya, anggaran ini merupakan anggaran yang berisikan perencanaan biaya overhead pabrik selama periode anggaran dan dapat digunakan dalam menyusun anggaran laba-rugi dan anggaran kas. Anggaran ini meliputi beberapa biaya yang harus dikeluarkan, biaya tenaga kerja tidak langsung,pengawasan mesin produksi,pajak,asuransi,hingga fasilitas tambahan yang diperlukan dalam proses produksi.

Pada semua jenis anggaran yang telah disebutkan, memang akan dibuat dan diuji kebenarannya oleh perusahaan. Namun faktanya, dalam beberapa perusahaan seringkali terjadinya penipuan atau penyalah gunaan anggaran yang telah dibuat. Cegah peluang penipuan, dengan mengumpulkan data secara otomatis dan cegah penipuan keuangan secara digital, JojoExpense dapat menjadi jalan keluar dalam mengurangi tingkat penipuan.  Kontrol laju pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien hingga 76%  dan hemat waktu dalam manajemen pengeluaran perusahaan, menjadi salah satu kelebihan dari sekian banyak manfaat yang dihasilkan oleh JojoExpense.

Pemahaman lebih mendalam mengenai laju pengeluaran perusahaan, kumpulkan data dari aliran dana secara otomatis dan hemat berjam-jam dari melakukannya secara manual. Kamu akan dapat memahami pengetahuan mengenai laju pertumbuhan perusahaan dan memonitoring perilaku finansialnya. Selain itu, ketika kamu mengajukan anggaran dana untuk bekerja, kamu tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek. Lebih dari 345+ perusahaan telah menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis dan meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana jika kamu mencoba menggunakan JojoExpense, dan bandingkan dengan penganggaran manual yang kamu gunakan, lalu liat hasilnya!