Merekrut Karyawan Part Time Pada Perusahaan Secara Legal

Merekrut karyawan part-time sebenarnya bukanlah hal yang sulit namun juga tidak terlalu mudah. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh HRD di suatu perusahaan untuk melakukan perekrutan karyawan part-time sehingga karyawan yang dipekerjakan nantinya dapat bekerja secara maksimal sekalipun hanyalah seorang freelance atau part-timer saja. Tentunya melakukan perekrutan karyawan part-time tidak dilakukan secara sembarangan. Namun sudah seharusnya perekrutan tenaga kerja freelance yang baru ini dilakukan dengan pertimbangan yang matang diantaranya dengan melihat pengalaman kerja dari kandidat. Untuk itu merekrut karyawan part-time juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Platform Freelance

Anda bisa mencari karyawan part-time dengan lebih mudah di platform freelance yang saat ini semakin merebak di dunia internet. Memang hal ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Namun sebenarnya mencari karyawan di platform tersebut semakin mempermudah tugas dan pekerjaan Anda. Dalam hal ini Anda bisa membuat suatu lowongan pekerjaan melalui platform yang ada dan kemudian menunggu hingga ada seseorang yang menawarkan jasanya untuk bekerja sebagai karyawan paruh waktu. Namun saat ini ada pula cara yang lebih praktis yaitu melakukan wawancara secara online dengan para freelancer yang telah melamar lowongan kerja yang Anda berikan.

Mencari atau merekrut karyawan baru sekalipun hanya pekerja lepas atau part-time juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Setelah mengetahui kandidat yang telah melamar lowongan Anda maka selanjutnya lakukan pengecekan portofolio. Melalui portofolio inilah maka Anda bisa mengetahui rekam jejak kandidat. Hasil karya yang telah dihasilkannya juga bisa Anda ketahui secara lebih jelas. Selain itu melalui portofolio maka Anda bisa mengerti kualitas kandidat secaralebih lanjut. Sekalipun hanya seorang pekerja paruh waktu namun sudah seharusnya kandidat memiliki kualitas yang baik.

Memanfaatkan Koneksi

Jika Anda ingin mendapatkan seorang pekerja atau karyawan paruh waktu yang berkualitas maka Anda bisa memanfaatkan koneksi yang Anda miliki. Sudah bukan hal asing bagi suatu perusahaan yang mengangkat atau merekrut tenaga kerja baru melalui koneksi yang dimiliki. Mendapatkan karyawan atas rekomendasi dari orang yang dikenal umumnya bisa menjadi pertimbangan yang lebih baik bagi seorang HRD. Sebab melalui koneksi maka Anda bisa mengetahui secara langsung mengenai latar belakang orang yang dicalonkan menjadi karyawan paruh waktu di tempat Anda.

Anda juga bisa mengetahui kualitas dan kemampuan serta keahlian orang yang dicalonkan untuk menjadi pekerja paruh waktu di tempat Anda. Tentunya hal ini dapat semakin memeprmudah tugas dan pekerjaan Anda dalam mencari karyawna baru di perusahaan. Bila strategi ini diterapkan maka sebaiknya carilah orang yang memang telah dikenal dan telah diketahui kemampuannya dalam bekerja. Hal ini pada akhirnya akan mempermudah Anda dalam melakukan proses perekrutan pegawai tanpa harus mengadakan proses seleksi pada banyak orang.

Penggunaan Media Sosial

Mencari tenaga kerja baru sekalipun hanya pekerja frelance atau part-time juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu melalui media sosial. Anda bisa saja memasang iklan lowongan kerja di media sosial sehingga akan ada banyak ornag yang melihatnya. ornag yang tertarik terhadap lowongan tersebut tentu akan mencoba untuk mengirimkan surat lamaran kerja pada perusahaan. Di masa sekarang ini tampaknya semakin banyak media sosial yang bisa digunakan untuk mencari calon pegawai baru untuk suatu perusahaan. Sebut saja ada mesia sosial bernama Linkedin dan ada pula Twitter yang selalu ramai dikunjungi oleh para penggiat media sosial.

Anda juga bisa segera menyortir banyak orang yang melamar posisi yang ditawarkan hingga akhirnya mendapatkan orang yang dirasa tepat dan sesuai dengan keinginan perusahaan. Strategi perekrutan karyawan part-time yang seperti ini pada dasarnya juga membutuhkan media internet. Oleh karena itu penggunaan media sosial sebenarnya hampir sama dengan penggunaan platform di internet. Salah satu kelebihan media sosial dalam hal ini adanya banyak penggemar yang tak segan menyediakan banyak waktunya untuk membuka media sosialnya sehingga semakin banyak ornag yang akan menjadi tertarik dengan lowongan pekerjaan yang Anda berikan.

Keuntungan Bagi Perusahaan

Ada beberapa keuntunga ynag bisa diperoleh dari adanya proses perekrutan karyawan part-time. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan adalah semakin hematnya pengeluaran. Pada dasarnya karyawan part-time hanya bekerja saat dibutuhkan saja dan selama ada proyek. Jadi perusahaan tidak perlu memberikan gaji tiap bulan pada karyawan tersebut. Di samping itu perekrutan karyawan part-time juga membuat perusahaan untuk bisa mendapatkan tenaga kerja dengan kemampuan dan skill yang terbaik. Tentu saja karyawan yang memiliki skill dan kemampuan tinggi dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan sekalipun karyawan tersebut hanyalah bersifat sementara saja. Umumnya seorang pekerja part-time akan selalu berusaha untuk memberikan hasil pekerjaan yang terbaik pada perusahaan.

Keuntungan Bagi Karyawan Part-Time

Keuntungan dari perekrutan tenaga part-time tampaknya tidak hanya berlaku bagi sebuah perusahaan saja. Tetapi proses perekrutan ini juga bisa berdampak baik bagi karyawna itu sendiri. perekrutan pegawai part-time pada dasarnya akan membuat karyawan yang bersangkutan dapat melakukan pekerjaannya secara lebih efektif. Sebab biasanya karyawan part-time tidak ingin meninggalkan tempat kerjanya dengan nama buruk. Oleh karena itu setiap karyawan part-time akan selalu berusaha untuk mengusahakan yang terbaik sehingga hasil kerjanya juga bisa dinilai baik oleh perusahaan. Secara tidak langsung hal ini akan membuat karyawna part-time semakin dapat mengembangkan dirinya dan kemampuannya sehingga kualitas dirinya mengalami peningkatan.

Merekrut karyawan part time tentu perusahaan harus dapat memberikan kontrak kerja yang jelas dan legal. Sehingga nantinya tidak merugikan pihak karyawan. Oleh sebab itu supaya pengaturan kontrak untuk para karyawan yang bekerja paruh waktu ini cukup jelas, gunakan program yang sistematis dan terpadu. Misalnya dengan beralih pada penggunaan JojoTimes. Dimana program ini nantinya akan membantu perusahaan dalam mendata berapa jumlah karyawan part time di dalam perusahaan dan data-data lengkapnya. Selain itu program ini juga merupakan salah satu jalan supaya data karyawan part time tersimpan lengkap dan rapi tanpa kurang suatu apapun.

Tentu saja hal ini bisa tercapai berkat beberapa fitur yang tersemat dalam JojoTimes. Fitur-fitur ini meliputi sebagai berikut:

  • Secured Cloud-Based Storage
  • Integrated Attendance System
  • Custom Format Report
  • Import and Export Employee Data

Serta masih ada beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan perusahaan dalam mendukung langkah kerja tim HRD perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan akan berjalan lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu jangan merasa ragu lagi, segera saja beralih dan dapatkan coba gratis JojoTimes untuk perusahaan Anda sekarang juga. Rasakan besarnya manfaat menggunakan program yang praktis dan efisien tersebut. Biarkan sistemasi tim HRD di perusahaan berjalan lancer tanpa gangguan. Bersama JojoTimes, dijamin pada akhirnya nanti perusahaan Anda dapat makin maju dan berkembang!