Mobile Marketing vs. Conventional Marketing

Dalam suatu perusahaan terdapat divisi yang memegang peranan penting dalam pemasaran suatu produk, dengan mencari medium terbaik agar sesuai dengan target pasar yang ditetapkan. Mulai dari pemasangan iklan di radio, TV, dan koran kerap dilakukan demi memenuhi target. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi, kini muncul istilah mobile marketing. Sehingga segala bentuk pemasaran yang tidak dilakukan secara online disebut marketing konvensional. Bagaimana perbandingan antara keduanya? Mengapa hal ini menjadi penting untuk para pelaku usaha?

channel digital marketing

Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah seni memasarkan bisnis kamu untuk menarik pengguna melalui sebuah perangkat mobile atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain mobile marketing adalah sistem pemasaran yang mengandalakan penggunaan via mobile atau sering digunakan dengan smartphone atau dengan menggunakan aplikasi khusus. Ketika dilakukan dengan benar, pemasaran seluler memberi pelanggan atau pelanggan potensial mendapatkan informasi yang dipersonalisasikan, waktu dan lokasi sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan, bahkan ketika mereka sedang berpergian.

Cara kerja mobile marketing

Cara kerja mobile marketing terdiri dari iklan yang muncul di smartphone, tablet, atau perangkat seluler lainnya. Format penyesuaian dan gaya iklan mobile marketing dapat beragam, dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun di era yang sudah semakin maju, metode SMS makin kurang diminati. Perusahaan harus mempunyai platform lainnya seperti blog agar bisa dikunjungi banyak orang yang ingin mengetahui informasi yang lebih banyak mengenai perusahaan kamu. Selain menggunakan blog, perusahaan bisa  melalui sosial media seperti instagram, dengan membuat sebuah foto atau konten short video yang menarik dan share-able.

Kekurangan Mobile Marketing

Namun, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobile marketing diantaranya, target pasar haruslah orang–orang yang melek teknologi dan aktif di media sosial. Sebab, jika target pasar tidak melek teknologi maka produk yang diiklankan pun tidak bisa  sampai pada mereka. Selain itu, kadang kala target pasar yang melihat iklan kita di media sosial biasanya sering merasa terganggu dengan kemunculan iklan saat sedang mengakses media sosial. Oleh karena itu, buatlah iklan yang menarik dan engaging.

Conventional Marketing

Conventional Marketing mengacu pada metode pemasaran konvensional yang digunakan sejak konsep iklan atau pemasaran muncul. Seperti namanya, teknik marketing ini menggunakan cara-cara “traditional” yang biasanya menggunakan media cetak seperti banner, flyer, atau koran. Seiring dengan kemajuan zaman, conventional marketing merambah kedua elektronik yaitu TV dan Radio.

Kelebihan dari conventional marketing di antaranya yaitu mudah menjangkau audiens lokal dan mudah untuk dipahami, materi promosi dapat disimpan dan digunakan kembali, membangun kesadaran merek. Mengabaikan pemasaran tradisional akan menjadikan adanya ketidak seimbangan dalam proses marketing yang dilakukan perusahaan kamu. Kamu harus memberikan prioritas yang sama untuk pemasaran digital dan konvensional untuk kesuksesan pemasaran produk yang lebih baik.

Kekurangan conventional marketing yaitu biaya yang lebih mahal untuk mengiklankan produk atau perusahaan kamu di media TV, radio atau media cetak seperti koran, Sulit melihat hasil yang didapatkan setelah iklan disebar luaskan,  bersifat satu arah karena tidak dapat respon langsung oleh audiens, pesan bersifat umum dan tidak personal. Berdasarkan kekurangan yang dimiliki oleh conventional marketing membuat mobile marketing menjadi lebih unggul.

Dalam memilih antara mobile marketing seluler vs conventional marketing, tidak ada cara mudah untuk memberi tahu kamu metode mana yang terbaik untuk Anda karena itu tergantung pada anggaran kamu dan sasaran pemasaran teratas.

Adapun beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan untuk membantu kamu memilih strategi yang digunakan dalam melakukan sebuah pemasaran produk:

Produk Knowledge

Sebelum kamu mulai menyusun strategi pemasaran, kamu harus memahami dengan jelas mengenai produk yang akan dipasarkan. Memperkirakan bagaimana strategi yang nantinya akan dilakukan, dengan menentukan arah produk yang akan diiklankan.

Budgeting

Buatlah perhitungan untuk menentukan media apa yang akan digunakan. Jika kamu memiliki anggaran yang ketat dan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, tidak masuk akal untuk berinvestasi dalam iklan TV. Namun, sebagai alternatif, ada pemasaran secara mobile untuk membantu Anda menyebarkan berita melalui SMS atau menampilkan iklan dengan harga yang kamu mampu secara massive dan real-time

Target Pasar

Tentukan demografi mengenai target pasar yang akan dituju oleh produk yang akan diiklankan. Jika target pasarmu adalah anak muda yang melek akan teknologi, maka pasarkan lah iklan produk atau perusahaanmu dengan menggunakan unsur-unsur mobile marketing, begitu pula sebaliknya.

Jadi jenis pemasaran apa yang lebih baik?

Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Namun, semakin berkembangnya suatu zaman membuat segala halnya menjadi lebih canggih. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat tentang pemasaran secara mobile.

HOW MOBILE MARKETING WORKS IN 2019

Mobile marketing telah menjadi suatu bagian penting dalam segala aspek kemajuan zaman secara digital dan modern. Selama hampir dua dekade, para pakar teknologi mengklaim masa depan mobile. Dengan perkiraan 2,7 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, pengiklan dan pemasar telah dengan jelas beradaptasi dengan realitas baru ini, mencari cara baru untuk mengubah strategi pemasaran konvensional menjadi mobile marketing  yang efektif. Bahkan merek besar seperti Amazon telah memperkenalkan layanan iklan yang dapat disesuaikan yang mendapatkan momentum di ruang ritel online dan AS.

Pada 2019, mobile marketing telah berubah menjadi disiplin multi-saluran yang mendukung segmen besar ekosistem online kami. Namun, masa depan ini tiba begitu cepat sehingga sulit untuk menjelaskan atau bahkan memahami banyak pergeseran seismik yang dialami lapangan ini setiap tahun. Untuk alasan itu, penting untuk mengambil langkah mundur dan secara luas membahas pemasaran seluler pada 2019, berbagai teknik yang dimainkan, dan efektivitas beberapa strategi terkemuka.

Teknologi Jojoexpense Membantu Kerjamu

JojoExpense untuk mengatur anggaran iklanPerkembagan teknologi yang terus berkembang tidak hanya digunakan dalam bentuk pemasaran suatu produk, jasa atau perusahan yang kamu miliki. Namun dengan adanya kemajuan tersebut membuat kamu lebih mudah dalam segala halnya. Seperti control anggaran di mana saja dan kapan saja, cegah penipuan keuangan, hemat waktu dengan proses otomatis, dan tingkatkan produktivitas dan efesiensi. JojoExpense membantu anda mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efesien dan hemat waktu.

Percayakan saja perhitungan rumit cash advice kepada JojoExpense dan kamu bisa melakukan pekerjaan yang lebih penting sehingga tidak akan menggangu efesiensi kerja yang dilakukan. Akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan kamu untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek.

Bagian paling terpenting adalah digitalisasikan manajemen finansial Anda dan singkirkan kebutuhan bukti transaksi tercetak. Keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan efisien.

Lebih dari 345+ perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.

Gunakan versi demo dari perangkat lunak ini untuk dapat rasakan sendiri berbagai kemudahan didalmnya. Cukup melakukan download saja di website Jojonomic, sekarang juga.