Mobile Marketing vs. Conventional Marketing

Dalam suatu perusahaan terdapat divisi yang memegang peranan penting dalam pemasaran suatu produk, dengan mencari medium terbaik agar sesuai dengan target pasar yang ditetapkan. Mulai dari pemasangan iklan di radio, TV, dan koran kerap dilakukan demi memenuhi target. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi, kini muncul istilah mobile marketing. Sehingga segala bentuk pemasaran yang tidak dilakukan secara online disebut marketing konvensional. Bagaimana perbandingan antara keduanya? Mengapa hal ini menjadi penting untuk para pelaku usaha?

channel digital marketing

Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah seni memasarkan bisnis kamu untuk menarik pengguna melalui sebuah perangkat mobile atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain mobile marketing adalah sistem pemasaran yang mengandalakan penggunaan via mobile atau sering digunakan dengan smartphone atau dengan menggunakan aplikasi khusus. Ketika dilakukan dengan benar, pemasaran seluler memberi pelanggan atau pelanggan potensial mendapatkan informasi yang dipersonalisasikan, waktu dan lokasi sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan, bahkan ketika mereka sedang berpergian.

Cara kerja mobile marketing

Cara kerja mobile marketing terdiri dari iklan yang muncul di smartphone, tablet, atau perangkat seluler lainnya. Format penyesuaian dan gaya iklan mobile marketing dapat beragam, dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun di era yang sudah semakin maju, metode SMS makin kurang diminati. Perusahaan harus mempunyai platform lainnya seperti blog agar bisa dikunjungi banyak orang yang ingin mengetahui informasi yang lebih banyak mengenai perusahaan kamu. Selain menggunakan blog, perusahaan bisa  melalui sosial media seperti instagram, dengan membuat sebuah foto atau konten short video yang menarik dan share-able.

Kekurangan Mobile Marketing

Namun, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobile marketing diantaranya, target pasar haruslah orang–orang yang melek teknologi dan aktif di media sosial. Sebab, jika target pasar tidak melek teknologi maka produk yang diiklankan pun tidak bisa  sampai pada mereka. Selain itu, kadang kala target pasar yang melihat iklan kita di media sosial biasanya sering merasa terganggu dengan kemunculan iklan saat sedang mengakses media sosial. Oleh karena itu, buatlah iklan yang menarik dan engaging.

Conventional Marketing

Conventional Marketing mengacu pada metode pemasaran konvensional yang digunakan sejak konsep iklan atau pemasaran muncul. Seperti namanya, teknik marketing ini menggunakan cara-cara “traditional” yang biasanya menggunakan media cetak seperti banner, flyer, atau koran. Seiring dengan kemajuan zaman, conventional marketing merambah kedua elektronik yaitu TV dan Radio.

Kelebihan Conventional Marketing

Kelebihan dari conventional marketing di antaranya yaitu mudah menjangkau audiens lokal dan mudah untuk dipahami, materi promosi dapat disimpan dan digunakan kembali, membangun kesadaran merek. Mengabaikan pemasaran tradisional akan menjadikan adanya ketidak seimbangan dalam proses marketing yang dilakukan perusahaan kamu. Kamu harus memberikan prioritas yang sama untuk pemasaran digital dan konvensional untuk kesuksesan pemasaran produk yang lebih baik.

Kekurangan Conventional Marketing

Kekurangan conventional marketing yaitu biaya yang lebih mahal untuk mengiklankan produk atau perusahaan kamu di media TV, radio atau media cetak seperti koran, Sulit melihat hasil yang didapatkan setelah iklan disebar luaskan,  bersifat satu arah karena tidak dapat respon langsung oleh audiens, pesan bersifat umum dan tidak personal. Berdasarkan kekurangan yang dimiliki oleh conventional marketing membuat mobile marketing menjadi lebih unggul.

Dalam memilih antara mobile marketing seluler vs conventional marketing, tidak ada cara mudah untuk memberi tahu kamu metode mana yang terbaik untuk Anda karena itu tergantung pada anggaran kamu dan sasaran pemasaran teratas.

See the source image

Tips Memilih Metode Pemasaran

Adapun beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan untuk membantu kamu memilih strategi yang digunakan dalam melakukan sebuah pemasaran produk:

Produk Knowledge

Sebelum kamu mulai menyusun strategi pemasaran, kamu harus memahami dengan jelas mengenai produk yang akan dipasarkan. Memperkirakan bagaimana strategi yang nantinya akan dilakukan, dengan menentukan arah produk yang akan diiklankan.

Budgeting

Buatlah perhitungan untuk menentukan media apa yang akan digunakan. Jika kamu memiliki anggaran yang ketat dan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, tidak masuk akal untuk berinvestasi dalam iklan TV. Namun, sebagai alternatif, ada pemasaran secara mobile untuk membantu Anda menyebarkan berita melalui SMS atau menampilkan iklan dengan harga yang kamu mampu secara massive dan real-time

Target Pasar

Tentukan demografi mengenai target pasar yang akan dituju oleh produk yang akan diiklankan. Jika target pasarmu adalah anak muda yang melek akan teknologi, maka pasarkan lah iklan produk atau perusahaanmu dengan menggunakan unsur-unsur mobile marketing, begitu pula sebaliknya.

Jadi jenis pemasaran apa yang lebih baik?

Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Namun, semakin berkembangnya suatu zaman membuat segala halnya menjadi lebih canggih. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat tentang pemasaran secara mobile.

HOW MOBILE MARKETING WORKS IN 2019

Mobile marketing telah menjadi suatu bagian penting dalam segala aspek kemajuan zaman secara digital dan modern. Selama hampir dua dekade, para pakar teknologi mengklaim masa depan mobile. Dengan perkiraan 2,7 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, pengiklan dan pemasar telah dengan jelas beradaptasi dengan realitas baru ini, mencari cara baru untuk mengubah strategi pemasaran konvensional menjadi mobile marketing  yang efektif. Bahkan merek besar seperti Amazon telah memperkenalkan layanan iklan yang dapat disesuaikan yang mendapatkan momentum di ruang ritel online dan AS.

Pada 2019, mobile marketing telah berubah menjadi disiplin multi-saluran yang mendukung segmen besar ekosistem online kami. Namun, masa depan ini tiba begitu cepat sehingga sulit untuk menjelaskan atau bahkan memahami banyak pergeseran seismik yang dialami lapangan ini setiap tahun. Untuk alasan itu, penting untuk mengambil langkah mundur dan secara luas membahas pemasaran seluler pada 2019, berbagai teknik yang dimainkan, dan efektivitas beberapa strategi terkemuka.

Strategi Mobile Marketing

Di sisi lain yang menarik untuk dibahas yaitu berbagai macam strategi yang bisa dilakukan untuk menerapkan marketing secara mobile tersebut. Pada dasarnya banyak terobosan baru yang bisa dicoba saat ingin menjalankan sistem marketing atau pemasaran yang satu ini. Berikut beberapa strategi mobile marketing andalan perusahaan-perusahaan ternama di dunia.

App-Based Marketing Dalam Mobile Marketing

Pasti ada banyak yang menggunakan berbagai macam aplikasi untuk kegiatan sehari-hari di masa sekarang. Terutama berkat kecanggihan teknologi dan smartphone yang makin powerful setiap masanya. Sehingga pengguna gadget saat ini lebih banyak menggunakan aplikasi yang membantu mempercepat aktivitas yang dibutuhkan melalui telepon genggam.

Rupanya kesempatan ini juga dibidik oleh sebagian besar pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya melalui iklan yang dipasang pada berbagai aplikasi tersebut. Misalnya saat membuka aplikasi tertentu maka segera muncul pop-up suatu iklan produk atau jasa yang diberikan sesuai niche yang disukai pengguna gadget. Sehingga jika tertarik otomatis calon pelanggan tinggal memencet tombol iklan dan melihat lebih jauh.

In-Games Marketing Untuk Mobile Marketing

Penggemar games dan permainan dalam smartphone juga menjadi salah satu sasaran yang paling umum dalam metode mobile marketing ini. Tidak mengherankan karena saat ini banyak yang memiliki ketergantungan untuk bermain dengan smartphone ketimbang memainkan permainan di PC ataupun media permainan yang lain.

Maka dari itu kesempatan tersebut dibaca oleh para pengusaha sebagai media promosi yang paling tepat. Jika membuka sebuah game atau saat menunggu game berlanjut sering kali terdapat berbagai macam iklan menarik yang menawarkan berbagai macam hal. Tentunya bagi sebagian besar pecinta game bisa jadi hal ini cukup mengganggu. Namun di satu sisi beberapa iklan tentu saja bisa menarik perhatian para target konsumen. Sehingga secara otomatis iklan yang ditampilkan tersebut diminati dan konsumen akhirnya melakukan pembelian atau penggunaan jasa yang ditawarkan.

SMS Marketing Penunjang Mobile Marketing

Sering kali ada banyak SMS yang muncul pada layar smartphone, baik menawarkan produk ataupun jasa. Bahkan yang sering kali muncul yaitu produk perbankan yang lebih suka merambah dunia SMS marketing untuk menjaring lebih banyak calon nasabah.

Dengan menggunakan SMS marketing ini memang membutuhkan usaha yang lebih besar. Namun berkat adanya aplikasi moderen untuk mempermudah strategi yang satu ini, banyak kalangan pebisnis yang tertarik untuk menggunakan metode SMS marketing tersebut.

Search-Ads Marketing Untuk Mobile Marketing

Salah satu metode pemasaran mobile yang paling banyak ditemukan yaitu berupa iklan pada mesin pencari. Jangan heran jika saat merujuk pada situs tertentu muncul pop-up iklan dan tawaran yang cukup banyak. Terutama saat menggunakan smartphone untuk mengakses situs pencari ataupun situs berita.

Saat ini tercatat ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan metode search-ads marketing tersebut untuk mengiklankan produknya. Sehingga bagi yang tertarik dapat melihat dan mendapatkan informasi penting tentang produk atau jasa yang ditawarkan secara sekilas. Kemudian jika berminat umumnya target konsumen ini segera bergerak mencari situs yang dimaksud lalu melakukan pembelian.

Strategi Conventional Marketing

Lain halnya jika melihat bagaimana conventional marketing dijalankan. Sebagai salah satu upaya pemasaran yang lebih dulu diterapkan oleh banyak perusahaan, tentu saja ada banyak cara dan strategi pada jenis pemasaran tersebut. Maka dari itu tentu saja tidak sulit untuk menerka mana saja strategi conventional marketing yang terbaik untuk dipilih. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

Menggunakan Kartu Nama

Meskipun jaman sudah moderen dan teknik pemasaran sudah cukup berkembang, namun masih banyak yang menggunakan kartu nama untuk strategi marketing. Contohnya pada perusahaan jasa yang mengenalkan diri melalui pemberian kartu nama pada kolega untuk diinformasikan pada kolega yang lain. Bertukar kartu nama juga hal yang sering dilakukan pada saat terdapat pertemuan-pertemuan bisnis penting. Sehingga tidak mengherankan jika strategi tersebut masih berlanjut hingga saat ini.

Menyebarkan Brosur

Masih banyak juga pebisnis yang merasa penyebaran brosur promosi berjalan cukup efektif. Terutama jika baru saja membuka tempat usaha yang ingin dikenalkan pada masyrakat sekitar. Penggunaan brosur yang disebarkan dari rumah ke rumah merupakan salah satu cara yang cukup dominan. Sehingga calon konsumen dapat melihat informasi secara langsung melalui brosur yang tersebut tersebut.

Cara ini juga banyak dilakukan oleh pusat perbelanjaan besar dalam menarik minat pelanggan. Setelah melakukan pembayaran umumnya pegawai memberikan selebaran promosi produk untuk minggu berikutnya. Sehingga konsumen tertarik untuk datang kembali. Hal ini berlanjut terus-menerus dan tidak pernah putus. Dengan demikian secara tidak langsung pusat perbelanjaan tidak akan kehilangan konsumennya dan bahkan menciptakan konsumen yang loyal.

Memakai Spanduk Atau Baliho

Beberapa perusahaan juga menerapkan pemasangan spanduk atau baliho untuk menarik banyak konsumen. Biasanya hal ini diletakkan di pusat-pusat dan lokasi yang strategis hingga banyak orang tertarik untuk melihatnya. Strategi yang digunakan sejak lama ini hingga sekarang masih banyak menjadi preferensi. Sehingga tidak heran jika kita lihat ada banyak spanduk bertebaran di jalan-jalan utama untuk mempromosikan hal tertentu.

Networking

Cara pemasaran konvensional lainnya yang masih dilirik para pebisnis yaitu dengan jalan melakukan networking. Misalnya mengadakan pertemuan dengan rekan sejawat atau perkumpulan bisnis sejenis. Dengan demikian maka potensi mendapatkan pasar maupun pemodal juga sama luasnya. Maka dari itu masih banyak bisnis yang berharap pada metode konvesional seperti ini dalam memasarkan bisnisnya.

Penerapan Conventional Marketing Pada Bisnis

Tentu saja menerapkan strategi pemasaran konvensional dilakukan banyak bisnis sejal awal. Bahkan hingga saat ini banyak juga pebisnis dengan pemikiran konvensional yang lebih menyukai teknik pemasaran tersebut. Karena dianggap lebih mudah dan tidak rumit mengikuti teknologi yang terus berkembang bila menggunakan mobile marketing. Sehingga tidak mengherankan jika banyak perusahaan besar meskipun sudah beralih pada pemasaran mobile namun tetap menjalankan strategi pemasaran konvensional sebisa mungkin.

Tentu saja tidak ada salahnya tetap menerapkan strategi yang lama tersebut, karena jika dikombinasikan dengan baik maka bisa memberikan kekuatan pemasaran yang sangat besar. Sehingga bisnis berjalan menjangkau lebih banyak segmen dan pelanggan. Baik yang berusia lebih tua maupun di kalangan konsumen yang masih muda dan milenial. Teknik pemasaran konvesional ini dianggap masih bermanfaat untuk diterapkan pada banyak lini bisnis.

Pengelolaan Mobile Marketing VS Conventional Marketing

Adapun apapun jenis penerapan teknik serta strategi pemasaran yang dipilih, tentu saja yang terpenting adalah mengelola dan mempertahankan kesuksesan teknik yang dipilih. Supaya dapat membantu mempertahankan pelanggan selama mungkin. Seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan ternama di dunia yang telah berdiri berabad-abad lamanya.

Menjaga pemasaran secara konvensional tetap membantu mempertahankan pelanggan lama. Sementara menerapkan mobile marketing dapat membantu memperoleh segmen pelanggan baru milenial. Terutama yang lebih menyukai dunia dinamis dan digital. Sehingga pada akhirnya perusahaan dan bisnis yang dikelola tetap memperoleh target dan keuntungan seperti yang diharapkan.

Teknologi Jojoexpense Membantu Kerjamu

JojoExpense untuk mengatur anggaran iklanPerkembagan teknologi yang terus berkembang tidak hanya digunakan dalam bentuk pemasaran suatu produk, jasa atau perusahan yang kamu miliki. Namun dengan adanya kemajuan tersebut membuat kamu lebih mudah dalam segala halnya. Seperti control anggaran di mana saja dan kapan saja, cegah penipuan keuangan, hemat waktu dengan proses otomatis, dan tingkatkan produktivitas dan efesiensi. JojoExpense membantu anda mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efesien dan hemat waktu.

Percayakan saja perhitungan rumit cash advice kepada JojoExpense dan kamu bisa melakukan pekerjaan yang lebih penting sehingga tidak akan menggangu efesiensi kerja yang dilakukan. Akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan kamu untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek.

Bagian paling terpenting adalah digitalisasikan manajemen finansial Anda dan singkirkan kebutuhan bukti transaksi tercetak. Keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan efisien.

Lebih dari 345+ perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.

Gunakan versi demo dari perangkat lunak ini untuk dapat rasakan sendiri berbagai kemudahan didalmnya. Cukup melakukan download saja di website Jojonomic, sekarang juga.