Niche Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Di Dunia Maya

Berbicara tentang strategi pemasaran yang baik dan tepat, maka tentu tidak luput dari istilah niche marketing. Sebagai tenaga pemasar yang handal, umumnya ini merupakan hal penting yang harus dipahami dan diketahui bagaimana pelaksanaannya. Terutama mereka yang memasarkan bisnis dengan bantuan media internet serta dunia maya. Dengan mengenali dan membangun niche yang sesuai, maka tentu akan memberikan hasil yang jauh lebih signifikan.

Tentu saja bagi mereka yang awam, sering kali masih merasa kebingungan saat dihadapkan pada persoalan menentukan niche marketing yang tepat dan sesuai. Oleh sebab itu sebagai pemula sebaiknya ketahui lebih dulu mengenai hal yang satu ini. Supaya dapat memperoleh informasi yang jelas, berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai niche marketing, termasuk apa, bagaimana dan mengapa.


Tentang Niche Marketing

Perlu diketahui lebih dahulu, bahwa metode pemasaran sebuah produk atau jasa bisa menggunakan berbagai macam sarana. Baik promosi offline, maupun promosi online yang akhir-akhir ini makin marak dilakukan. Tentunya dalam melakukan pemasaran online ada beberapa istilah yang patut diketahui oleh tenaga pemasar, salah satunya yaitu niche marketing. Yang mana ini merupakan salah satu strategi pemasaran dengan jalan mengelompokkan bisnis yang dijalankan pada sebuah kata kunci tertentu yang berkaitan. Sehingga nantinya bisa meraih segmen atau pasar tertentu sesuai dengan kata kunci bisnis yang dijalankan ini.

Tentu saja banyak yang sering kali merasa bingung untuk memulai jika ingin menjalankan hal ini dalam memajukan sebuah bisnis. Apalagi jika berkaitan dengan pemasaran online dunia maya yang memiliki teknologi selangkah lebih maju daripada melakukan pemasaran lepas secara offline. Oleh sebab itu menentukan langkah yang tepat untuk memulai hal ini sangat diperlukan. Terutama bagi yang masih awam dan masih belajar lebih lanjut dalam mengembangkan kemampuan memasarkan secara maya.

Pentingnya Menggunakan Niche Yang Tepat

Dasar pokok dari melakukan niche marketing ini tentunya yaitu memilih niche yang paling tepat. Dengan arti kata lain, pemasar wajib mengkategorikan bisnisnya sebagai jenis usaha yang sesuai. Sehingga nantinya bisa memastikan hasil pemasaran yang lebih optimal. Inilah salah satu pentingnya menguasai niche dalam pemasaran yang paling tepat. Beberapa manfaatnya juga termasuk sebagai berikut:

  • Mendapatkan segmen yang sesuai, inilah salah satu pentingnya menggunakan niche yang tepat dan sesuai. Tanpa memastikan apa yang menjadi niche perusahaan Anda, tentu akan lebih sulit lagi menentukan target konsumen dan segmentasi pasar yang akan dikerjakan. Melalui penetapan niche, maka selanjutnya perusahaan bisa lebih mudah menetapkan target yang dibutuhkan untuk meningkatkan omzet dan pendapatan secara maksimal.

  • Pengenalan produk lebih terfokus, dengan menggunakan niche yang sesuai, otomatis produk yang diandalkan perusahaan bagi konsumen akan lebih terfokus pemasarannya. Sehingga lebih mudah pula untuk mengenalkan produk baik bagi konsumen baru ataupun memastikan konsumen lama masih tetap mengetahui perkembangan dan inovasi produk yang dilakukan. Dengan demikian maka informasi produk tersampaikan secara maksimal kepada seluruh calon konsumen.
  • Sistematisasi yang maksimal, tentu saja penggunaan niche marketing secara tidak langsung mendukung sistematisasi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Berkat mengelompokkan produk dan jasa yang ditawarkan dalam niche yang sesuai, maka penyesuaian target dan pemasaran tentu akan lebih terstruktur dengan rapi. Sehingga para tenaga pemasar perusahaan juga akan bekerja lebih optimal dalam meraih target maupun visi dan misi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.

Langkah Menentukan Niche Pada Bisnis

Setelah memahami arti pentingnya memilih niche yang sesuai pada bisnis yang dijalankan, tentu saja selanjutnya yaitu menentukan dan memilih niche yang sesuai. Di poin ini banyak pemasar yang handal sekalipun menemukan kesulitan untuk memastikan niche bisnisnya. Oleh sebab itu jika tidak ingin menghadapi kesulitan yang berarti, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini yang bisa membantu menciptakan serta menentukan niche bisnis yang tepat.

  • Pahami produk yang dipasarkan, sangat penting mengetahui dan memahami apa produk atau jasa yang kita pasarkan. Bila memungkinkan pelajari produk semaksimal mungkin supaya tidak salah bila harus menentukan niche marketing yang tepat nantinya. Salah satu keberhasilan kunci dari pemasaran berdasarkan niche ini yaitu mengenal dengan baik produk dan jasa yang akan ditargetkan pada konsumen. Tanpa mengetahui serta memahami produk lebih dulu tentu akan sulit untuk memastikan apakah produk telah dipasarkan di segmen yang sesuai atau tidak.
  • Kelompokkan produk pada kategori umum, supaya tidak langsung menuju pada niche tertentu maka bisa saja memulai dengan memilih kategori yang paling umum dan mendekati. Katakan saja jika bergerak di bidang kesehatan, maka tentukan sasaran yang lebih spesifik sebagai area pemasaran. Misalnya area kesehatan seperti klinik, rumah sakit, ataupun sejenisnya. Dengan demikian tentu akan lebih mudah nantinya untuk menentukan niche yang lebih spesifik berdasarkan kategori umum yang sudah diberikan lebih dulu.

  • Lakukan pengelompokan spesifik, inilah poin penting dari niche marketing, dimana sebaiknya kategorikan produk menjadi hal yang paling detail di bidangnya. Misalnya dalam hal kesehatan berfokus pada obat-obatan. Dengan demikian tentu akan lebih mudah memastikan segmen yang dituju yaitu mereka yang membutuhkan obat tertentu. Lebih spesifik lagi jika merujuk pada obat sakit kepala, sehingga nantinya produk hanya menyasar konsumen yang mengalami hal tersebut dan bisa secara tidak langsung mengeliminasi jenis penyakit lainnya. Umumnya langkah terahir ini merupakan langkah yang paling efektif dari semua metode dan langkah yang diterapkan dalam menentukan niche sebuah produk atau jasa.

Memastikan penggunaan niche marketing yang sesuai tentunya akan banyak memberikan manfaat pada kemajuan perusahaan. Terutama dalam hal ini untuk meningkatkan pendapatan dan meraih lebih banyak konsumen. Demikian halnya dengan pengaturan pengeluaran perusahaan, sebaiknya gunakan produk penunjang terbaik untuk memastikan keuangan yang lebih tersistem dan efisien. Salah satunya dengan mempercayakan sistem keuangan perusahaan Anda pada JojoExpense.

Mengapa JojoExpense? Karena produk ini mampu memberikan segudang manfaat bagi perusahaan secara optimal, terutama dalam mengefektifkan dan mengefisiensikan keuangan perusahaan sepenuhnya. Dengan produk ini maka nantinya resiko terjadi penipuan keuangan bisa dihindari. Tidak hanya itu saja, tetapi produk ini juga membantu sistem reimbursement maupun penyediaan kas perusahaan yang lebih sistematis. Sehingga tim keuangan perusahaan Anda juga tidak perlu bekerja ekstra untuk melakukannya.

Di dalam JojoExpense sendiri terdapat beberapa fitur menarik yang dapat membantu perusahaan meraih manfaat yang maksimal. Mulai dari fitur Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, Monitoring Requester’s Budget Limit, serta masih banyak fitur sejenis lainnya pada produk ini yang tidak kalah hebatnya. Oleh karena itu tidak perlu ragu lagi. Yuk, segera dapatkan coba gratis JojoExpense hari ini juga. Saksikan sendiri kehebatan sistem keuangan yang diberikan untuk optimisasi kerja yang lebih baik.