NPP Perusahaan Untuk Lingkungan Kerja Lebih Baik

Dalam membangun sebuah perusahaan ada satu komponen yang tidak boleh terlewat demi terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik yaitu NPP Perusahaan. NPP atau nomor pokok perusahaan berguna untuk mendaftarkan seluruh karyawan kedalam program BPJS.

Kebijakan pemerintah indonesia juga mewajibkan setiap perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya kedalam BPJS. Kebijakan ini dimaksudkan agar tercipta keamanan kerja serta lingkungan yang lebih ramah bagi semua karyawan.

Apabila  karyawan sudah terdaftar kedalam BPJS ketenaga kerjaan dan kesehatan berkat NPP perusahaan maka mereka bisa berkerja dengan sepenuh hati. Setiap perusahaan atau industri pasti memiliki resiko pekerjaan yang mesti ditanggung oleh karyawannya.

Keunggulan karyawan yang  menggunakan jasa  BPJS juga bisa menikmati  pensiun melewati jaminan hari tua. Tidak harus menjadi pegawai negeri sipil sekarang untuk bisa menikmati pensiun, dengan program jaminan hari tua karyawan kontrakpun bisa menikmatinya.

Pentingnya NPP Perusahaan Agar Karyawan Sejahtera

Misi dari sebuah perusahaan pasti akan berisi mensejahterakan karyawan, tentu saja ini akan sangat penting. Mengingat bahwa karyawan adalah faktor utama sebuah perusahaan bisa berkembang dan sukses. Tanpa karyawan yang dalam keadaan prima sebuah perusahaan tidak akan bisa maju.

Maka dari itu sangat penting untuk membuat semua karyawan didalam perusahaan sejahtera. Langkah konkret yang bisa diambil oleh perusahaan adalah memasukan seluruh karyawannya, kedalam BPJS lewat NPP Perusahaan.

Secara tidak langsung  program pendaftaran karyawan kedalam BPJS juga membangun loyalitas mereka terhadap perusahaan. Para karyawan akan lebih menghargai perusahaan serta lebih nyaman menjalani kewajiban mereka didalamnya.

Karena keamanan serta masa depan karyawan sudah terjamin fokus kerja mereka akan lebih baik. Kebanyakan kecelakan kerja terjadi karena korban sedang tidak fokus karena berbagai hal. Apabila mereka sudah merasa nyaman serta aman didalam perusahaan segala kecelakan kerja yang mungkin terjadi bisa dikurangi.

Walaupun kemungkinannya memang masih bisa terjadi tapi setidaknya bisa berkurang. Setiap kecelakan kerja terjadi banyak kerugian yang akan dialami oleh kedua belah pihak. Perusahaan mungkin akan terganggu dalam hal produksi serta lainnya.

Beberapa Langkah Untuk Mendapatkan NPP Perusahaan

Tindakan awal yang harus dilakukan adalah membuka halaman resmi BPJS. Disana ada pilihan registrasi badan usaha baru, dipilihan itu anda bisa mendaftarkan perusahaan anda. Lalu pahami lebih dalam berbagai syarat serta ketentuan didalamnya.

Jangan lupa centang pada kolom persetujuan ketika hendak melanjutkan pendaftaran anda. Lalu selanjutnya adalah mengisikan informasi penting seperti NPWP, email perusahaan, nomor kontak dan data karyawan. Informasi ini berguna bagi BPJS untuk mengirimkan besarnya tagihan.

Setelah semua terisi lalu jawab captcha yang tertera, selanjutnya anda akan diminta untuk menunggu email aktifasi didalam email perusahaan. Email tersebut berguna untuk mengaktifkan berbagai program positif dari BPJS bagi perusahaan anda.

Semua tahapan itu bisa anda lakukan secara online maupun offline tergantung dengan kebutuhan. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari mendaftarkan NPP Perusahaan, terutama keamanan dari para pekerja di perusahaan anda akan lebih terjamin.

Bahaya Yang Mengintai Perusahaan Tanpa NPP

Apabila diatas adalah semua manfaat serta cara mendaftarkan NPP perusahaan maka ini merupakan bahayanya apabila anda tidak memilikinya. Tentu ada beberapa konsekuensi dari perusahaan yang tidak memiliki NPP serta enggan menggunakan jasa BPJS.

  1. Denda berupa uang ini yang akan sangat memberikan kerugian pada perusahaan anda. Denda uang ini akan buruk bagi ekonomi perusahaan anda. Jalannya pemasukan serta pengeluaran perusahaan tidak akan stabil apabila terkena denda.
  2. Tidak akan menerima pelayanan publik salah satunya seperti izin mendirikan bangunan atau lebih dikenal dengan IMB. Izin ini sangat diperlukan bagi setiap perusahaan untuk bisa beroperasi dengan normal agar tidak terkena berbagai kendala. Bayangkan saja apabila perusahaan anda tidak diberi izin untuk mendirikan bangunan maka kedepannya pasti akan banyak hambatan. Terutama dengan para client perusahaan pasti akan berpikir dua kali saat hendak investasi di perusahaan tanpa IMB.
  1. bahaya selanjutnya apabila anda tidak memilikin NPP perusahaan adalah tidak bisa menerima karyawan asing. Tenaga kerja asing terkenal karena profesionalitas kerjanya, mereka pergi jauh dari negara asalnya untuk berkerja disini. Tentu hasil kerjanya akan sangat maksimal. Mereka pasti mempertimbangkan keselamatan kerja juga dan apabila ternyata perusahaan anda tidak memiliki NPP perusahaan serta tidak ikut program BPJS, pasti merekapun enggan untuk berkerja disana.
  1. tidak bisa mengikuti berbagai tender proyek, akan sangat fatal apabila perusahaan tidak bisa mengikuti tender proyek. Tentu kerugian yang akan diderita perusahaan tersebut akan sangat besar, mengingat keuntungan dari tender memang besar.

Para pemiliki proyek juga akan mempertimbangkan perusahaan yang aman untuk diajak kerjasama apabila kelengkapan seperti NPP perusahaan saja tidak punya itu akan menimbulkan pertanyaan besar. Serta akan menurunkan kredibilitas perusahaan anda.

Tidak ada salahnya untuk sedikit bersusah payah saat mendaftarkan perusahaan anda agar bisa mendapatkan NPP perusahaan, karena itu juga demi kebaikan bisnis anda kedepannya. Juga demi kebaikan para pegawai yang berkerja didalam perusahaan anda.

Didalam undang-undang juga tertera bahwa memang setiap karyawan berhak untuk mendapatkan jaminan keselamatan serta kesehatan lewat BPJS. Akan sangat tidak manusiawi apabila karyawan hanya diminta berkerja tanpa diperhatikan kesehatannya.

Untuk itu pemerintah memberlakukan denda bagi perusahaan nakal yang tidak mendaftarkan karyawannya BPJS. Denda itu tergantung dengan besarnya perusahaan serta jumlah dari karyawan yang tidak terdaftar BPJS.

Bangun Aktivitas Kerja Yang Sehat Melalui NPP Perusahaan

Bangun sistem kerja serta lingkungan perusahaan yang sehat, dengan mendaftarkan NPP perusahaan anda. Lingkungan kerja yang sehat ini dimaksudkan agar aktivitas serta lingkungan kerja bisa mendukung perusahaan agar sukses.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, banyak sekali bahaya apabila perusahaan anda tidak memiliki NPP. BPJS bagi karyawan juga sama pentingnya karena setiap pekerja juga memiliki hak untuk berkerja secara sehat jasmani maupun rohani.

Apabila hak kesehatannya sudah terpenuhi tentu saja mereka pasti akan berkerja secara optimal. Dengan hasil optimal tentu keuntungan yang diberikan untuk perusahaan anda juga, membuat NPP perusahaan memang sebuah simbiosis mutualisme antara BPJS, perusahaan dan karyawan.

Karyawan memberikan hasil kerja terbaik, perusahaan  memberikan hak kesehatan dan jaminan positif lainnya bagi pekerja serta BPJS membantu untuk merealisasikannya. Rencana anggarannya juga sangat terjangkau tergantung fasilitas apa saja yang dipilih.

Serta itu semua tidak menjadi beban perusahaan melainkan perorangan. Biasanya dibayarkan secara berkala melalui gaji yang diterima oleh karyawan. Memang ada beberapa tagihan yang ditujukan kepada perusahaan tapi biayanya tidak begitu besar.

Karena perusahaan juga akan menikmati fasilitas yang diberikan oleh BPJS. Jadi untuk anda yang belum mendaftarkan NPP perusahaan ada baiknya mulai sekarang untuk membuat. Selain menghindari dari kemungkinan buruknya mendaftar NPP juga memberikan berbagai hal baik.

Nah agar perusahaan Anda bisa memberikan fasilitas pelayanan kesehatan yang terbaik, Anda bisa menggunakan JojoPayroll sehingga NPP seluruh karyawan bisa terdata dengan sangat rapi. Dengan menggunakan aplikasi ini, ANda tidak usah repot lagi mengatur potongan payroll dari setiap karyawan Anda. Segera gunakan JojoPayroll agar meminimalisir kesalahan seperti kesalahan dalam menghitung potongan payroll karyawan, kesalahan ketik di slip gaji karyawan Anda dan beberapa kesalahan lainnya. Pasalnya, JojoPayroll ini memiliki banyak keunggulan seperti Perhitungan Payroll Otomatis, Cetak Slip Gaji Otomatis dan Kemudahan saat akan mentransfer payroll karyawan.