Apa yang Dimaksud dengan OCR?

OCR

Sebelum mengetahui tentang OCR, terlebih dahulu penting untuk mengetahui tentang perkembangan teknologi yang semakin maju dari waktu ke waktu. Teknologi yang semakin canggih memungkinkan manusia untuk melakukan pekerjaan dengan lebih ringan.

OCR online

Teknologi seperti OCR bahkan sudah dipergunakan untuk di beragam aplikasi/software untuk keperluan tertentu sepert untuk editing tulisan. Walaupun begitu, masih banyak yang tidak tahu mengenai teknologi OCR.

Pengertian Apa Itu OCR

Optical character recognition atau yang dikenal dengan nama OCR termasuk teknologi scan. Walaupun terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan. Mudahnya, perbedaan dari teknologi ini adalah OCR memiliki kemampuan untuk membedakan tulisan pada gambar yang discan. Jadi, tulisan yang discan tersebut baik untuk tulisan tangan atau digital, akan bisa diolah menjadi data.

Teknologi OCR ini sangat bermanfaat untuk Anda yang bekerja di bidang penulisan ulang. Misalnya Anda membuka jasa ketik, dan Anda harus mengetik sebanyak 100 halaman. Bisa saja Anda menggunakan cara manual namun, apa cara tersebut tidak membuat tangan Anda ‘keriting’ dan pegal? Misalnya Anda melakukan scan dengan scanner biasa, Anda hanya akan mendapatkan softfile dalam bentuk JPEG atau PNG atau TIFF ataupun PDF.

ocrNamun, pengetikan ulang akan menjadi lebih mudah jika Anda memiliki alat scan atau scanner yang dilengkapi dengan teknologi OCR. Dengan teknologi tersebut, Anda bisa melakukan scan pada halaman yang Anda inginkan. Kemudian mengubah atau mengedit tulisan tersebut dengan lebih mudah sesuai dengan keinginan Anda.

Algoritma pada OCR

Teknologi OCR memerlukan program atau algoritma yang berbeda agar bisa dipergunakan untuk melakukan scanning dan kemudian mengedit hasil scan. Ada 2 algoritma yang menjadi dasar dari pembuatan OCR yang kini disertakan atau menjadi fitur khusus pada berbagai macam scanner. Algoritma tersebut yaitu:

Pattern Recognition

Sistem ini menjadi dasar untuk contoh pada OCR. Maksudnya, dengan menggunakan sistem ini, saat pembuatan diberikan atau disisipkan contoh seperti teks atau tulisan yang dipergunakan sebagai pembanding. Sehingga nantinya, saat scanner dengan OCR melakukan scanning dan mendapati hasil yang sama dengan contoh, device akan lebih mudah untuk menilai dan membedakan. Seperti, mana yang gambar, mana yang angka atau mana yang tulisan.

Feature Detection

Sistem ini dipergunakan untuk mengidentifikasi serta mengenali sebuah karakter yang lebih spesifik. Misalnya garis melengkung, mengerucut ataupun yang lurus.dengan akta lain, adanya algoritma ini, memungkinkan teknologi OCR mampu untuk mengenali objek atau karakter ataupun sudut garis. Baik garis melintang, membujur ataupun melengkung.

Cara Kerja Teknologi OCR

OCR saat ini seperti menjadi salah satu teknologi yang harus dipertimbangkan saat memiliki scanner. Hal ini disebabkan karena dengan teknologi tersebut, Anda bisa lebih menghemat waktu untuk melakukan pengeditan tulisan dan gambar.

OCR mempunyai tahapan cara kerja sehingga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan editing. Tahapan kerja tersebut yaitu sebagai berikut.

1.      Meratakan Gambar atau Auto Deskewing

Dengan menggunakan teknologi OCR, akan memungkinkan Anda mengatur kemiringan dari gambar hasil scanning. Dari pengaturan tersebut, gambar dan tulisan akan lebih proporsional. Sehingga ketika Anda melampirkan hasil scan tersebut, lampiran akan terlihat lebih rapi.

2.      Melakukan Analisa

Analisa yang dimaksud ketika Anda menggunakan Teknologi OCR adalah pembeda atau pembagi antara bagian teks dan bagian gambar. Saat analisa dilakukan, maka gambar akan berubah menjadi bentuk bitmap yang memiliki 2 area yaitu gelap dan terang.

OCR

Area gelap tersebut dikenal sebagai object atau karakter dan area terang dikenal sebagai background. Nantinya di proses lanjutan dilakukan identifikasi objek sehingga Anda akan lebih mudah ketika Anda ingin melakukan pengeditan.

3.      Auto Orientation atau Orientasi Otomatis

Maksudnya adalah dengan teknologi ini, Anda tidak perlu pusing untuk mengatur posisi hasil scan yang tepat. Karena program OCR akan mengambil sebagian dari area file image kemudian mengidentifikasi ke arah teks yang benar. Sehingga hasil akhirnya bisa diputar ke arah yang tepat yaitu ke 90o, 180o, 270o.

4.      Memisahkan Karakter Huruf dan Angka

Teknologi OCR memungkinkan gambar yang discan tersebut akan bisa dipisahkan per karakternya. Sehingga jika Anda melakukan scan foto yang bertuliskan SCAN, Anda akan mendapati 4 karakter huruf. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk melakukan editing.

5.      Mengidentifikasi Gambar

Tidak hanya tulisan, namun dengan OCR, Anda juga bisa mengidentifikasi gambar. Setelah scanning, maka teknologi tersebut akan mengidentifikasi dan kemudian memisahkan gambar dan huruf.

ocrDengan demikian, jika Anda menggunakan alat dengan OCR dan dilengkapi dengan database, tulisan yang discan akan dimasukkan ke dalam database untuk pengolahan data.

6.      Menghasilkan File Akhir dengan Beragam Ekstensi

Hasil scanning tidak hanya akan berbentuk gambar namun juga bisa berbentuk tulisan. Format text bisa disimpan dalam ekstensi txt, docs, pdf, exl. Hasil akhir scanning ini akan sesuai dengan pengaturan awal yang Anda atur. Sehingga pastikan lebih dahulu Anda sudah mengatur output yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Reimburs dengan OCR

Karena keunggulan teknologi OCR tersebut, tidak hanya hardware namun juga software dan aplikasi yang menggunakan fitur tersebut. Salah satunya adalah JojoExpanse. Aplikasi ini merupakan aplikasi business expense yang tidak hanya mampu membantu Anda untuk mengontrol keuangan dari mana saja dan kapan saja namun juga memudahkan Anda untuk mengajukan reimbursement atau reimburse atau penggantian uang kantor yang dipergunakan.

Aplikasi ini tidak hanya bisa memungkinkan Anda untuk reimburse, ini juga bisa digunakan untuk melakukan:

  • Mobile approval sehingga jika ada pengajuan dana, Anda akan lebih mudah untuk membaca dan menentukan apakah akan menerima pengajuan dana tersebut atau justru menolak pengajuan.
  • Budget controlling untuk mengatur dana yang masuk dan keluar sehingga kondisi kesehatan keuangan Anda bisa tetap dalam kondisi yang stabil.
  • Capture expense untuk melakukan scan sehingga nantinya data yang sudah Anda discan tersebut bisa masuk ke dalam database agar bisa Anda kelola.

Apalagi, segala jenis hasil scan, seperti fraktur ataupun resi dan bukti transaksi, tidak hanya disimpan dalam database namun juga dalam cloud. Dari data tersebut, akan disimpan dalam bentuk tertentu misalnya dalam words ataupun dalam excel. Dengan hal tersebut. sistem ini memungkinkan Anda yang mempunyai akses untuk bisa masuk dan mengelolanya dimana saja dan kapan saja Anda mau.

fitur penting expense onlineUntuk menikmati fasilitas ini, maka Anda harus memiliki JojoExpense terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda perlu mengunjungi alamat ini https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/ dan kemudian piih jenis fasilitas yang Anda butuhkan. Jika Anda masih ragu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu versi gratisnya.

Dengan begitu, Anda akan dapat membandingkan mana yang lebih enak dan nyaman untuk dipergunakan. Menggunakan cara manual atau dengan cara online. Jadi, kunjungi JojoExpense saat ini juga dan segera dapatkan kenyamanan dalam melakukan management keuangan yang lebih canggih dan hemat tenaga serta waktu.