Opportunity Cost Dalam Bisnis Dan Perusahaan

Opportunity cost mungkin seringkali didengar oleh Anda yang pernah belajar tentang ilmu ekonomi. Istilah opprtunity costi ini seringkali juga disebut dengan biaya peluang. Istilah ini sebenarnya merupakan istilah dasar yang sudah seharusnya dipahami oleh para ahli ekonomi dan bahkan oleh para pembuat kebijakan.

Opprtunity cost atau biaya peluang bisa diartikan sebagai suatu biaya yang harus ditanggung baik oleh individu maupun organisasi karena telah memilih salah satu peluang dan mengabaikan peluang yang lain. Dengan kata lain biaya ini ditanggung dengan disertai adanya pengorbanan untuk hal lainnya.

Pada dasarnya setiap orang akan menghadapi apa yang disebut dengan pilihan. Suatu pilihan dihadapi bukan hanya oleh individu saja tetapi juga oleh sebuah organisasi atau lembaga atau perusahaan.

Dalam hal bisnis selalu ada peluang yang sekiranya dapat dipilih dan memang menuntut pemilik bisnis untuk memilih. Memilih salah satu peluang tentu akan disertai dengan sikap mengabaikan peluang lainnya.

Oleh karena itu menghadapi berbagai peluang yang ada perlu disertai dengan adanya kesiapan yang matang terutama dalam dunia bisnis. Di dalam dunia bisnis tentunya ada berbagai peluang yang ditawarkan kepada pebisnis untuk semakin memajukan dan mengembangkan usahanya.

Oleh karena itu seorang pebisnis harus benar-benar bisa melihat setiap peluang yang ada dengan lebih jeli agar tidak sampai melakukan kesalahan yang berakibat pada timbulnya kerugian.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Menghitung opportunity cost atau biaya peluang dapat dilakukan dengan cara tertentu. Sebenarnya cara untuk menghitung biaya peluang ini cukup mudah jika Anda memang bisa memahaminya. Cara menghitung biaya peluang yaitu dengan menghitung selisih antara pengembalian yang Anda harapkan dari setiap pilihan peluang yang ada. Jika dirumuskan maka menghitung biaya peluang dilakukan dengan cara mengurangkan CO dari FO.

Yang dimaksud dengan FO disini adalah nilai peluang yang tidak dipilih. Sedangkan yang dimaksud dengan CO adalah nilai peluang yang dipilih. Dalam hal ini jika CO bisa memberikan keuntungan maksimal dan bahkan lebih besar daripada biaya FO maka bisnis Anda bisa saja disebut telah memperoleh untung atau profit. Namun bila ternyata CO membutuhkan biaya pengeluaran yang cukup banyak namun memberikan keuntungan tidak lebih besar daripada biaya FO maka bisa saja pebisnis merasa menyesal karena beranggapan telah memilih peluang yang salah. Biaya peluang pada dasarnya dapat dijumpai dimana saja termasuk pula di dalam suatu lembaga.

Contoh Penerapan Oppurtunity Cost

Ada banyak contoh peristiwa yang bisa dijadikan sebagai contoh dari penerapan biaya peluang pada suatu lembaga. Salah satu contohnya adalah biaya peluang yang terjadi saat Anda lebih memilih untuk membeli peralatan baru daripada untuk memberikan dana sponsor. Membeli peralatan baru untuk mendukung kegiatan bisnnis yang sedang berjalan memang penting. Namun memberikan dana sponsor pada suatu event sebenarnya juga bisa menguntungkan bagi usaha atau bisnis Anda. Sebab melalui pemberian dana sponsor inilah nama perusahaan Anda akan dikenal oleh masyarakat. Di samping itu pemberian dana sponsor juga akan menimbulkan kesan bahwa bisnis Anda telah meraih kesuksesan.

Kondisi ini akan membuat para konsumen dan klien menjadi terus percaya dan yakin pada kualitas bisnis Anda. Sebenarnya baik membeli peralatan baru dan memberikan dana sponsor sama-sama bisa berguna bagi kelancaran bisnis. Namun dengan adanya keterbatasan modal maka tidak jarang seorang pebisnis dihadapkan pada kenyataan bahwa ia harus memilih salah satu peluang dan mengabaikan peluang yang lain. Jika Anda memilih untuk membeli peralatan baru dan mengabaikan pemberian dana sponsor maka Anda sudah menimbulkan terjadinya cost opportunity pada usaha Anda.

Manfaat Biaya Peluang dalam Bisnis

Biaya peluang atau opportunity cost dalam dunia bisnis ternyata juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Salah satu manfaat dari adanya biaya peluang adalah adanya modal dari biaya peluang tersebut. Biaya peluang tentu dapat membantu Anda untuk melakukan prediksi terhadap kisaran modal yang harus dimiliki sebelum Anda membangun sebuah bisnis atau memberikan inovasi pada bisnnis Anda.

Modal memang menjadi faktor pendukung dari kelangsungan suatu bisnis. Dengan adanya biaya peluang maka Anda bisa mempersiapkan modal untuk memilih peluang terbaik bagi bisnis atau usaha Anda.

500+ Account Pictures [HQ] | Download Free Images on Unsplash

Prioritas Biaya Peluang

Selain itu biaya peluang juga mengajarkan anda mengenai prioritas. Biaya peluang pada dasarnya terjadi saat Anda memilih satu peluang dari berbagai opsi peluang yang ada. Memilih peluang yang menimbulkan biaya peluang ini akan mengajarkan Anda untuk bisa lebih memahami tentang prioritas dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan utama bagi Anda dan bisnis Anda. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari biaya peluang adalah adanya kesempatan usaha yang lebih luas. Dengan memilih salah satu peluang yang ada maka Anda memiliki kesempatan untuk semakin mengembangkan usaha melalui peluang yang telah dipilih. Oleh karena itu sebagai pebisnis tentunya Anda harus bijak dalam meilih peluang yang ada.

Dengan adanya pemikiran bijak maka Anda diharapkan dapat memilih peluang yang tepat sehingga bisnis Anda ke depannya bisa lebih maju. Manfaat biaya peluang yang lainnya adalah adanya penghematan pengeluaran. Anda mungkin bisa memilih peluang terbaik bagi bisnis Anda dengan biaya yang terendah. Pilihlah peluang dengan biaya terendah namun bisa memberikan hasil yang masksimal bagi bisnis Anda. Kondisi ini tentu akan membuat pengeluaran Anda bisa semakin irit. Penghematan dalam perusahaan Anda bisa dilakukan sehingga biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu banyak. Selain itu dengan adanya biaya peluang tentu Anda dapat belajar untuk meminimalkan faktor resiko. Setiap pilihan dan peluang yang diambil sudah tentu memiliki resiko tersendiri. Oleh kaena itu Anda seharusnya memilih peluang dengan faktor resiko paling sedikit. Sebab peluang yang dipilih nantinya haruslah dipertahankan dan tetap dijalani dengan disertai rasa tanggung jawab.

Ciri-ciri opportunity cost

Ada beberapa ciri khusus dari opportunity cost, antara lain:

  • Penghitungan opportunity cost tidak selalu dikaitkan dengan uang, tapi bisa dihubungkan waktu, kebahagiaan, keuntungan yang diperoleh di masa datang, dan lain sebagainya.
  • Opportunity cost memiliki banyak possibility terkait dengan segala kegunaannya.
  • Penetapan pilihan biaya peluang atau opportunity cost tergantung dari maksud dan kondisi setiap perusahaan.
  • Umumnya, opportunity cost adalah kebutuhan sekunder dan tersier.

Hubungan antara opportunity cost dan struktur modal

Dalam dunia bisnis, struktur modal juga bisa diartikan sebagai perbandingan antara modal yang didapatkan dari utang jangka panjang ataupun pendek dengan modal sendiri, seperti halnya laba yang ditahan atau saham kepemilikan perusahaan.

Pada dasarnya, struktur modal melibatkan adanya pertukaran antara risiko dan pengembalian. Adanya risiko lebih tinggi bisa menyebabkan saham perusahaan mengalami penurunan, tapi ekspektasi adanya tingkat pengembalian yang lebih tinggi juga bisa membuatnya meningkat.

Tentu saja hal semacam ini dianggap penting karena terkait dengan finansial perusahaan secara langsung. Jadi pastikan, struktur modal perusahaan benar-benar optimal dengan adanya keseimbangan antara risiko juga pengembalian.

Oppurtunity Cost dalam Struktur modal Bisnis

Opportunity cost memainkan peran cukup penting dalam menentukan suatu struktur modal bisnis. Contohnya, ketika kamu memutuskan untuk melakukan suatu ekspansi bisnis dari utang senilai 5 miliar dengan bunga rendah atau mendapat suntikan ekuitas dari investor.

Jangan lupa untuk menggunakan analisis biaya peluang untuk mengetahui apakah pertambahan modal yang dilakukan merupakan keputusan yang tepat bagi perusahaan.

Ketahuilah, ketika meminjam suatu modal usaha, tentu Anda harus melakukan pembayaran pinjaman yang di satu sisi, dana pembayaran tersebut bisa saja digunakan untuk investasi demi mendapatkan imbal hasil.

Sebagai pemilik bisnis, kamu pun harus bisa memutuskan, apakah ekspansi yang berasal dari pinjaman ini bakal menghasilkan keuntungan lebih besar daripada yang dihasilkan melalui investasi.

Opportunity cost atau biaya peluang memang suatu perhitungan yang berpandangan ke depan, tapi aktual tingkat pengembaliannya hanya bisa diasumsikan. Katakanlah jika suatu perusahaan melakukan investasi di pasar saham, kemudian instrumen yang dipilih mengalami penurunan nilai, maka perusahaan tersebut bisa berakhir kehilangan uang ketimbang menikmati pengembalian yang diharapkan di awal.

Oleh dari itu, penting untuk membandingkan opsi-opsi investasi yang sekiranya memiliki risiko sesuai dengan keadaan kamu.

Hubungan antara opportunity cost dan sunk cost

Kita beralih pada istilah berikutnya, yaitu sunk cost atau biaya tertanam. Berdasarkan definisinya, sunk cost merupakan biaya yang telah dikeluarkan di masa lalu atau biaya-biaya yang telah dikeluarkan tapi tidak memengaruhi dasar pengembalian keputusan. Sebab, biaya ini tak akan pernah kembali.

Contoh sederhananya, kamu membeli alat produksi baru sebagai bentuk investasi dalam berbisnis. Namun ternyata setelah digunakan selama 2 tahun, alat tersebut mengalami kerusakan. Padahal ekspektasi awal, alat tersebut bisa digunakan hingga 4 tahun ke depan.

Nah, biaya yang dikeluarkan ketika membeli alat tersebut dinamakan sebagai sunk cost yang tidak bisa kembali. Bahkan, kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya lain untuk memperbaiki ataupun membeli alat baru.

Jika digabungkanya dengan opportunity cost, perbedaannya dengan sunk cost adalah uang yang telah digunakan dan potensi pengembalian yang didapatkan. Seperti contoh di atas, kamu membeli alat produksi baru, tapi ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi maka kesulitan keuangan bisa saja terjadi.

Oleh sebab itu, opportunity cost sangat dibutuhkan supaya keputusan yang kamu ambil nantinya tidak berujung pada kerugian atau membuat modal yang telah dikeluarkan hangus. Dengan kata lain, opportunity cost mampu meminimalkan risiko adanya sunk cost yang berlebih.

Contoh permasalahan biaya peluang disewakan vs digunakan

Perusahaan ABC memiliki sumber daya bangunan yang jadi aset perusahaan. Ada dua pilihan terkait bangunan tersebut, pilihan pertama adalah bangunan tersebut disewakan atau digunakan untuk melakukan segala bentuk kegiatan operasional perusahaan. Menurut perhitungan, biaya sewa atas bangunan tersebut mencapai Rp 500 juta per tahun.

Apabila perusahaan memilih untuk menyewakan bangunan tersebut, maka perusahaan bakal mendapat keuntungan dari nilai sewa. Namun, perusahaan justru kehilangan peluang karena menggunakan bangunan tersebut untuk kegiatan operasional atau yang bisa disebut juga sebagai opportunity cost.

Manfaat penerapan konsep opportunity cost dalam kehidupan sehari-hari

HD wallpaper: person holding smartphone in front of laptop, paper, business  | Wallpaper Flare

Sebenarnya, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penerapan opportunity cost, baik dari segi ekonomi hingga keperluan pribadi, antara lain:

Memudahkan dalam penentuan prioritas

Penerapan opportunity cost dalam kehidupan sehari-hari nyatanya mampu memudahkan kamu dalam menentukan prioritas. Pasalnya, kamu bisa memilih mana yang paling penting dan paling menguntungkan untuk disesuaikan berdasarkan kondisi dan keperluan masing-masing.

Pada umumnya, setiap orang memiliki banyak ide dan pilihan yang ingin dicapai dalam hidup. Namun terkadang, semua rencana itu tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Nah, opportunity cost inilah yang akan membantu kamu dalam menentukan pilihan yang terbaik.

Membuka kesempatan baru dan meminimalkan risiko

Dengan memanfaatkan opportunity cost, maka kamu bisa melakukan sejumlah perbandingan dalam menentukan keputusan yang tepat dan membawa faktor risiko yang cukup besar apabila terjadi sesuatu di luar ekspektasi.

Misalnya, dalam menjalankan suatu usaha akan selalu ada risiko di baliknya. Melalui perhitungan opportunity cost yang tepat, maka kamu telah meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi selama usaha tersebut berjalan.

Membantu perhitungan modal secara tepat

Dari segi ekonomi, kamu bisa melihat bahwa ada banyak pihak yang sebenarnya mau meminjamkan modal dengan sejumlah syarat dan ketentuan guna membangun suatu bisnis. Nah, untuk mengembangkan dan membangun bisnis, modal yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Oleh sebab itulah opportunity cost bisa membantu kamu untuk memprediksi berapa kisaran modal yang wajib dimiliki sebelum bisnis tersebut dijalankan dengan rencana dan keseriusan supaya tidak mengalami kerugian nantinya.

Dari segala pemahaman tentang opportunity cost di atas, diharapkan sebagai pemilik usaha kamu bisa lebih bijaksana dalam menentukan permasalahan yang sedang terjadi hingga mengenali secara seksama berbagai kemungkinan atau alternatif yang ada demi kelangsungan bisnis.

Selain itu, opportunity cost juga akan membantu kamu dalam penetapan data serta biaya yang relevan dengan keputusan yang akan diambil, mengevaluasi data melalui metode yang terkait dengan alternatif atau evaluasi yang semestinya dibuat. Tak ketinggalan pula, kehadiran biaya peluang semacam ini turut membantu kamu dalam mempertimbangkan berbagai faktor kualitatif, keputusan beserta alasan di baliknya.

Kesimpulan

Dari informasi di atas bisa kita lihat pentingnya opportunity cost untuk diperhitungkan dalam peningkatan bisnis. Sama halnya memperhitungkan sistem penggajian karyawan yang lebih optimal dan efisien. Sebaiknya gunakan produk yang tepat untuk hal tersebut, misalnya dengan menyerahkan pada JojoPayroll. Dimana produk yang satu ini mampu memberikan beragam manfaat mulai dari besarnya potongan pajak maupun BPJS yang terhitung secara otomatis, kemudian termasuk pula efisiensi dan sistematisasi penggajian karyawan secara bulanan. Bahkan cetak slip gaji jauh lebih mudah dan efisien.

Tentu saja semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat berbagai macam fitur menarik dari JojoPayroll. Beberapa fitur andalan produk ini di antaranya yaitu Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, Customized Allowance Component, Allowance by Organization Chart, Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu jangan ragu, segera dapatkan coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda. Lihatlah bagaimana nantinya produk ini bekerja mempermudah sistem pembayaran gaji sekaligus prosesnya.