Pajak Penghasilan untuk Keperluan Pajak Pemerintah Atas Pendapatan

Apakah Pajak Pendapatan itu?

Pajak penghasilan adalah jenis pajak yang dikenakan pemerintah atas pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis dan individu dalam yurisdiksi mereka. Secara hukum, wajib pajak harus mengajukan pengembalian pajak federal setiap tahun untuk menentukan kewajiban pajak mereka.

Pajak penghasilan adalah sumber pendapatan bagi pemerintah. Mereka digunakan untuk mendanai layanan publik, membayar kewajiban pemerintah, dan menyediakan barang untuk warga negara.

POIN PENTING

  • Pajak penghasilan adalah jenis pajak yang dikenakan pemerintah atas pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis dan individu dalam yurisdiksi mereka.
  • Pajak penghasilan digunakan untuk mendanai layanan publik, membayar kewajiban pemerintah, dan menyediakan barang untuk warga negara.
  • Suatu Pajak penghasilan pribadi adalah jenis pajak federal yang dipungut atas upah, gaji, dan jenis penghasilan individu lainnya.
  • Pajak pendapatan bisnis berlaku untuk perusahaan, kemitraan, bisnis kecil, dan orang-orang yang berwiraswasta.
  • Sumber pendapatan terbesar bagi pemerintah adalah pajak federal.
  • Pajak pendapatan federal digunakan untuk berbagai pengeluaran mulai dari membangun dan memperbaiki infrastruktur negara hingga meningkatkan pendidikan dan transportasi umum serta menyediakan bantuan bencana.
  • Pajak penghasilan dan pajak federal berbeda. Saat ini ada sembilan negara bagian di negara yang tidak memberlakukan pajak penghasilan.

Investasi tertentu, seperti obligasi otoritas perumahan , cenderung dibebaskan dari pajak federal.

Bagaimana Pajak Pendapatan Bekerja

Sebagian besar negara menerapkan sistem pajak pendapatan progresif di mana mereka yang berpenghasilan lebih tinggi membayar tarif pajak yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berpenghasilan rendah. Hal ini memberlakukan pajak pendapatan pertama negara itu pada tahun 1862 untuk membantu mendanai Perang Saudara. Setelah perang, pajak dicabut; itu dipulihkan selama awal abad ke-20.

Internal Revenue Service mengumpulkan pajak dan memberlakukan undang-undang perpajakan. Hal ini menerapkan seperangkat aturan dan regulasi yang kompleks terkait pendapatan yang dapat dilaporkan dan kena pajak, pemotongan, kredit, dan lain-lain. Agensi mengumpulkan pajak pada semua bentuk pendapatan, seperti upah, gaji, komisi, investasi, dan pendapatan bisnis.

Pajak penghasilan pribadi yang dikumpulkan pemerintah dapat membantu mendanai program dan layanan pemerintah, seperti Jaminan Sosial, keamanan nasional, sekolah, dan jalan.

Jenis Pajak Penghasilan

1. Pajak Penghasilan Perorangan

Pajak penghasilan perorangan juga disebut sebagai pajak penghasilan pribadi. Jenis pajak pendapatan ini dikenakan atas gaji, gaji, dan jenis pendapatan individu lainnya. Pajak ini biasanya merupakan pajak yang diberlakukan oleh negara bagian. Karena pengecualian, pemotongan, dan kredit, kebanyakan individu tidak membayar pajak atas semua pendapatan mereka.

Hal ini menawarkan serangkaian pengurangan pajak pendapatan dan kredit pajak yang dapat digunakan pembayar pajak untuk mengurangi pendapatan kena pajak mereka. Meskipun pengurangan dapat menurunkan pendapatan kena pajak kamu dan tarif pajak yang digunakan untuk menghitung pajak Anda, kredit pajak mengurangi pajak pendapatan kamu dengan memberikan pengembalian dana yang lebih besar dari pemotongan.

Hal ini menawarkan potongan pajak untuk biaya perawatan kesehatan, investasi, dan biaya pendidikan tertentu. Misalnya, jika seorang wajib pajak memperoleh pendapatan Rp 100.000 dan memenuhi syarat untuk potongan sebesar Rp 20.000, maka pendapatan kena pajak tersebut akan berkurang menjadi Rp 80.000 (Rp 100.000 – Rp 20.000 = Rp 80.000).

Kredit pajak ada untuk membantu mengurangi kewajiban atau jumlah pajak wajib pajak. Mereka diciptakan terutama untuk mereka yang memiliki rumah tangga berpenghasilan menengah dan rendah. Sebagai ilustrasi, jika seseorang berhutang pajak sebesar Rp 20.000 tetapi memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit sebesar Rp 4.500, maka kewajiban pajaknya akan berkurang menjadi Rp 15.500 (Rp 20.000 – Rp 4.500 = Rp 15.500).

2. Pajak Penghasilan Bisnis

Bisnis juga membayar pajak pendapatan atas penghasilan mereka. Hal ini memungut pajak pendapatan dari perusahaan, kemitraan, kontraktor wiraswasta, dan bisnis kecil. Bergantung pada struktur bisnis, baik perusahaan, pemiliknya, atau pemegang saham melaporkan pendapatan bisnis mereka dan kemudian mengurangi biaya operasional dan modal mereka. Umumnya, perbedaan antara pendapatan bisnis dan biaya operasional dan modal mereka dianggap sebagai pendapatan bisnis kena pajak mereka.

3. Pajak Penghasilan Negara Bagian dan Daerah

Sebagian besar negara bagian juga memungut pajak penghasilan pribadi. Pada tahun 2020, ada tujuh negara bagian tanpa pajak penghasilan: Alaska, Florida, Nevada, South Dakota, Texas, Washington, dan Wyoming. Selain itu, dua negara bagian lainnya New Hampshire dan Tennessee tidak mengenakan pajak atas penghasilan yang diperoleh; Namun, mereka melakukan pajak dividen dan bunga.

Namun, Tennessee akan menghapus pajak atas dividen dan bunga tersebut. Negara bagian mengeluarkan ukuran pada tahun 2016 yang telah mulai menghapus secara bertahap tarif 6% untuk semua pendapatan yang diterima dari bunga dan dividen. Pajak akan dihapuskan seluruhnya pada Januari 2021. New Hampshire juga mengesahkan RUU pada tahun 2018 yang akan menghapus pajak negara bagian 5% atas bunga dan dividen selama lima tahun ke depan (untuk pencabutan akhir pada 1 Januari 2024).

Bagi pembayar pajak, mungkin tidak selalu lebih murah untuk tinggal di negara bagian yang tidak memungut pajak penghasilan. Ini karena negara bagian sering kali mengganti pendapatan yang hilang dengan pajak lain atau pengurangan layanan. Selain itu, ada faktor lain yang menentukan keterjangkauan hidup di suatu negara, termasuk perawatan kesehatan, biaya hidup, dan kesempatan kerja.

Bagaimana Pajak Federal Bekerja

Pajak dikumpulkan dari individu dan perusahaan menurut kota, negara bagian, atau negara tempat entitas tinggal atau beroperasi. Ketika pajak yang dikumpulkan dikreditkan ke rekening pemerintah negara tersebut, itu disebut sebagai pajak federal.

Pajak federal adalah uang yang digunakan oleh pemerintah suatu negara untuk membayar pertumbuhan dan pemeliharaan negara. Beberapa orang melihat pajak federal sebagai “sewa” yang dikenakan untuk tinggal di suatu negara, atau biaya untuk menggunakan sumber daya yang disediakan oleh suatu negara. Ketika Anda membayar pajak kepada pemerintah Amerika, Anda sebenarnya berinvestasi dalam perekonomian Anda karena pemerintah menggunakan dana tersebut untuk melakukan hal berikut:

  • Bangun, perbaiki, atau pelihara infrastruktur
  • Danai dana pensiun dan tunjangan pegawai pemerintah
  • Memberikan bantuan makanan dan perumahan bagi orang miskin
  • Memperbaiki sektor-sektor seperti pendidikan, pertahanan, kesehatan, pertanian, utilitas, dan transportasi umum
  • Mulailah prestasi baru seperti eksplorasi ruang angkasa
  • Memberikan bantuan darurat bencana

Manfaat Jaminan Sosial

Aturan terpisah berlaku untuk perlakuan pajak atas manfaat Jaminan Sosial. Porsi yang dianggap kena pajak bervariasi tergantung pada total pendapatan dan status pengajuan Anda. Namun, paling banyak kamu dikenai pajak hanya atas 85 persen dari tunjangan Jaminan Sosial Anda.

Penghasilan lain

Banyak jenis penghasilan lain yang masuk dalam kategori kena pajak. kamu harus memasukkan dalam pendapatan kotor kamu semua tunjangan pengangguran, hutang yang dibatalkan yang tidak memenuhi syarat untuk penghasilan pengecualian, tunjangan atau hobi. Manfaat yang selamat, bunga atas hasil asuransi jiwa – tetapi bukan hasil itu sendiri – properti atau layanan yang diterima dalam transaksi barter, dan kemenangan perjudian termasuk hadiah tunai dan non-tunai juga memenuhi syarat sebagai penghasilan kena pajak.

Jojo payroll

Demikianlah artikel mengenai estimasi pajak bisnis dari kami kali ini. Setelah membaca informasi di atas, kini Anda tahu betul betapa pentingnya membuat estimasi dan perhitungan di awal. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari risiko yang merugikan diri sendiri maupun perusahaan.

Untuk membantu Anda dalam menghitung pajak, gunakanlah Jojo Payroll. Software penggajian yang juga dilengkapi dengan fitur perhitungan pajak pph 21 secara otomatis. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghitung seluruh keperluan dalam perusahaan.