Payroll, Konvensional Atau Modern, Mana Yang Terbaik?

payroll

Perusahaan dalam perjalanannya tentu membutuhkan sistem payroll yang berkembang dari waktu ke waktu. Pada perusahaan kecil umumnya masih menggunakan metode yang konvensional, namun lain halnya berada di perusahaan besar dengan banyak karyawan. Sistem otomatisasi dipilih untuk mempermudah pekerjaan para pekerja di tim keuangan supaya penggajian atau payroll karyawan berjalan optimal dan tidak mengalami masalah setiap bulannya. Tentu bukan hal yang mudah untuk memastikan hal ini berjalan lancar. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan sistem yang baik dan tepat. Namun sebelumnya, pahami dulu apa saja jenis payroll, sistem payroll terbaru dan manfaat penggunaan sistem payroll otomatis berikut ini.

Jenis Dan Tipe Payroll

Pertama, ada baiknya mengetahui apa saja tipe payroll yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Pada dasarnya ada dua jenis yang dipakai, sistem konvensional dan sistem modern. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, berikut ini penjelasannya lebih lengkap.

  • Payroll Konvensional, ini merupakan sistem pembayaran gaji perusahaan yang telah dilakukan sejak lama. Bisa dilakukan dalam bentuk tunai maupun sistem transfer non otomatis. Hingga saat ini beberapa perusahaan kecil masih menggunakan payroll konvensional. Terutama perusahaan keluarga yang terdiri dari sedikit pegawai dengan upah yang minimum. Disini penggajian bulanan dilakukan secara manual dan tentu saja catatan absensi karyawan bisa jadi kurang baik dan sistematis.

  • Payroll Moderen, jenis ini banyak dimiliki oleh perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Atau digunakan juga pada perusahaan kecil namun dengan skala internasional. Umumnya sistem ini melakukan transfer pembayaran gaji pegawai dengan sistem otomatis setiap tanggal tertentu. Sehingga tidak perlu melakukan secara manual dan lebih efektif maupun efisien.

Sistem Payroll Masa Kini

Bila melihat sistem payroll modern dan serba otomatis yang ada di pasaran saat ini, sudah tentu hal tersebut membuat perusahaan bekerja lebih optimal dalam hal penggajian karyawan secara bulanan. Tidak hanya itu saja, hal ini membantu efektifitas sistem keuangan perusahaan pula. Ada banyak tipe payroll modern yang ditawarkan dengan berbagai macam fitur unggulan dan kelebihan. Namun pada dasarnya, payroll otomatis yang mengandalkan software atau aplikasi memiliki fitur-fitur dasar berikut ini:

  • Mudah diakses dari dan kapan saja. Dengan sistem yang mudah dijangkau secara otomatis mempermudah tim keuangan, HR maupun pemilik perusahaan untuk melakukan pemantauan. Sehingga tidak ada resiko kehilangan informasi dan data yang berkaitan dengan sistem payroll. Mudah dilacak dan tidak perlu terikat khusus hanya pada satu alat.
  • Penggajian otomatis, yang mana dapat dilakukan sesuai keinginan perusahaan. Baik tanggal dan waktunya. Termasuk besar potongan serta tunjangan yang harus diberikan.
  • Cetak slip otomatis, sehingga tidak perlu susah dalam mencetak slip gaji bulanan karyawan. Semua data tersedia dan mudah dicetak kapan saja.
  • Terhubung dengan sistem absensi, sehingga hal ini secara otomatis melakukan perhitungan besarnya tunjangan yang berkaitan dengan sistem absensi karyawan. Lebih praktis dan lebih efisien serta bisa dipastikan lebih akurat dalam perhitungan.
  • Bersifat online database, sehingga tidak memakan banyak tempat untuk kopian manual.

Manfaat Payroll Otomatis

Tentu saja menjatuhkan pilihan pada sistem payroll yang ada saat ini memberikan lebih banyak manfaat dari pada melakukan penggajian dengan sistem atau gaya konvensional. Menggunakan sistem payroll online akan membantu tercapainya beberapa manfaat yang banyak dicari perusahaan, di antaranya yaitu berupa manfaat-manfaat berikut ini:

  • Mempermudah pekerjaan tim keuangan dalam melakukan pembayaran gaji karyawan tiap bulan. Tidak perlu melakukan secara manual dan dapat dilakukan pada tanggal dan waktu yang ditentukan sejak awal.
  • Membantu efektifitas dan efisiensi kerja tim HR maupun keuangan setiap bulannya saat pembayaran gaji tiba.
  • Memastikan data yang lebih akurat dibandingkan melakukan perhitungan manual. Lebih minim kesalahan dan perhitungan juga dilakukan secara otomatis. Mulai dari besar tunjangan hingga besarnya upah sesuai jam kerja karyawan.

Tips Memilih Software Payroll

Tentunya bagi sebagian besar perusahaan, sering kali mendapatkan kesulitan jika sudah berbicara mengenai sistem payroll yang tersedia saat ini dan memilih yang paling tepat. Di pasaran ada banyak sistem software payroll yang memberikan inovasi dan fitur terbaiknya. Oleh karena itu supaya tidak salah pilih, sebaiknya lakukan beberapa tips dasar berikut ini:

  • Pastikan memilih produk yang kompeten dengan banyak fitur menarik. Sehingga nantinya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan software payroll tersebut.
  • Ada baiknya melihat lebih dulu penilaian yang diberikan oleh pengguna sebelumnya. Sebisa mungkin selalu selidiki portfolio dari software yang akan dipilih supaya dapat memastikan sistem tersebut bekerja optimal seperti yang ditawarkan.

  • Pilih harga yang cukup ekonomis dan rasional. Menggunakan sistem yang lebih baik dan moderen belum tentu berakhir dengan biaya yang cukup mahal. Ada banyak produk dengan harga terjangkau dan fitur yang cukup menarik untuk digunakan.
  • Pastikan memilih sistem dengan database online untuk mempermudah akses, pengecekan dan lain sebagainya. Sebaiknya dapatkan informasi tentang hal ini lebih awal sebelum memutuskan mana yang akan dipilih.
  • Pilih perusahaan yang tepat dan memiliki layanan purna jual yang siap sedia. Sehingga apabila terdapat kesulitan di kemudian hari, tidak sulit untuk memperbaiki masalah atau meminta bantuan tentang sistem yang ditawarkan.

Dari informasi di atas, memilih menggunakan software payroll merupakan keputusan tepat yang dibuat oleh suatu perusahaan. Apalagi jika berskala besar dengan jumlah pegawai yang cukup banyak pula. Menggunakan sistem yang tepat membantu efisiensi kerja perusahaan, termasuk salah satunya dengan mempercayakan sepenuhnya pada JojoPayroll. Inilah inovasi sistem payroll perusahaan yang bisa memberikan banyak manfaat menarik, seperti misalnya:

  • Sistem yang lebih otomatis dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Berkat mobile approval maka sistem ini bisa diakses dengan mudah dan lebih fleksibel.
  • Membantu efisiensi kerja para tim keuangan beserta tim HR setiap akhir bulannya. Akumulasi absensi juga lebih otomatis dan tidak perlu mencocokkan secara manual.
  • Perhitungan yang akurat sehingga minim resiko kesalahan.
  • Input data karyawan yang jauh lebih mudah dan lebih cepat.

JojoPayroll juga dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik yang pastinya akan memudahkan perusahaan dalam perhitungan gaji dan semacamnya. Dalam software ini terdapat beberapa fitur andalan seperti misalnya:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners
  • Customized Allowance Component

Dengan melihat manfaat dan fitur di atas, sudah tentu penggunaan software payroll ini sangat penting untuk diwujudkan. Oleh sebab itu sebaiknya segera lakukan janji temu dan dapatkan coba gratis lebih dulu di perusahaan Anda. Serahkan semua beban pekerjaan penggajian hanya pada JojoPayroll. Lihat lebih jauh bagaimana produk ini bekerja secara luar biasa mewujudkan sistem yang lebih mudah, cepat dan profesional.