Sepuluh Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Ranah Digital

Beberapa tahun belakangan ini, ranah digital mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan ini tentu saja didukung dengan adanya pertumbuhan teknologi dan informasi, sehingga proses digitalisasi terjadi di berbagai sektor kehidupan. Tentu saja, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan yang ada di Indonesia untuk berperan aktif dalam proses digitalisasi. Tak jarang, perusahaan berani membayar gaji yang tinggi untuk posisi tertentu, terutama pada level manajer dengan tingkat kualifikasi yang tinggi.

Oops! We could not locate your form.

Maraknya proses digitalisasi di Indonesia menuntut perusahaan untuk melakukan banyak inovasi demi kemajuan perusahaan. Setiap perusahaan pun berlomba-lomba mencari kandidat yang tepat untuk menempati peran-peran strategis di perusahaan mereka. Hal ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi kamu yang memiliki keahlian yang berkaitan dengan bidang digital. Mau tahu apa sajakah pekerjaan dengan gaji tertinggi di ranah digital? Yuk kita cari tahu!

Youtuber

Youtube merupakan salah satu situs web untuk berbagi video. Situs web ini memungkinkan para penggunanya mengunggah, menonton, dan berbagi video dengan pengguna lainnya. Dari situs web ini lahirlah banyak youtuber dengan konten yang bermacam-macam.

Membuat sebuah konten yang menarik tentu saja tidak mudah, namun jika kamu mengerti bagaimana cara kerja mendapatkan uang yang banyak dari Youtube kamu bisa meraup ratusan juta tiap bulannya.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang youtuber dengan gaji bulanan yang tinggi, kamu harus terlebih dahulu harus mempelajari tentang youtube ads, affiliate marketing, endorsement dan digital marketing.

Agar kamu semakin semangat untuk menjadi youtuber, berikut ini kami berikan referensi mengenai youtuber Indonesia yang memiliki gaji yang tinggi:

  1. Atta Halilintar bisa menghasilkan 475 juta per bulan
  2. Ria Ricis bisa menghasilkan 380 juta per bulan
  3. Rans Entertaiment bisa menghasilkan 370 juta perbulan
  4. Calon Sarjana bisa menghasilkan 280 juta per bulan
  5. Deddy Corbuzier bisa menghasilkan 185 juta per bulan

Influencer

Influencer merupakan sosok yang memiliki pengaruh yang kuat di masyakarat. Biasanya seorang influencer memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak di media sosial.

Tak jauh berbeda dengan youtuber, seorang influencer biasanya mendapatkan penghasilan dari banyaknya endorsement yang dilakukan. Keberadaan influencer ini memiliki peran yang sangat strategis untuk memasarkan suatu produk tertentu dengan target pasar yang jelas. Biasanya perusahaan memilih influencer yang followers-nya sesuai dengan target pasar perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar terjadi konversi dari endorsement yang telah dilakukan.

Seorang influencer yang aktif menerima endorsement bisa mendapatkan penghasilan sekitar 300-400 juta per bulan.  Nah apakah kamu tertarik jadi influencer?

Head Of Product

Head of product bertanggung jawab untuk menentukan dan memprioritaskan program backlog atau antrian fleksibel pekerjaan-pekerjaan yang diminta pihak bisnis untuk dikerjakan pihak eksekutor di masa depan. Antrian pada program backlog bukanlah antrian biasa yang selama ini kita temui. Program backlog yang fleksibel berkaitan erat dengan komponen-komponen berikut:

Urutan

Pekerjaan yang antri lebih dulu belum tentu dikerjakan lebih dulu, semua itu tergantung kebijakan seorang head of product untuk menentukan prioritas urutan yang harus dikerjakan dengan segera atau bisa ditunda.

Kondisi

Seorang head of product akan memeriksa setiap kondisi dari setiap pekerjaan yang mengantri dan melakukan beberapa pertimbangan untuk menentukan pekerjaan yang mana yang akan dikerjakan lebih dulu sesuai kondisi pekerjaan tersebut.

Beratnya tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang head of product dalam suatu perusahaan membuat gajinya dapat mencapai 83-150 juta setiap bulannya.

E-commerce Manager

E-commerce atau perdagangan elektronik tengah marak di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir ini. Beberapa e-commerce yang terkenal di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Jd.id. Kalau kamu sering belanja di e-commerce mana?

Sebuah e-commerce tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada seorang e-commerce manager yang mengaturnya. Lalu apa sajakah tugas seorang e-commerce manager? Berikut ini adalah tugas-tugas mereka:

  1. Menyusun strategi untuk mengoptimalkan promosi berbasis digital
  2. Bertanggung jawab atas aktivitas jual beli yang terjadi di e-commerce
  3. Meningkatkan transaksi penjualan
  4. Berkoordinasi dengan tim lain agar proses pengiriman barang berjalan dengan baik
  5. Membuat inovasi atau ide baru dalam pemasaran produk agar bisa bersaing secara kompetitif dengan e-commerce lain
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Seorang E-commerce Manager bisa mendapat gaji sekitar 33-66 juta per bulan atas pekerjaan yang dilakukannya. Nah, sepertinya pekerjaan ini cocok untuk kamu yang sering belanja di e-commerce!

Product Manager

Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tentu saja sangat memerlukan seorang product manager yang handal untuk menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik. Dalam pekerjaannya, seorang product manager harus mampu menerjemahkan kebutuhan pasar akan suatu produk digital yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi masyarakat. Beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang product manager adalah:

Riset Produk

Sebelum membuat suatu produk, product manager biasanya akan melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk melihat trend apa yang sedang berkembang di masyarakat agar produk yang dijual bisa sesuai dan laku keras di pasaran. Selain trend, product manager juga bisa mengobservasi tantangan apa yang sedang dihadapi masyarakat. Misalnya, perilaku konsumen yang berubah dari membayar cash menjadi cashless, sehingga konsumen mmebutuhkan alat bayar digital agar tidak perlu mengeluarkan uang tunai dalam setiap transaksi.

Saat ini, banyak perusahaan yang membuat inovasi dengan menciptakan aplikasi alat bayar digital seperti Dana, Ovo, Gopay, dan lain sebagainya.

Mengatur Strategi Produk

Setelah berhasil melakukan riset produk seorang product manager biasanya akan mendapat inspirasi untuk menciptakan sebuah produk baru bagi perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Nah, setelah itu, product manager harus mempresentasikan rencananya di depan manajemen perusahaan dan membuat pihak manajemen percaya kepadanya untuk merealisasikan produk yang product manager rencanakan. Selanjutnya, setelah disetujui product manager harus membuat timeline, skema kerja dan strategi apa saja yang akan dilakukan bersama timnya dalam proses pembuatan produk perusahaan yang baru.

Menangani Masalah Produk

Setelah produk berhasil dibuat, product manager pun meluncurkan produknya di pasaran. Terkadang, pada awal peluncurannya, sistem yang dibuat pada sebuah produk belum begitu stabil, terjadilah beberapa masalah muncul dialami oleh konsumen. Jika hal tersebut terjadi, maka product manager harus segera bertindak dan mengatasi masalah yang ada karena hal ini akan berdampak besar pada perusahaan jika tidak segera diselesaikan.

Apakah selalu terjadi ketidakstabilan sistem pada awal peluncuran produk? Tentu saja tidak, terkadang produk yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama pun bisa mengalami masalah. Oleh karena itu, seorang product manager harus siap siaga mengatasi masalah yang terjadi pada sistem produk.

Menjalin Komunikasi Yang Baik

Seoarang product manager harus bisa menjalin komunikasi yang baik antar tim agar produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan value dan standar perusahaan. Bukankah begitu?

Mau tahu berapa gaji yang dikeluarkan untuk membayar seorang product manager tiap bulannya? Dengan pekerjaan yang yang tidak mudah, seorang product manager memiliki gaji sekitar 29-66 juta tiap bulannya.

Search Engine Optimization Manager

Setiap perusahaan besar biasanya sudah memiliki situs web untuk memberikan informasi terkait produk perusahaannya kepada masyarakat umum. Perusahaan pun harus berlomba-lomba dengan perusahaan lain, agar konten yang ada dalam situs webnya bisa menempati urutan pertama ketika dicari di internet. Perusahaan pun membutuhkan peran yang vital dari SEO Manager untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam mengoptimalisasi situs web perusahaan, seorang SEO Manager memiliki dua cara, yaitu:

Sistem Organik

Dalam sistem organik, seorang SEO Manager harus memastikan bahwa konten yang dibuat oleh penulis telah memenuhi standar dan kriteria khusus, agar konten yang telah dibuat dapat menjadi urutan nomor satu dalam mesin pencari atau search engine.

Sistem Iklan

Pada sistem iklan, SEO Manager biasanya dibantu oleh seorang digital marketer untuk membuat iklan pada konten yang telah dibuat oleh penulis. Tahukah kamu, seorang SEO Manager biasanya digaji sekitar 20-33 juta per bulan atas kerja kerasnya mengoptimalisasi website perusahaan?

Content Manager

Ketika sebuah produk telah dibuat, tentu saja sebuah perusahaan perlu membuat konten yang berkualitas untuk menarik konsumen agar membeli sebuah produk. Peran seorang content manager pun sangat diperlukan untuk menigkatkan penjualan produk dengan strateginya menyusun kalimat-kalimat menjadi sesuatu konten yang menarik.

Seorang content manager harus membuat sebuah key performance indicator untuk tim dalam divisinya, agar setiap individu bisa bekerja sesuai dengan target perusahaan. Setelah itu, content manager pun harus memetakan strategi apa saja yang akan dilakukan oleh tim konten, agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Selanjutnya, strategi yang dibuat harus dilaksanakan sesuai timeline yang telah disepakati. Tim konten diperbolehkan melakukan inovasi terhadap trend yang sedang terjadi di masyarakat, namun konten yang dibuat harus tetap sesuai dengan standar dan value yang dimiliki oleh perusahaan.

Di sebuah perusahaan yang berbasis digital, seorang content manager biasanya digaji 20 juta per bulan atas kreativitasnya membuat konten yang berkualitas untuk perusahaan. Nah, pekerjaan ini sepertinya cocok untuk kamu yang pandai merangkai kata-kata!

Social Media Manager

Di era digital ini, pemasaran produk suatu perusahaan lebih banyak menggunakan media sosial dibanding media konvensional lainnya. Hal ini disebabkan adanya pergeseran kebiasaan masyarakat yang lebih aktif menggunakan media sosial.

Media sosial bukan hanya sekedar wadah untuk mempromosikan produk, namun juga bisa memiliki peran yang strategis jika dikelola dengan baik. Perusahaan pun membutuhkan peran seorang social media manager untuk mengatur dan membuat strategi pemasaran yang tepat melalui media sosial. Apakah kamu aktif menggunakan media sosial? Mungkin kamu cocok untuk posisi social media manager yang digaji 17-33 juta tiap bulannya.

UI/UX Manager

Istilah User Interface (UI) atau User Experience (UX) mungkin sudah sering didengar oleh masyarakat yang melek digital, namun sebenarnya apa bedanya kedua hal tersebut? Secara sederhana, perbedaannya terletak pada penataan sebuah produk dan perasaan yang alami oleh pengguna pada suatu aplikasi atau website.

Seorang UI/UX manager bukan hanya membuat sebuah tampilan design yang bagus, tetapi juga bagaimana sebuah aplikasi atau situs web tersebut bisa mudah digunakan. Kabarnya, gaji seorang UI/UX manager bisa mencapai 17- 33 juta per bulan.

Wah, ternyata ada banyak juga ya pekerjaan dengan gaji yang relatif besar yang berkutat di ranah digital. Sudah terbukti kan, bahwa sekarang semua sudah beralih dari dunia analog? Dalam proses administrasi perusahaan pun sekarang sudah jauh lebih mudah, jika menggunakan aplikasi digital. Mulai dari administrasi HR, pengelolaan pengeluaran, hingga penggajian karyawan, semua itu bisa perusahaanmu permudah dengan Jojonomic. Selain lebih hemat biaya dan efisien secara waktu, dengan menggunakan solusi dari Jojonomic, kinerja karyawan pun bisa meningkat untuk memajukan perusahaan. Coba demo gratisnya sekarang!