Pekerjaan Ekstrovert Bangun Branding Perusahaan

Fokus pekerjaan ekstrovert  biasanya kepada membangun hubungan dengan client, perusahaan lain dan mengangkat brand. Seorang ekstrovert lebih mudah untuk menguasai lapangan, cara mereka melakukan komunikasi dan promosi akan lebih efektif.

Sifatnya yang lebih ramah dan senang melakukan komunikasi membuat kerja sama tim lebih hidup, tapi terkadang kebiasaannya yang terlalu aktif juga membuat ia sering terjebak kedalam konflik tim tersendiri. Kelihaian mereka dalam merangkai kata dan mengekspresikannya, membuat ekstrovert dapat menarik minat dari client atau konsumen.

Tapi apabila tidak digunakan dengan tepat kemampuan itu malah bisa menghancurkan perusahaan karena bisa dijadikan senjata untuk mendapatkan berbagai alasan. Sehingga HR harus lebih memperhatikan kepercayaan pekerjaan ekstrovert agar selalu loyal terhadap perusahaan.

Seorang ekstrovert sangat tepat apabila ditempatkan kedalam tim promosi perusahaan anda untuk membangun branding yang lebih  baik. Kenali setiap sifat karyawan anda sedini mungkin untuk mendapatkan keuntungan besar bagi perusahaan.

Sifat Dasar Dari Karyawan Ekstrovert

Penuh semangat dan riang adalah cirik khas yang paling sering ditunjukan seorang ekstrovert. Sehingga pekerjaan ekstrovert selalu ramai, mereka cenderung siap menghadapi setiap tantangan pekerjaan yang berbeda. Semangat mereka akan terus bertahan hampir sepanjang hari.

Kemudahan mereka untuk mencairkan suasana yang tegang saat berkerja dapat memberikan energi tersendiri dalam pekerjaan. Karena itu karyawan ekstrovert akan  selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk memberikan lingkungan kerja yang lebih baik.

Interaksi Sebagai Modal Utama Ekstrovert

Kemampuan utama dari ekstrovert adalah komunikasi, mereka menyukai segala jenis komunikasi bahkan berpotensi untuk membangun kerja tim yang kuat. Ekstrovert juga sangat tepat dipilih sebagai  pemimpin karena kemampuannya ini.

Dalam kehidupan sehari-hari ekstrovert senang menghadiri berbagai perkumpulan dan menghabiskan waktu dengan teman terdekatnya. Didalam pekerjaan karyawan jenis ini akan selalu memiliki berbagai ide-ide kreatif untuk  perusahaan, mereka juga selalu  memiliki cara  unik untuk mempresentasikan idenya tersebut.

Energik Serta Percaya Diri

Ekstrovert memiliki kepercayaan diri yang sangat kuat serta kepercayaan diri tinggi. Hal ini sangat baik untuk memajukan perusahaan karena mereka tidak akan ragu untuk mengambil keputusan yang perlu diambil demi kebaikan semua.

Sikap ini sangat baik apabila mereka melakukan presentasi untuk  memikat minat client agar menanamkan modal investasinya diperusahaan. Daya komunikasi yang baik membuat setiap informasi penting bisa tersampaikan dengan baik.

Bertindak Sigap Serta Bertanggung Jawab

Mereka lebih nyaman saat melaksanakan pekerjaan daripada saat merancangnya, maka dari itu seorang ekstrovert adalah mereka yang lebih sigap dalam menjalani kewajibannya. Orang-orang ekstrovet juga selalu memiliki ketegasan dalam setiap pengambilan keputusannya.

Karena sifatnya yang mudah menjadi pusat perhatian mereka selalu melakukan tanggung jawabnya dengan benar. Agar image diri ekstovert bisa selalu menarik perhatian, mereka akan selalu berusaha sebaik mungkin dalam  setiap  pekerjaannya.

Dapat Diandalkan Oleh Tim

Dalam setiap tim pasti memiliki komposisi anggota yang berbeda-beda, tapi hasil pekerjaan ekstrovert akan selalu mencolok. Hal ini karena mereka dapat diandalkan oleh tim dan memiliki problem solving lebih baik. Komunikasi yang diciptakan oleh seorang ekstrovert juga selalu mudah dicerna oleh rekan lainnya.

Tapi sifat ini juga terkadang malah membuat mereka berkerja ekstra karena menjadi ujung tombak sebuaht tim tersebut. Anda sebagai ekstrovert juga harus memahami tugas dan kewajiban masing-masing anggota tim agar tidak menjadi beban untuk pribadi serta menimbulkan kerugian tersendiri.

Membuka Pintu Relasi Lebih Lebar

Membangun ikatan relasi memang tidak semudah kedengarannya, kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan. Sekali saja memberikan image buruk maka kedepannya akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari relasi yang diinginkan.

Peran pekerjaan ekstrovert dibidang ini sangat diperlukan karena mereka mampu melakukan komunikasi lebih optimal. Serta informasi yang diberikan akan selalu menarik minat dari setiap orang yang mendengarnya, komunikasi adalah passion utama seorang ekstrovert.

Banyak Tugas Yang Perlu Diselsaikan? Siapa Takut

Itulah yang selalu ada dibenak setiap orang ekstrovert, kemampuan multitasking mereka sudah tidak diragukan lagi. Kemampuan problem solving berbagai masalah dalam satu waktu akan sangat menguntungkan bagi perusahaan tempat mereka berkerja.

Walaupun perhatian mereka terbagi hasil yang diberikan akan selalu baik. Orang-orang ekstrovert selalu mendahulukan kuantitas dari pada kualitas. Sehingga semakin banyak menyelsaikan tugasnya merekan akan sangat senang.

Pekerjaan ekstrovet memang memiliki keunggulannya  sendiri begitu juga dengan introvert, tinggal  bagaimana keputusan anda agar bisa lebih memberikan dorongan kepada mereka untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik lagi.

Didalam Kelebihan Pasti Terdapat Kekurangan

Disetiap keunggulan yang dimiliki oleh ekstrovet tentu saja mereka juga memiliki kekurangan. Lantas bagiamana menyikapi kekurangan yang mereka miliki agar bisa mendukung perusahaan lebih maju. Tentu saja ini adalah tugas rekan kerja serta HR untuk menanggulanginya.

  1. Tenggelam Dalam Kepercayaan Diri Yang Berlebih

Apabila  sudah berlebihan segala hal akan terlihat buruk, begitu juga dengan sifat percaya diri. Seorang ekstrovert akan selalu membutuhkan pujian dan pengakuan dari orang lain, sehingga mereka sangat rentan terhadap skandal-skandal yang bisa terjadi kepada mereka.

  1. Mudah Membongkar Rahasia

Kekurangan dari kelebihan mereka untuk berkomunikasi adalah tidak ahli dalam menjaga  sebuah rahasia. Ekstrovert sering kali terlalu bersemangat apabila sudah berbincang, mereka terkadang mengutarakan apa saja yang ada dikepalanya termasuk beberapa rahasia yang seharusnya tetap disimpan rapat.

  1. Memiliki Banyak Topeng

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pekerjaan ekstrovert selalu pandai dalam merangkai kata saat berkomunikasi, sehingga mereka sanggup memperdaya  lawan bicaranya. Sehingga tidak  menutup kemungkinan banyak ekstrovet penyampaian didepan orang  bersangkutan akan berbeda dari saat  dibelakangnya.

Sebagai HR anda harus pintar-pintar dalam menghadapi kedua jenis pegawai ini, serta jangan hanya berfokus kepada keunggulannya saja tapi juga harus bisa memberikan solusi terhadap kekurangan yang mereka miliki.

Dalam segi aktifitas dan kehadiran tentu saja sifat mempengaruhi, tentu saja hal ini jangan sampai menurukan produktifitas dari perusahaan. Peran penting HR sangat diperlukan dalam hal ini, karena memang absensi dan aktifitas sdm didalam sebuah perusahaan menjadi tanggung jawab utama HR.

Permudah Dengan Penggunaan  Software

Sebagai HR mengemban tugas berat setiap bulannya akan  sangat melelahan, maka akan sangat baik apabila mulai beralih kepada penggunaan software jojotimes agar melancarkan urusan absensi anda. Pusing mengatur kebijakan cuti?, dengan software jojotimes anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur cuti karyawan.

Memantau aktifitas karyawan akan lebih mudah menggunakan jojotimes, karena memanfaatkan pengenalan wajah dan Gps. Antrean saat melakukan absensi? Hal itu sudah sangat kuno sekali, jojotimes  akan memberikan fasilitas absensi yang lebih berkualitas.

Demo dari jojotimes bisa digunakan langsung  bagi perusahaan anda seharga Rp 0,- atau gratis. Rasakan kemudahan untuk mengelola administrasi perusahaan dengan menggunakan software ini sekarang juga.