Pekerjaan Ekstrovert Sebagai HR Perusahaan

Menjadi seorang human resource  atau HR adalah pekerjaan ekstrovert yang paling cocok. HR sering kali berhubungan langsung dengan orang lain dan berusaha memahami mereka. Dalam beberapa masalah HR juga menangani keluhan dari karyawan.

Ekstrovert memang kebalikan dari introvert, kebanyakan orang yang memiliki sifat ekstrovert lebih menyukai menghabiskan waktunya dikeramaian. Begitu juga dengan pekerjaan yang mereka pilih cenderung berhubungan dengan sosialisasi.

Selain HR pekerjaan ekstrovert lainnya yang juga baik adalah menjadi guru, ataupun public figure. Semakin banyak ia berhubungan sosial dengan orang lain maka produktifitasnya juga meningkat. Seorang  ekstrovert mampu mengerjakan berbagai pekerjaan sekaligus atau multi tasking.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Anda pasti bertanya-tanya apa saja sih dampak positif kerjaan ekstrovert sebagai HR. Bidang pekerjaan human resource memang bisa dibilang idaman bagi seluruh orang yang memiliki sifat ekstrovert. Disana mereka bisa bertemu orang baru hampir setiap harinya tergantung dari besar perusahaan dimana si ekstrovert berkerja.

Keuntungan Sebagai HR Yang Ekstrovert

Sebagai seorang ekstrovert pasti memiliki kemampuan komunikasi dan sosialisasi yang sangat baik. Kerjaan ekstrovert sebagai HR akan menunjang perusahaan untuk bisa lebih cepat mencapai kerberhasilan melalui sumber daya manusia yang terbaik.

Kemampuan ekstrovert dalam memahami karakter setiap orang melalui komunikasi sudah bukan hal baru lagi. Mereka bisa mengerti dengan kepribadian seseorang hanya melihat cara mereka menyampaikan pendapat, apakah orang ini tepat untuk perusahaan atau tidak?.

Kekuatan dari seorang HR tercermin dari setiap perkataan yang dilontarkannya, kata demi kata tersebut bisa membuka semua isi dari pribadi seseorang yang sedang diwawancara. Memang beban pekerjaan seorang HR bukan saja hanya merekrut karyawan baru.

Tugas seorang HR juga meliputi masalah absensi dan payroll karyawan, bahkan keluh kesah saat berkerja juga biasanya diajukan kepada HR agar bisa mendapatkan solusi yang konkret kedepannya. Untuk itu HR harus memiliki jiwa leadership yang tinggi dan tidak mudah menyerah.

Menjadi seorang HR memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah, kebanyakan dari kita hanya berpendapat bahwa sebagai human resource merupakan jabatan yang nyaman. Tapi kenyataan berkata lain, tekanan serta tuntutan kerja yang banyak juga membuat jabatan ini begitu menantang.

Kerjaan ekstrovert menjadi seorang HR akan selalu melibatkan kecerdasan emosional, karena semua masalah karyawan akan anda tampung. Bayangkan apabila ada lebih dari ribuan pekerja maka masalah yang ada juga mungkin akan banyak.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memonitor Kerja Tim

Sudah menjadi sebuah kewajiban juga sebagai HR anda akan mengawasi kerja tim dalam sebuah perusahaan dan merupakan sebuah resiko. Kenapa beresiko?, karena dalam satu tim pasti terdiri dari banyak individu denga pemikiran yang berbeda.

Kemungkinan terjadinya beda pendapat hingga pertengkaran sangat besar saat berhubungan dengan tim dan ini adalah kerjaan ekstrovert anda sebagai HR harus melaporkan serta menyelsaikannya. Jangan sampai berbagai perbedaan pendapat itu menjadi penghambat produktifitas kerja tim anda.

Fokus kepada solusi bukan kepada masalah, apabila berfokus  kepada masalah anda hanya  akan memperkeruh keadaan saja. Coba berunding untuk mencari solusi terbaik yang bisa didapatkan, bernegosiasi dengan atasan juga bisa menjadi pilihan yang cerdik.

Tugas  selanjutnya sebagai HR adalah untuk melaporkan kehadiran bulanan setiap karyawan kepada atasan. Karena human  resouce juga bertangung jawab kepada absensi seluruh karyawan didalam perusahaan. Seringkali penyerahan laporan ini terhambat  karena tidak lengkapnya berkas atau hilang.

Kerjaan ekstrovert sebagai HR memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah, penuh disiplin, tangung jawab dan juga harus memiliki kesabaran. Tapi apabila semua jerih payah anda terbayar dengan semakin solidnya tim yang dibawahi tentu ini akan menjadi sebuah kegembiraan tersendiri untuk HR.

Tanda Keberhasilan Kerjaan Ekstrovert HR

Seluruh perusahaan pasti memiliki indikator untuk keberhasilan dari karyawannya ini bisa berupa performa, bobot pekerjaan atau lain sebagainya. Sebagai seorang HR sudah seharusnya menentukan target pencapaian yang harus dicapai oleh setiap karyawan agar perusahaan lebih baik dari sebelumnya.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh HR adalah menentukan kunci untuk meraih performa baik. Kunci perofrma ini lebih dikenal dengan kisi-kisi, apabila ingin mendapatkan indikator baik berarti hanya tinggal mengikuti kisi-kisi yang telah diberikan oleh HR.

Berikan hadiah apabila karyawan sudah berhasil mengikuti kisi-kisi yang anda berikan. Reward ini bisa menjadi motivasi pemicu agar lebih banyak lagi karyawan yang mencapai indikator baik itu. Karena kebanyakan orang harus diberikan hadiah agar memiliki motivasi untuk bergerak ke arah  yang lebih baik.

Keunikan kerjaan ekstrovert menjadi HR adalah banyak ide-ide kreatif untuk membawa setiap karyawan agar bisa lebih baik. Selalu lakukan evaluasi saat setelah memberikan indikator  performa baik. Lakukan pengecekan kembali apakah sudah benar atau belum saat penentuan indikatornya.

Jangan lupa  juga untuk evaluasi apakah seluruh karyawan telah mengikuti indikator yang diberikan ini dimaksudkan agar pembagian kewajibannya sama rata dan memicu persaingan sehat didalam perusahaan untuk tujuan yang lebih baik.

Rubah Kebiasan Lama Dengan Aplikasi HR

Banyak kerjaan ekstrovert human resource model lama yang cenderung menghabiskan waktu. Salah satunya seperti absensi dan laporan tim, kedua jenis pekerjaan itu  dulu bisa menghabiskan waktu banyak. Bahkan perusahaan sampai rela memperkerjakan banyak HR.

Tentu ini akan menguras biaya pengeluaran dari perusahaan itu sendiri. Belum lagi pekerjaan evaluasi dan menetukan indikator performa baik karyawan. Apabila anda ingin memperbaiki kebiasaan lama itu maka sangat tepat untuk mulai memakai aplikasi.

JojoTimes Meringankan Tugas HR

Jojotimes merupakan sebuah aplikasi lengkap bagi HR, didalam satu aplikasi terdapat banyak manfaat. Laporan bulanan yang bisa memakan waktu berhari-hari kini bisa diselsaikan dengan sekejap menggunakan aplikasi ini.

Penumpukan laporan juga beresiko untuk hilangnya berkas tersebut, sedangkan dengan jojotimes karena bersifat digital data yang tersimpan akan sangat aman dan tidak mungkin bisa hilang. Selanjutnya anda bisa memonitor karyawan anda dengan aman.

Setiap orang pasti memiliki rasa malas dan ini sangat berpotensi terjadi saat dalam pekerjaan. Untuk menghindari itu jojotimes menyediakan fungsi monitoring karyawan, anda bisa mengetahui apa saja yang sedang mereka lakukan dan keberadaannya.

Penyimpanan data karyawan yang sangat aman karena berbasis cloud, pernah kehilangan data karyawan?. Tentu ini akan sangat mungkin terjadi apabila menggunakan metode lama, berbeda dengan jojotimes data seluruh karyawan anda tersimpan aman.

Nikmati Jojotimes Tanpa Bayar

Masih ragu dengan keunggulan yang diberikan jojotimes untuk kerjaan ekstrovert anda sebagai HR?. Silahkan coba demo Jojotimes gratis dan langsung rasakan kemudahannya sekarang juga. Anda akan sangat terbantu dengan beberapa fitur demo yang kami berikan. Jojotimes memiliki beberapa fitur utama seperti menghemat waktu saat membuat laporan kehadiran bulanan, meningkatkan produktifitas dan effisiensi dan tempat terpadu untuk berbagai project Anda.

Selain itu lebih banyak fitur yang akan anda dapatkan apabila membeli produk penuh jojotimes. Tentu saja dengan harga yang murah pekerjaan anda bisa sangat terbantu.