Memahami Pekerjaan Introvert Untuk Hasil Terbaik 

Dalam menyikapi setiap masalah dan menemukan solusinya pekerjaan introvert memiliki caranya sendiri. Memahami setiap karakter setiap pegawai adalah pr terbesar dari seorang HR ini dimaksudkan agar tercipta lingkungan kerja yang baik. 

Menjalani kehidupan sehari-hari introvert sangat berbeda dengan ekstrovert, serta dalam memandang sebuah masalah mereka memiliki sisinya sendiri. Komunikasi secara langsung akan selalu menjadi pilihan terakhir bagi seorang introvert. 

Tapi jangan salah introvert memiliki kemampuan penyelsaian masalah yang lebih unggul karena kemampuan  berpikirnya tajam. Mereka cenderung memikirkan terlebih dahulu ketika hendak melakukan sesuatu hal jadi ketika terjadi masalah introvert sudah memiliki  solusi yang harus dilakukan. 

Sebagai HR perusahaan  anda harus bisa menentukan sikap dalam menghadapi pekerjaan introvert, selalu lihat sisi baik dalam menyikapinya. Walaupun introvert cenderung berfokus pada pekerjaan dan menjauhi komunikasi tapi apabila hasil pekerjaannya baik anda harus memberikan sedikit apresiasi agar menambah semangat kerjanya. 

Berikan Semangat Dan Tips Untuk Hasil Perkerjaan Introvert  

HR sangat berperan  penting dalam mencapai kesuksesan sebuah perusahaan, karena mereka akan menjembatani setiap hubungan  karyawan. Harus menyiapkan kuping dan otak yang selalu sedia memberikan saran serta mendengar keluh kesah pegawai. 

Beberapa tips dan semangat ini bisa anda berikan kepada pegawai yang memiliki sifat introvert agar lebih produktif dalam berkerja 

Jelaskan Bahwa Jangan Takut Keluar Zona Nyaman 

Tantangan terbesar bagi pekerjaan introvert adalah ketika sudah memiliki zona nyaman. Ketika telah memilikinya mereka enggan untuk berkembang dan memperbaiki diri dan tentu saja ini tidak akan baik perusahaan. Karena setiap perusahaan menginginkan setiap karyawannya untuk selalu belajar dan berkembang. 

Zona nyaman terkadang menjadi tempat paling aman untuk introvert tapi kenyataannya itu malah akan membunuh mereka secara perlahan. Seorang motivator pernah berkata bahwa untuk mendapatkan rezeki yang lebih besar anda harus berani keluar dari  zona  nyaman, karena rumus mencari rezeki adalah lampaui ketakutan anda. 

Berbaurlah Dengan Lingkungan Kerja 

Setiap karyawan baru entah itu bersifat introvert maupun ekstrovert pasti mengalami kesulitan berbaur pada awalnya, tapi ekstrovert cenderung cepat beradaptasi. Sedangkan introvert lebih memakan waktu untuk sekedar berbau dengan lingkungan kerjanya yang baru. 

Kesulitan mereka dalam berkerjasama dengan orang-orang baru merupakan keunikan tersendiri. Berikan rasa aman kepada introvert agar mereka mau membuka diri dan menerima lingkungan kerja lebih cepat. Selalu berikan pernghargaan atas progress yang mereka lakukan saat berbaur. 

Katakan Berhenti Menjadi Orang Lain 

Kesalahan untuk meniru orang lain adalah suatu hal yang fatal, karena setiap orang  memiliki keunggulannya sendiri. Berikan edukasi bahwa  menghargai kepribadian sendiri adalah ha terbaik yang bisa dilakukan jangan sekali-kali mencoba menjadi orang lain. 

Apabila mengagumi  seseorang cukup ambil kemampuannya saja jangan tiru semua sikapnya. Inti dari  personal branding karyawan adalah menunjukan citra perusahaan dengan keunikan sikap semua orang didalam bisnis  tersebut. 

Bangun Kesadaran Untuk Saling Bahu-membahu 

Kesulitan untuk melakukan komunikasi menjadi kekurangan  yang  sangat fatal bagi pekerjaan introvet, maka dari itu segera berikan pengertian kepada mereka agar mencari rekan kerja yang memahami mereka agar produktifitas introvert meningkat secara  drastis. 

Luangkan waktu untuk mengetahui apa saja kepribadian yang dimiliki oleh setiap karyawan  didalam perusahaan tersebut. Kunci keberhasilan dari seorang pemilik perusahaan adalah mengetahui memahami semua watak karyawan melalui analisa HR. 

Biarkan Mereka Memilih jalan Penyelesaian Masalahnya Sendiri 

Kebiasaan yang paling menonjol sebagai seorang introvert  adalah karena mereka terbiasa untuk menyendiri. Faktanya dalam menyendiri mereka berpikir untuk jalannya keluar dari masalah tersebut dan itulah kenapa mereka juga tidak bisa  melakukan tugas secara spontan. 

Seperti yang diinformasikan sebelumnya kecenderungan pekerjaan introvert adalah penuh dengan perencanaan yang matang. Apabila anda terlalu  menekan mereka dalam hal pengambil keputusan akan sangat buruk  baginya. 

Masalah Sebagai Introvert Didalam Lingkungan Kerja 

Menjadi seorang introvert bukan sebuah hal yang harus membuat anda malu, justru itu harus menjadi alasan tersendiri bagi anda untuk meraih kesuksesan. Beberapa masalah yang sering timbul dalam pekerjaan introvert dan bagaimana menyikapinya. 

Jarang Berkumpul Untuk Sekedar Mengakrabkan Diri 

Karena introvert memiliki dunianya sendiri sehingga mereka cenderung menghindari berbagai perkumpulan sosial saat berkerja maupun setelahnya. Hal ini terkadang membuat penilaian orang lain kepadanya seperti sombong padahal tidak seperti itu. 

Solusinya adalah mengundang mereka untuk bergabung acara sosial  pada saat yang tepat, seperti saat weekend ataupun libur. Biasanya saat bukan pada waktunya mereka akan  fokus berkerja  dan beristirahat untuk mempersiapkan hari esok. 

Terlalu Perfectsionis Saat Berkerja 

Selain individu dengan kepribadian introvert  mungkin beranggapan bahwa cukup berkerja seadanya saja tidak perlu sampai sempurna. Berbeda sekali introvert akan fokus kepada goal dari pekerjaan mereka, contohnya adalah ketika permintaan produksi sejumlah 100 pcs maka mereka akan membuat sekuat tenaga agar mencapai kuota. 

Tapi ini juga bisa menimbulkan miskomunikasi, karena terkesan perfectsionis sedangkan kapasitas pekerjaan setiap orang berbeda. Solusinya  adalah berikan pengertian kepada mereka bahwa dalam berkerja kita harus memiliki satu tujuan jangan hanya berfokus kepada ambisi sendiri saja. 

Membutuhkan Rehat Yang Lebih Panjang 

Karena introvert selalu berkerja dengan totalitas mereka cenderung memerlukan waktu pribadi yang lebih lama dari lainnya. Bahkan untuk sekedar bersantai keluar rumah apabila kuota waktu pribadinya belum terpenuhi mereka tidak akan mau melangkah keluar. 

Solusinya adalah hilangkan segala prasangka negatif anda pada setiap rekan kerja yang memiliki sifat seperti ini. Berikan mereka semangat agar memberikan kontribusi lebih lagi bagi perusahaan, jika perusahaan berkembang yang menikmatinya bukan si introvert  saja tapi seleruh orang didalamnya. 

Pantau Kehadiran Dan Aktifitas Pegawai Lebih Mudah 

Memantau kehadiran pekerjaan introvert dan lainnya merupakan tugas harian bagi HR, terkadang apabila memiliki karyawan dengan jumlah banyak tugas ini akan terasa berat. Serta memantau setiap aktifitas pekerjaan mereka agar selalu produktif adalah bukan pekerjaan mudah. 

JojoTImes mendukung ShiftingUntuk itu penggunaan software terkini seperti jojotimes sangat diperlukan. Apa itu jojotimes?, jojotimes adalah software yang dapat membantu semua  pekerjaan HR dengan sistem yang mempu meningkatkan produktifitas seluruh karyawan dan melampirakan laporan kehadiran lebih  cepat. 

Kesulitan memantau aktivitas dari setiap karyawan?, gunakakan jojotimes sebagai pilihan, karena software ini memiliki sistem pengenalan wajah dan gps untuk mengetahui kegiatan apa saja yang  sedang dilakukannya. 

Laporanan bulanan yang berbelit-belit dan tercecer?, itu tandanya anda harus segera beralih menggunakan software jojotimes. Laporan dari absensi akan tersedia dalam hitungan menit, karena sistem pengumpulan data absensi yang cepat dan akurat dari jojotimes. 

Jojotimes juga menawarkan kebijakan cuti yang dapatkan disesuaikan oleh anda, proses otomatis saat melakukan absensi sehingga memudahkan anda. Rasakan kemudahan yang belum anda rasakan saat menjadi HR dengan mencoba demo dari jojotimes secara gratis di jojonomic.