Pekerjaan Tidak Sesuai Kontrak, Bagaimana Mengatasinya?

Pekerjaan tidak sesuai kontrak mungkin sering kita jumpai di lapangan. Ada banyak karyawan atau tenaga kerja yang bekerja dan proses dalam melakukan pekerjaannya itu ternyata tidak sesuai dengan kontrak kerja. Tentu saja hal ini akan merugikan karyawan karena karyawan tersebut akan bekerja tanpa adanya ketentuan yang jelas.

Kontrak yang terjalin antara tenaga kerja dengan perusahaan sebenarnya merupakan suatu hal yang penting dan tidak dapat dipandang remeh. Kontrak ini sering kali disebut dengan istilah kontrak kerja dimana di dalamnya terdapat berbagai ketentuan kerja dan lainnya. Apa yang sudah tertuang dalam kontrak ini tentunya tidak dapat dilanggar dan harus dijalankan. Sebab kontrak kerja ini merupakan kesepakatan antar dua belah pihak yaitu antara tenaga kerja dan pihak perusahaan tempatnya bekerja.

Jika kontrak kerja ini telah ditandatangani oleh karyawan maka berarti karyawan telah menyetujui berbagai ketentuan kerja yang diberikan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu karyawan sudah seharusnya bekerja sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Begitu pula sebaliknya bahwa pihak perusahaan sudah seharusnya memberikan apa yang menjadi hak karyawan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat dan tertuang di dalam kontrak kerja. Keberadaan kontrak kerja memang penting dan hal ini bahkan menjadi acuan bagi karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Fungsi Kontrak Kerja

Kontrak kerja sebenarnya merupakan suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha yang tertuang secara lisan dan tulisan dan memuat beberapa syarat kerja. Di dalam kontrak ini tertuang beberapa hak dan kewajiban keduanya yaitu pekerja dan pengusaha atau pemilik perusahaan. Seorang karyawan saat diterima di sebuah perusahaan tentu saja akan diberikan surat perjanjian atau surat kontrak. Tentunya Anda harus membaca dengan jeli seluruh isi kontrak sebelum melakukan penandatanganan di atas surat kontrak tersebut.

Di dalam surat kontrak ini terdapat hak dan kewajiban karyawan. Syarat-syarat untuk seorang karyawan yang diberikan pada pengusaha juga biasanya tertuang di dalam surat kontrak. Melalui surat kontrak inilah maka seorang karyawan bisa memahami segala hak dan kewajibannya serta memahami berbagai ketentuan atau syarat yang diperolehnya sebagai seorang karyawan di dalam perusahaan tempatnya bekerja. Kontrak kerja juga berfungsi sebagai perjanjian yang tidak boleh sampai dilanggar baik antara pihak pekerja maupun pihak pengusaha. Jika pekerja ataupun pengusaha melakukan hal yang berada di luar kontrak maka tentu saja hal ini bisa dilanjutkan menjadi suatu perkara di pengadilan. Oleh karena itu surat kontrak menjadi acuan dasar bagi pekerja dan pengusaha dalam mengatur hubungan kerja yang terjalin di antara keduanya. Surat kontrak juga bermaksud untuk menyampaikan pada pekerja mengenai apa saja yang bisa diberikan oleh pengusaha pada karyawannya dan hal-hal yang diinginkan oleh pengusaha dari para karyawannya.

Dampak Pekerjaan Tidak Sesuai Kontrak

Di masa sekarang ini tampaknya semakin banyak pekerja yang mengeluh tentang pekerjaannya yang dianggapnya tidak sesuai dengan kontrak kerja. Padahal kontrak kerja sebenarnya merupakan perjanjian kerja yang mengatur hubungan kerja antara pihak karyawan dengan pihak pengusaha atau pemilik perusahaan. Jadi pihak pekerja dan pengusaha tidak boleh melakukan hal-hal lain di luar perjanjian kerja yang telah disepakati dan tertuang di dalam surat kontrak. Namun jika seorang karyawan bekerja dengan tidak sesuai kontrak maka surat kontrak ini bisa saja dibatalkan. Seorang karyawan bisa saja menuntut haknya sesuai dengan yang tertuang dalam surat kontrak. Jika haknya tidak diberikan oleh pihak pengusaha maka surat kontrak berarti telah batal.

Demikian pula jika seorang karyawan bekerja dan tidak sesuai dengan kontrak maka kontrak juga bisa dibatalkan. dalam hal ini pihak yang dirugikan bisa mengadukan lawannya ke pihak yang berwenang. Atau mungkin hubungan kerja antara kedua belah pihak bisa diselesaikan jika memang dijumpai salah satu pihak tidak sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Hubungan kerja yang menjadi rusak akibat dilanggarnya surat kontraknya tentunya memberikan dampak yang buruk baik bagi pihak tenaga kerja maupun bagi perusahaan. Pelanggaran terhadap surat kontrak tentunya akan menghambat proses operasional perusahaan sehingga tujuan perusahaan bisa menjadi terhambat.

Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Pekerjaan Tidak Sesuai Kontrak

Dalam aktivitas ekonomi tentunya terdapat ketergantungan antara pihak pekerja dan pihak pengusaha. pihak pekerja memberikan pekerjaan untuk kemajuan perusahaan dan untuk mendapatkan penghasilan demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Sedangkan pihak pengusaha wajib memberikan imbalan pada karyawannya dan berhak menerima hasil kerja dari karyawannya untuk mencapai visi perusahaan. Hak dan kewajiban ini tertuang dalam surat kontrak yang bersifat sah. Namun jika terjadi pelanggaran kontrak maka pihak yang dirugikan bisa mengadukan pelanggaran tersebut ke pihak yang berwenang. Atau bisa juga dilakukan mediasi antara pihak karyawan dan pihak pengusaha.

Umumnya mediasi merupakan cara terbaik yang dilakukan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan. Selain itu banyak juga tenaga kerja yang memutuskan untuk berhenti bekerja pada perusahaan yang dirasa tidak memberikan hak karyawan sesuai dengan surat kontrak. Umumnya tenaga kerja mengajukan pengunduran diri dan mencari pekerjaan lainnya karena merasa kecewa atas sikap pengusaha atau pimpinan perusahaan yang tidak sesuai dengan surat perjanjian kerja. Demikian pula dengan para pengusaha yang umumnya mengajukan PHK pada karyawan yang telah dianggapnya sudah tidak dapat bekerja sesuai dengan surat kontrak sehingga tidak memberikan keuntungan lagi bagi perusahaan.

Dari sini sudah bisa kita ketahui dengan jelas, bahwa sebaiknya perusahaan benar-benar memastikan peranan dan kontrak seorang karyawan. Pekerjaan tidak sesuai kontrak merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Karena itu sistem yang baik pada perusahaan diperlukan dalam mengatur deskripsi pekerjaan pada kontrak sesuai kesepakatan. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes, yang membantu tim HRD perusahaan dalam mengatur kontrak kerja karyawan sekaligus pekerjaan yang harus dilakukan dalam perusahaan tersebut.

JojoTimes merupakan sistem yang memiliki banyak manfaat bagi bagi perusahaan antara lain sebagai berikut:

  • Mengatur data-data karyawan termasuk kontrak kerja dan isinya dengan otomatis
  • Membantu meningkatkan kinerja tim HRD dengan mempermudah menyimpan data karyawan termasuk kontrak kerja yang diberikan dalam server yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja

Manfaat-manfaat ini bisa diterima perusahaan berkat fitur-fitur terbaik yang ada di dalamnya. Baik fitur Secured Cloud Based Storage, Import and Export Employee Data maupun Schedules and Job Shift. Sehingga nantinya perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu melakukan semuanya secara manual. Perusahaan jadi lebih produktif dan data karyawan tersimpan dengan aman.

Nah, jika sudah jelas menguntungkan, mengapa harus menunda? Segera lakukan coba gratis JojoTimes dan dapatkan sejumlah manfaat di atas. Jangan biarkan karyawan memiliki pekerjaan tidak sesuai kontrak yang membuatnya tidak nyaman. Dengan aplikasi ini, tentu hal tersebut bisa terselesaikan dengan baik.