Pemasaran Adalah Langkah Utama Kemajuan Perusahaan

Pemasaran adalah jiwa didalam sebuah bisnis atau usaha. Definisi secara singkat dari pemasaran merupakan berbagai tindakan yang diakukan perusahaan untuk menarik para konsumen ataupun client. Pemasaran tidak terbatas hanya pada promosi saja. karena hal ini juga mencakup penjualan dan memberikan pengertian lebih dalam terkait produk ataupun jasa yang dimiliki perusahaan.

Akan mustahil tampaknya jika perusahaan bisa berkembang tanpa pemasaran yang baik. Apalagi pada zaman serba elektronik dan internet seperti sekarang. Berbagai macam strategi pemasaran dilakukan oleh perusahaan. Semakin gencar aktivitas ini maka besar kemungkinannya perusahaan tersebut untuk bisa berkembang dengan pesat.

Orang-orang cenderung memahami bahwa pemasaran adalah sebuah tindakan promosi. Padahal pengertian pemasaran tidak sesempit itu saja. berikut ini akan kami ringkas beberapa definisi pemasaran dari para pakar ekonomi terkenal. Jadi pastikan setelah membacanya anda tidak memahami pemasaran itu sama dengan promosi saja.

Pemasaran Adalah Pemenuhan Kebutuhan Menurut Philip

Pakar eknomi Philip Kotler memahami bahwa pemasaran adalah proses memenuhi kebutuhan serta keinginan. Jalan untuk melakukannya adalah dengan pertukaran. Jadi ia memberikan arti bahwa pemasaran ini seperti sebuah jual dan beli. Ataupun system barter saling mempertukarkan barang untuk melengkapi kebutuhan kedua belah pihak.

Dari sini anda akan memahami bahwa jual beli merupakab salah satu bagian dari pemasaran. Sehingga pemaham mengenai pemasaran tidak melulu soal bagaimana promosi ataupun hal monoton lainnya. Lebih jauh Philip menjelaskan bahwa pemasaran ini adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Stanton Tentang Pemasaran

Sedangkan menurut W. Stanton pemasaran adalah seluruh aktivitas yang mencakup segala kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan pembeli. Serta menjangkau para pembeli potensial, pemaham W. Stanton ini lebih luas lagi. Jadi para pengusaha harus bisa menjangkau pasaran sampai kepada para calon pembeli dan tidak hanya berfokus kepada langanan saja.

Cukup mind blowing jika kita perhatikan pendapat W. Stanton ini. memang perusahaan akan bisa lebih berkembang jika menargetkan pembeli sebanyak itu. Tapi secara realistis sangatlah wajar jika ia berpendapat seperti ini. sebab tujuan utama dari bisnis tiada lain adalah untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin tanpa terkecuali.

Akan sangat berbeda pada instansi pemerintahan ataupun perusahaan milik Negara. Definisi pemasaran adalah untuk mendapatkan untung mungkin tidak akan berlaku pada sektor publik. Sebab mereka lebih berfokus kepada pelayanan bagi masyarakat. Tentu saja alasan awalnya karena sumber dana dari sektor publik adalah pajak setiap warga Negara.

Konsep Dalam Pemasaran

Semakin berkembangnya bisnis maka setiap perusahaan memiliki konsepnya sendiri. Bahkan pemasaran adalah suatu yang akan terus berubah menurut setiap perusahaan. Ini karena dunia bisnis merupakan, sebuah dunia yang cukup fleksibel. Sehingga bermacam-macam konsep bisa diterapkan kedalam perusahaan mereka.

Pada dasarnya ada beberapa konsep dasar dari pemasaran ini. salah satunya adalah focus untuk memberikan pelayanan terbaik. Apapun perusahaan atau bisnis yang dimiliki tidak akan bisa mendapatkan keuntungan jika memberikan pelayanan buruk. Istilah pelanggan adalah raja seakan sudah menjadi sebuah slogan bagi seluruh bisnis dimuka bumi ini.

Dari sini kita bisa memahami bahwa pemasaran adalah untuk menarik minat para konsumen. Agar menggunakan jasa atau membeli produk dari perusahaan anda. Kunci sukses pertama adalah dengan mencintai konsumen melebihi produk anda. Tentu saja produk yang dibuat harus melebih ekspektasi konsumen. Sebaliknya apabila anda mencintai produk maka ini hanyalah sebuah narsistik yang akan merugikan.

Sistem Pemasaran Yang Wajib Digunakan

Apabila anda sudah memahami garis besar bahwa pemasaran adalah sebuah tindakan untuk mendapatkan keuntungan. Melalui berbagai tindakan, maka sekarang saatnya anda mengetahui system pemasaran yang wajib digunakan oleh seluruh perusahaan manapun. Dengan menggunakan system ini anda bisa meraup untung dari setiap pemasaran yang dilakukan.

System pemasaran meliputi target pasar, produk atau jasa, perantara dan terakhir adalah hambatan. Pahami setiap point didalam system pemasaran ini. pertama kami akan menjelaskan terkait target pasar. Tentu saja target ini adalah para pembeli dan calon konsumen.

Buatlah sebuah target yang jelas bagi perusahaan anda. Apabila anda mengakui pemasaran adalah jalan utama untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Maka anda akan menentukan target pasar yang jelas. Contohnya saja apabila produk anda adalah susu maka targetkan para pembeli dari umur 15 tahun keatas. Karena pada masa ini mereka akan cenderung menyukai berbagai produk baru.

Selanjutnya adalah produk. Produk adalah ujung tombak bagi sebuah perusahaan. Jika pemasaran adalah cara untuk mendapatkan keuntungan. Maka produk merupakan alat untuk menghasilkan keuntungan. Ingat anda harus sebisa mungkin membuat produk yang disukai oleh banyak kalangan. Mungkin saja bisa membuat produk untuk kalangan khusus seperti cincin emas.

Tapi produk seperti itu akan sulit terjual kecuali dalam beberapa momen khusus saja. akan lebih mudah bagi anda ketika mengetahui pemasaran adalah serangkaian tindakan untuk mendapatkan untung. Dengan begini anda pasti akan membuat produk yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Jadi flow cash yang akan terjadi didalam perusahaan anda bisa lancar. Jika flow cash yang dimiliki oleh perusahaan anda tidak lancar, besar kemungkinannya perusahaan tersebut terkena kebangkrutan. Ini berdasarkan bahwa perusahaan juga membutuhkan biaya operasional setiap hari atau bulannya.

Hambatan Dalam Proses Pemasaran

Tidak kalah penting adalah hambatan. Hal ini selalu saja bisa terjadi dalam berbagai jenis perusahaan. Hambatan bisa berupa, tidak lakunya produk atau jasa. Ataupun kurang tenarnya brand perusahaan anda. Dengan mempelajari sejumlah fakta tentang hambatan ini perusahaan anda bisa terhindar dari kerugian yang pasti.

Pada dasarnya pemasaran adalah kegiatan untuk menjual bagi perusahaan. Serta menarik konsumen dan calon pembeli. Untuk itu system yang berlaku didalam perusahaan tersebut juga haruslah efisien. Jika system perusahaannya saja tidak efisien maka akan sangat sulit untuk melakukan pemasaran.

Efisienkan Waktu Kerja Dengan JojoTimes

JojoTimes sangat bisa membantu dalam mengefisiensikan pemasaran perusahaan. Pertama adalah dengan keuntungan management waktu yang lebih teratur berkat aplikasi ini. lalu meningkatkan kedisplinan setiap karyawan yang berkerja didalam perusahaan tersebut.

Istilah waktu adalah uang mungkin sangat tepat. Maka jika disamakan dengan istilah tersebut pemasaran adalah cara untuk mendapatkan sejumlah uang. Lalu mengefisienkannya dengan JojoTimes karena anda bisa memonitoring kinerja karyawan melalui perangkat lunak ini.

Semakin mudah memanage seluruh karyawan ketika anda menerapkan perangkat lunak ini didalam perusahaan. Tidak perlu lagi ribet ketika karyawan mengajukan cuti sebab sinkronasi dan pengecekannya bisa terlihat dari aplikasi JojoTimes ini.

Manfaatkan sejuta keuntungan dari JojoTimes dengan menggunakan versi demonya sekarang juga. Mendulang keuntungan fantastis sudah bukan lagi perihal yang sulit ketika anda menggunakan perangkat lunak ini.