Yuk Ketahui Penyebab Pemborosan Perusahaan Kamu dan Solusinya!

Memastikan aliran pendapatan yang dimiliki perusahaan merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk menuju sebuah keberhasilan. Namun, arus ekonomi tidaklah mudah untuk diprediksi. Akan muncul banyak biaya atau anggaran untuk tenaga kerja, produksi atau pengeluaran biaya hal lainnya yang tidak signifikan namun tetap berpengaruh besar.

Keputusan dalam menentukan suatu anggaran yang buruk dalam perusahaan akan memiliki dampak yang tidak baik untuk masa depan perusahaan. Kamu harus memperhatikan dengan baik kemana uang perusahaan mu dialokasikan. Pemborosan perusahaan merupakan permasalahan yang tidak dapat dibiarkan saja. Pemborosan akan memicu hal-hal buruk lainnya dalam jangka pendek atau panjang pada perusahaan mu.

Untuk menghindari pemborosan bagi perusahaan kamu, mari kita bahas mengenai hal-hal yang menyebabkan pemborosan itu terjadi!

Berikut adalah lima hal umum yang menjadi penyebab pemborosan perusahaan dan cara untuk menghindari pemborosan tersebut.

Penyebab Umum Terjadi Pemborosan Perusahaan

Banyak sekali penyebab umum yang sering terjadi pada perusahaan. Salah satunya adalah pemborosan yang terjadi begitu saja dan percuma. Dibawah ini adalah penyebab umum terjadinya pemborosan perusahaan antara lain.

Penggunaan Kertas Berlebihan

Perusahaan dapat menghasilkan jutaan lembar kertas setiap tahunnya. Selain menjadi pemborosan perusahaan, hal ini juga tidak baik untuk lingkungan. Cara yang paling tepat untuk mengurangi kertas adalah dengan menggunakan surat elektronik atau e-mail. E-mail pastinya sangat efektif dalam menghindari penggunaan kertas yang berlebihan. Dokumen perusahaan yang harus dicetak dapat dibuat atau dikonversi menjadi versi dokumen PDF. Selanjutnya dokumen PDF ini dapat dengan mudah disebarluaskan melalui e-mail. Jika kamu memang terpaksa harus menggunakan kertas, siasati hal tersebut dengan menggunakan kembali lembaran tersebut di sisi lainnya.

Biaya Penyimpanan Barang

Apakah perusahaan mu selalu kehabisan tempat penyimpanan? Jika menggunakan banyak kertas dimana kamu menyimpannya? Bagaimana biaya yang dikeluarkan? Lemari arsip yang hanya dipenuhi oleh kertas dapat memakan ruang kantor. Hal ini termasuk kedalam pemborosan perusahaan karena nantiny perusahaan harus membeli lagi dan lagi tempat penyimpanan demi menampung arsip yang dicetak.

Lebih Memilih Harga dibanding Kualitas

Dalam mengatur anggaran perusahaan kamu, pastinya kamu menginginkan untuk membeli sesuatu dengan semurah mungkin. Hal ini dinilai sebagai hal yang baik untuk menghindari pemborosan perusahaan. Akan tetapi, cara yang lebih efektif dalam menghindari pemborosan adalah dengan memperhatikan faktor lain seperti kualitas. Sebuah harga dalam suatu produk dapat menunjukkan nilai produk itu sendiri. Produk yang dijual dengan harga murah bisa saja memiliki potensi cerminan atas rendahnya kualitas barang tersebut. Untuk menghindari biaya tak terduga dalam jangka panjang pada perusahaan, harus diperhatikan bahwa harga terkadang rendah karena suatu alasan. Kualitas perlu dijadikan prioritas demi menghindari anggaran atau biaya yang berulang-ulang dikeluarkan oleh perusahaan.

Manajemen Karyawan yang Buruk

Perusahaan yang telah berkembang pastinya akan memiliki banyak karyawan didalamnya. Masalah yang dimunculkan dari hal tersebut adalah sulitnya memantau pekerjaan tiap-tiap orangnya. Apakah karyawan tersebut telah mengerjakan hal yang sesuai? Apakah hasil yang ia kerjakan cukup baik? Tanpa disadari mungkin saja beberapa karyawan mengerjakan pekerjaan yang sama karena didasari oleh manajemen yang tidak baik. Karyawan yang mengerjakan pekerjaan yang sama akan membuat mereka kehilangan waktu dan tenaga. Pekerjaan yang ia selesaikan juga menjadi sia-sia. Memperbaiki komunikasi antar departemen merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan. Buatlah aturan tertentu mengenai tanggung jawab masing-masing karyawan untuk suatu pekerjaan.

Penggunaan Outsourcing Berlebihan

Disaat perusahaan mulai memiliki beban yang berat, biasanya manajer akan mencari jalan keluar yang praktis untuk merekrut karyawan. Manajer biasanya akan menyerahkan tugas tersebut kepada sebuah outsourcing.  Masalah yang muncul dari hal ini adalah para karyawan baru membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan dengan cara kerja perusahaan kamu. Selain itu personel outsourcing bisa saja belum terbiasa dengan budaya dan proses alur kerja dalam perusahaan kamu. Oleh karena itu, terlalu banyak outsourcing dapat menyebabkan kesalahan dan menghabiskan waktu maupun uang perusahaan. Hal ini tentunya akan menjadi pemborosan perusahaan yang cukup signifikan. Manajer lebih baik melakukan penstrukturan alur kerja sehingga setiap pekerjaan dapat didistribusikan dengan baik secara lebih merata di seluruh perusahaan.

Setelah memahami penyebab-penyebab umum yang dapat menjadikan pemborosan perushaan, selanjutnya kamu harus tau bagaimana cara untuk menghindarinya. Terdapat 3 cara mudah untuk menghindari pemborosan tersebut terjadi, mau tau? Simak terus ulasan ini!

Solusi untuk Menghindari Pemborosan Perusahaan

Untuk menghindari pemborosan perusahaan, terdapat juga solusi yang dapat ditawarkan untuk meminimalisir pemborosan dari perusahaan tersebut. Dibawah ini adalah solusi untuk menghindari pemborosan perusahaan antara lain adalah:

Memperhatikan Sistem Penggajian

Memperhatikan sistem penggajian karyawan membantu untuk mengoptimalisasi anggaran perusahaan. Salah satu cara untuk meminimalkan biaya tenaga yaitu dengan menghitung upah tenaga kerja berdasarkan waktu dalam menghasilkan beberapa bagian ataupun produk tertentu. Selain itu dapat dilakukan penggajian bedasarkan kompetensi yang karyawan kamu miliki agar waktu dan yang tidak terbuang sia-sia.

Memelihara Alat Perusahaan

Ketika alat-alat yang membantu menopang pekerjaan karyawan dalam perusahaan mengalami kerusakan tentunya akan berimbas kepada banyak hal. Apabila komputer, printer, atau proyektor yang digunakan untuk bekerja mengalami kerusakan hal ini akan menghambat produktivitas kerja. Selain itu, harus dilakukan pembelian baru atas alat-alat tersebut yang tentu saja nominalnya cukup besar. Kamu bisa melakukan pemeliharaan alat dengan secara rutin memastikan keadaan nya alat tersebut. Tanamkan sikap pada karyawan anda untuk selalu menjaga dan menggunakan alat perusahaan dengan baik.

Proses yang Berlebihan

Proses yang berlebihan atau berbelit merupakah salah satu penyebab tidak berjalannya perusahaan secara efisien. Masalah seperti birokrasi yang panjang atau hasil pekerjaan karyawan yang tidak memenuhi standar penting untuk dihindari. Masalah ini timbul dari berbagai hal seperti spesifikasi pelanggan tidak dikuasai, mengulang atau mengoreksi pekerjaan terlalu berlebihan, dan yang terakhir adalah karyawan tidak terlatih. Contoh kasus yang paling sering terjadi adalah saat satu dokumen yang harus diproses, membutuhkan tanda-tangan berbagai pihak. Disaat orang-orang tersebut tidak berada pada tempatnya proses akan tertunda sehingga ketika satu petugas tidak ditempat, proses akan tertunda.

Memahami Kriteria Pelanggan

Pencegahan pemborosan perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana. Salah satunya adalah dengan memahami dan menguasai kriteria pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan mu. Kamu bisa merangkum dengan detail tentang segala macam kebutuhan pelanggan. Komunikasikan dengan pelanggan mengenai apa yang mereka inginkan, kualitas seperti apa yang dibutuhkan dan banyak hal lain nya.

Instrumen Manual atau Teknologi Canggih?

Dalam usaha menekan anggaran perusahaan, alat canggih memang akan menghabiskan banyak dana. Namun, dengan penggunaan alat canggih karyawan dalam perusahaan dapat memiliki produktivitas kerja yang tinggi. Kualitas yang ditawarkan oleh alat dengan teknologi tinggi akan membuat perusahaan kamu bebas dari repetisi anggaran dari instrumen perusahaan. Selain itu, hal ini akan mempermudah karyawan-karyawan kamu dalam bekerja. Apabila pekerjaan mereka dipermudah, dengan otomatis kinerja karyawan kamu juga akan terus meningkat. Selanjutnya manfaat yang dapat kamu rasakan adalah perkembangan dan kemajuan perusahaan mu dengan pesat.

JojoExpense

Untuk menghindari perusahaan mu dari pemborosan, Jojonomic menawarkan solusi terbaik. Jojonomic memiliki berbagai aplikasi untuk mempermudah pekerjaan yang diberikan pada karyawan perusahaan. Salah satu aplikasinya adalah JojoExpense. JojoExpense membantu kamu dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan digitalisasi secara efisien. Yuk kurangi biaya pembelian kertas dan hindari pemborosan!