Penasehat Bisnis: Inilah Fungsi dan Cara Pembentukannya

penasehat bisnis

Sebuah perusahaan seharusnya memiliki seorang atau sebuah tim penasehat bisnis. Hal ini supaya apa yang terjadi pada perusahaan tak hanya dipikirkan oleh satu atau beberapa orang saja. Dengan adanya penasehat pula, Anda sebagai pebisnis lebih tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang seharusnya ada dalam perusahaan. Artikel ini akan membahas apa saja fungsi penasehat serta urutan langkah untuk memilih mereka.

Fungsi Penasehat Bisnis

Penasehat bisnis mempunyai beberapa fungsi yang menunjang kesuksesan bisnis. Fungsi ini harus diketahui para pebisnis yang sudah berencana menyewa jasa penasehat bisnis atau dewan penasehat.

Ada beberapa fungsi yang dimiliki komponen perusahaan ini. Diantaranya adalah meninjau keuangan perusahaan, menyiapkan penjualan, meninjau sistem bisnis, memberi nasihat struktur transaksi yang berpotensial, serta menentukan posisi yang strategis dan memberikan ulasan pasar.

Pebisnis bisa saja menyewa jasa penasehat ini kepada perusahaan jasa yang memang menyediakan. Namun tim penasehat juga bisa saha dibentuk sendiri oleh perusahaan.

penasehat bisnis

Pembentukan ini akan melibatkan karyawan yang sudah berpengalaman, orang dengan latar belakang keuangan, tata kelola, pemasaran, dan lainnya sesuai kehendak pebisnis yang bersangkutan. Bagaimana cara pembentukan dewan penasehat ini akan dibahas selanjutnya.

Cara Membentuk Dewan Penasehat Bisnis

Dewan penasehat bisnis sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Perusahaan yang sukses biasanya dihasilkan dari dewan penasehat yang berkualitas. Mereka bisa memberikan saran dan masukan sebaik mungkin namun otoritas akan perubahan perusahaan tetap milik pemimpin atau pebisnis sepenuhnya. Ada cara yang bisa Anda catat untuk membentuk dewan penasehat ini, berikut urutannya.

1.     Melakukan Identifikasi

Anda harus paham betul apa yang Anda butuhkan dan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Dengan mengerti apa yang dibutuhkan maka akan dimengerti pula solusi apa yang harus diberikan.

Anda bisa mengidentifikasi perusahaan Anda dengan kekurangan yang ada. Apakah perusahaan Anda kurang soal marketing, produk yang kurang memuaskan pelanggan, atau apakah ada kekurangan lainnya yang harus dibenahi.

penasehat bisnis

Anda juga bisa mencari orang yang bisa mengisi kekurangan Anda. Perlu disadari bahwa mungkin saja Anda memiliki kesenjangan pengetahuan dalam menjalankan bisnis. Supaya bisnis Anda tetap berjalan dan segera meraih kesuksesan maka Anda perlu mengisi kesenjangan tersebut.

Bagaimana caranya? Anda bisa mencari seseorang dengan latar belakang yang mengisi kesenjangan Anda. Bisa mereka yang memiliki pengalaman atau wawasan lebih dalam keuangan, akuntansi, atau penjualan.

2.     Mencari Orang

Setelah mengetahui apa yang Anda butuhkan, maka saatnya mencari orang yang tepat. Pada poin sebelumnya memang telah dibahas bahwa Anda bisa menyusun struktur dewan penasehat dengan kesenjangan Anda. Kali ini bukan lagi perkiraannya, melainkan lebih spesifik lagi siapa yang akan Anda pilih.

Ingat, Anda bisa memilih laki-laki maupun perempuan, tak ada bedanya. Anda juga tak harus selalu memilih mereka yang berpengaruh pada perusahaan Anda, misalnya seperti pengacara dan akuntan.

Sebaliknya, Anda harus fokus terhadap apa yang Anda butuhkan dan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Jika Anda masih kesulitan juga, Anda bisa meminta saran dari pengusaha lain yang lebih berpengalaman. Percaya saja hal ini akan membantu.

3.     Menghubungi Mereka

Setelah mengantongi nama-nama kandidat yang akan akan Anda jadikan dewan penasehat bisnis maka saatnya untuk menyaring nama-nama tersebut. Caranya adalah dengan mengundang mereka dalam suatu forum. Berikan sebuah tes yang bisa meyakinkan Anda untuk memilih. Setelah itu baru pertimbangkan siapa yang Anda pilih.

penasehat bisnisLangkah mengundang mereka ke dalam forum ini sebenarnya bisa dilewati. Namun hanya jika nama yang Anda kantongi hanya sedikit. Anda bisa memilih tiga sampai lima orang untuk masuk dalam dewan atau tim penasehat perusahaan.

4.     Bertemu dengan Mereka

Langkah ini berlaku jika di langkah sebelumnya Anda memutuskan untuk mengundang mereka. Tentukan tanggal, hari, tempat, dan waktu Anda akan bertemu dengan mereka. Jelaskan apa saja yang harus mereka lakukan untuk perusahaan Anda dan pastikan mereka menyetujuinya.

Persetujuan adalah penting halnya, ini untuk memastikan tidak adanya kesenjangan atau konflik yang disebabkan oleh komunikasi yang kurang. Berbagai surat persetujuan mungkin harus Anda siapkan saat pertama bertemu dengan mereka. Persetujuan atau perjanjian yang dimaksud biasa berupa kontrak kerja, kerahasiaan perusahaan, dan lain sebagainya.

Atau mungkin saja calon dewan penasehat Anda hadir dari luar daerah. Anda bisa menghemat pengeluaran perusahaan dengan bertemu mereka secara online saja, misalnya dengan video call Skype. Ini akan menghemat pengeluaran karena tak perlu membelikan tiket perjalanan dan akomodasi.

Baru setelah Anda merasa orang tersebut adalah yang Anda butuhkan maka membuatnya berada di daerah yang sama dibutuhkan.

penasehat bisnisItulah beberapa langkah yang bisa Anda lewati untuk menemukan dewan penasehat yang benar dan cocok. Mulai dari menentukan masalah yang ada pada perusahaan Anda, mencari kandidat, memastikan mana yang resmi menjadi dewan penasehat, baru mempekerjakan mereka.

Gunakan JojoTimes untuk Menyimpan Data HRD

Setelah resmi menjadi dewan penasehat bisnis, maka Anda harus tetap memasukkan nama dan file seperti biodata dari penasehat tersebut ke database kantor. Tujuannya adalah jika nanti membutuhkan bantuan ataupun menggaji penasehat ataupun konsultan, Anda tidak bingung untuk mencari file-nya dimana. Hindari untuk tidak hanya memiliki file dalam bentuk hardfile namun juga softfile. Penyimpanan soft file dengan keamanan yang tinggi lebih disarankan.

JojoTimes

Salah satu manfaatnya adalah datanya tidak akan hilang walaupun ada banjir. Namun, agar lebih aman lagi, maka Anda harus menyimpannya di cloud. Perlu tempat penyimpanan untuk itu. Namun, Anda tenang saja, karena saat ini sudah ada JojoTimes. Aplikasi ini akan membantu pekerjaan Anda sebagai HRD atau bagian personalia.

Tidak hanya dilengkapi dengan fitur seperti mobile check in & check out, fake id detection dan GPS yang akurat. Namun, juga dilengkapi dengan integrasi cloud. Penyimpanan secara virtual tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mengambil data yang tersimpan dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, misalnya harddisk Anda rusak, data akan tetap tersimpan dengan baik.

Fitur JojoTimes yang Lengkap

Dengan JojoTimes, Anda juga akan bisa melakukan hal berikut:

  • Mengontrol kebijakan cuti dan lembur karyawan pekerjaan. Sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan cuti atau ijin tanpa bukti. Jikapun ingin ijin atau cuti, karyawan bisa langsung menggunakan JojoTimes tanpa ribet dengan urusan mengurus dokumen.
  • Melacak jam kerja dari karyawan.
  • Mempermudah untuk melakukan rekapan atau laporan terkait dengan kehadiran bulanan dari karyawan sehingga Anda bisa melakukan hal yang lainnya.
  • Mengecek apakah jobdesk karyawan sudah sesuai dengan yang posisi di perusahaan tersebut atau belum.

Untuk menikmati semua manfaat di atas, maka Anda harus download lebih dahulu Jojotime di sini https://jojonomic.com/produk/jojotimes-absensi-online/. Kemudian Anda install saja di ponsel atau di komputer. Jika ingin menikmati fitur lebih banyak, Anda bisa upgrade kapan saa Anda mau. Dengan biaya yang terjangkau, upgrade akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. jadi masih mau menunggu atau mencoba saat ini juga dan pekerjaan segera selesai?