3 Kategori Penting dalam Pengeluaran Perusahaan!

biaya marketing

Perkembangan sebuah perusahaan sudah pasti menuntut perusahaan akan mengeluarkan banyak biaya dengan beragam kebutuhan yang juga semakin kompleks. Perusahaan dengan intensitas pengembangan yang cukup signifikan akan diikuti pula dengan pengeluaran perusahaan dengan kebutuhan yang signifikan. Kebutuhan tersebut yang menuntut perusahaan untuk mengeluarkan ragam biaya dan pengeluaran perusahaan yang tidak kalah ragam dan kategori.

Pengeluaran perusahaan akan memiliki ragam dan jenisnya, maka dari itu perusahaan perlu mengetahui pengeluaran apa saja yang akan dihadapi perusahaan jika bisnisnya semakin berkembang. Hal ini perlu diketahui secara detail agar pada saat biaya pengeluaran ini terjadi di lini bisnis yang kamu miliki, kamu sudah siap dengan keputusan yang akan diambil.

Sekarang saatnya kita belajar apa yang harus kamu ketahui, Yuk kita simak penjelasannya lebih lanjut!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memahami Pengeluaran Bisnis

Pengeluaran bisnis tidak perlu dianggap biasa atau perlu. Secara umum, biasa berarti bahwa pengeluaran itu umum di industri dan sebagian besar pemilik bisnis di lini bisnis atau perdagangan yang sama berpotensi membiayai hal-hal ini. Diperlukan berarti bahwa bantuan pengeluaran dalam menjalankan bisnis sudah sesuai dan pemilik bisnis mungkin tidak dapat menangani bisnis jika mereka tidak mengeluarkan biaya.

Suatu beban yang memenuhi definisi biasa dan perlu untuk tujuan bisnis dapat dibebani dan, oleh karena itu, dapat dikurangkan dari pajak . Beberapa pengeluaran bisnis dapat dikurangkan sepenuhnya sementara yang lain hanya dapat dikurangkan sebagian. Di bawah ini adalah beberapa contoh biaya yang diperbolehkan dan dapat dikurangkan sepenuhnya:

  • Dana periklanan dan pemasaran
  • Suatu biayapemrosesan kartu kredit
  • Dana pendidikan dan pelatihan bagi karyawan
  • Dana hukum tertentu
  • Sesuatu biaya lisensi dan peraturan
  • Gaji yang dibayarkan kepada  karyawan kontrak
  • Program tunjangan karyawan
  • Penyewaan peralatan
  • Biaya asuransi
  • Bunga dibayarkan
  • Pengeluaran dan perlengkapan kantor
  • Biaya perawatan dan perbaikan
  • Sewa kantor
  • Beban utilitas

Tax-Saving Tips: Tax Reform

Apa itu Pengeluaran?

Pengeluaran ditentukan dengan cara berikut:

  • Perlengkapan kantor menggunakan uang tunai (aset)
  • Beban penyusutan, yaitu biaya untuk mengurangi nilai buku peralatan modal (misalnya, mesin atau bangunan) untuk mencerminkan penggunaannya selama suatu periode.
  • Biaya prabayar, seperti sewa prabayar, adalah aset yang berubah menjadi biaya tunai karena sewa digunakan setiap bulan

Ringkasan semua biaya dimasukkan dalam laporan laba rugi sebagai pengurang pendapatan total. Pendapatan dikurangi biaya sama dengan total laba bersih perusahaan untuk periode tertentu.

Dalam sistem pembukuan double-entry, pengeluaran adalah salah satu dari lima kelompok utama di mana transaksi keuangan dikategorikan. Kategori lain termasuk ekuitas pemilik , aset, kewajiban, dan pendapatan. Beban dalam pembukuan entri ganda dicatat sebagai debit ke akun pengeluaran tertentu. Sebuah entri kredit yang sesuai dibuat yang akan mengurangi aset atau meningkatkan liabilitas.

Pembelian aset seperti tanah atau peralatan tidak dianggap sebagai biaya sederhana, melainkan belanja modal. Aset dibebankan selama masa manfaatnya melalui penyusutan dan amortisasi .

Beban dalam Akuntansi Kas dan Akuntansi Akrual

Beban dicatat dalam pembukuan atas dasar sistem akuntansi yang dipilih oleh bisnis, baik melalui basis akrual atau basis kas. Dengan metode akrual, biaya barang atau jasa dicatat pada saat kewajiban hukum selesai; yaitu saat barang telah diterima atau layanan telah dilakukan.

Dalam akuntansi kas, biaya hanya dicatat pada saat kas sebenarnya telah dibayarkan. Misalnya, biaya utilitas yang terjadi pada bulan April tetapi dibayar pada bulan Mei akan dicatat sebagai biaya pada bulan April dengan metode akrual tetapi dicatat sebagai biaya pada bulan Mei dengan metode kas karena pada saat itulah uang tunai sebenarnya dibayarkan.

Akuntansi akrual didasarkan pada prinsip pencocokan yang memastikan bahwa keuntungan akurat tercermin untuk setiap periode akuntansi. Pendapatan untuk setiap periode disesuaikan dengan biaya yang timbul untuk memperoleh pendapatan tersebut selama periode akuntansi yang sama. Misalnya, biaya komisi penjualan akan dicatat dalam periode penjualan terkait dilaporkan, terlepas dari kapan komisi tersebut benar-benar dibayarkan.

Facebook Business Page Cost | Justin Norton

Pelaporan Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan utama yang digunakan oleh entitas untuk mencatat pengeluaran mereka dan menentukan pajak mereka. Entitas biasanya memiliki tiga kategori biaya yang dipecah menjadi biaya langsung, biaya tidak langsung, dan bunga atas laporan laba rugi.

Biaya langsung

Nilai  persediaan  di awal dan akhir setiap tahun pajak digunakan dalam menentukan harga pokok penjualan (COGS), yang merupakan biaya langsung yang besar bagi banyak perusahaan.

COGS dikurangkan dari total pendapatan entitas untuk menemukan  laba kotor  tahun berjalan. Segala biaya yang termasuk dalam COGS tidak dapat dipotong lagi. Biaya yang termasuk dalam penghitungan HPP dapat mencakup  biaya tenaga kerja langsung, overhead pabrik, penyimpanan, biaya produk, dan biaya bahan baku.

Biaya Tidak Langsung

Adanya biaya tidak langsung dikurangkan dari laba kotor. Hal ini untuk mengidentifikasi laba operasi. Hal tersebut biasanya biaya tidak langsung biasanya mencakup hal-hal seperti kompensasi eksekutif, biaya umum, depresiasi, dan biaya pemasaran. Pengurangan biaya tidak langsung dari laba kotor menghasilkan laba operasi yang juga dikenal sebagai laba sebelum bunga dan pajak.

Depresiasi

Pengeluaran aset bisnis biasanya dilakukan dengan deprecation. Penyusutan adalah beban yang dapat dikurangkan dari pajak pada laporan laba rugi yang diklasifikasikan sebagai beban tidak langsung. Beban penyusutan dapat dikurangi selama beberapa tahun dan termasuk biaya komputer, furnitur, properti, peralatan, truk, dan lainnya.

Hadiah, Jamuan Makan, dan Biaya Hiburan

Ada beberapa biaya yang dibatasi oleh IRS, terutama biaya yang terkait dengan hadiah, jamuan makan, dan hiburan. Umumnya, kamu hanya dapat memotong 50% dari biaya penyediaan makanan untuk karyawan, meskipun makanan tertentu mungkin sudah dipotong sepenuhnya.

Beban bunga

Bagian terakhir dari laporan laba rugi melibatkan pengeluaran untuk bunga dan pajak. Bunga adalah biaya terakhir yang dikurangi perusahaan untuk mendapatkan penghasilan kena pajaknya, kadang-kadang disebut penghasilan kena pajak yang disesuaikan.

5 Ways to Cut Business Costs During COVID-19

Pengeluaran pribadi

Dalam beberapa kasus, pengeluaran yang dikeluarkan oleh pemilik bisnis mungkin bersifat pribadi dan terkait bisnis. Misalnya, pemilik bisnis kecil mungkin menggunakan mobilnya untuk keperluan pribadi dan aktivitas terkait bisnis.

Dalam hal ini, porsi miles yang digunakan untuk tujuan bisnis dapat dikurangi. Dalam kasus kantor rumah, biaya yang terkait dengan bagian rumah yang secara eksklusif digunakan untuk bisnis biasanya dapat dikurangkan.

The Costs of Starting a Business

Beban yang Tidak Dapat Dikurangkan

Beberapa biaya yang dikeluarkan oleh bisnis tidak dapat dilaporkan. Pengeluaran ini termasuk suap,   biaya lobi , denda, denda, dan kontribusi yang diberikan kepada partai politik atau kandidat.

Small Business Website Cost (2021 Update) - Mark Brinker

Bisakah Pengeluaran Bisnis Dimajukan?

Biasanya, biaya keuangan perusahaan harus dilaporkan dalam tahun pajak pembelian dilakukan. Jika biaya yang hilang cukup besar dan mempengaruhi pajak perusahaan, perusahaan kemudian dapat memilih untuk mengajukan pengembalian pajak yang diubah. Ini harus dilakukan dalam waktu 3 tahun.

Selain itu, biaya yang dianggap sebagai biaya yang dikapitalisasi (lihat di atas) akan dialihkan, tetapi jumlah depresiasi akan berubah setiap tahun. Ini adalah standar untuk perusahaan baru dengan banyak biaya awal yang mahal.

Bisakah Saya Mengurangi Pengeluaran Pribadi untuk Bisnis?

Tidak, seseorang tidak dapat memotong pengeluaran pribadi untuk bisnis. Satu-satunya pengecualian adalah jika biaya digunakan untuk alasan pribadi dan bisnis. Dalam hal ini, bagian bisnis dapat dikurangi.

Mari beri contoh. Misalnya John, dia wiraswasta dan menjalankan bisnis konsultasi pajaknya sendiri. Dia menggunakan kendaraannya 50% dari waktu untuk mengunjungi klien di rumah atau di tempat bisnis mereka, dan 50% dari waktu kendaraan tersebut digunakan untuk keluarga atau kesenangan. Aturan mengizinkan John untuk mengurangi bagian bisnis, tetapi untuk mendukung klaim ini pada pajaknya, dia perlu melacak jarak tempuh dan tujuan setiap perjalanan, atau melacak bahan bakar, asuransi, pemeliharaan, dan perbaikan.

Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan salah satu biaya yang terpenting dalam pelaksanaan proyek perusahaan. Perusahaan tidak akan berjalan jika tidak adanya biaya opersional. Apa sebenernya biaya opersional?

Biaya operasional adalah biaya pengeluaran perusaahan yang digunakan untuk menjalankan dan mengelola bisnis perusahaan. ini merupakan salah satu sumber daya utama semua perusahaan. Biaya operasional biasanya disebut juga sebagai biaya dalam mengoperasikan perangkat, mesin atau peralatan.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu indikator perusahaan untuk menetapkan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Pengeluaran untuk biaya operasional yang rendah bisa menjadi salah satu pertanda bahwa perusahaan sudah mencapai efesiensi. Hal ini bisa dilihat jika biaya operasional yang rendah dengan output yang tetap atau bertambah maka perusahaan berhasil melakukan efiesiensi terhadap bisnis perusahaan.

Biaya opersional dibagi dalam tiga kategori yaitu biaya tetap, biaya bunga, dan penyusutan. Ketiga kategori ini diklasifikasikan sebagai fungsi dan hal yang dikeluarkan dalam biaya tersebut. Berikut penjelasan yang lebih detail terkait kategori biaya operasional sebagai berikut :

Biaya Variabel

Biaya variabel merupakan biaya pengeluaran perusahaan yang dapat berubah-ubah setiap waktu. Hal ini biasanya disebabkan oleh naik turunnya biaya produksi. Biasanya biaya yang berubah adalah upah produksi, bahan baku dan biaya pengiriman. Biaya-biaya tersebut yang biasanya tidak bisa ditahan kestabilannya karena mengikuti harga pasar

Biaya Tetap

Biasanya biaya tetap merupakan biaya yang pasti dikeluarkan tiap bulannya. Biaya ini termasuk biaya sewa, gaji karyawan, asuransi, layanan telepon, internet dan pemeliharaan gedung.

Biaya tetap tidak bergantung banyak atau sedikitnya output atau input yang anda keluarkan, melainkan biaya dengan tingkat kewajiban yang utama. Kamu akan selalu mengeluarkan biaya ini dan tidak tergantung dengan harga pasar diluar.


  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Biaya Bunga

Sebagian menganggap bahwa biaya bunga merupakan biaya tetap karena jumlah yang dikeluarkan akan tetap tiap tahunnya. Biaya bunga harus kamu bedakan karena biaya bunga merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar bunga pinjaman uang sebagai bagian dari pengembangan bisnis.

Penyusutan

Merupakan nilai yang hilang tiap bulannya karena digunakan. Salah satu barang yang mengalami penyusutan adalah bangunan, peralatan, kendaraan, dan peralatan kantor. Penyusutan ini masuk dalam biaya operasional yantg sedang berlangsung, penyusutan wajib dimasukkan dalam pembukuan untuk mengetahui biaya operasional yang dikeluarkan.

Biaya Produksi

Barang atau produk yang dihasilkan sebuah perusahaan atau lini bisnis merupakan hasil dari produksi yang perusahaan lakukan. Produksi ini yang merupakan cara pertama yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan output yang nantinya akan menghasilkan profit yang diinginkan.

Pentingnya produksi dalam sebuah bisnis maka biaya produksi yang ada harus diperhatikan dengan baik. Biaya produksi merupakan total pengeluaran biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam proses produksi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu barang atau produk yang siap dipasarkan.

Terdapat tiga unsur dalam biaya produksi. Ketiga unsur tersebut dibedakan berdasarkan fungsi dan kegunaannya dalam biaya produksi. Tiga unsur tersebut sebagai berikut :

Biaya Bahan Baku Langsung (Direct Material)

Pada kategori ini biaya yang dikeluarkan merupakan biaya untuk bahan yang secara langsung digunakan dalam proses produksi untuk memproduksi barang yang akan dijual atau pasarkan oleh perusahaan. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi merupakan semua bahan yang jika diidentifikasi sebagai bahan fisik sebagai

Biaya Tenaga Kerja Langsung (Direct Labour)

Biaya ini merupakan biaya bagi tenaga kerja langsung ditempatkan dan diberdayakan oleh perusahaan dalam proses dan kegiatan produksi secara langsung. Tenaga kerja tersebut merubah bahan baku langsung menjadi suatu barag jadi yang sesuai dengan keingin perusahaan, lalu barang tersebut dipasarkan oleh perusahaan.

Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead)

Overhead Factory  merupakan salah satu biaya pengeluaran perusahaan dalam biaya produksi yang fungsinya sebagai biaya biaya manufaktur yang tidak ditelusuri secara langsung ke output tertentu. Beberapa elemen biaya overhead pabrik diantaranya :

  • bahan baku tidak langsung
  • tenaga kerja tidak langsung
  • depresiasi dan amortisasi aktiva tetap
  • reparasi dan pemeliharaan mesin
  • listrik dan air pabrik
  • asuransi pabrik
  • overhead lain-lain

Biaya Pemasaran

Pada praktiknya biaya pemasaran merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan untuk memastikan setiap produk terbeli dan tersampaikan dengan baik ke tangan konsumen. Pemasaran memegang peran penting dalam pengembangan dan pertumbuhan  perusahaan.

Bagi perusahaan yang ingin terus berkembang, biaya pemasaran bisa jadi menjadi prioritas perusahaan dalam rencana jangka panjang perusahaan. Pemasaran mendorong terjadinya riset dan inovasi, pengembangan dan penyebaran ide-ide, barang dan jasa baru.

Untuk lebih detailnya terkait biaya pemasaran, biaya ini di golongkan menjadi dua yaitu biaya untuk mendapatkan pesanan dan biaya untuk memenuhi pesanan. Berikut penjelasannya terkait dua golongan biaya tersebut :

Biaya untuk mendapatkan pesanan (order-getting cost)

Perusahaan mengeluarkan biaya ini untuk memperoleh pesanan. Biaya ini di keluakan sebagai sebagian upaya perusahaan untuk mengenalkan produk yang di pasarkan. Tidak hanya sebagai usaha untuk mengenalkan saja, dalam biaya ini perusahaan mengeluarkan biaya juga untuk mempertahankan eksistensi produk yang selama ini dipasarkan.

Hal ini dilakukan agar produk yang dipasarkan di konsumen akan terus diingat dan sebagai salah satu produk yang di cari konsumen. Salah satu yang merupakan salah satu output dari biaya ini adalah untuk menggaji spg atau spb (sales person), komisi penjualan, iklan dan promosi

Biaya untuk memenuhi pesanan (order-filling cost)

Yaitu biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan akan produk yang akan dipasarkan. Biaya ini dikeluarkan sebagai upaya perusahaan untuk mendistribusikan produk atau barang kepada konsumen. Salah satu contoh dari biaya ini adalah biaya gudang, biaya finishing, biaya pengirimin dan biaya angkut.

Untuk menjawab keresahan mu terkait biaya pengeluaran yang cukup rumit, kini di Indonesia ada perusahaan yang khusus menangani terkait biaya pengeluaran anda. Jojonomic akan menjawab segala solusi yang selama ini anda cari! Jojonomic asalah perusahaan startup finance yang bergerak di bidang HR ini bisa menjadi salah satu solusi bagi perusahaan anda. JojoExpense salah satu aplikasi dari Jojonomic ini yang akan membantu anda menyelesaikan permasalahan keuangan di perusahaan anda. JojoExpense akan meningkatkan efisiensi manajemen keuangan anda hingga 76%.