Pengertian Akuntansi Menurut Telaah Para Ahli

Berbagai definisi telah turut berkembang sejak pertama kali kata akutansi mulai diperkenalkan. Berbagai teori telah mengisi banyak ruang yang berhubungan dengan pengertian akuntansi. Tidak jarang setiap arti yang dikemukakan para ahli berbeda, tergantung dari sudut pandang dan cara pikir tiap ahli yang mengemukakan teori tersebut. Ilmu akuntansi telah lama di kenal oleh masyarakat Indonesia. Berbagai ilmu menggunakan teknik akuntansi untuk mendapatkan sebuah definisi baru yang sesuai dengan ilmu yang sedang dipelajari. Sekolah-sekolah khusus di Indonesia ataupun sekolah kejuruan yang banyak tersebar di seluruh Indonesia banyak yang menggunakan ilmu ini sebagai salah satu mata pelajaran mereka. Ilmu akuntansi bagi sebagian orang adalah ilmu yang berkaitan dengan sistem hitung menghitung antara banyak hal di sekitar kita. Akan tetapi akuntansi ternyata tidak sesederhana itu. Berbagai teori telah berkembang bersamaan dengan makin banyaknya orang yang ingin mempelajari hal tersebut. Karena hal ini lah banyak orang yang mulai mempelajari ilmu akuntansi untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam melakukan kegiatan.

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Berbagai definisi dan pengertian akuntansi banyak merebak ke berbagai kalangan. Setiap definisi akan mewakili hal-hal yang berbeda. Perbedaan ini karena setiap ahli yang mengemukakan hal tersebut mendalami bidang ilmu yang berbeda-beda. Perbedaan ini lah yang membuat beberapa definisi dari akuntansi akan sedikit lebih menyimpang dari banyaknya spekulasi masyarakat yang menganggap akuntansi hanya tentang angka dan angka.

Secara umum akuntansi memiliki pengertian sebagai Sebuah proses pencatatan, pengelompokan, meringkas dan menyajikan data yang berhubungan dengan nilai sebuah uang sehingga saat akan menentukan sebuah keputusan, hal ini bisa menjadi salah satu acuan atau referensi untuk mendapatkan keputusan yang tepat. Akuntansi sendiri berasal dari kata serapan accounting yang berarti menghitung. Sejalan dengan artinya yang menghitung, ilmu akuntansi memang identik dengan proses hitung menghitung yang rumit. Akan tetapi tidak semua definisi memiliki arti yang sejalan. Beberapa definisi cukup berbeda sehingga akan sangat tepat jika memahami berbagai definisi tentang arti akuntansi itu sendiri.

Berikut beberapa definisi akuntansi menurut beberapa ahli:

  1. Soemarsono S. R (2004)

Menurut Soemarsono, akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

  1. FASB (Financial accountingstandartboard)

Menurut FASB, akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

  1. HorngrenHorisson (2007)

Menurut Horngrenhorisson,  akuntansi adalah sebagai sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya pada para pengambil keputusan.

  1. AICPA (American institutecertifiedpublicaccountants)

Menurut AICPA, akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan dan pengihtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian umum lainnya yang bersifat keuangan untuk menafsirkan hasilnya.

  1. KBBI (kamus besar bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, akuntansi adalah teori dan praktek perakunan, termasuk tanggung jawab dan prinsip, standar, kelaziman dan semua kegiatannya yang berhubungan dengan akuntan.

Berbagai definisi ini telah membuktikan bahwa pengertian akuntansi tak hanya melulu tentang uang. Berbagai definisi dan telaah para ahli ini membuktikan bahwa akuntansi memiliki cakupan yang lebih luas. Cakupan ini dapat meliputi tanggung jawab, berbagai praktek penghitungan dan juga cara untuk mengelompokkan data. Karena hal ini lah cukup penting untuk mempelajari akuntansi agar tidak salah dalam mendefinisikan hal ini pada beberapa hal berbeda. Akuntansi untuk dunia bisnis akan berbeda telaah ketika bertemu dengan akuntansi untuk dunia persekolahan. Karena ini lah banyak jenis akuntansi yang bisa dipelajari untuk mendapatkan pengetahuan yang maksimal.

Jenis-Jenis Ilmu Akuntansi

Berbagai jenis akuntansi akan menjadi pembeda berbagai macam ilmu yang bisa diterapkan dalam dunia bisnis ataupun keuangan. Jenis-jenis akuntansi ini bisa secara mudah dipahami dengan definisi-definisi tertentu. Berikut macam-macam akuntansi berdasarkan jenisnya:

  1. Financial accounting

Akuntansi jenis ini adalah akuntansi yang bergerak pada bidang pencatatan keuangan atau transaksi-transaksi dari sebuah perusahaan. Financial accounting ini juga digunakan untuk mencatat laporan-laporan keuangan agar mendapatkan informasi yang berguna untuk orang-orang yang berkepentingan dalam perusahaan tersebut.

  1. Auditing

Akuntansi jenis ini adalah akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah keuangan. Pemeriksaan ini meliputi berbagai jenis dokumen keuangan yang akan diteliti oleh tim audit dan ditelaah kejujuran dan kebenaran dan data di dokumen tersebut.

  1. Managementaccounting

Ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menentukan sebuah hal di masa depan dan memberikan taksiran-taksiran untuk banyak hal agar dapat menjadi salah satu bagian penting melakukan perubahan di masa akan datang. Managementaccounting berhubungan erat dengan prediksi harga atau prediksi untuk pasaran di masa depan.

  1. Taxaccounting

Taxaccounting ini adalah hal yang berhubungan dengan perpajakan. Ketika para accountan lain mempelajari tentang masalah keuangan perusahaan, maka seorang taxaccounting akan menghitung pajak yang harus dibayar oleh perusahaan tersebut. Selain itu kerja seorang taxaccounting adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu hingga tidak merugikan perusahaan tersebut.

  1. Budgetaryaccounting

Bagi sebuah perusahaan memiliki seorang budgetaryaccounting sangat lah penting. Perusahaan yang ingin berkembang dengan meminimalisir modal harus memiliki seorang budgetary. Staf ini yang akan merencakan masalah keuangan dimasa yang akan datang dan merencanakan anggaran untuk suatu kepentingan tertentu. Dengan menggunakan budgetaryaccounting maka setiap pengeluaran akan lebih terkontrol.

Dari banyaknya jenis ilmu akuntansi tersebut, semuanya memiliki tujuan yang hampir sama. Setiap tujuan diberlakukannya ilmu akuntansi adalah untuk memberikan laporan yang akurat berkaitan dengan masalah-masalah keuangan sebuah perusahaan. Akuntasi berguna untuk memberikan laporan secara mendetail tentang pengeluaran dan juga pemasukan perusahaan agar dapat diteliti secara pasti keuntungan dan kerugian yang di dapatkan. Selain itu penggunaan ilmu akuntansi juga bisa digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi yang pasti jika terdapat karyawan yang melakukan kecurangan. Selain itu pengertian akuntansi juga berfungsi untuk mendapatkan data-data terbaik untuk menyusun berbagai jenis laporan yang akan digunakan untuk membuat rencana masa depan dari sebuah perusahaan. Ilmu yang dipelajari dari berbagai kajian akuntansi dan telah di dukung oleh berbagai definisi dari para ahli membuat ilmu ini menjadi salah satu ilmu yang sangat harus dipahami. Dengan menggunakan ilmu akuntansi ini akan membuat banyak kemudahan di kehidupan sehari-hari penggunanya. Terlepas dari banyaknya fakta tersebut, akuntansi masih menjadi salah satu hal penting dan paling dicari oleh banyak kalangan untuk digu akan di perusahaan mereka. Ilmu akuntansi tak hanya sekedar tentang keuangan saja tetapi juga tentang jasa yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan laporan-laporan terbaik dan terakurat serta untuk mengetahui tingkat kejujuran dalam suatu laporan yang diberikan pada perusahaan.