IP Address, Kode Pos yang Menghubungkan Internet

Setiap perangkat yang dapat tersambung dengan internet memiliki sebuah identitas khusus. identitas digunakan sebagai alamat agar perangkat yang tersambung dapat menemukan tujuannya. Alamat ini dikenal dengan nama IP address. Alamat IP ini ternyata bukan hanya berguna sebagai penunjuk arah, tetapi masih banyak hal lain yang dapat dilakukan.yuk kita lihat bisa buat apa aja sih IP address ini!

IP Address itu apa sih?

Ketika kamu mencari sesuatu di internet, kamu akan diarahkan pada sebuah situs tertentu. Agar mesin pencari bisa menemukan situs tersebut sebuah mesin pencari selain membutuhkan alamat web juga membutuhkan IP address.

IP address adalah sebuah kumpulan nomor yang menjadi alamat sebuah perangkat yang terhubung dengan internet. IP address sendiri adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang digunakan sebagai nomor identifikasi sebuah perangkat yang tersambung dengan Internet. Nomor ini berfungsi untuk memudahkan perangkat untuk bertukar data, selain itu deretan angka ini juga berfungsi sebagai sebuah pengenal perangkat yang terhubung dengan sebuah jaringan, misalnya wi-fi.

Versi IP Address

IP Address Dinamis

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, semakin banyak situs web dan perangkat yang terhubung denga internet. Karena IP address adalah sebuah deret angka maka ada keterbatasan antara banyaknya IP address dan perangkat atau situs web yang bermunculan setiap hari. Hal ini menyebabkan IP address memiliki 2 buah versi untuk menanggulangi keterbatasan itu, IPv4 dan IPv6.

IPv4

Ini adalah versi IP yang dipakai semenjak internet mulai dimanfaatkan secara komersil dahulu. Versi ini adalah versi yang paling banyak digunakan saat ini.

Sebuah IPv4 memiliki panjang 32 bit yang terdiri dari 4 kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik. Kumpulan angka tersebut adalah representasi desimal dari delapan digit angka biner. Dalam satu baris IPv4 terdiri dari 8 angka biner yang bernilai maksimal 255. Hal ini membuat rentang angka IPv4 dimulai dari 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255. Dengan kombinasi yang ada dalam rentang tersebut IPv4 dapat menyediakan sekiatar 4,3 milyar kombinasi IPv4.

IPv6

Ini adalah versi IP address yang lebih baru dan belum digunakan secara luas. IPv6 diciptakan karena kapasitas IPv4 yang semakin menipis. IPv6 memiliki panjang 128 bit dan terdiri dari 8 kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh  titik dua ( : ). Kumpulan tersebut merupakan reprensentasi desimal dari 16 angka biner.

IPv6 memiliki kombinasi yang sangat banyak karena di dalamnya terdapat kombinasi angka dan huruf, tidak seperti IPv4 yang hanya menggunakan angka. Hal ini memungkinkan IPv6 untuk memiliki kombinasi kurang lebih sebanyak 340 undesiliun (setelah angka 340, ada 36 angka 0 yang mengikuti). Tentunya dengan kombinasi sebanyak itu kita tidak akan kekurangan alamat IP untuk waktu yang cukup lama.

Kategori IP Address

Berdasarkan kepemilikannya IP address dapat dikategorikan menjadi dua yaitu, publik dan privat.

Publik

Sesuai dengan namanya IP address publik dapat diakses semua orang melalui jaringan internet. Oleh karena itu umumnya IP address publik dimiliki oleh segala perangkat atau website yang diperuntukkan untuk khalayak umum, misalnya server website, server email, dan router wi-fi.

Private

Ip address berjenis private digunakan untuk komunikasi pada jaringan lokal contoh perangkat yang memiliki alamat IP private adalah laptop, pc, ataupun smartphone.

IP address publik maupun private memiliki rentang angka tersendiri dan diatur oleh sebuah badan bernama Internet Assigned Number Authority (IANA). Jika ada organisasi (misalnya penyedia layanan internet) yang ingin mendapatkan jatah IP publik, maka ia harus meminta izin terlebih dahulu kepada badan otoritatif tersebut.

Jenis

Penyedia layanan internet terkadang dapat menawarkan dua jenis IP address, yaitu IP dinamis dan statis.

Dinamis

IP address dinamis adalah jenis yang biasanya dipakai oleh publik secara umum. Alamat IP ini diberikan oleh penyedia layanan internet secara cuma-cuma tetapi tidak bersifat pribadi.

Tidak pribadi karena alamat IP ini digunakan secara bergiliran. Penyedia layanan internet yang bertanggung jawab atas rotasi alamat IP dinamis. IP address dinamis dapat berubah setiap sekali seminggu, sebulan, atau setahun. Namun merestart perangkat atau router internet juga dapat menyebabkan pergantian IP dinamis ini.

Statis

Berlawanan dengan jenis sebelumnya IP address statis telah dipesan oleh pihak yang akan menggunakannya.

Pengguna akan melakukan reservasi terhadap satu atau lebih alamat IP, biasanya digunakan sebagai web hosting, virtual private network, atau server file transfer protocol. Layanan ini membutuhkan IP address yang tidak berubah untuk menunjang performanya. Jika anda berniat menggunakan IP statis biasanya anda akan dikenakan biaya tambahan oleh penyedia layanan internet untuk mendapatkan IP statis.

Shared dan Dedicated IP

Jika kamu ingin membuat sebuah website, biasanya web hosting akan menawarkan dua pilihan, menggunakan shared IP atau dedicated IP.

Shared IP digunakan oleh beberapa website yang menggunakan sebuah web hosting yang sama. Pengguna berbagi seluruh sumber daya dari server tersebut termasuk IP addressnya, tidak hanya itu jika kamu memiliki beberapa domain maka kamu juga dapat menggunakan shared IP ini. Jika diibaratkan shared IP adalah sebuah kode pos yang menaungi suatu daerah untuk banyak pengguna.

Jika shared IP dipakai secara bersama-sama oleh beberapa pengguna dalam satu server, maka dedicated IP hanya digunakan oleh 1 domain pada 1 server. Biasanya jenis IP ini ditawarkan oleh penyedia dedicated hosting dan cloud vps hosting. Biaya dedicated IP biasanya lebih mahal daripada shared IP.

IP Adress untuk Berbisnis

Jika kamu ingin membuat sebuah website, terutama website yang memiliki traffic pengguna yang banyak atau website ecommerce. Ada baiknya kamu membayar sebuah dedicated IP. Jika anda memang mau membuat sebuah website ecommerce yang mengharuskan pengguna untuk memberikan datanya, maka anda perlu menyewa sebuah dedicated IP untuk memperoleh SSL certificate. Tanpa menggunakan SSL certificate, website kamu akan rentan terkena serangan hacker karena tidak memiliki fungsi enkripsi yang baik. Hal ini tentunya sangat berisiko untuk keamanan data pelanggan kamu, apalagi jika website kamu juga menyimpan nomor kartu kredit pelanggan.

Selain itu dedicated IP juga memiliki keuntungan lain yang biasanya tidak dimiliki oleh shared IP. Dengan dedicated IP maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka situsmu akan lebih cepat daripada menggunakan shared IP, hal ini terjadi karena pencarian hanya akan menemukan 1 buah domain dalam IP tersebut dan tidak perlu mencari beberapa domain yang biasanya terdapat dalam sebuah shared IP. Hal ini akan mempermudah orang yang ingin mengakses situsmu walaupun traffic yang ada sangat tinggi.

Jika kamu ingin membeli sebuah IP, harga yang ditawarkan sangat bervariasi tergantung kebijakan penyedia. Tetapi biasanya harga IPv4 lebih mahal dibandingkan dengan IPv6, hal ini seperti yang sudah di bahas di atas, berkaitan dengan jumlah IPv4 yang semakin hari semakin sedikit.

Biasanya layanan penyedia IP atau web hosting adalah sebuah pengeluaran yang ditagihkan tiap bulan. Tetapi pada saat kamu ingin membeli sebuah IP address maka hal tersebut adalah pengeluaran perusahaan. Untuk memudahkan kamu jika anggaran ini adalah anggaran mendadak, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk meminta reimbursement sebagai pembayaran jika kamu menggunakan uang kamu terlebih dahulu untuk membayarnya. Biasanya reimbursement adalahs ebuah proses yang rumit dan lama, tetapi jika kamu memakai sebuah aplikasi yang memang dirancang sebagai solusi dari hal tersebut pasti prosesnya akan lebih mudah kan? Untungnya Jojonomic mempunyai solusi atas hal ini.

Lebih Mudah Mengatur dan Mengawasi Keuangan Dengan JojoExpense

Reimbursement

JojoExpense adalah sebuah solusi manajemen keuangan untuk membantu mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan. Anda tidak perlu membuang waktu utnuk melakukan penghitunagn terkait dengan cash advance, reimbursment, dan disbursement. Semua tersedia dalam perangkat JojoExpense.

Dengan JojoExpense anda dapat mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui ponsel. menyetujui atau menolak reimbursement, disbursement, dan cash advance kapanpun dimanapun. Selain itu anda juga dapat memantau budgeting karyawan.

Sistem dalam JojoExpense memiliki anti-fraud system yang sudah teruji, sehingga dapat mengurangi tindak penipuan dalam menjalankan tugasnya.

Untuk invoice berjumlah kecil yang berkaitan dengan cash advance, reimbursement, dan disbursement anda tidak perlu repot mengumpulkan bukti pembayaran yang terkadang dapat tercecer. JojoExpense hanya membutuhkan foto dari bukti pembayaran tersebut dan anda dapat langsung mengajukan cash advance, reimbursement, atau disbursement.

Tidak perlu lagi repot-repot memindai berkas kecil dan pengawasan yang ketat, cukup terhubung dengan internet maka anda dapat melakukan pengawasan pada keuangan perusahaan anda.

Tunggu apa lagi? Download solusi keuangan JojoExpense versi demo di Jojonomic untuk mencoba. Tingkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan anda dengan JojoExpense.

Solusi kami telah membantu lebih dari 300+ perusahana rekanan kami seperti: PT. Pertamina (Persero), PT. ISS Indonesia, dan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.