Pentingnya Dilakukan Penilaian Kinerja Karyawan

penilaian kinerja karyawan

Penilaian kinerja merupkan sebuah evaluasi yang dilakukan untuk menilai kinerja karyawan dan juga untuk memahami kemampuan para karyawan.Hal ini dilakukan untuk bisa mengembangkan karir lebih lanjut bagi para karyawan yang bersangkutan.Kata lainnya adalah penilaian kerja ini dilakukan untuk menilai dan juga digunakan untuk mengevaluasi kemampuan, keterampilan, menilai pencapaian, dan juga menilai kembali pertumbuhan pada setiap karyawan.

Biasanya yang menggunakan sistem penilaian kinerja ini dilakukan oleh pihak – pihak perusahaan. Dengan danya penilaian kinerja ini juga bisa dilakukan untuk membuat struktur gaji untuk para karyawanny, meningkatkan nilai gaji, membuat sebuah promosi, pemberian bonus bagi karyawan yang menunjukan kinerja yang baik, dan bahkan bisa juga digunakan untuk penurunan jabatan.

Jika penilaian kinerja ini dilakukan dengan baik maka bisa digunakan untuk meningkatkan loyalitas dan motivasi bagi para karyawan. Penilaian kinerja karyawanan ini tentu akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik untuk pihak perusahan maupun pihak pekerja.

Tujuan Dilakukan Penilaian Kerja

penilaian kinerja karyawan

Kenapa penilaian kinerja ini perlu dilakukan? Sebagai pihak perusahaan adanya penilaian kerja ini memang sangat menguntungkan sehingga bisa memperkirakan kelanjutan mengenai bisnis yang dilakukan maupun kelanjutkan karyawan yang bergabung dengan perusahaan tersebut. Inilah beberapa tujuan adanya penilaian kinerja :

  1. Penilaian kinerja digunakan sebagai salah satu pedoman untuk mentukan kompensasi, kenaikan gaji, promosi, dan bahkan bisa digunakan untuk menentukan sturktur gaji.
  2. Bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi kekuatan dan juga kelemahan setiap karyawan untuk menentukan posisi pekerjaan yang paling tepat.
  3. Penilaian kinerja ini juga bisa digunakan untuk mengukur kemampuan potensial yang sebenarnya dimiliki oleh para karyawanannya.
  4. Bisa dijadikan sebagai feedback ataupun umpan balik kepada para karyawanannya mengenai kinerja yang telah dilakukan.
  5. Bisa dijadikan sebagai kebiasaan para karyawanan.
  6. Adanya penilaian kinerja ini juga bisa dilakukan untuk memberikan progam – progam pelatian kepada karyawan.

Itulah beberapa tujuan yang ingin dicapai perusahaan dari adanya penilaian kinerja karyawanan.Bagi beberapa perusahaan yang ingin mulai menerapkan sistem penilaian kinerja ini, sekarang bisa memperhatikan tahapan – tahapannya.Tentu membuat penilaian kinerja ini tidak bisa sembarangan.

Berbagai Tahapan Penilaian Kinerja

Biasanya ketika ingin melakukan sistem penilaian kinerja ini, ada 6 tahap yang harus dilakukan. Inilah 6 tahapan penilaian kinerja yang bisa dilakukan

  1. Menetapkan standar kinerja

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan menetapkan standar kinerja. Menentukan standar kinerja juga harus dijelaskan sejelas – jelasnya dan dinilai secara objektif.Hal ini dilakukan agar standar kinerja bisa dipahami dengan mudah dan bisa diukur dengan tepat. Bahkan standar kinerja tidak bisa diungkapkan hanya dengan samar – samar, karena jika disampaikan secara samar – samar maka bisa membuat standar kinerja tersebut tidak jelas.

  1. Mengkomunikasikan standar kinerja tersebut kepada karyawan

Ketika standar kinerja telah ditetapkan maka langkah selanjutnya adalah menginformasikan standar kinerja tersebut kepada seluruh karyawan. Karyawan harus mengetahui apa yang sebenarnya diharapkan oleh perusahaan dari para karyawan. Tentu jika standar kinerja tersebut tidak disampaikan maka perusahaan dan karyawan tidak akan mendapatkan titik temu yang sama – sama menguntungkan pada dasarnya.

  1. Mengukur kinerja karyawan

Setalah semua pihak saling mengetahui mengenai standar kinerja maka langkah selanjutnya adalah dengan mulai mengukur kinerja karyawan.Penilaian kinerja karyawanan bisa dilakukan dengan memperhatikan berbagai informasi yang telah disediakan dari berbagai sumber. Sumber yang bisa digunakan adalah sumber dari pengamatan, dari laporan stastistik, laporan lisan, dan juga laporan secara tulisan.Penialian dari kinerja ini harus dilakukan secara objektif, bisa melalui fakta dan sebuah temuan.Terpenting adalah tidak boleh memasukan perasaan untuk mengukur sebuah kinerja.

penilaian kinerja karyawan

  1. Bandingkan kinerja secara nyata dengan standar

Penilaian bisa dilakukan dengan melihat kinerja secara nyata lalu bisa dibandingkan dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.Apakah sesuai atau tidak untuk menentukan kelanjutan dari hal tersebut.Menilai kinerja yang dimiliki setiap karyawan juga harus dilakukan secara objektif, tidak bisa memasukan unsure perasaan dalam menilai kinerja nyata dengan standar kinerja yang sudah ditetapkan.

  1. Mendiskusikan hasil penilaian

Ketika sudah menilai setiap kinerja yang dilakukan oleh karyawan maka langkah selanjutnya adalah dengan cara mendiskusikan hasil dari penilaian tersebut. Diskusi tersebut bisa dilakukan secara langsung dengan pihak karyawan yang terlibat.Pada saat berdiskusi tentu harus didasarkan secara objektif dan tidak boleh mambawa perasaan kedalam diskusi.

  1. Mengambil tindakan korektif

Langkah ini menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan ketika melakukan penilaian kinerja karyawanan.Tindakan ini bisa dilakukan ketika memang dibutuhkan saja.Jika terjadi sebuah penyimpangan maka dilangkah inilah harus dikomunikasikan sehingga bisa menyimpulkan tindak lanjutnya.

Keenam dari tahapan tersebut harus dilakukan oleh para pihak yang ingin melakukan penilaian kinerja.Setiap tahapan tersebut perlu anda lakukan secara objektif dan jangan pernah untuk memasukan perasaan kedalam sistem penilaian tersebut.Pada dasarnya keberadaan dari penilaian kinerja ini memang sangat menguntungkan bagi semua pihak, sehingga hampir semua perusahaan melakukan sistem penilaian ini.

Manfaat Dilakukannya Penilaian Kinerja

Setiap perusahaan yang melakukan penilaian ini maka bisa merasakan banyaknya manfaat dari hal tersebut.Bagi orang yang berkecimpung di dalam sebuah manajemen sumber daya manusia tentu saja keberadaan dari penilaian ini sangat penting. Sebenarnya semua pihak yang terlibat dari penilaian ini akan merasakan manfaatnya.

penilaian kinerja karyawan

Bagi pihak perusahaan yang mengadakan sistem penilaian kinerja karyawanan maka pihaknya bisa melakukan evaluasi kepada setiap kinerja karyawannya.Kinerja karyawan yang dinilai ini mampu membuat pihak perusahaan untung karena bisa menilai setiap kinerja yang dilakukan oleh para karyawannya.Selain itu ketika ada karyawan yang tidak sesuai dengan standar kinerja maka bisa segera ditindaklanjuti.

Selain itu jika para karyawan sudah menunjukan kinerja yang sesuai dengan standar kinerja maka bisa meningkatkan pendapatan dari perusahaan tersebut.Penilaian tersebut juga bisa digunakan pihak perusahaan untuk menentukan posisi kerja dari setiap karyawanannya dan menilai kemampuan potensi yang dimiliki.Bahkan struktur gaji juga bisa ditentukan dengan adanya sistem penilaian kinerja ini.

Sedangkan untuk pihak karyawan sendiri adanya penilaian kinerja ini bisa bermanfat untuk memotivasi para karyawan.Selain itu dengan adanya penilaian tersebut para karyawanan juga mendapatkan umpan balik yang sesuai dengan kinerja yang dilakukannya.Selain itu para karyawan bisa mendapatkan kompensasi, bonus, maupun promosi yang baik dari pihak perusahaan mengenai kinerja yang diberikan sudah sesuai dengan standar penilaian.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh kedua pihak.Keberadaan penilaian kinerja ini dianggap sangat penting keberadaannya bagi beberapa pihak perusahaan.Kini anda juga bisa melakukan sistem penilaian tersebut pada perusahan anda, perhatikan dan jalankan setiap tahapan untuk menjalankan penilaian kinerja dengann tepat.