Korban Penipuan Wawancara Kerja? Beralihlah Menjadi Pebisnis

Mendapatkan pekerjaan di Indonesia memang bukan persoalan yang mudah banyak hambatanya, seperti penipuan wawancara kerja.  terdengar sangat klasik dan tidak asing mungkin telinga kalian, metode penipaun dengan berkedok wawancara telah berjalan lama dan memakan korban yang sangat banyak. Pelakunya bisa berupa jaringan multi level marketing atau murni penipu.

Kondisi Indonesia yang mayoritas masyarakatnya masih belum melek informasi dan cenderung mengambil jalan pintas membuat penipuan ini mudah memakan korban serta akan terjadi terus-menerus. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena niat.

Tapi juga karena ada kesempatan, sifat masyarakat yang mudah terpengaruh oleh penipuan wawancara kerja juga membuat sindikat ini mudah melancarkan aksinya. Kerugian yang diderita mungkin hanya materi saja. Tapi dampak yang diberikan kedepannya akan sangat merugikan generasi selanjutnya.

Perlu peran serta aparat serta lingkungan agar praktek penipuan seperti ini tidak semakin meluas. Masalahnya adalah hampir diseluruh daerah praktek kriminal seperti ini sudah sering terjadi, korbannya tentu saja para fresh graduate yang seharusnya mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kenali Praktek Penipuan  Wawancara Kerja

Sebagai antisipasi agar tidak terjerat modus penipuan seperti ini anda harus selalu waspada setiap menjalani wawancara. Selalu terima wawancara hanya dari perusahaan yang sudah benar-benar memiliki nama, atau setidaknya mencari asal usul perusahaan yang mengundang wawancara anda.

Mempelajari latar belakang perusahaan juga bisa menjadi tindakan yang cermat untuk menghindari penipuan. Biasanya nama perusahaan yang dipakai untuk menipu tidak memiliki produk yang jelas dari manfaat maupun brand.

Ada juga yang memakai nama perusahaan terkenal tapi lokasi dari kantornya yang tidak cocok, selalu lakukan tinjau ulang ketika menerima wawancara kerja. Sadari kejanggalan apabila HRD meminta sejumlah uang saat menjalani wawancara.

Tentu saja ini adalah modus paling sering saat penipuan wawancara kerja, dengan berbagai alasan mereka akan meminta sejumlah uang untuk kelancaran rekrut anda diperusahaannya. Biasanya perusahaan tidak akan meminta sejumlah uang kecuali untuk pembuatan kartu debit.

Itupun anda akan datang langsung ke bank yang akan dipilih dengan membawa surat pengantar dari perusahaan, apabila perusahaan sudah meminta sejumlah uang yang sangat besar, sudah dapat dipastikan bahwa perusahaan itu adalah penipuan.

Jangan Mudah Tergoda

Terlalu tergesa-gesa dan tergoda saat wawancara sering kali membuat orang mudah diperdaya, akibatnya mereka bisa kehilangan uang jutaan rupiah serta akhirnya tidak berkerja. Selalu pertahankan rasionalitas saat wawancara, perhatikan dengan cermat setiap perkataan yang keluar dari HRD apakah masuk akal atau tidak.

Biasanya iming-iming gaji besar dan fasilitas yang tidak masuk akal akan menjadi senjata utama penipuan wawancara kerja yang harus anda sadari adalah upah minimal daerah. Sadari batas dari jenjang pendidikan anda serta gaji normal gaji yang biasa diterima.

Cara berbicara HR penipu juga biasanya terkesan cepat karena mereka berfokus kepada banyak orang daripada kualitasnya. Lokasi dari gedung yang dipakai untuk wawancara juga biasanya berupa tempat sewaan jauh dari pemukiman.

Jadi apabila anda menerima undangan wawancara kerja tempatnya di antah berantah maka sudah sewajarnya untuk berpikir ulang menghadirinya. Masalah utama yang sering kali tidak dipahami oleh banyak pencari kerja adalah peluang lain dalam mendapatkan uang.

Daripada terjebak kedalam penipuan wawancara kerja kenapa anda tidak membuka sebuah bisnis saja?. Anda bisa menjadi bos dan mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan uang, tentu dengan tidak ada tekanan pekerjaan yang besar.

Peluang membuka sebuah bisnis dizaman ini akan sangat lebar, membuka antar jemput secara online saja bisa membuahkan hasil yang besar seperti ojek online atau taxi online. Banyak peluang yang belum terpikirkan untuk meraih rupiah dimasa kini.

Ubah Mindset Agar Tidak Terjebak

Anda harus mengubah mindset agar tidak terjebak penipuan wawancara kerja, karena dengan pemikiran ingin selalu mendapatkan sesuatu dengan mudah akan membuat anda termakan bujuk rayu dari penipu. Tentu saja inti dari wawancara adalah mendapatkan pekerjaan anda yang tidak memiliki uang ingin mendapatkannya melalui berkerja bukan sebaliknya.

Lalu ada motif lain seperti uang jaminan agar bisa diterima di perusahaan, walaupun nanti anda akan diterima di perusahaan tersebut keadaan mental tidak akan lagi sehat. Anda akan cenderung memikirkan bagaimana cara menutup uang yang telah dikeluarkan.

Akhrinya anda cenderung berbuat berbagai cara seperti mencuri bahkan curang. Daripada terjebak lingkaran setan seperti itu kenapa tidak memulai home industri atau bisnis sendiri. Anda akan lebih nyaman saat menjalaninya dan tentu saja akan jauh dari penipuan wawancara kerja.

Ilmu yang dibutuhkan akan bisa anda dapatkan dari banyak sumber yang sudah tersedia di dunia maya. Tentunya dengan berbisnis anda juga bisa berkerja dengan passion yang dimiliki, ini akan sangat jauh berbeda seperti berkerja didalam sebuah perusahaan.

Walaupun keuntungan yang didapat terkesan kecil tapi perlahan bisnis anda akan berkembang dan pemasukanpun bertambah. Bisnis adalah soal passion dan patience atau kesabaran, ketika berbisnis mungkin anda akan mengalami kerugian tapi saat melakukanya banyak yang bisa dipelajari.

Berbeda ketika anda mengalami kerugian dari penipuan wawancara kerja, anda akan menyesal dan cenderung trauma. Lebih baik apabila anda memiliki sejumlah uang besar yang diminta saat penipuan wawancara untuk digunakan membuka sebuah bisnis daripada memberikannya kepada penipu.

Tingkatkan Bisnis Serta Perusahaan Anda Dengan Software

Apabila anda sudah memahami peluang membuka sebuah bisnis atau perusahaan dimasa kini, maka sebaiknya anda juga mengetahui ada sebuah software yang mampu mempermudah pekerjaan finansial. Dengan menggunakan software ini semua masalah laporan keuangan anda bisa terselsaikan dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Ayo mulai membuka sebuah lapangan kerja dengan bisnis maupun perusahaan baru anda. Software yang dibicarakan disini adalah jojoexpense, banyak keunggulan didalam satu aplikasi keuangan ini. Pekerjaan membuat laporan keuangan yang biasanya memakan biaya serta waktu saja bisa diselsaikan lebih cepat dan murah.

Mengapa bisa memotong biaya laporan keuangan anda?. Jawabannya karena jojoexpense semua laporan didalamnya berupa data digital sehingga akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk mencetak laporan serta kebutuhan lainnya.

Lelah untuk mengurusi laporan hanya di kantor?, tenang dengan jojoexpense anda bisa menyelsaikan semua laporan keuangan dimanapun serta kapanpun. Sangat efisien dan tidak terpaku, anda bisa menyelsaikan laporan sembari bersantai dirumah.

Masih trauma dengan penipuan wawancara kerja dan malah takut tertipu saat berbisnis?. Jojoexpense memiliki fitur anti penipuan sehingga mencegah kemungkinan penipuan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari menggunakan software ini tapi diatas adalah keunggulan yang utama menggunakan jojoexpense.

Terkesan dan ingin mencoba software ini?. Maka anda cukup download demo dari jojoexpense dengan mengunjungi jojonomic lalu pilih software ini. Tidak perlu khawatir software ini gratis, apabila nyaman anda bisa menggunakan versi penuhnya untuk lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan.