7 Langkah Merencanakan Pensiun Dini dengan Baik

Pensiun dini sangat menjanjikan bagi beberapa orang. Meskipun, bagi banyak orang, pensiun dapat merupakan sesuatu yang sangat membebani. Selain power post syndrome, ketidakpastian pemasukan bisa jadi bayangan yang mengenggelamkan pikiran. Kuncinya tentu ada pada persiapan dan strategi yang baik.

Apa sajakah langkah persiapan pensiun dini tersebut? Artikel akan membahas tentang pensiun dini dan langkah persiapannya. Baik dilihat dari sudut pandang karyawan, ataupun perusahaan.

Ketentuan Pensiun Dini

Pensiun adalah berhentinya seseorang dari  bekerja untuk suatu institusi pemerintah maupun swasta karena usia atau permintaan sendiri. Bedakan dengan pemutusan hubungan kerja. Faktor utama dalam pensiun adalah usia yang telah mencapai lanjut usia.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Adapun ketika pensiun tersebut dilakukan sebelum mencapai usia yang ditetapkan, maka disebut dengan pensiun dini.

pensiun diniUsia Pensiun Dini

Usia pensiun normal, sebagaimana ditetapkan pemerintah dalam PP nomor 45 tahun 2015, adalah 56 tahun. Batas usia ini kemudian diperpanjang sejak januari 2019 menjadi 57 tahun. Sedangkan, usia pensiun dini biasanya berjarak 10 tahun sebelum usia pensiun normal. Hal tersebut didahului dengan pengabdian dalam dunia kerja selama lebih kurang 15 – 20 tahun.

Demikian pengaturan untuk PNS atau ASN. Sedangkan, untuk pengaturan pensiun bagi karyawan swasta, tidak ada batasannya. Undang-undang Ketenagakerjaan tidak mengatur secara pasti usia pensiun. Pengaturan tersebut biasanya disepakati dalam kontrak kerja perusahaan dengan karyawan tersebut.

Sistem Jaminan Pensiun Dini

Yang perlu dipahami, untuk pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) bisa mendapatkan uang pensiun. Syaratnya setelah mencapai waktu pengabdian tertentu dan pensiun pada usia  tertentu.

Sedangkan, untuk karyawan swasta, perusahaan tidak berkewajiban memberikan uang pensiun. Adapun untuk  sistem jaminan hari tuanya, dialihkan kepada BPJS ketenagakerjaan sesuai peraturan perundang-undangan.

Jaminan pensiun berbeda dengan jaminan hari tua. Jaminan hari  tua adalah uang tabungan yang dapat diambil seluruhnya setelah minimal 15 tahun (180 bulan) memenuhi iuran. Sedangkan jaminan pensiun adalah uang bulanan yang didapat oleh klien setelah pensiun sampai meninggal dunia, dengan syarat memenuhi minimal pembayaran 15 tahun (180 bulan).

pensiun diniilustrasi pensiun dini. KONTAN/Muradi/3/8/2017

7 Langkah Merencanakan Pensiun Dini

Karyawan dapat mengajukan pensiun dini setelah menjalani lebih kurang 15 – 20 tahun pengabdian di perusahaan tempatnya bekerja. Berbeda dengan PHK oleh perusahaan, pengajuan pensiun ini membuat karyawan tidak mendapatkan uang pesangon ataupun uang penghargaan masa kerja. Sedangkan, uang penggantian hak bisa diambil jika ada.

Namun, lain lagi jika perusahaan yang mengajukan kepada karyawannya untuk pensiun dini. Ini biasanya diambil untuk menghemat keuangan dengan mengurangi pembayaran karyawan bergaji tinggi. Maka, karyawan tetap berhak atas uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak, bila ada.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dengan demikian, paling tidak ada 7 langkah yang harus dipersiapkan sebelum memilih pensiun dini.

1.      Menentukan Target Waktu Pensiun

Pensiun dini hendaknya merupakan sesuatu yang sudah direncanakan sejak lama, bukan keinginan yang serta merta. Karena, akan ada banyak hal yang berubah setelah memasuki masa pensiun.

Idealnya, pensiun telah direncenakan sejak 10 tahun sebelumnya. Dengan demikian, ketika memasuki masa pensiun tidak akan terlalu kaget dengan perubahan-perubahan yang dibawanya.

2.      Memiliki Rencana Kegiatan

Salah satu yang membuat masa peniun menjenuhkan adalah karena hilangnya aktivitas rutin yang biasa dilakukan. Yang sebelumnya sering berinteraksi dengan banyak orang, kemudian jadi jarang ketemu orang, bisa jadi beban pikiran.

Dengan memiliki rencana kegiatan, pensiun tidak akan mengurangi produktivitas dan menimbulkan bosan. Pensiun justru dapat menjadi jalur baru untuk tetap produktif dan menghasilkan.

3.      Latihan Berbisnis

Memasuki usia pensiun dini kemungkinan akan sulit mencari pekerjaan baru. Kebanyakan perusahaan lebih menyukai tenaga muda dengan energi dan semangat yang tinggi. Meski untuk  senior manager bisa saja terbuka, namun alangkah lebih baik jika memiliki bisnis sendiri.

Sayangya, menjalankan bisnis belum tentu semudah yang dibayangkan. Apalagi jika terlalu lama menjadi karyawan sehingga otak dan otot bisnisnya tak terlatih. Bisa-bisa bukannya tambah sukses, malah tambah bangkrut.

Untuk itu meski masih menjadi karyawan, bisa dilatih dengan mulai berbisnis dan berjualan. Teknologi  menjadikan hal tersebut lebih mudah dan membuka peluang lebih besar. Karyawan harus pandai-pandai mengatur waktu dan menggunakan teknologi untuk hal uang produktif.

pensiun dini4.      Merencanakan Keuangan

Dalam menentukan target pensiun, tentu ada pertimbangan perencanaan keuangan di dalamnya. Ketika pensiun dini tiba, karyawan tersebut harus memiliki hitung-hitungan tentang pemasukan yang dimillik. Apakah ada pemasukan lain selain pesangon, uang jaminan hari tua dan jaminan pensiun?

Jangan lupa hitung juga hutang-hutangnya. Berapa cicilan yang harus dibayar per bulan untuk rumah atau kendaraan? Berapa pula yang dihabiskan untuk pendidikan anak dan biaya hidup sehari-hari. Dengan mengenali profil keuangannya sendiri, karyawan tersebut dapat merencanakan anggaran secara baik untuk tetap dapat produktif dan berkembang.

5.      Mengembangkan Skill dan Keahlian

Selama menjadi karyawan, bisa jadi hal ini dilupakan karena sudah berada di zona nyaman. Namun, setelah memasuki masa pensiun, seseorang hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Untuk itu, ia membutuhkan skill dan keahlian yang membuatnya  dapat dipercaya orang lain.

Oleh karena itu, meski masih menjadi karyawan, tetap harus melatih keterampilan dan mengembangkan diri. Tak boleh ada kata berhenti untuk belajar. Sewaktu karyawan, mungkin kita yang mencari orang, tapi setelah pensiun, pastikan mereka yang mencari kita karena keahlian yang kita miliki.

6.      Mengembangkan Jejaring Sosial

Masa muda adalah masa mengembangkan network dan jaringan, terutama di bidang yang akan menjadi tumpuan di masa depan. Dengan membangun personal branding di lingkungan tertentu  yang menjadi minat, kita akan mendapatkan nama untuk dicari nanti di masa mendatang.

Oleh karena itu, hendaknya setiap karyawan selalu  aktif dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan visi masa depannya. Ini akan mempermudah ketika mengembangkan bisnis atau kegiatan setelah pensiun dini.

7.      Melakukan Investasi

Memasuki masa pensiun, investasi akan sangat bermanfaat. Pertumbuhannya dapat saja menjadi andalan pemasukan di masa nanti. Bahkan, prinsip jaminan pensiun pun sejatinya merupakan investasi pula.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, selalu sisihkan beberapa persen untuk investasi jangka panjang. Dapat dilakukan dengan membeli emas, reksadana, saham, atau properti. Ingat bahwa yang paling penting dalam investasi bukanlah besarnya, tapi waktu dan konsistennya.

5 Tips buat Kamu Yang Ingin Pensiun Dini 

Millenial divonis harus berkerja sepanjang hidupnya untuk memenuhi kebutuhan. Banyak ahli yang bahkan menyatakan bahwa para gen Y dan Z tidak memilliki tabungan cukup untuk pensiun. Namun, sebagian orang memiliki impian untuk dapat pensiun dini dan tidak menghabiskan hidup mereka untuk bekerja selamanya. Berikut ini adalah lima tips agar sukses melakukan pensiun dini 

1. Segera Menabung dan Investasi di Usia Muda 

Jika berkeinginan untuk pensiun muda, maka para ahli mengingatkan untuk menabung dan berinvestasi sejak muda. Semakin cepat menabung dan berinvestasi, maka hasil yang didapatkan akan semakin baik dan meminimalisir resiko mengalami kesulitan atau kekurangan uang di masa depan. 

See the source image

2. Jangan Hiraukan Para Haters 

Seringkali ide pensiun dini ditentang oleh para keluarga dan teman – teman terdekat. Padahal pensiun dini merupakan suatu prestasi. Oleh karena itu, dengarkan apa yang menjadi kata hati anda, apabila anda ingin menempuh jalur pensiun dini.  

3. Rencanakan Kehidupan Setelah Pensiun 

Pikirkan baik – baik dan secara matang, apa yang anda ingin lakukan setelah anda berhasil pensiun dini. Sebab, terkadang beberapa orang merasakan stres akibat menganggur dan sudah terbiasa memegang jabatan. Pastikan anda mengisi waktu anda dengan produktif dan melakukan kegiatan yang positif. Hal ini bergunan untuk mengusir rasa bosan yang melanda. 

4. Jangan Lupa Bahagia 

Pensiun dini identik dengan kerja keras dan memiliki keinginan kuat untuk menabung atau berinvestasi. Akan tetapi, membuat anda cenderung terlalu fokus bekerja dan terobsesi untuk menghemat. Hal ini yang justru disayangkan karena anda bisa menyesel. Jangan lupa untuk mengeimbangi dengan bersenang – senang dalam hidup. 

5.  Lakukan Diskusi dengan Keluarga 

See the source image

Utarakan rencana anda untuk pensiun dini kepada pasangan dan keluarga terdekat. Hal ini untuk mencegah konflik di masa mendatang. Upayakan membuat keputusan yang terbaik bagi keluarga. Ajak mereka untuk bertukar pikiran dan berpendapat mengenai rencana anda untuk pensiun dini. Ini juga berhubungan dengan gaya hidup yang akan dijalankan apabila sudah mencapai pensiun muda. 

Semoga tips diatas dapat membantu anda meraih impian untuk pensiun dini. Kunci yang terpenting yaitu selalu menikmati hidup anda baik sebelum pensiun maupun setelah pensiun. 

Ketahui Apa saja Keuntungan dan Kerugian dari Pensiun Dini

Rutinitas yang membosankan membuat sebagian orang terpikir untuk melakukan pensiun dini. Keputusan untuk melakukan pensiun dini merupakan hak dari masing – masing individu. Namun, keinginan untuk pensiun dini harus dipikirkan dengan matang dan terencana. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini mengenai untung rugi dari pensiun dini. 

Keuntungan Pensiun Dini 

Mempunyai waktu untuk Mengembangkan Diri 

See the source image

Pensiun dini bisa menjadi kesempatan anda untuk mencoba hal baru dan mengembangkan diri. Beberapa bisnis terkenal dimulai ketika pemilik memasuki masa pensiun. Koloner Sanders, pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC), memulai bisnisnya saat berusia 65 tahun dimana kebanyakan orang sudah pensiun. Oleh karena itu, pensiun tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar. 

Memiliki Waktu dengan Keluarga 

Pensiun dini memberikan anda kesempatan untuk meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga. Anda tidak terikat oleh jam kerja perusahaan, sehingga anda bisa memiliki waktu yang fleksible untuk berkumpul dengn keluarga. 

Memiliki Waktu Istirahat Menjalan Usia Senja 

See the source image

Beban pikiran akibat deadline kantor, jalanan macet, dan segala permasalahan pekerjaan membuat anda stress dan tidak dapat menikmati hari tua. Dengan pensiun dini. anda dapat melewati hari tua dan beristirahat dengan nyaman. 

Kerugian Pensiun Dini 

Selain keuntungan, terdapat juga kekurangan dari penisun dini yang perlu diperhatikan. Apa sajakah minusnya pensiun dini? 

Rentan Dilanda Rasa Bosan 

Pensiun memungkinkan anda untuk memiliki banyak waktu luang dan kecenderungan dikeliling rasa bosan. Hal ini sebabkan anda terbiasa untuk melakukan rutinitas bekerja yang padat. Selain itu. anda akan merasa kesepian karena kehilangan orang – orang yang selama ini bekerja dengan anda. Solusinya yaitu dengan menyibukan diri dengan kegiatan yang berguna dan produkti. 

Penghasilan berpotensi Berkurang 

See the source image

Penghasilan anda otomatis berkurang apabila sudah memasuki masa pensiun. Anda harus melakukan perencanaan yang matang mengenai bagaimana membiayai hidup anda dan pasangan, meskipun penghasilan sudah berkurang. 

Mudah terkena Masalah Keuangan Jika Perencanaan Kurang Matang 

Biaya – biaya tak terduga yang muncul di masa pensiun perlu diperhitungkan dengan baik, agar tidak terjerat masalah keuangan. Manajemen keuangan yang baik dan pengeloaan harta kekayaan di masa muda menjadi solusi agar masalah keuangan tidak mengintai. 

Demikian pro dan kontra dari pensiun dini. Seluruh keputusannya kembali ke tangan anda. Pertimbangkan masak – masak dan susun strategi sejak dini jika anda memilih untuk pensiun dini. 

Alasan yang perlu Diketahui mengenai Pensiun Dini 

Butuh nyali yang besar untuk memutuskan pensiun dini. Ada dorongan dalam hati untuk hidup bebas tanpa tekanan pekerjaan atau rasa letih yang kerap menghantui saat bekerja. Berikut ini beberapa alasan yang dapat melatarbelakangi seseorang memilih untuk pensiun dini: 

1. Stabil secara Ekonomi 

Seseorang yang sudah mapan secara ekonomi memiliki prioritas lain dalam hidup. Uang sudah tidak menjadi target utama atau motivasi utama lagi, sehingga memulai mencara prioritas baru. 

2. Menderita Penyakit 

Karyawan yang mengalami sakit parah juga menjadi fakto pertimbangan untuk mengambil pensiun dini. Alasan yang melatarbelakangi yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan dan fokus untuk menjaga kesehatan. 

3. Jenjang Karier yang Mentok 

Alasan selanjutnya untuk memilih pensiun dini yaitu jenjang karier yang sudah mencapai titik stagnan. Posisi atau jabatan yang diperoleh sudah tidak memungkinkan lagi untuk memperoleh promosi atau kenaikan jabatan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat naik jabatan, seperti kultur kerja yang didominasi senioritas, atau skill yang belum memadai untuk meraih kenaikan pangkat. 

4. Memiliki Bisnis Sendiri 

See the source image

Semangat berwirausaha dan keinginan untuk membangun bisnis bisa menjadi motivasi tersendiri untuk mengajukan pensiun dini. Bisnis yang ditekuni dengan sungguh – sungguh dapat memicu niat untuk pensiun dini. 

5. Fokus pada Keluarga dan Passion

Mengejar passion dapat dijadikan bisnis yang menguntungkan. Fleksibilitas waktu yang didapatkan memberikan banyak kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Rata – rata hal ini dilakukan oleh ibu pekerja untuk menebus kembali waktu keluarga yang hilang akibat sibuk bekerja.   

Pensiun dini adalah pilihan dari masing – masing individu. Banyak keuntungan yang ditawarkan dari pensiun dini. Salah satunya yaitu memiliki fleksibilitas waktu, serta kesempata untuk melakukan hal – hal yang tidak dapat dilakukan saat masih bekerja. Akan tetapi, banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika memilih untuk pensiun dini, yaitu perencanaan keuangan yang matang. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi masalah keuangan di masa mendatang. 

Rencana Pensiun Dini bagi Perusahaan

Perusahaan dapat membantu merencanakan pensiun dini bagi karyawannya. Caranya dengan membuat pengaturan keuangan untuk karyawannya sehingga ketika mengajukan pensiun dini, mereka mendapat nominal yang memuaskan.

meghitung pensiun dini dengan mudah via jojopayrollPerhitungan keuangan untuk masa pensiun dini sangat mudah dengan menggunakan JojoPayroll. Dengan sistem penggajian otomatis, mekanisme prorata, dan transfer bank secara langsung, JojoPayroll sangat dapat diandalkan. Tak perlu lagi memusingkan masalah administrasi karena semua masalah tersebut dapat selesai di ujung jari. Coba demonya disini.