Pentingkah Employee Engagement bagi Perusahaan?

Seberapa penting Employee Engagement di perusahaan ?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai employee engagement. Employe engagement merupakan berupa pendekatan yang dilakukan di tempat kerja agar menciptakan kondisi yang baik dalam hubungan pekerjaan sehingga seluruh anggota dapat memberikan  yang terbaik setiap harinya, berkomitmen terhadap tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu employee engagement juga dapat meningkatkan motivasi untuk berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan. 

Employee engagement didasarkan pada kepercayaan serta kenyamanan karyawan terhadap perusahaan nya. Komunikasi dan komitmen merupakan 2 peran yang sangat penting apabila ingin membuat bonding antar pekerja nya. Pendekatan ini sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan terutama bagi perusahaan yang sudah memiliki puluhan hingga ratusan pekerja di dalamnya. Hal ini diperlukan untuk peluang peningkatan kesuksesan perusahaan serta memperbaiki kinerja perusahaan.

Namun tidak jarang beberapa perusahaan terutama HR yang menghiraukan Employee engagement ini. Sehingga keadaan atmosfer di kantor pun dirasa tidak nyaman entah rasai iri,cemburu,saling sindir atau pun saling tidak percaya antar rekan. Hal ini tentu saja membuat efek negatif bagi pekerjaan, suasana kerja menjadi tegang dan cenderung saling menjatuhkan.Ini merupakan tantangan bagi setiap perusahaan karena hal ini bukan hanya masalah bagi para karyawan namun juga akan berdampak langsung terhadap perusahaan.

Cara yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan employee engagement di perusahaan :

   1. Merekrut pekerja sesuai dengan visi perusahaan

Hal ini seringkali terjadi kesalahan oleh para yang menerima pekerja tanpa melihat lebih jeli terlebih dahulu latar belakang para perekrut. Yang dimana hal ini dapat menghambat kinerja antar rekan kerja yang malah merugikan perusahaan.

   2. Memberi arahan pada karyawan baru

Bagian ini salah satu bagian penting yang seharusnya dilakukan oleh HR ataupun atasan untuk memberi tahu aturan selama bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu karyawan baru untuk lebih mudah dalam beradaptasi.

   3. Memberikan kesempatan mengutarakan pendapat

Ini tidak kalah penting karena dengan cara ini kita akan jadi lebih tau mengenai pribadi antar rekan kerja kita dan disini pun akan dapat menumbuhkan gagasan baru bagi perusahaan 

   4. Outbound training

Hal terakhir yang semestinya dilakukan oleh perusahaan sehingga employee engagement pun akan berjalan dengan sangat menyenangkan. Selain belajar mereka pun akan tertarik dan lebih cepat beradaptasi dengan rekan kerja masing-masing

 

Bagaimana pandangan employee engagement di mata karyawan ?

diversitas tempat kerjaSetelah kamu mengetahui cara meningkatkan Employee Engagement di perusahaan selanjut nya kamu perlu mengetahui berikut bagaimana pandangan employe engagement di mata karyawan. Ketika seorang karyawan memiliki employee engagement yang baik di perusahaan maka ia akan semakin loyal terhadap perusahaan. hal ini membuat ia akan memberikan kontribusi penuh terhadap perusahaan yang akan meningkatkan produktivitas nya. 

 

Employee engagement pun akan membuat anda paham dengan jelas apa tujuan dan target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Selain itu employee engagement pun akan membuat karyawan menjadi lebih baik dan dengan senang hati memberikan kontribusi terhadap perusahaan sehingga meningkatkan kinerja mereka.

 

Selain itu hubungan antar karyawan pun akan terjalin dengan baik yang membuat para karyawan akan saling mendukung satu sama lain dan bekerja sama dalam meningkatkan keterampilan serta pencapaian nya terhadap perusahaan. Perusahaan dengan bonding yang kuat akan membuktikan bahwa semakin kuat tingkat kepercayaan antar rekan kerja dan saling berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

 

Bagaimana pandangan employee engagement di mata perusahaan ?

Selain baik untuk hubungan antar rekan kerja ternyata employee engagement mempunyai pengaruh yang positif juga terhadap manajemen perusahaan. Dengan perilaku positif dari para karyawan tentu akan membuat peningkatan dari hasil kinerja yang mereka buat. Dan peningkatan itu lah merupakan dampak dari saling mendukung dan kerjasama yang baik antar rekan karyawan.

Ketika terjadi bonding yang baik didalam perusahaan maka seorang karyawan bisa merasa bangga dan loyal dalam bekerja untuk perusahaan. Lalu mereka akan menjadi bagian perusahaan yang siap menangani klien serta selalu memberi yang terbaik dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. Hal ini akan menarik ide dari para karyawan yang dimana ide tersebut bisa menjadi ide positif dan bagus untuk meningkatkan pemasaran produk ataupun jasa. 

Sehingga perusahaan dapat mengharapkan komitmen setia kepada setiap karyawan nya sehingga membuat semakin sedikit resiko karyawan yang absen,bermalas-malasan,dan timbulnya masalah dalam pekerjaan. Yang bertujuan akhir tentu saja untuk meningkatkan produktivitas pada perusahaan. 

Untuk melihat bonding yang terjadi antar karyawan itu bagus atau tidak bisa dilihat dari seberapa besar absensi ia di kantor. Biasanya dengan bonding yang kurang baik akan membuat seorang karyawan pergi bermalas-malasan di kantor ataupun lebih sering untuk libur. Hal ini tentu saja mengganggu perusahaan namun juga berdampak serius bagi para karyawan. Tentu saja tidak mungkin bagi seorang HR untuk mengontrol satu persatu karyawan nya dengan mendatangi nya ke kantor. Selain membutuhkan waktu hal itu dirasa juga kurang efektif.

JojoTimes

Maka dari itu JojoTimes dari jojonomic dapat menjawab keresahan dari perusahaan anda, JojoTimes memiliki fitur real time management yang dimana dapat memantau absen dari setiap karyawan sehingga mengurangi resiko kecurangan pada absensi. Selain itu JojoTimes melakukan absensi secara digital jadi tidak perlu lagi harus ke kantor dan absen secara manual. Karena JojoTimes diunduh melalui ponsel pribadi dan akan langsung terhubung dengan HR. 

Selain itu JojoTimes dari Jojonomic mempunyai fitur yang dimana dapat mengatur task setiap karyawan sehingga atasan dapat dengan mudah mengontrol pekerjaan karyawan nya setiap hari. Dengan kemudahan yang diberikan oleh JojoTimes maka tentu saja akan meningkatkan produktivitas perusahaan anda.