Pentingnya Struktur Organisasi Perusahaan

struktur organisasi perusahaan

Perusahaan sebesar apapun, pasti tidak akan lepas dari yang namanya struktur organisasi perusahaan. Bila suatu perusahaan meremehkan struktur organisasi, maka kedepannya akan sulit bila ingin berkembang. Karena yang namanya struktur perusahaan adalah dasar dari sebuah perusahaan.

Apabila dasarnya saja sudah tidak terurus atau bahkan tidak ada, mau dikemanakan perusahaan tersebut? Anda harus tahu bahwa struktur perusahaan akan membuat semua orang bekerja dengan optimal dan efisien sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang optimal, dengan begitu tujuan perusahaan pun bisa dicapai dalam waktu yang lebih singkat daripada perkiraan awal. Tanpa adanya struktur perusahaan yang jelas, akan sulit untuk menjalankan perusahaan dan mengontrol semua orang.

Pengertian Struktur Perusahaan

Struktur perusahaan sendiri memiliki pengertian sebagai suatu susunan unit kerja dalam sebuah perusahaan.Struktur ini menunjukkan pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan yang berbeda-beda.Selain itu, struktur organisasi perusahaan juga menunjukkan spesialisasi pekerjaan, penyampaian laporan dan saluran perintah.struktur organisasi perusahaan

Masing-masing unit kerja atau komponen di dalamnya saling berhubungan dan memiliki ketergantungan. Jadi, apabila unit kerja atau komponen tersebut baik, akan berpengaruh juga ke unit kerja atau komponen lainnya dan juga berpengaruh terhadap perusahaan itu sendiri.

Pengertian lain dari struktur perusahaan adalah sebuah susunan dan juga hubungan antar tiap bagian atau posisi yang ada pada sebuah perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dengan tujuan mencapai tujuan perusahaan.

Struktur perusahaan bisa memberikan gambaran yang jelas antara pekerjaan yang satu dengan lainnya termasuk hubungan antara fungsi dan aktivitas dibatasi.Dalam sebuah struktur perusahaan yang baik, struktur tersebut harus bisa menjelaskan hubungan antara wewenang siapa yang bertanggung jawab kepada siapa sehingga ketika ada sebuah pertanggungjawaban suatu hal yang dikerjakan, dapat diketahui dengan jelas dan cepat.

Fungsi Struktur Perusahaan

Dari pengertian struktur perusahaan di atas, sempat disinggung beberapa hal yang berkaitan dengan fungsi struktur perusahaan. Seperti apa fungsi struktur perusahaan yang menjadi dasar berdirinya sebuah perusahaan? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Pertanggungjawaban

Setiap orang yang ada pada sebuah perusahaan dapat bertanggung jawab dan dipertanggungjawabkan.Maksudnya adalah setiap anggota atau karyawan perusahaan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan atau atasannya yang memberikan kewenangan dan setiap pelaksanaan ataupun implementasinya harus dipertanggung jawabkan.Dengan adanya struktur organisasi perusahaan maka ada kejelasan terkait tanggung jawab.

  • Kedudukan

Semua orang yang tergabung dalam struktur perusahaan bisa melakukan koordinasi dengan lebih mudah karena adanya struktur organisasi yang jelas.Setiap orang memiliki kedudukan dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penempatannya. Misalnya saja berhubungan dengan cuti, lembur, absen dan sebagainya, maka langsung ke bagian HR atau Human Resources, namun bila berhubungan dengan bagian gaji maka bisa langsung ke bagian keuangan.

struktur organisasi perusahaan

  • Jalur Hubungan

Maksudnya disini adalah dalam melaksanakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan termasuk tanggung jawab yang dimiliki oleh masing-masing orang tergambar dengan jelas dalam struktur perusahaan.Sehingga untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

  • Uraian Tugas

Uraian tugas yang jelas akan sangat membantu atasan untuk melakukan pengawasan dan juga pengendalian terhadap bawahannya. Begitu juga bagi para karyawan, mereka bisa berkonsentrasi dalam melakukan tugasnya karena sudah diuraikan dengan jelas deskripsi pekerjaannya. Tanpa adanya struktur perusahaan yang baik, maka setiap orang yang bergabung dengan perusahaan tersebut tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Peran Penting Struktur Organisasi

Struktur organisasi perusahaan yang baik menjadi hal yang sangat penting, sama pentingnya dengan aset perusahaan. Dalam sebuah organisasi, pemegang saham, direksi dan juga komisaris masuk dalam struktur perusahaan. Biasanya pemegang saham perusahaan akan memberikan wewenangnya pada direksi melalui komisaris untuk mengembangkan dan juga menjalankan perusahaan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Berkaitan dengan tugas-tugas tadi, direksi juga memiliki wewenang untuk mewakili perusahaan ketika mengadakan kontrak dan lain sebagainya.Namun bila terjadi kerugian yang besar, misalnya saja diatas 50% maka direksi harus melaporkan hal tersebut kepada pemegang saham dan pihak ketiga untuk bahas dalam rapat.

Sedangkan komisaris memiliki fungsi sebagai pengawas dari jajaran direksi.Komisaris berwenang untuk melakukan pemeriksaan pembukuan, menegur direksi, memberikan arahan hingga memberhentikan direksi dengan menyelenggarakan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Dalam RUPS, seluruh pemegang saham akan menyampaikan pendapatnya. Di RUPS juga membahas kinerja (evaluasi kinerja) termasuk kebijakan perusahaan apa saja yang akan dilakukan kedepannya. Ketika ada pemegang saham yang berhalangan hadir, maka ia dapat melempar atau memberikan suaranya kepada pemegang saham lainnya (disebut proxy). Nantinya hasil RUPS akan dilimpahkan pada komisaris dan dilanjutkan oleh direksi untuk dijalankan.

Jadi, dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa struktur perusahaan sangat penting.Dengan adanya struktur perusahaan maka perusahaan dapat berjalan sesuai dengan semestinya.

Tanpa adanya struktur perusahaan yang jelas, setiap orang bekerja tanpa ada arahan yang jelas, tidak ada deskripsi pekerjaan yang jelas dan tidak tahu kepada siapa mereka melapor, tidak diketahui siapa yang harus mereka awasi dan lain sebagainya. Sehingga bukan hal yang dibesar-besarkan apabila menyebut struktur perusahaan merupakan dasar perusahaan yang sangat penting, sama pentingnya dengan aset perusahaan.

struktur organisasi perusahaan

Keuntungan Menggunakan Struktur Perusahaan

Umumnya sebuah struktur organisasi perusahaan dibuat berdasarkan pola kerja dan juga tanggung jawab dalam perusahaan tersebut. Apabila sebuah perusahaan memiliki struktur perusahaan yang jelas, maka perusahaan tersebut memiliki keuntungan-keuntungan berikut:

  • Deskripsi pekerjaan karyawan yang jelas
  • Koordinasi antar unit, fungsi atau bagian serta pembagian wewenang dan juga tanggung jawab lebih jelas
  • Mampu mengurangi konflik internal yang bisa terjadi dalam perusahaan
  • Meningkatkan moral dan juga motivasi karyawan karena ada jenjang karir yang jelas
  • Membantu mencapai target atau tujuan perusahaan lebih cepat

Tugas Dalam Struktur Organisasi

Diatas sudah sempat disinggung terkait direksi, nah sekarang akan dijelaskan dengan lebih lengkap seperti apa saja tugas-tugas bagian yang tergabung dalam struktur perusahaan, mulai dari direksi hingga bagian-bagian bawahnya.

  1. Direksi, tugasnya memimpin dan juga menentukan arah pergerakan perusahaan.
  2. Manajer, tugasnya memimpin seluruh karyawan yang termasuk dalam bidangnya. Manajer terbagi-bagi menjadi beberapa bagian tergantung dari kebutuhan perusahaan, misalnya Manajer IT, Manajer Keuangan dan lain sebagainya.
  3. Kepada departemen, tugasnya memimpin orang-orang dalam departemennya. Misalnya bidang IT, masih terbagi-bagi lagi ke dalam beberapa departemen atau divisi.
  4. Karyawan atau staf, merupakan pekerja yang memiliki tugas dan juga tanggung jawab sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.

Sebuah struktur perusahaan yang baik memiliki pembagian tugas yang jelas untuk setiap jawaban yang ada dalam struktur perusahaan tersebut.Tujuannya tentu saja agar pekerjaan dalam setiap posisi tersebut dapat berjalan dengan efisien dan teratur. Tanpa adanya struktur perusahaan yang baik, maka perusahaan sebesar apapun pasti akan mengalami guncangan dan akan sulit pulih.