Perbedaan Interview User dan HRD Yang Paling Mendasar

Dalam berencana untuk meraih pekerjaan idaman, interview merupakan suatu proses penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Hal ini karena interview merupakan proses yang sangat penting dalam mengenali potensi calon karyawan yang bersangkutan. Oleh sebab itulah perusahaan berusaha sepenuhnya untuk menggali tentang kepribadian calon karyawannya, termasuk mengetahui dimana potensi yang paling sesuai untuk mendukung perusahaan sepenuhnya. Sehingga nantinya karyawan ditempatkan pada posisi yang tepat dan dapat membantu perusahaan sepenuhnya.

Adapun dalam proses interview, ada beberapa jenis dan langkah yang harus dihadapi oleh calon karyawan. Dimana proses interview tersebut terdiri baik interview oleh user maupun oleh pihak HRD. Namun sering kali banyak yang kurang paham apa saja perbedaan interview user dan HRD tersebut. Padahal pada dasarnya ada poin-poin berbeda yang diberikan dalam proses antara interview dengan user bila dibandingkan dengan interview HRD. Supaya lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa perbedaan interview user dan HRD yang cukup mendasar.

Interview User

Interview yang dilakukan oleh pihak user adalah interview yang dilakukan oleh atasan karyawan secara langsung yang nantinya akan berkomunikasi sehari-hari dengan karyawan tersebut. Sehingga dengan kata lain, user merupakan pihak dari perusahaan yang mencari jasa sesuai kebutuhan karyawan tersebut. Otomatis nantinya interview bersama user ini memiliki poin-poin dan tujuan yang berbeda. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Melihat lebih jauh potensi karyawan sesuai deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan. Pada dasarnya user nantinya memiliki fungsi supervisi terhadap karyawan. Sehingga sebelum hal tersebut terjadi, maka user bertanggung jawab melihat lebih awal kriteria calon karyawan yang akan dipilih dari segi teknis. Sehingga nantinya karyawan yang direkrut sesuai ekspetasi teknis yang diminta oleh perusahaan.
  • Interview user lebih memprioritaskan kemampuan akademis yang dimiliki oleh calon karyawan. Terutama berhubungan dengan bakal pekerjaan yang akan dipercayakan di perusahaan itu nantinya. Sehingga diharapkan saat telah bergabung dengan perusahaan, maka karyawan bisa bekerja cepat, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Termasuk memenuhi visi dan misi perusahaan sepenuhnya.
  • Manfaat lain termasuk untuk mengetahui seberapa besar kemampuan analitik calon karyawan dalam menghadapi masalah teknis di perusahaan sehubungan dengan fungsi jabatan dan pekerjaan yang akan dilakukan nantinya. Sehingga harapannya ke depan saat sudah bergabung bersama perusahaan, maka karyawan bisa mengemban tugas yang diberikan dengan baik dan secara maksimal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Interview HRD

Lain interview user, lain pula interview HRD. Secara mendasar memang terdapat perbedaan interview user dan HRD dalam mencapai keputusan dan mendapatkan hasil sesuai ekspetasi yang berbeda dengan user. Melalui interview HRD, umumnya ada beberapa aspek yang menjadi poin penting untuk diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Sisi psikologis, ini adalah sisi lain dari calon karyawan yang ingin diketahui oleh HRD. Seseorang kandidat calon karyawan yang pintar dan jenius belum tentu memiliki psikis maupun emosional yang baik. Sehingga dalam hal ini HRD lebih berperan mencari tahu sejauh mana karakter dan sifat dari calon karyawan yang akan diterima di perusahaan tersebut. Hal ini bermanfaat sebagai fungsi control manakala nantinya karyawan memiliki masalah baik dengan atasan maupun dengan rekan sekerja yang lain. Sikap dan emosi dalam menyelesaikan masalah merupakan hal penting untuk diketahui sejak awal.
  • Sisi kesehatan, umumnya interview bersama HRD juga ada syarat pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui lebih dulu. Fungsinya disini untuk memastikan bahwa karyawan dalam kondisi layak untuk bekerja serta di kemudian hari tidak selalu mengganggu aktivitas kerjanya sehari-hari. Oleh sebab itu dalam rangkaian interview bersama HRD, maka dibutuhkan catatan kesehatan dari pihak calon karyawan yang paling baru.
  • Sisi kepribadian, sangat penting pula mengetahui bagaimana kepribadian seorang calon karyawan. Apakah dia merupakan orang yang jujur, bersemangat, percaya diri, atau malah sebaliknya. Hal ini tidak mudah diketahui secara biasa. Kecuali oleh tim HRD yang mengenali karakter seseorang dengan lebih baik. Sehingga nantinya jika karyawan diterima bekerja di perusahaan, maka kepribadian karyawan tersebut sesuai etos kerja perusahaan dan sejalan pula dengan visi dan misi perusahaan.
  • Sisi ketaatan dan kedisiplinan, sangat penting bagi HRD untuk memastikan karyawan yang disiplin serta patuh pada peraturan perusahaan. Melalui interview yang dijalankan oleh HRD, maka hal ini bisa dilihat lebih awal dan diinformasikan kepada calon karyawan dengan baik. Sehingga nantinya dalam menjalani masa kerja bersama perusahaan, kedisiplinan karyawan yang terpilih bertahan dengan baik tanpa adanya indikasi melanggar peraturan perusahaan yang ditetapkan.

Pentingnya Interview User Dan HRD

Menyelaraskan interview antara user dan HRD juga merupakan poin yang cukup penting dalam proses rekruitmen karyawan. Oleh sebab itu butuh suatu sistem yang jelas dalam perusahaan untuk bisa menjembatani kebutuhan user namun sesuai kriteria HRD juga. Dengan manajemen sistem yang baik, maka ada beberapa hal yang nantinya bisa dicapai perusahaan secara maksimal. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Perusahaan akan mampu mendapatkan kandidat terbaik baik dari segi teknis maupun psikologis. Dua hal ini jika diselaraskan akan menciptakan efektifitas dan efisiensi kerja yang maksimal.
  • Melalui interview dari dua sisi, maka perusahaan akan mendapatkan gambaran sejelas mungkin akan potensi kelebihan maupun kekurangan karyawan yang direkrut. Sehingga dengan demikian ke depannya jika terjadi suatu masalah dapat dilakukan penyelesaian sesuai karakter karyawan tersebut.
  • Interview user maupun HRD pada dasarnya menggabungkan seluruh kriteria perusahaan dalam mencari kandidat terbaik. Sehingga jika hal ini bisa dicapai, maka secara tidak langsung perusahaan dapat berjalan lebih optimal melalui karyawan-karyawan yang terpilih.

Dari penjelasan di atas, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mensukseskan sebuah interview dan menghasilkan rekruitmen karyawan berkualitas. Ada baiknya perusahaan mulai berpikir menggunakan sistem yang lebih baik dalam menjalankan proses interview pada para karyawannya tersebut. Sehingga nantinya bisa memberikan hasil sesuai ekspetasi. Ssalah satunya yaitu dengan menggunakan JojoTimes sebagai salah satu software pendukung HRD dalam menyimpan database karyawan. Termasuk hasil interview serta review potensi dan kemampuan karyawan tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menggunakan JojoTimes akan memberikan manfaat penyimpanan data yang lebih baik. Termasuk hasil interview yang dilakukan baik oleh user maupun oleh HRD. Selain itu manfaat berikutnya termasuk membantu otomatisasi tugas HRD termasuk melakukan interview dan merekap hasilnya. Melalui beberapa fitur yang tersedia di JojoTimes, tentu saja pekerjaan HRD dalam hal ini akan lebih dimudahkan. Seperti misalnya fitur penyimpanan database karyawan dalam Cloud, fitur format laporan kustom, hingga fitur input dan ekspor data karyawan pada fase interview. Sehingga pada akhirnya pekerjaan HRD jauh lebih ringan dalam menentukan data-data hasil interview yang telah dilakukan. Nah, tentunya hal ini memberikan gambaran pentingnya JojoTimes untuk perusahaan Anda. Oleh karena itu, segera hubungi team JojoTimes dan dapatkan coba gratis di kantor Anda secepatnya!