Perjalanan Dinas Sesuai Undang-Undang, Tahapan Serta Mekanismenya

perjalanan dinas sesuai undang-undang

Perjalanan dinas sesuai undang-undang tentunya harus dipahami betul oleh setiap institusi atau lembaga dinas agar perjalanan yang dilakukannya tidak sampai berbenturan dengan hukum di tanah air. Perjalanan dinas sendiri pada dasarnya merupakan suatu perjalanan yang dilakukan oleh karyawan dari suatu lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan tugas kedinasan. Dalam hal ini yang dimaksud dengan tugas kedinasan adalah tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan dari lembaga atau perusahaan tempatnya bekerja.

Perjalanan dinas setidaknya pernah dilakukan oleh para karyawan di suatu perusahaan terutama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di luar kantor. Walaupun perjalanan dinas ini kelihatan sepele dan sering dilakukan namun sudah seharusnya perjalanan dinas berjalan dengan berdasar pada hukum yang berlaku. Perjalanan dinas harus berjalan sesuai dengan dasar hukum dan peraturan perudangan yang berlaku di tanah air sehingga pada akhirnya nanti tidak menimbulkan kerugian baik bagi karyawan yang melakukan perjalanan dinas maupun bagi instansi atau perusahaan yang mengadakan program perjalanan dinas. beberapa hal mengenai perjalanan dinas tampaknya perlu dipahami lebih lanjut agar perjalanan dinas yang dilakukan demi menjalankan tugas nantinya bisa berjalan secara efektif dan pada akhirnya bisa memberikan hasil yang maksimal pada perusahaan itu sendiri.

Tahapan Keberangkatan

Perjalanan dinas yang harus dilakukan oleh karyawan biasanya akan diinformasikan oleh pimpinan perusahaan. Seorang pimpinan perusahaan akan melihat kebutuhan mengenai perjalanan dinas lalu ia akan memberikan informasi mengenai karyawan yang harus melakukan perjalanan dinas. Jika Anda menjadi salah satu karyawan yang harus melakukan perjalanan dinas maka Anda harus tahu benar mengenai tujuan dari perjalanan dinas yang Anda lakukan. Selain itu waktu perjalanan juga perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Dengan mengetahui tanggal keberangkatan dan kembali dengan tepat, maka nantinya perjalanan dinas bisa dilakukan di waktu yang tepat. Selanjutnya kegiatan pokok dari perjalanan dinas Anda juga harus dipahami. Dengan siapa Anda akan bertemu nantinya dan apa yang harus dilakukan setidaknya perlu menjadi informasi bagi Anda agar Anda dapat melaksanakan tugas dengan baik. Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan dinas adalah penginapan serta angkutan yang tentunya diperlukan sebagai akomodasi Anda selama melakukan perjalanan dinas. Segala persiapan harus dilakukan dengan matang agar perjalanan dinas Anda tidak menjadi sia-sia dan dapat memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dasar Hukum

Perjalanan dinas sesuai undang-undang yang dilakukan oleh para karyawan dari suatu instansi atau lembaga atau perusahaan sebenarnya tidaklah dilakukan tanpa dasar yang jelas. Di tanah air ada pula dasar hukum yang mengatur tentang perjalanan dinas yang akan dilakukan oleh karyawan dengan persetujuan dari pimpinan perusahaan. Demikian pula perjalanan dinas yang dilakukan oleh instansi yang terkait dengan negara misalnya BUMN. Dalam hal ini perjalanan dinas sudah seharusnya memenuhi beberapa prinsip pelaksanaan perjalanan.

Seperti misalnya selektif dengan perjalanan dinas hanya boleh dilakukan untuk kepentingan yang sangat tinggi dan untuk kepentingan yang telah diprioritaskan berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan. Perjalanan dinas juga bisa dijalankan sesuai dengan ketersediaan anggaran. Selain itu perjalanan dinas yang dilakukan sudah seharusnya dilakukan agar sesuai dengan pencapaian kinerja. Perjalanan tersebut juga sudah seharusnya mengutamakan efisiensi dengan penggunaan anggaran belanja negara atau anggaran belanja perusahaan terkait. Prinsip terakhir adalah perjalanan dalam rangka pelaksanaan dinas seharusnya memperhatikan akuntabilitas pemberian perintah pelaksanaan perjalanan dinas. Sedangkan biaya transport selama sedang menjalani perjalanan tersebut sudah seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan. Biaya yang menjadi tanggung jawab perusahaan juga meliputi biaya harian dan biaya penginapan serta uang representatif.

Perjalanan Dinas Dalam Negeri

Yang dimaksud dengan perjalanan dinas dalam negeri adalah perjalanan ke luar tempat kedudukan baik secara perseorangan maupun secara bersama dengan jarak tempuh sekurang-kurangnya 5 km dari batas kota. Perjalanan dinas ini dilakukan dengan tujuan yang masih berada di dalam wilayah Indonesia. Jenis dinas ini juga sudah seharusnya dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan perusahaan. Untuk BUMN atau instansi dinas yang berhubungan dengan pemerintah maka perjalanan dinas karyawan harus dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan negara.

Sedangkan untuk instansi swasta maka penugasan dinas tersebut sudah seharusnya dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan perusahaan. Penugasan untuk melaksanakan dinas juga sebaiknya dilakukan atas perintah dari pejabat yang berwenang atau perintah dari pimpinan perusahaan. Bahkan untuk melakukan suatu dinas diperlukan pula surat tugas sebagai pengantar yang tidak lain menandakan bahwa perjalanan Anda sesuai dengan perintah dari atasan. Yang mana pada dasarnya hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan bersama.

Perjalanan Dinas Luar Negeri

Sama halnya dengan perjalanan dinas dalam negeri maka perjalanan dinas luar negeri juga berarti suatu perjalanan yang dilakukan baik secara perseorangan maupun secara bersama untuk kepentingan dinas atau negara atau untuk kepentingan perusahaan terkait. Bedanya perjalanan dinas ini bertujuan ke wilayah di luar Indonesia. Perlu dicatat bahwa sekalipun Anda bertugas untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri namun bukan berarti bahwa perjalanan yang Anda lakukan ini semata-mata hanya untuk bersenang-senang. Ada tugas yang harus dilakukan selama Anda terlibat di dalam dinas di luar negeri dan tugas ini harus selesai selama Anda berada di wilayah tujuan dari perjalanan dinas Anda.

Umumnya dalam menjalankan dinas ke luar negeri butuh keputusan yang esensial dari pemimpin perusahaan. Mengingat biaya yang diperlukan cukup besar dan bisa jadi menyerap anggaran keuangan perusahaan. Oleh sebab itu dinas jenis ini tidak diberikan begitu saja tanpa dasar dan alasan yang jelas. Belum lagi menurut undang-undang ada kompensasi yang harus dan wajib diberikan pada pelaksana dinas nantinya. Sehingga perusahaan perlu melakukan persiapan secara maksimal untuk mengirim karyawan melakukan dinas di luar negeri.

Perjalanan dinas sesuai undang-undang tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi bila dilaksanakan secara bersama-sama. Oleh sebab itu perlu perencanaan yang sesuai. Jangan biarkan perhitungan keuangan untuk dinas ini mengalami kesalahan. Gunakan pendukung sistem yang optimal seperti JojoExpense. Sehingga nantinya semua pengeluaran selama dinas dapat tercatat maksimal dengan baik. Selain itu sistem ini juga memudahkan pengecekan kapan saja dan dimana saja. Termasuk mencegah pemalsuan seperti misalnya struk atau laporan keuangan palsu selama dinas.

Hal ini berkat fitur menarik dari JojoExpense. Termasuk misalnya fitur Mobil Approval, Budget Controlling maupun Cash Advance. Fitur-fitur ini memudahkan penugasan dinas karyawan ke luar negeri. Sehingga sistem keuangan perusahaan dalam hal ini jauh lebih optimal dan efisien. Jadi, segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Jangan biarkan keuangan perusahaan tidak terkontrol saat karyawan menjalankan dinas kemana saja. Buktikan sendiri keampuhan JojoExpense dalam pengaturan keuangan selama pelaksanaan dinas karyawan seoptimal mungkin.