Ekonomi Kreatif: Manfaat, Perkembangan dan Contohnya Dibidang Usaha

Perkembangan ekonomi kreatif tampaknya semakin melejit di tanah air kita. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya usaha baru yang penuh dengan berbagai macam ide baru yang bersifat inovatif. Tentu saja hal ini dapat memberikan dampak positif bagi tanah air diantaranya adalah adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat di negara kita. Maka tak heran bila kreativitas individu semakin banyak dikembangkan agar pada akhirnya dapat mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi kreatif sendiri sebenarnya merupakan suatu konsep perekonomian yang berkembang di era ekonomi baru seperti sekarang ini. Dibutuhkan suatu ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka menuju keberhasilan industri kreatif.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan konsep dalam bidang ekonomi di era ekonomi yang baru dimana era ini mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dar ekonomi kreatif mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki ide dan pengetahuan yang akan digunakan sebagai faktor utama dalam suatu produksi.

Jadi, ekonomi kreatif lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan dan ide-ide dari manusia sebagai aset dalam membuat perekonomian dapat bergerak maju. Adapun konsep dasar dari ekonomi kreatif sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

Saat ini pertumbuhan sektor ekonomi sudah meningkat hingga 5,76% dibandingkan dengan sektor pertambangan, penggalian, listrik, pertanian dan berbagai sektor lainnya. Jika terus seperti ini maka sektor perekonomian di Indonesia dapat berkembang lebih pesat dan pada akhirnya dapat mendunia.

Ciri Ekonomi Kreatif

Pada dasarnya perkembangan ekonomi kreatif ini memiliki beberapa ciri. Adapun ciri yang menonjol tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Kreasi intelektual

Pada dasarnya suatu kreasi intelektual menghasilkan beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain meliputi kreativitas dan keahlian serta talenta. Adanya kreativitas dan keahlian serta keahlian ini sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu baik kreativitas maupun keahlian dan juga talenta ini sebisa mungkin perlu ditingkatkan.

2. Mudah digantikan

Umumnya berbagai produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan memiliki siklus hidup yang cukup singkat. Berbagai produk yang tercipta ini memang mudah ditiru sehingga lebih mudah untuk tergantikan. Oleh karena itu inovasi dan kreativitas perlu terus dikembangkan agar selalu tercipta berbagai produk lainnya yang juga bisa diterima oleh pasar dan bermanfaat bagi konsumen.

3. Penyediaan langsung dan tidak langsung

Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tentu bertujuan untuk dipasarkan pada konsumen atau pelanggan. Dalam hal ini produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara langsung kepada para konsumen atau pelanggan. Atau produk kreatif yang telah dihasilkan ini juga bisa dipasarkan secara tidak langsung yaitu melalui segala hal yang berhubungan dengan konsumen dan pelanggan.

4. Butuh kerja sama

Dalam suatu industri kreatif diperlukan hubungan kerja sama yang terjalin secara baik di antara berbagai pihak yang bersangkutan dengan industri kreatif tersebut. Berbagai pihak yang berkaitan dengan industri kreatif antara lain seperti para pengusaha dan pemerintah yang mengatur kebijakan. Kerja sama dari para intelektual juga dibutuhkan untuk membantu proses pengembangan industri kreatif.

5. Berbasis pada ide

Adanya ide atau gagasan sudah tentu sangat diperlukan terutama dalam hal pengembangan industri kreatif. Segala sesuatu hal yang berhubungan dengan kreativitas akan selalu berhubungan dengan ide yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu penciptaan produk baru di suatu perusahaan biasanya dilakukan dengan berbasis pada ide baru.

6. Tidak terbatas

Penciptaan produk baru yang kreatif biasanya turut memberikan kontribusi bagi pengembangan industri. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat diterima oleh pasar dan bisa berguna. Bahkan produk yang diciptakan diharapkan agar dapat digunakan secara tidak terbatas. Penggunaannya bisa dilakukan di berbagai macam bidang usaha yang ada di tanah air.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Perkembangan ekonomi kreatif juga bisa memberikan manfaat yang cukup luas, baik bagi masyarakat dan untuk perekonomian negara. Manfaat tersebut antara lain termasuk:

1. Membuka lapangan kerja

Kreasi dan inovasi yang Anda ciptakan dalam bidang ekonomi tentu akan memberikan dampak positif secara tidak langsung bagi masyarakat. Sebab dengan adanya kreativitas tersebut maka Anda bisa menciptakan suatu lapangan kerja yang bisa berguna bagi orang lain. Sebuah lapangan kerja memang bisa saja tercipta karena adanya ide kreatif dari pengusaha.

2. Mengurangi pengangguran

Dengan adanya lapangan kerja yang Anda ciptakan maka berarti pengangguran akan semakin berkurang. Lapangan kerja baru yang tersedia tentu akan menjadi ladang bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan keahlian dan kemampuannya dengan menjadi pekerja. Lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja pada akhirnya akan menekan jumlah pengangguran di tanah air.

3. Menciptakan masyarakat kreatif

Setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan sudah tentu akan semakin berkembang keahlian dan keterampilan serta kemampuannya. Tentu saja setiap orang yang bekerja akan menjadi semakin kreatif. Sebab setiap orang yang pekerja akan dituntut untuk terus berkarya sekaligus berprestasi. Dengan demikian maka pekerja akan semakin terlatih dan terbiasa untuk mengembangkan kreativitasnya.

4. Meningkatkan inovasi

Tidak hanya kreativitas saja yang dapat dikembangkan oleh seorang pekerja. Tetapi seorang pekerja juga bisa meningkatkan inovasinya. Peningkatan inovasi tampaknya tidakhanya berlaku bagi pekerja saja tetapi juga bagi pengusaha yang telah menciptakan lapangan kerja. Sebuah perusahaan atau lapangan kerja tentu harus dijalankan dengan berbagai inovasi di dalamnya agar bisa semakin berkembang.

5. Menjalani kompetisi

Dengan adanya penciptaan lapangan kerja maka Anda harus terus berinovasi dengan kreatif sehingga perusahaan Anda bisa bertahan. Anda juga bisa berkompetisi dengan sehat tentunya dengan disertai adanya berbagai ide kreatif. Penciptaan lapangan kerja baru yang membangkitkan ekonomi kreatif di tanah air menunjukkan adanya persaingan yang sehat bagi seluruh pebisnis tanah air.

Jenis Perkembangan Ekonomi Kreatif

Perkembangan ekonomi kreatif — Jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya ada berbagai macam jenis ekonomi kreatif yang tampaknya sekarang ini semakin berkembang. Salah satunya berupa adanya penggunaan media untuk meningkatkan proses pemasaran produk barang dan jasa yang dihasilkan. Bahkan sekarang ini proses pemasaran juga bisa dilakukan melalui media sosial yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Jenis lainnya yaitu arsitektur seperti misalnya adanya desain ruangan minimalis yang sangat sesuai untuk diterapkan di era masa kini. Ada pula kuliner yang rupanya berkembang dengan cepat sehingga penyajiannya tampak semakin unik dan menarik. Handicraft kini juga semakin berkembang seperti halnya kuliner. Rupanya berbagai produk yang dihasilkan kini dapat menarik jumlah permintaan pasar yang semakin meningkat.

Contoh Usaha Dalam Bidang Ekonomi Kreatif

Dengan konsep ekonomi kreatif, maka akan banyak sekali usaha yang dapat dijalankan. Lantas usaha apa saja yang berada dalam bidang ekonomi kreatif? Berikut diantaranya:

Periklanan

Iklan menjadi hal yang dibutuhkan pemilik usaha untuk memperluas jangkauan konsumen. Untuk membuat iklan dibutuhkan orang-orang dengan berbagai ide kreatifnya. Periklanan dapat dijadikan ajang pelaku ekonomi kreatif untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan guna menarik konsumen.

Pembuatan iklan tidak hanya membutuhkan ide kreatif saja melainkan juga strategi peamasaran yang tepat. Selain itu, periklanan juga dapat dilakukan melalui media elektronik seperti televisi, smartphone, radio dan media cetak seperti majalah dan surat kabar. Dengan memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam periklanan maka dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan dapat terlihat berbeda dan lebih menarik perhatian.

Kerajinan

Usaha kerajinan biasanya memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam usahanya. Walau biasanya kerajinan diproduksi dalam jumlah yang relative sedikit, namun hal ini tidak menjadi penghalan bagi para pengerajin untuk menggunakan konsep ekonomi kreatif.

Meski hasil kerajinan yang diciptakan tidaklah banyak, namun kualitas dari kerajinan tersebut bisa mengangkat nama pengrajin. Tidak heran jika kerajinan dibuat dalam jumlah sedikit karena masih dibuat dengan cara tradisional.

Dalam hal ini tentu dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif guna menciptakan kerajinan yang berkualitas. Jika pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka sudah dipastikan bahwa pengrajin di Indonesia dapat go internasional.

Fashion

Konsep ekonomi kreatif juga bisa diterapkan dalam usaha fashion. Para perancang busaha pada umumnya sangat membutuhkan orang-orang yang dapat memberinya ide dan masukan kreatif mengenai busana yang akan dirancangnya baik itu mulai dari merancang busana hingga menambahkan aksesoris dalam busana tersebut. Disini para perancang busana harus berpikir inovatif agar rancangannya dapat terlihat berbeda dari hasil rancangan lainnya.

Desain

Kegiatan desain suatu hal sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif. Karena pada dasarnya desain merupakan pekerjaan yang harus mengeluarkan ide dan pikiran kreatif untuk menghasilkan desain yang menarik perhayian. Desain ini dapat terdiri dari desain produk, desain grafis hingga desain interior.

Arsitektur

Konsep ekonomi kreatif juga dapat diterapkan dalam bidang pembangunan atau arsitektur. Bagaimana tidak, di jaman yang semakin maju seperti saat ini banyak generasi-generasi baru yang mampu membuat konsep arsitektur rumah atau hunian yang unik.

Tidak hanya itu saja, konsep ekonomi kreatif juga diterapkan dalam semua bidang arsitektur tidak hanya dalam pembangunan melainkan juga perencanaan kota, kegiatan teknik sipil, pembangunan taman kota dan masih banyak lagi. Konsep ekonomi kreatif sangat cocok dan pas untuk semua bidang arsitektur.

Fotografi, video dan film

Bagi pekerjaan di bidang fotografi, video dan film juga membutuhkan orang-orang yang berkemampuan dan memiliki kreativitas dalam bidang ini. Hal ini termasuk dalam pembuatan film, video hingga pemotretan. Tidak hanya mengambil gambar saja dalam bidang ini harus mampu mengedit dan menyebarluaskan.

Untuk itu, diperlukan ide kreatif untuk membuat gambar dan video yang dihasilkan menjadi tidak biasa. Konsep yang bagus akan dijadikan penunjang saat ingin memproduksi sebuah film atau video dengan begitu hasil film yang dihasilkan akan terlihat lebih menarik.

Broadcasting

Bagi seseorang yang bekerja dalam bidang broadcasting maka dapat juga menerapkan konsep ekonomi kreatif. Hal ini dikarenakan seseorang yang bekerja dalam bidang ini harus mampu menghibur para penonton seperti menciptakan kuis, game, infotainment, reality show dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, di jaman seperti saat ini semakin banyak acara atau tayangan yang dinilai kurang mendidik sehingga sangat penting bagi pelaku usaha dalam bidang ini untuk mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki ide kratif guna menayangkan acara yang bermutu yang tidak hanya menghibur penonton melainkan juga memberikan edukasi kepada para penontonya.

Game

Saat ini game dijadikan sebagai alasan pokok setiap orang untuk ajang hiburan. Biasanya game tertuju pada kalangan anak-anak hingga kalangan orang dewasa. Namun bagi beberapa game juga dapat dinikmati orang dewasa. Untuk menciptakan game yang menghibur maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif agar game yang diciptakan tidak hanya sebagai sarana hiburan melainkan juga sebagai sarana edukasi bagi penggunanya. Dengan demikian game yang dihasilkan tidak memiliki konotasi yang buruk dan mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap suatu game. Dengan begitu game juga tidak dapat memberikan pengaruh buruk terhadap penggunanya.

Musik

Sebagai pemusik haruslah menerapkan konsep ekonomi kreatif guna menghibur pendengarnya. Para musisi harus memiliki ide kreatif saat menciptakan sebuah lagi agar lagu ciptaannya tidak hanya menciptakan sebuah lagu saja melainkan membuat lagu tersebut disukai dan dinikmati para penikmat musik.

Pedagang barang seni

Sebagai pedagang barang seni, konsep ekonomi kreatif juga tidak lupa diterapkan. Hal ini dikarenakan barang seni berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif. Semua hal yang berbau seni tentu membutuhkan kreativitas tinggi baik itu lukisan, patung, hingga musik. Semua seniman tentu dapat menambahkan konsep ekonomi kreatif dalam kehidupan seni mereka baik itu dengan melelang hasil seninya atau melakukan pameran seni.

Itulah penjelasan lengkap tentang ekonomi kreatif. Dengan ini diharapkan masyarakat dapat memahami arti dari ekonomi kreatif dan mampu mempraktekkanya dalam menjalankan usahanya. Usaha yang berjalan dengan lancar adalah impian seluruh pelaku usaha. Namun, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kunci sukses menjalankan bisnis itu. Padahal, kunci sukses keberhasilan suatu usaha hanyalah percaya diri, tidak mudah menyerah, mampu mengatur keuangan dengan baik serta mau terus berinovasi. Dengan begitu maka usaha yang kita jalankan akan berjalan sesuai dengan yang diharakan.

Perkembangan ekonomi kreatif yang makin marak memang membawa banyak manfaat dan keuntungan. Sama halnya saat menggunakan produk yang tepat di perusahaan untuk mengontrol absensi karyawan. Misalnya melalui penggunaan produk JojoTimes. Yang mana produk ini akan membantu dalam upaya memantau kehadiran karyawan kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Selain itu produk ini membantu kinerja HRD yang lebih efektif dalam memantau dan menghitung cuti karyawan maupun potensi perkembangan keahlian karyawan di perusahaan.

Semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat beberapa fitur menarik dari JojoTimes. Fitur ini meliputi Attendance Clock-Out Validation (with Biometric Face Recognition & Geo-Tagging), Overtime with/without Approval (Calculation Based on Government Regulation), Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment (by Appointed User), Compressed Work Policy, dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur tersebut tentu Anda tidak perlu merasa ragu lagi. Mari segera jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan sistem absensi yang lebih efektif dan efisien hanya melalui penggunaan JojoTimes.