Perkembangan Ekonomi Kreatif Dan Aneka Manfaatnya di Indonesia

perkembangan ekonomi kreatif

Perkembangan ekonomi kreatif tampaknya semakin melejit di tanah air kita. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya usaha baru yang penuh dengan berbagai macam ide baru yang bersifat inovatif. Tentu saja hal ini dapat memberikan dampak positif bagi tanah air diantaranya adalah adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat di negara kita. Maka tak heran bila kreativitas individu semakin banyak dikembangkan agar pada akhirnya dapat mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi kreatif sendiri sebenarnya merupakan suatu konsep perekonomian yang berkembang di era ekonomi baru seperti sekarang ini. Dibutuhkan suatu ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka menuju keberhasilan industri kreatif.

Ciri Ekonomi Kreatif

Pada dasarnya perkembangan ekonomi kreatif ini memiliki beberapa ciri. Adapun ciri yang menonjol tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Kreasi intelektual

Pada dasarnya suatu kreasi intelektual menghasilkan beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain meliputi kreativitas dan keahlian serta talenta. Adanya kreativitas dan keahlian serta keahlian ini sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu baik kreativitas maupun keahlian dan juga talenta ini sebisa mungkin perlu ditingkatkan.

2. Mudah digantikan

Umumnya berbagai produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan memiliki siklus hidup yang cukup singkat. Berbagai produk yang tercipta ini memang mudah ditiru sehingga lebih mudah untuk tergantikan. Oleh karena itu inovasi dan kreativitas perlu terus dikembangkan agar selalu tercipta berbagai produk lainnya yang juga bisa diterima oleh pasar dan bermanfaat bagi konsumen.

3. Penyediaan langsung dan tidak langsung

Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tentu bertujuan untuk dipasarkan pada konsumen atau pelanggan. Dalam hal ini produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara langsung kepada para konsumen atau pelanggan. Atau produk kreatif yang telah dihasilkan ini juga bisa dipasarkan secara tidak langsung yaitu melalui segala hal yang berhubungan dengan konsumen dan pelanggan.

4. Butuh kerja sama

Dalam suatu industri kreatif diperlukan hubungan kerja sama yang terjalin secara baik di antara berbagai pihak yang bersangkutan dengan industri kreatif tersebut. Berbagai pihak yang berkaitan dengan industri kreatif antara lain seperti para pengusaha dan pemerintah yang mengatur kebijakan. Kerja sama dari para intelektual juga dibutuhkan untuk membantu proses pengembangan industri kreatif.

5. Berbasis pada ide

Adanya ide atau gagasan sudah tentu sangat diperlukan terutama dalam hal pengembangan industri kreatif. Segala sesuatu hal yang berhubungan dengan kreativitas akan selalu berhubungan dengan ide yang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu penciptaan produk baru di suatu perusahaan biasanya dilakukan dengan berbasis pada ide baru.

6. Tidak terbatas

Penciptaan produk baru yang kreatif biasanya turut memberikan kontribusi bagi pengembangan industri. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat diterima oleh pasar dan bisa berguna. Bahkan produk yang diciptakan diharapkan agar dapat digunakan secara tidak terbatas. Penggunaannya bisa dilakukan di berbagai macam bidang usaha yang ada di tanah air.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Perkembangan ekonomi kreatif juga bisa memberikan manfaat yang cukup luas, baik bagi masyarakat dan untuk perekonomian negara. Manfaat tersebut antara lain termasuk:

1. Membuka lapangan kerja

Kreasi dan inovasi yang Anda ciptakan dalam bidang ekonomi tentu akan memberikan dampak positif secara tidak langsung bagi masyarakat. Sebab dengan adanya kreativitas tersebut maka Anda bisa menciptakan suatu lapangan kerja yang bisa berguna bagi orang lain. Sebuah lapangan kerja memang bisa saja tercipta karena adanya ide kreatif dari pengusaha.

2. Mengurangi pengangguran

Dengan adanya lapangan kerja yang Anda ciptakan maka berarti pengangguran akan semakin berkurang. Lapangan kerja baru yang tersedia tentu akan menjadi ladang bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan keahlian dan kemampuannya dengan menjadi pekerja. Lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja pada akhirnya akan menekan jumlah pengangguran di tanah air.

3. Menciptakan masyarakat kreatif

Setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan sudah tentu akan semakin berkembang keahlian dan keterampilan serta kemampuannya. Tentu saja setiap orang yang bekerja akan menjadi semakin kreatif. Sebab setiap orang yang pekerja akan dituntut untuk terus berkarya sekaligus berprestasi. Dengan demikian maka pekerja akan semakin terlatih dan terbiasa untuk mengembangkan kreativitasnya.

4. Meningkatkan inovasi

Tidak hanya kreativitas saja yang dapat dikembangkan oleh seorang pekerja. Tetapi seorang pekerja juga bisa meningkatkan inovasinya. Peningkatan inovasi tampaknya tidakhanya berlaku bagi pekerja saja tetapi juga bagi pengusaha yang telah menciptakan lapangan kerja. Sebuah perusahaan atau lapangan kerja tentu harus dijalankan dengan berbagai inovasi di dalamnya agar bisa semakin berkembang.

5. Menjalani kompetisi

Dengan adanya penciptaan lapangan kerja maka Anda harus terus berinovasi dengan kreatif sehingga perusahaan Anda bisa bertahan. Anda juga bisa berkompetisi dengan sehat tentunya dengan disertai adanya berbagai ide kreatif. Penciptaan lapangan kerja baru yang membangkitkan ekonomi kreatif di tanah air menunjukkan adanya persaingan yang sehat bagi seluruh pebisnis tanah air.

Jenis Perkembangan Ekonomi Kreatif

Jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya ada berbagai macam jenis ekonomi kreatif yang tampaknya sekarang ini semakin berkembang. Salah satunya berupa adanya penggunaan media untuk meningkatkan proses pemasaran produk barang dan jasa yang dihasilkan. Bahkan sekarang ini proses pemasaran juga bisa dilakukan melalui media sosial yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Jenis lainnya yaitu arsitektur seperti misalnya adanya desain ruangan minimalis yang sangat sesuai untuk diterapkan di era masa kini. Ada pula kuliner yang rupanya berkembang dengan cepat sehingga penyajiannya tampak semakin unik dan menarik. Handicraft kini juga semakin berkembang seperti halnya kuliner. Rupanya berbagai produk yang dihasilkan kini dapat menarik jumlah permintaan pasar yang semakin meningkat.

Perkembangan ekonomi kreatif yang makin marak memang membawa banyak manfaat dan keuntungan. Sama halnya saat menggunakan produk yang tepat di perusahaan untuk mengontrol absensi karyawan. Misalnya melalui penggunaan produk JojoTimes. Yang mana produk ini akan membantu dalam upaya memantau kehadiran karyawan kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Selain itu produk ini membantu kinerja HRD yang lebih efektif dalam memantau dan menghitung cuti karyawan maupun potensi perkembangan keahlian karyawan di perusahaan.

Semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat beberapa fitur menarik dari JojoTimes. Fitur ini meliputi Attendance Clock-Out Validation (with Biometric Face Recognition & Geo-Tagging), Overtime with/without Approval (Calculation Based on Government Regulation), Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment (by Appointed User), Compressed Work Policy, dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur tersebut tentu Anda tidak perlu merasa ragu lagi. Mari segera jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan sistem absensi yang lebih efektif dan efisien hanya melalui penggunaan JojoTimes.