Perkembangan Teknologi Dengan Bermacam Dampak Positif Maupun Negatif

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan ada di sekitar kita. Kehidupan di zaman sekarang bahkan diwarnai dengan adanya teknologi yang semakin berkembang ini sehingga manusia mencapai suatu tingkatan yang disebut dengan istilah modern. Adanya internet dan berbagai kemudahan yang diberikan oleh internet ini merupakan salah satu contoh bukti nyata dari adanya teknologi yang semakin berkembang di sekitar kita. Teknologi sendiri sebenarnya digunakan manusia sebagai alat untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Jadi sebenarnya teknologi ini diciptakan dengan tujuan untuk semakin mempermudah seseorang dalam mendapatkan atau meraih tujuannya.

Teknologi dikembangkan dengan melibatkan ilmu dan akal sehat sehingga dibutuhkan pengetahuan serta inovasi untuk menciptakan teknologi. Kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini tentu tidak bisa dihindari. Di segala aspek kehidupan manusia saat ini pasti disertai pula dengan adanya perkembangan teknologi di dalamnya. Namun penggunaan teknologi ini sudah seharusnya dilakukan dengan tepat. Penggunaan dengan cara yang tepat akan membuat teknologi bisa difungsikan sesuai dengan harapan.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

Melalui adanya perkembangan teknologi, tentu akan terdapat banyak manfaat positif yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Manfaat ini antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan intensitas komunikasi.

Perkembangan teknologi yang semakin marak dan terjadi sangat pesat ini rupanya berguna dan bermanfaat terutama bagi sektor komunikasi. Sebagai contohnya yaitu adanya internet yang menjadi contoh nyata bahwa kini teknologi di dunia semakin berkembang. Dengan adanya internet ini maka setiap orang bisa melakukan komunikasi dengan orang lain sekalipun jaraknya saling berjauhan. Komunikasi bahkan tidak hanya bisa dilakukan melalui pengiriman pesan dan telepon saja tetapi sekarang Anda juga bisa berkomunikasi melalui video call. Bahkan banyak aplikasi video call yang bisa diunduh baik pada PC maupun pada gadget Anda.

2. Sebagai media pertukaran data.

Kini melakukan pertukaran data bisa dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Misalnya saja dengan menggunakan email atau juga bisa menggunakan newsgroup. Anda juga bisa menggunakan world wide web atau www yang merupakan jaringan untuk berbagai situs web. Jadi para pengguna internet yang ada di mana saja bahkan ada di seluruh dunia dapat melakukan proses tukar data dengan cara yang lebih cepat. Selain itu proses pertukaran data ini juga bisa dilakukan dengan biaya yang relatif lebih murah.

3. Memudahkan perolehan informasi.

Informasi mengenai berbagai hal apapun tentu penting bagi semua orang. Terutama bila informasi tersebut menyangkut kehidupan masa kini yang bisa berpengaruh pada orang banyak. Jika di zaman dahulu memperoleh informasi hanya bisa dilakukan dalam waktu yang cukup lama maka tidak sama halnya dengan masa kini. Sekarang ini Anda bisa memperoleh informasi dengan cara yang lebih cepat karena Anda bisa mendapatkannya melalui media berteknologi canggih. Informasi bisa diperoleh melalui internet dan Anda bisa mengaksesnya dengan sangat mudah kapan saja dan dimana saja.

4. Sarana bertransaksi dalam dunia bisnis.

Bisnis terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Kini bisnis semakin merambah ke berbagai bidang termasuk bidang jasa dan bahkan bidang kuliner ataupun handicraft. Perkembangan bisnis ini salah satunya disebabkan oleh adanya kemudahan dalam melakukan transaksi antara penjual dan pembeli. Kemudahan dalam bertransaksi ini rupanya semakin mempermudah jalannya bisnis sehingga bisnis semakin berkembang di tanah air.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Meskipun membawa dampak yang positif, ada pula dampak negatif yang dapat dibawa oleh perkembangan teknologi saat ini. Beberapa kemungkinan dampak negatif tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Membuat orang kecanduan.

Adanya perkembangan teknologi rupanya tidak hanya memberikan dampak yang baik saja pada masyarakat luas tetapi dampaknya juga bisa saja bersifat buruk. Salah satu dampak buruk atau dampak negatif dari berkembangnya teknologi adalah munculnya rasa kecanduan bagi seseorang. Pengguna teknologi canggih ini bisa saja bergantung pada teknologi sehingga waktu dan uangnya habis hanya untuk menikmati teknologi tersebut. Misalnya kecanduan game online yang membuat seseorang menjadi lupa akan hal lain karena hanya berfokus pada game online tersebut.

2. Menambah ide kejahatan.

Teknologi mungkin bisa saja membuat seseorang memperoleh informasi yang buruk. Seseorang bisa saja mendapatkan ide yang bersifat buruk atau jahat dan merugikan orang lain karena terisnpirasi dari apa yang dilihatnya melalui internet. Game online juga bisa saja menanamkan karakter yang buruk pada seorang anak sehingga anak berkembang menjadi pribadi dengan karakter yang tidak baik dan bahkan jahat. Ide untuk melakukan penipuan pada orang lain dan melakukan hal yang berbau pornografi juga bisa terjadi. Tampaknya hal buruk ini semakin meningkat seiring dangan berkembangnya zaman dan teknologi. Kejahatan cyber juga sedang marak terjadi karena adanya teknologi yang semakin canggih.

3. Peningkatan jumlah pengangguran.

Teknologi tidak hanya berdampak buruk pada individu saja tetapi juga bisa tejadi pada suatu badan atau lembaga atau perusahaan. Di zaman modern seperti sekarang ini tampaknya semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem komputasi. Tidak hanya sistem komputasi saja yang berkembang tetapi juga banyak industri manufaktur atau pabrik yang memanfaatan mesin teknologi canggih sebagai pengganti tenaga kerja. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan semakin berkurangnya tenaga kerja di dalam suatu perusahaan. Sebab pekerjaan yang awalnya dilakukan oleh manusia kini bisa dilakukan oleh aplikasi pada komputer atau gadget dan mesin berteknologi tinggi. Akhirnya jumlah pengangguran di suatu daerah akan meningkat.

4. Kualitas SDM menurun.

Perubahan sistem kerja pada perusahaan yang awalnya menggunakan tenaga manusia dan beralih pada penggunaan komputer serta mesin canggih akan menimbulkan pengangguran. Banyaknya pengangguran ini akan mambuat masyarakat menjadi malas dan tidak berkompeten. Demikian pula dengan anak-anak generasi penerus bangsa yang melihat kenyataan bahwa peluang kerja sekarang semakin sedikit berkaitan dengan adanya kemajuan di bidang teknologi. Anak menjadi malas belajar dan bahkan tidak memiliki cita-cita. Di samping itu anak lebih banyak menggunakan waktunya untuk menikmati teknologi seperti misalnya dengan menggunakan internet secara terus-menerus. Akibatnya SDM tidak lagi memiliki kualitas yang baik.

Memunculkan Dampak Positif Dari Perkembangan Teknologi

Tentunya setelah melihat informasi tentang dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi, pastinya ada banyak hal yang bisa disimpulkan. Termasuk memastikan untuk meraih seluruh dampak positif yang bisa diperoleh dengan mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Untuk mendapatkan manfaat yang positif ini, ada beberapa tips supaya efektif memperoleh hal tersebut. Beberapa caranya yaitu dengan jalan sebagai berikut.

Pemanfaatan Pada Bisnis

Supaya perkembangan pada bidang teknologi ini dapat membawa dampak yang baik dan positif, sebaiknya aplikasikan serta manfaatkan hal tersebut pada sektor bisnis dan usaha. Sehingga dengan demikian maka teknologi dapat menunjang kenaikan pada pendapatan bisnis yang dikelola. Misalnya sebagai sarana untuk media periklanan dan promosi. Atau untuk mempermudah proses transaksi dan jual beli pada bisnis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan melakukan pemanfaatan yang tepat tentunya perkembangan di sektor teknologi dapat memberikan manfaat positif yang lebih besar.

Sistematisasi Perusahaan

Penggunaan teknologi juga sangat tepat diterapkan pada sistem perusahaan atau bisnis yang dikelola. Jika di masa dahulu semua dilakukan secara manual, maka melalui adanya kemajuan di bidang teknologi otomatis banyak hal yang bisa dikerjakan secara lebih teratur, tersistem dan otomatis. Misalnya saja dari sistem pembayaran gaji karyawan, atau sistem absensi dan sistem akses data perusahaan.

Melalui teknologi komunikasi dan indsutrialisasi yang tersistem ini, maka seluruh kinerja divisi-divisi dalam bisnis dan perusahaan dapat berjalan lebih efektif. Menghemat waktu dan tenaga serta bahkan mampu membantu untuk menghemat biaya secara optimal. Dengan demikian beban operasional perusahaan juga makin sedikit dan keuntungan perusahaan dapat ditingkatkan lebih besar.

Sarana Pembelajaran

Perkembangan teknologi juga merupakan salah satu hal yang positif untuk membantu sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Di masa sekarang seluruh ilmu dan pengetahuan terbuka bebas untuk diakses kapan saja dan dimana saja. Asalkan dilakukan secara tepat dan melalui sistem yang sesuai. Sehingga mempermudah mereka yang berada dalam usia pelajar untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan tepat.

Supaya penggunaan informasi ini efektif, tentu saja sebaiknya manfaatkan seluruh teknologi terkait untuk memberikan akses informasi yang dibutuhkan. Misalnya menggunakan media internet sebagai salah satu sarana pembelajaran atau sebagai cara untuk mencari jawaban pada tugas sekolah. Bisa juga sebagai sarana edukasi untuk penelitian dan sarana pengembangan ilmu pengetahuan yang lainnya.

Mengatasi Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Selain berusaha untuk memunculkan dampak yang positif, dari sisi lainnya tentu saja harus berupaya untuk mengatasi potensi atau dampak negatif yang bisa terjadi. Beberapa cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan jalan mengikuti beberapa tips berikut di bawah ini.

Memberikan Pengarahan

Salah satu cara efektif yang dapat membantu mengatasi dampak negatif yang mungkin terjadi yaitu dengan jalan melakukan pengarahan pada para penggunanya. Berikan edukasi yang tepat dan memadai terutama dalam hal dampak positif dan kemungkinan dampak negatif yang bisa dialami. Sehingga dengan demikian nantinya pengguna jauh lebih berhati-hati dalam memutuskan langkah yang diambil saat memanfaatkan perkembangan yang ada. Termasuk bijaksana dalam melakukan pengelolaan data maupun penggunaan teknologi terkait yang terhubung dengan data-data rahasia. Contohnya pada data perusahaan yang bersifat internal dan tidak untuk dibagikan kepada pihak lain yang tidak diperbolehkan. Dengan demikian tentu potensi negatif dapat dihindarkan sejak awal.

Pengawasan Maksimal

Tentu saja melakukan pengawasan pada penerapan teknologi juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Tanpa pengawasan maka efek negatif akan lebih mudah untuk terjadi. Oleh sebab itu selalu paastikan bahwa penerapan teknologi ini dibarengi dengan pengawasan yang ketat dan sesuai. Sebagai contoh jika orang tua membiarkan anaknya menggunakan teknologi yang ada di masa sekarang, tentu saja harus dilakukan pengawasan yang terpadu setiap harinya.

Demikian pula saat perusahaan menerapkan teknologi baru pada bisnis dan usahanya. Hendaknya dibarengi oleh pengawasan yang maksimal. Sehingga potensi negatif bisa dicegah untuk tidak terjadi sejak dini. Dan pada akhirnya kemajuan dari sisi teknologi ini membawa perubahan yang baik untuk bisnis dan usaha yang dikelola.

Pemanfaatan Yang Tepat

Tentunya agar perkembangan teknologi dapat terhindari dari potensi efek negatif, maka juga dibutuhkan pemanfaatan yang tepat pada sasaran. Meskipun dalam hal ini sering kali terjadi kekurangan dalam pelaksanaannya. Namun dengan mencoba memanfaatkan teknologi secara tepat, maka tentu saja teknologi tersebut malahan akan mendatangkan keuntungan dari pada sisi negatifnya.

Oleh karena itu sebaiknya bijaksana memilih apa yang akan dilakukan dalam pemanfaatan teknologi yang tersedia. Apakah untuk keperluan bisnis maupun usaha, atau untuk kepentingan pendidikan. Arahkan supaya teknologi yang tersedia semaksimal mungkin digunakan untuk hal-hal positif yang penting untuk dikembangkan.

Penegakan Hukum

Semua kemudahan dalam mengontrol potensi dampak negatif dari sebuah perkembangan pada teknologi tentu tidak lain harus membutuhkan pengendalian dari sisi hukum. Oleh karena itu negara juga berperan dalam menegakkan peraturan yang terkait dengan teknologi dan perkembangannya tersebut. Salah satunya dengan jalan mengeluarkan serta mencetak peraturan itu sendiri lalu menerapkan pada masyarakat.

Tidak cukup hanya seperti itu saja, tetapi mekanisme pengawasan dari pihak terkait juga harus dipertimbangkan supaya dapat efektif mencegah potensi negatif dari penggunaan teknologi. Perlu dilakukan pengawasan oleh berbagai macam pihak, misalnya melakukan kontrol terhadap konten internet yang diakses oleh masyarakat. Sehingga dengan demikian ada perlindungan serta kekuatan hukum yang membantu mendisiplikan penggunaan teknologi agar tetap pada tempatnya dan kegunaannya saja.

Pro Kontra Perkembangan Teknologi di Masa Sekarang

Tentu saja dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai bidang, sering kali memicu beberapa pro maupun kontra dari masyarakat. Apalagi setelah meyakinkan diri melihat beberapa dampak yang mungkin terjadi di atas. Beberapa yang bersikap positif bisa jadi mendukung adanya teknologi dan penerapannya pada berbagai macam sektor. Terutama dalam mengembangkan bisnis serta usaha. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh para pebisnis dan pengusaha untuk memajukan bisnis berkat perkembangan dari teknologi yang dialami tersebut.

Namun di satu sisi banyak pula yang memberikan stigma negatif dan berpikir terlalu waspada ketika perkembangan teknologi mulai memasuki kehidupan dan segala bidang lainnya. Padahal dengan langkah yang tepat maka tentu saja dampak negatif yang mungkin terjadi tadi bisa diatasi dan diminimalkan potensinya. Sehingga tentunya dengan adanya kemajuan di bidang teknologi, maka bukan hanya memberikan sisi negatif saja, tetapi lebih besar memberikan sisi positif pada bidang-bidang terkait yang penting.

Dengan memanfaatkan perkembangan di dalam teknologi masa kini, tentu saja seluruh aspek kehidupan dapat meningkat lebih baik. Bisnis semakin maju, pengetahuan juga makin berkembang. Sehingga di satu sisi juga membantu negara lebih bertumbuh dan mengarah pada pertumbuhan yang positif juga.

Tentu saja perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa membawa dampak positif dan negatif. Lain halnya dengan pengaturan kehadiran karyawan melalui produk penunjang yang sesuai. Contohnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk yang satu ini, ada banyak manfaat mulai dari sistem absensi yang terkontrol hingga jatah cuti karyawan yang tercatat dengan baik.

Semua ini berkat beberapa fitur menarik dalam JojoTimes, seperti misalnya yaitu fitur Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu segera saja jadwalkan coba gratis JojoTimes. Rasakan kelebihan dan manfaat produk ini dalam menunjang aktivitas kerja tim HRD perusahaan Anda.