Perpanjangan Masa Percobaan, Bagaimana Menyikapinya?

perpanjangan masa percobaan

Menjadi karyawan baru pada sebuah perusahaan tentu merupakan pengalaman menyenangkan yang bisa jadi untuk pertama kalinya, namun bisa juga untuk kesekian kalinya. Bagi karyawan yang baru saja bekerja, perpanjangan masa percobaan di awal bergabung dengan perusahaan bisa saja bukan hal yang perlu ditanyakan. Namun bagi karyawan senior yang telah mengenyam berbagai macam perusahaan, hal ini bisa menjadi pertanyaan penting. Mengapa dan apa tolok ukur perusahaan hingga melakukan hal tersebut? Padahal tidak ada aturan baku tentang hal yang satu ini. Nah, karyawan muda yang baru saja lulus, hati-hati bila perusahaan mengajukan perpanjangan masa percobaan. Sebaiknya simak dulu informasi berikut ini supaya tidak terjebak dalam kondisi tersebut!

Dasar Masa Percobaan Karyawan

Hal pertama yang perlu diketahui oleh karyawan, terutama jika baru saja bekerja yaitu peraturan tenaga kerja yang berlaku. Sebaiknya baca sedetail mungkin untuk mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban karyawan. Demikian halnya peraturan perusahaan, sebaiknya mintalah informasi tersebut sejak awal bekerja supaya dapat mengetahui mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Dengan demikian hal ini sedikit banyak membantu supaya karyawan bisa mengetahui apa saja dasar dari yang ditetapkan oleh perusahaan.

Demikian halnya dengan perpanjangan masa percobaan karyawan yang baru saja bergabung. Pada intinya undang-undang tidak menyebutkan adanya kriteria tersebut bagi seorang karyawan. Sehingga jika perusahaan melakukan hal tersebut, tentu saja tidak ada dasar yang tepat dan benar. Di sini karyawan berhak untuk menolak dan mengajukan sistem kepegawaian yang diatur oleh undang-undang tenaga kerja sepenuhnya. Langkah lainnya bisa juga dengan menanyakan alasan hal tersebut dilakukan dan mencari tahu status kepegawaian selanjutnya.

Alasan Perusahaan Melakukan Perpanjangan Masa Percobaan

Tentu saja ada banyak alasan yang bisa saja menjadi dasar dari perpanjangan masa percobaan seorang karyawan. Bahkan sering kali berupa hal-hal yang tidak disadari sepenuhnya. Berikut ini beberapa alasan yang umum dilakukan perusahaan saat mengajukan perpanjangan masa percobaan.

  • Kompetensi Karyawan Yang Kurang Sesuai
    Perusahaan bisa saja menilai bahwa karyawan tersebut masih belum memenuhi standar dan kriteria yang ditetapkan. Sehingga pada akhirnya mencari tahu lebih lanjut apakah ke depan hal tersebut bisa ditoleransi dengan baik. Terutama pada karyawan yang baru saja bekerja dan masih belum berpengalaman. Ada banyak poin kelemahan yang biasanya ingin diketahui perusahaan lebih detail supaya dapat memutuskan langkah yang paling sesuai.
  • Mempermudah Sistem Perekrutan Karyawan
    Perpanjangan masa percobaan juga merupakan salah satu langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka menghindari merekrut karyawan baru dari awal kembali. Sementara di satu sisi perusahaan tidak bisa membiarkan semua karyawan percobaan diangkat dan menjadi bagian dari karyawan permanen atau tetap. Dengan memperpanjang masa percobaan, maka perusahaan tetap mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. Namun di satu sisi tidak perlu repot melakukan sistem perekrutan terus menerus yang menghabiskan waktu dan tenaga.
  • Meminimkan Fasilitas Karyawan
    Ada kalanya perusahaan berusaha untuk mencari alasan dalam meminimkan fasilitas yang bisa dan berhak didapatkan oleh karyawan. Seperti yang banyak diketahui umumnya fasilitas karyawan yang sedang dalam masa percobaan akan jauh lebih minimalis dan lebih sedikit. Sehingga dengan demikian maka perusahaan tidak membuang banyak dana untuk mempekerjakan karyawan yang belum diketahui kualitas dan hasil kerjanya. Dengan memperpanjang masa percobaan juga secara tidak langsung membiarkan pendapatan karyawan di bawah para pegawai tetap yang telah diangkat.
  • Mencari Kandidat Terbaik
    Perpanjangan masa percobaan juga merupakan salah satu langkah perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang paling tepat dan terbaik. Sehingga nantinya hal ini menguntungkan pihak perusahaan dalam hal mendapatkan karyawan yang paling kompeten dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Tips Lolos Masa Percobaan

Tentu saja adalah harapan dari semua karyawan untuk bisa lolos dari masa percobaan dan memperoleh kesempatan untuk menjadi pegawai tetap. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya tidak terkena perpanjangan masa percobaan dan memperoleh kesempatan untuk diterima sepenuhnya. Supaya hal ini terjadi, simak berikut beberapa tips yang mudah diterapkan.

  • Datang Tepat Waktu
    Disiplin adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu perhatikan kapan waktu harus sudah berada di kantor, kapan waktu istirahat dan kapan waktu untuk pulang. Disiplin dalam hal yang sederhana ini bisa memberikan kunci sukses lolos masa percobaan dan diterima sebagai karyawan tetap. Karena kebanyakan perusahaan tentunya lebih suka memilih karyawan yang disiplin daripada yang tidak.
  • Bekerja Efisien
    Cobalah untuk bekerja secara lebih efisien. Dalam arti bekerja secara maksimal di jam kerja dan usahakan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa harus mengajukan tambahan jam kerja atau lembur. Banyak perusahaan lebih suka mempekerjakan calon pegawai yang cara kerjanya efektif dan efisien. Karena secara keseluruhan hal ini artinya membantu perusahaan lebih optimal dan lebih ekonomis di saat yang bersamaan.
  • Tingkatkan Produktivitas
    Upayakan untuk meningkatkan produktivitas setinggi mungkin. Hal ini bermanfaat untuk memberikan pandangan pada perusahaan tentang pencapaian dan sistem kerja yang telah dilakukan oleh karyawan. Di perusahaan manapun karyawan yang lebih produktif umumnya akan lebih mudah disukai daripada yang tidak. Sehingga dengan menunjukkan produktivitas yang positif, maka masa percobaan umumnya bisa dilalui dengan mudah.
  • Tunjukkan Kemampuan
    Sebaiknya jangan malu untuk unjuk gigi dan menunjukkan kemampuan di hadapan atasan. Bukan berarti pamer atau menjadi sombong. Tetapi menunjukkan kesanggupan menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang penting jika ingin lolos dari perpanjangan masa percobaan. Sehingga dengan mengetahui kemampuan yang sebenarnya, tentu perusahaan akan jauh lebih tertarik untuk melihat sejauh mana karyawan bisa bekerja optimal.

Pada dasarnya perpanjangan masa percobaan bukan hal yang menyenangkan untuk diterima karyawan. Di satu sisi perusahaan juga membuang banyak waktu dengan melakukan hal tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan sistem yang lebih praktis dan efisien dalam hal pengelolaan karyawan. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes yang merupakan sistem terbaik dalam mengelola data karyawan serta melakukan pengecekan absensi karyawan selama masa percobaan berlangsung.
JojoTimes ini dilengkapi oleh berbagai macam fitur menarik untuk dicoba. Misalnya saja fitur-fitur hebat berikut ini:

  • Integrated Attendance System
  • Check In And Check Out Monitoring
  • Task Management Tools
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan JojoTimes, maka tentunya perusahaan dapat bekerja jauh lebih efektif dan efisien. Terutama mengawasi karyawan dalam masa percobaan termasuk melihat status kepegawaian dan masa kontrak kerja karyawan. Sehingga hal ini bisa membantu perusahaan untuk lebih optimal melihat calon karyawan yang berpotensi maupun yang tidak. Jangan buang waktu percuma melakukan semuanya secara manual. Lakukan coba gratis di perusahaan Anda dan mulailah beralih pada JojoTimes. Dengan demikian maka sistem kerja karyawan HRD akan jauh lebih optimal.