Penjelasan Lengkap Tentang Persamaan Dasar Akuntansi

Berbicara tentang akuntansi tentu banyak hal yang dapat kita pelajari dan cermati dari salah satu ilmu yang dianggap paling rumit ini. Ilmu yang banyak mempelajari tentang uang ini adalah ilmu yang bergerak dalam berbagai bidang perencanaan. Secara umum akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai jenis hal yang berhubungan dengan sistem pelayanan, penafsiran hingga pengelompokkan berbagai bentuk masalah keuangan yang memberikan banyak sekali dokumen penting untuk banyak kalangan. Sering kali hal ini diartikan sejenis dengan persamaan dasar akuntansi. Terdapat beberapa hal yang berbeda tentang definisi dan tata cara untuk menghitung berbagai kombinasi angka.

Dalam dunia akuntansi dan penghitungan keuangan global persamaan dasar dalam akuntansi merupakan hubungan antara aset, kewajiban dan ekuintas dari sebuah bisnis ataupun perusahaan. Hal ini mengacu pada dasar pembukuan berpasangan yang biasa digunakan oleh para akuntan. Pasangan yang dimaksud dalam persamaan ini adalah pasangan kredit dan debit. Dalam dunia pembukuan akuntansi, angka antara debit dan kredit harus lah seimbang. Angka yang keluar harus seimbang dengan pemasukan yang di dapatkan. Hal ini lah inti dari persamaan dasar akuntansi.Ketika mampu menyamakan antara pemasukan dan pengeluaran maka prinsip akuntansi telah dilakukan secara sempurna. Berbagai jenis akuntansi juga turut mempengaruhi rumus-rumus persaman dasar yang biasanya digunakan untuk melakukan setiap kegiatan yang berhubungan dengan penghitungan keuangan.

Penerapan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Dalam pelaksanaan persamaan dasar akuntansi, biasanya diterapkan untuk berbagai macam hal. Penerapan ini digunakan tak hanya untuk bisnis saja tetapi juga untuk kalangan biasa yang menginginkan pembukuan yang terstruktur dan sangat jujur. Persamaan dasar pada bidang akuntansi ini akan memberikan banyak peluang penerapan sehingga menjadi salah satu hal penting yang harus dipahami oleh setiap akuntan. Berikut beberapa hal yang menggunakan rumus persamaan dasar dalam bidang akuntansi adalah:

  1. Laporan keuangan

Salah satu penerapan dasar pada persamaan dasar bidang akuntansi adalah laporan keuangan. Laporan keuangan ini meliputi banyak hal. Tidak hanya laporan perusahaan saja,tetapi banyak instansi lain yang juga menggunakan laporan keuangan. Di hampir setiap segi kehidupan dan kegiatan ekonomi masyarakat selalu membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan ini meliputi jumlah masuk saldo dan jumlah keluar. Kedua hal ini harus sama agar sesuai dengan prinsip sadar dunia akuntansi. Penerapan laporan keuangan ini digunakan untuk berbagai hal dan mencakup semua kalangan. Sekolah, toko bahkan rumah tangga juga memerlukan laporan keuangan. Penerapan persamaan dasar dalam hal laporan keuangan ini tentu menjadi salah satu hal utama

  1. Pembukuan

Hal lain yang juga penting dalam penerapan persamaan akuntansi adalah masalah pembukuan. Pembukuan ini biasanya ada dalam setiap perusahaan. Pembukuan dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan laporan rekening perusahaan antara pemasukan dan pengeluaran. Pembukuan dilakukan untuk mendapatkan data-data yang bisa digunakan untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukan untuk sebuah perusahaan. Dan biasanya akan berbentuk laporan pertanggung jawaban. Tujuan utama penggunaan persamaan dasar akuntansi pada laporan pembukuan adalah untuk memastikan debit dan kredit selalu seimbang disertai dengan laporan yang jelas keluarnya dana pada perusahaan.

  1. Laba atau keuntungan

Salah satu penerapan dari sistem persamaan akuntansi adalah pada laba atau untung. Keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan akan menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan. Tetapi menghitung keuntungan atau laba dari suatu perusahaan tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Keuntungan atau laba bisa di hitung menggunakan layanan dalam penerapan persamaan akuntansi. Dengan menggunakan prinsip dasar ini maka perusahaan dapat menghitung keuntungan yang harusnya mereka dapatkan. Jika keuntungan tidak sesuai dengan perkiraan maka hal tersebut sangat patut untuk dipertanyakan.

  1. Investasi

Hal terakhir yang menggunakan penerapan persamaan dasar adalah investasi. Investasi ini adalah proses melakukan penanaman modal dan mendapatkan keuntungan dengan jangka waktu tertentu. Proses melakukan investasi juga harus melalui penerapan persamaan dasar. Hal ini untuk menghitung jumlah keuntungan yang bisa di dapatkan ketika melakukan investasi. Jumlah keuntungan harus bisa melebihi modal yang ditanamkan ketika melakukan investasi. Hal ini pula yang membuat persamaan dasar ilmu akuntansi sangat bermanfaat.

Unsur-Unsur Yang Terdapat Dalam Rumus Persamaan Akuntansi

Selain penerapan-penerapan tersebut, terdapat pula unsur-unsur yang turut menjadi bagian tak terpisahkan dari para persamaan dasar ini. Berbagai unsur ini lah yang akan dihitung dan menjadi salah satu referensi utama atau hal utama ketika menentukan sebuah laporan. Berikut unsur-unsur persamaan dasar akuntansi:

  1. Asset

Aset merupakan hal yang kita miliki. Kepemilikan ini bisa berupa sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang mana perusahaan tersebut mendapatkan asset dari pembelian dan juga dari banyak jalan lain. Asset ini adalah sesuatu yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok yang mana ada pengakuan bahwa hal tersebut adalah miliknya atau milik mereka. Asset pada sebuah perusahaan bisa dimanfaatkan untuk tahun-tahun selanjutnya ataupun untuk banyak hal tak terduga di masa depan. Asset juga akan memberikan keuntungan ataupun manfaat bagi pemiliknya.

  1. Hutang

Hal ini adalah salah satu hal yang berhubungan langsung dengan asset perusahaan. Hutang ini adalah kewajiban dasar yang harus dipenuhi dan dibayarkan. Hutang ini merupakan hasil dari pengorbanan perusahaan untuk mencapai skala tertentu. Hutang menjadi salah satu hal wajib yang harus dibayarkan karena dengan hutang tersebut dapat membuat perusahaan lebih maju. Hutang juga bisa diperkecil dengan menggunakan persamaan dasar dari akuntansi.

  1. Prive

Prive ini hampir sama seperti hutang tetapi dalam skala penggunaan pribadi. Prive ini biasanya digunakan oleh orang-orang dalam perusahaan yang menginginkan bantuan dana. Prive ini juga harus benar-benar diperinci menggunakan persamaan dasar akuntansi karena jika terus dibiarkan maka akan berdampak pada modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Unsur-unsur tersebut dapat secara langsung di masukkan dalam rumua guna mencari kombinasi angka yang tepat. Berbeda halnya dengan banyak unsur lain, ketiga unsur tersebut adalah unsur utama ketika ingin mendapatkan hasil laporan yang akurat. Rumus yang paling mudah untuk menentukan harta atau asset adalah, asset =modal

Sedangkan rumus yang digunakan untuk mencari harga adalah modal + hutang.  Modal yang ditambah dengan hutang ini lah yang dapat menentukan harga pasaran dari sebuah produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Harga sebuah produk pasti akan ditentukan melalui modal yang digunakan dan keuntungan yang ingin didapatkan. Selain itu terdapat satu rumus lain yang juga penting. Rumus tersebut adalah perolehan harta. Harta bisa didapatkan ketika hutang + modal + pendapatan + beban. Setelah semua hal dijadikan satu maka akan jadilah harta yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Karen hal ini lah banyak orang rela mempelajari ilmu akuntansi dan persamaan dasar nya agar tidak mengalami kerugian ketika melakukan kegiatan bisnis.