Perseroan Terbatas vs Perusahaan Perseorangan

Perusahaan

Tau gak sih, sebenarnya sebuah warung masih dapat disebut sebagai perusahaan? Atau tahukah kamu dari mana sebuah perseroan terbatas mendapatkan modal usahanya? Sebenarnya ada banyak bentuk usaha yang ada di Indonesia. Tetapi pada tulisan ini akan kita membahas dua bentuk usaha saja. Yang pertama adalah bentuk usaha yang paling sederhana yaitu Perusahaan Perseorangan, sedangkan yang selanjutnya adalah Perseroan Terbatas.

Perusahaan Perseorangan

Adalah suatu badan usaha yang dimiliki oleh perseorangan, dapat didirikan oleh perseorangan tanpa izin atau tata cara tertentu, perusahaan ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Cara mendirikan perusahaan secara perseorangan cukup mudah karena tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu perusahaan perseorangan tidak memiliki kewajiban pajak yang rumit seperti perusahaan besar.

Karena pendiriannya mudah dan modalnya termasuk kecil, maka keuntungan yang didapat oleh perusahaan perseorangan juga terhitung kecil. Tetapi jika kamu berhasil membuat keuntungan yang sangat besar maka keuntungan tersebut akan kamu nikmati sendiri. Perusahaan ini  memiliki risiko yang besar dalam hal tanggung jawab, tetapi melihat dari segi pengelolaannya, kamu dapat lebih bebas karena tidak terikat oleh siapapun. Keuntungannya usaha menjadi milik kamu.

Tanggung jawab pemilik perusahaan perseorangan tidak terbatas, walaupun kelihatannya menyenangkan karena jika kamu adalah pemiliknya, maka kamu bebas melakukan apapun. Namun hal ini bisa menjadi bumerang, jika ada kerugian atau kesalahan yang fatal, maka kamu akan menanggungnya sendiri.

Karena dimiliki oleh perseorangan dan tidak bermodalkan secara besar, biasanya perushaan perseorangan tidak mempekerjakan banyak SDM (Sumber Daya Manusia). Pemantauan yang dibutuhkan, terutama pemantauan SDM dan finansial/keuangan tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena skalanya tidak terlalu besar.

Usahan yang masuk dalam kriteria ini misalnya Toko Kelontong, Warung Bakso, dan Isi Ulang Air Minum.

POIN PENTING

  • Perusahaan perseorangan adalah bisnis tidak berbadan hukum dengan hanya satu pemilik yang membayar pajak penghasilan pribadi atas keuntungan yang diperoleh.
  • Perusahaan perseorangan mudah didirikan dan dibongkar, karena kurangnya keterlibatan pemerintah, membuatnya populer di kalangan pemilik usaha kecil dan kontraktor.
  • Banyak perusahaan perseorangan akhirnya direstrukturisasi menjadi LLC, selaras dengan ekspansi perusahaan.

Perusahaan Perseorangan adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Memahami Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan sangat berbeda dari korporasi (perseroan terbatas), perseroan terbatas (LLC), atau kemitraan tanggung jawab terbatas (LLP), karena tidak ada badan hukum terpisah yang dibuat. Akibatnya, pemilik bisnis dari perseorangan tidak dibebaskan dari kewajiban yang ditimbulkan oleh entitas.

Misalnya, hutang perusahaan perseorangan juga merupakan hutang pemiliknya. Namun, keuntungan dari kepemilikan perseorangan juga merupakan keuntungan pemiliknya, karena semua keuntungan mengalir langsung ke pemilik bisnis.

Manfaat utama dari kepemilikan perseorangan adalah keuntungan pajak pass-through yang disebutkan sebelumnya, kemudahan pembuatan, dan biaya pembuatan dan pemeliharaan yang rendah. Kerugian dari kepemilikan perseorangan adalah kewajiban tidak terbatas yang melampaui bisnis kepada pemiliknya, dan kesulitan mendapatkan pendanaan modal, khususnya melalui saluran yang mapan, seperti menerbitkan ekuitas dan memperoleh pinjaman bank atau jalur kredit.

Jadi, pengusaha memulai sebagai entitas dengan kewajiban tidak terbatas. Saat bisnis tumbuh, mereka sering beralih ke entitas dengan kewajiban terbatas, seperti LLC atau LLP, atau korporasi — misalnya, S Corp, C Corp, atau Benefit Corp.

Pengertian Perusahaan Perseorangan, Ciri, Contoh Usaha Perseorangan

Pertimbangan Khusus

Biasanya, ketika pemilik tunggal berusaha memasukkan bisnis, pemiliknya merestrukturasinya menjadi LLC. Agar ini berfungsi, pemilik harus terlebih dahulu menentukan bahwa nama perusahaan tersedia. Jika nama yang diinginkan gratis, artikel organisasi harus diajukan ke kantor negara tempat bisnis akan berbasis.

Setelah dokumen diajukan, pemilik bisnis harus membuat perjanjian operasi LLC, yang menentukan struktur bisnis. Terakhir, nomor identifikasi pemberi kerja (EIN), serupa dengan nomor Jaminan Sosial untuk bisnis, harus diperoleh dari Internal Revenue Service (IRS).

Contoh Perusahaan perseorangan

Sebagian besar bisnis kecil dimulai sebagai perseorangan tetapi akhirnya berkembang menjadi struktur hukum yang berbeda seiring berjalannya waktu dan perusahaan tumbuh. Misalnya, pada tahun 2005, Kate Schade memulai perusahaannya, Kate’s Real Food, sebagai pemilik tunggal. Perusahaan membuat dan menjual batang energi, dan dimulai sebagai vendor lokal di kampung halaman Schade di Victor, Idaho. Perusahaan perseorangan menjual batang energinya di pasar petani lokal dan kemudian memperluas penjualan secara online dan ke beberapa akun di Jackson, Idaho.

Sejak 2005, Kate’s Real Food telah berkembang untuk memasok akun di seluruh negeri. Dia merestrukturisasi bisnis dari kepemilikan perseorangan menjadi korporasi untuk melakukan investasi dan ekspansi, yang merupakan langkah alami untuk bisnis yang sedang berkembang.

Dari penjelasan di atas, maka kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan sebuah perusahaan perseorangan, yaitu:

Kelebihan

  • Pengambilan keputusan lebih cepat, karena diurus sendiri.
  • Mudah memulai usaha.
  • Tidak membutuhkan modal yang besar.
  • Tidak sulit mengurus perizinan.
  • Pemantauan yang dilakukan tidak rumit.

Kekurangan

  • Keuntungan yang dihasilkan tidak terlalu besar.
  • Risiko ditanggung sendiri jika rugi/ada kesalahan fatal.
  • Keberlangsungan usaha tergantung modal pemilik.
  • Tidak ada bantuan modal dari luar.

Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu membandingkannya dengan sebuah badan usaha yang lebih besar. Perusahaan yang lebih besar dapat dipastikan lebih akan lebih sulit dalam melakukan pemantauan, ini terjadi karena banyaknya pihak yang terlibat dalam proses menjalankan usahanya.

Salah satu bentuk usaha yang besar, rumit, melibatkan banyak orang misalnya Perseroan Terbatas atau PT.

Perseroan Terbatas

Sekarang ayo kita bahas perusahaan yang lebih besar lagi, yaitu Perseroan Terbatas!

Perseroan Terbatas atau yang biasa kita ketahui lewat singkatan (PT) adalah sebuah perusahaan berbadan hukum, modal dari perseroan terbatas ini terdiri dari saham-saham dan obligasi. Karena modalnya berupa saham atau obligasi yang dijual, maka pemodal dari perseroan terbatas biasanya terdiri lebih dari satu orang.

Tanggung jawab dalam perseroan terbatas dipegang oleh pemilik saham. Tetapi tanggung jawab yang diemban didasari oleh saham yang dimiliki di perseroan terbatas tersebut.

Walaupun pemegang saham bertanggung jawab atas kelangsungan sebuah perseroan terbatas, tetapi perseroan terbatas biasanya dipimpin oleh direksi. Para pemegang saham dapat menggunakan kekuasaannya sekaligus sebagai bentuk kekuasaan tertinggi dalam perseroan terbatas melalui “Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)” yang biasanya dilangsungkan satu atau dua kali dalam satu tahun.

POIN PENTING

  • Perusahaan Terbatas (PT) adalah istilah umum untuk jenis organisasi bisnis di mana aset dan pendapatan pemilik terpisah dan berbeda dari aset dan pendapatan perusahaan; dikenal sebagai tanggung jawab terbatas.
  • Karena itu, potensi kerugian pemilik terbatas pada apa yang telah mereka investasikan sementara aset dan pendapatan pribadi tidak dibatasi.
  • Beberapa variasi perusahaan terbatas ada di seluruh dunia dan diikuti oleh singkatan standar termasuk Ltd., PLC, LLC, dan AG untuk beberapa nama.

Ulasan lengkap : Arti dan Ciri Personalitas Perseroan Terbatas

Bagaimana Perusahaan Terbatas Bekerja?

Sebagaimana diketahui, dalam perseroan terbatas, aset dan hutang perusahaan terpisah dari pemegang saham. Akibatnya, jika perusahaan mengalami financial distress karena aktivitas bisnis yang normal, maka aset pribadi pemegang saham tidak akan berisiko disita oleh kreditor.

Kepemilikan di perusahaan terbatas dapat dengan mudah dialihkan, dan banyak dari perusahaan ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Tidak seperti perusahaan publik, di mana setiap orang dapat membeli saham, keanggotaan dalam perseroan terbatas diatur oleh peraturan dan hukum perusahaan.

Perusahaan terbatas dapat “dibatasi oleh saham” atau “dibatasi oleh jaminan.” Ketika dibatasi oleh saham, sebuah perusahaan dimiliki oleh satu atau lebih pemegang saham dan dikelola oleh setidaknya satu direktur. Dalam batasan pengaturan penjaminan, suatu perusahaan dimiliki oleh satu atau lebih penjamin dan dikelola oleh setidaknya satu direktur.

Manfaat utama perseroan terbatas adalah pemisahan aset dan pendapatan dari perseroan terbatas dan pemilik serta investor melalui perseroan terbatas . Ini berarti bahwa jika sebuah perusahaan bangkrut, pemegang saham hanya dapat kehilangan sebanyak investasi awal mereka dan tidak lebih; kreditor atau pemangku kepentingan lainnya tidak dapat mengklaim aset atau pendapatan pribadi pemilik. Karena kewajiban terbatas, investor lebih bersemangat untuk mengambil risiko modal karena kerugian mereka terbatas dalam pengertian itu.

Perseroan Terbatas (PT) - legalitasperizinan.com Perseroan Terbatas (PT)

Manfaat Perusahaan Terbatas

  • Mengarsipkan sebagai perusahaan terbatas hadir dengan sejumlah manfaat. Mereka termasuk:
  • Perusahaan terbatas dan orang-orang yang menjalankannya berbeda secara hukum.
  • Struktur perusahaan terbatas menyediakan firewall antara keuangan perusahaan dan pemiliknya.
  • Perusahaan terbatas diizinkan untuk memiliki aset dan mempertahankan keuntungan apa pun yang dihasilkan setelah pajak.
  • Perusahaan terbatas dapat membuat kontrak sendiri.

Untuk mendapatkan hak istimewa, perusahaan terbatas di Inggris Raya harus membayar berbagai pajak, seperti pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak keuntungan modal, dan harus berkontribusi pada Asuransi Nasional. Perusahaan terbatas di Inggris menerima perlakuan pajak yang menguntungkan setelah pendapatan mereka mencapai ambang tertentu. Tarif pajak perusahaan adalah tarif tetap 19%.

Sebagai perbandingan, bisnis tidak berbadan hukum , seperti  perseorangan dan kemitraan tradisional , tidak memberikan batasan penuh pada kewajiban bagi pemiliknya karena tidak ada perbedaan hukum antara bisnis dan pemiliknya. Jika bisnis semacam itu bangkrut, pemiliknya akan bertanggung jawab atas utangnya.

Perizinan Perseroan Terbatas (PT) – Grace Claudia

Variasi Perusahaan Terbatas

Struktur perusahaan terbatas dikodifikasi di banyak negara, meskipun peraturan yang mengaturnya dapat sangat berbeda dari satu negara ke negara lain. Misalnya, di Inggris Raya, terdapat perusahaan terbatas swasta dan perusahaan terbatas publik.

Perusahaan terbatas swasta tidak diizinkan untuk menawarkan saham kepada publik. Namun, mereka adalah struktur paling populer untuk bisnis kecil. Perusahaan terbatas publik (PLC) dapat menawarkan saham kepada publik untuk meningkatkan modal. Saham tersebut dapat diperdagangkan di bursa saham setelah ambang nilai total saham terpenuhi (setidaknya GBP 50.000). 2 Struktur seperti itu banyak digunakan oleh perusahaan besar.

Di Amerika Serikat, perusahaan terbatas lebih dikenal sebagai korporasi (Corp) atau berbadan hukum (Inc.). Beberapa negara bagian mengizinkan penggunaan Ltd. (terbatas) setelah nama perusahaan. Penunjukan seperti itu tergantung pada pengajuan dokumen yang benar; hanya menambahkan sufiks ke nama perusahaan tidak memberikan perlindungan kewajiban apa pun. Perusahaan terbatas di AS diwajibkan untuk mengajukan pajak perusahaan setiap tahun kepada regulator. Perseroan terbatas memiliki struktur yang berbeda.

Banyak negara membedakan antara perusahaan terbatas publik dan swasta. Misalnya, di Jerman, penunjukan Aktien Gesellschaft (AG) adalah untuk perusahaan terbatas publik yang dapat menjual saham ke publik sedangkan GmbH adalah untuk perusahaan terbatas swasta yang tidak dapat menerbitkan saham.

Perseroan terbatas mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan, yuk kita lihat kekurangan dan kelebihannya!

Kelebihan

  • Merupakan badan hukum, lebih terjamin kelangsungannya walaupun berganti pemilik.
  • Pemindahan sahan dari satu orang ke orang lainnya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Karena mudah memindahkan saham, maka mudah mendapatkan modal.
  • Melibatkan banyak orang terutama yang memiliki keahlian khusus.

Kekurangan

  • Mendirikannya membutuhkan biaya yang besar.
  • Sulit pendiriannya karena diatur peraturan perundang-undangan.
  • Memiliki kewajiban untuk membayar pajak yang agak rumit prosesnya.
  • Pengambilan keputusan dalam keadaan genting memerlukan waktu (harus lewat RUPS).

Tidak hanya itu saja, perseroan terbatas dapat dibagi menjadi beberapa jenis, dimana tiap jenisnya mempunyai keunikan tersendiri. Bentuk-bentuk dari perseroan terbatas yaitu:

PT Terbuka

PT terbuka adalah sebuah perseroan terbatas yang menjual sahamnya ke khalayak umum melalui pasar modal sehingga setiap orang berhak untuk membeli serta memiliki saham di perusahaan tersebut. Biasanya ditandai dengan tulisan “Tbk” di belakang nama perusahaannya. Istilah keren dari perusahaan tertutup yang kemudian menjual sahamnya di pasar modal adalah “go-public”.

Beberapa contoh PT terbuka yaitu:

  1. PT. Bank Central Asia Tbk.
  2. PT. Bluebird Tbk.
  3. PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

PT Tertutup

PT tertutup adalah perseroan terbatas yang sahamnya tidak dijual secara umum. Biasanya PT tertutup hanya menjual saham atau mendapatkan modal dari kalangan tertentu saja, misalnya kerabat atau keluarga. Atau melalui pemodal yang menawarkan dirinya secara langsung untuk mendanai perusahaan tersebut secara pribadi.

Beberapa contoh PT tertutup yaitu:

  1. PT. Global Digital Niaga.
  2. PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa.
  3. PT. Trinusa Travelindo.

PT Kosong

Adalah sebuah perseroan terbatas yang memiliki izin usaha atau izin lainnya, tetapi perseroan tersebut belum menjalankan kegiatan usahanya karena berbagai alasan.

Karena skalanya besar, maka orang yang terlibat biasanya juga banyak. Selain itu dengan adanya beberapa penanggung jawab maka harus ada pelaporan yang sama dan dapat diakses oleh setiap pemilik saham (penanggung jawab).

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa mengawasi dan memulai sebuah perusahaan perseorangan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus perseroan terbatas. Besarnya bentuk usaha, orang yang terlibat, dan ketentuan hukum yang ada menjadikan pengawasan pada sebuah perseroan terbatas lebih rumit dan memakan waktu, tetapi hal tersebut sebenarnya dapat diatasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan JojoExpense.

Jojo Expense Mempermudah Pengelolaan dan Pengawasan Perusahaan menjadi Lebih Efisien.

dukungan tenaga penjualan

Jojonomic mempunyai sebuah solusi untuk membantu mempermudah pengelolaan perusahaan anda. Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan penghitungan terkait dengan cash advance. Semua dapat dilakukan dan disajikan dengan perangkat lunak JojoExpense.

Anda dapat mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui ponsel anda. Menyetujui atau menolak reimbursement atau cash advance kapanpun dimanapun. Hingga memantau penggunaan budget karyawan.

Dengan JojoExpense anda tidak perlu khawatir akan adanya penipuan keuangan. JojoExpense dapat mendeteksi percobaan penipuan reimbursement atau cash advance, berkat Intellegence OCR dan Real Time Geo-Tagging.

Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pemindaian berkas dan pengawasan yang bertele-tele. Cukup terhubung dengan internet dan anda dapat melakukan pengawasan pada perushaan anda.

Tunggu apa lagi? Download perangkat lunak JojoExpense versi demo JojoExpense di Jojonomic untuk mencoba. Tingkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan anda dengan JojoExpense seperti banyak rekanan kami yang telah terbantu dan mencobanya!