Prinsip Manajemen: Pengertian, Karakteristik dan Langkah-langkahnya

Prinsip manajemen pada dasarnya merupakan suatu dalil yang merupakan bagian dari proses menggerakkan banyak orang serta menggerakkan berbagai fasilitas. Umumnya proses penggerakkan ini terjadi agar seseorang mau melakukan berbagai perbuatan atau tindakan dalam rangka mencapai tujuan yang dikehendaki. Jadi di dalam proses pergerakan ini sudah seharusnya ada pedoman yang mendasari segala perbuatan atau tindakan bagi seseorang. Dengan adanya pedoman inilah maka semua orang diharapkan dapat bertindak dengan tepat.

Manajemen sendiri sebenarnya merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yaitu maneggiare. Arti dari istilah asing dari Italia tersebut adalah mengendalikan. Kemudian kata asing tersebut digunakan di dalam bahasa Perancis dengan istilah manus yang berarti tangan. Kata manus sendiri dalam bahasa Latin lebih mengacu kepada istilah mengendalikan kuda. Selanjutnya istilah yang awalnya berupa maneggiare ini terus diadopsi ke dalam beberapa bahasa hingga akhirnya dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah management. Istilah management ini memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Di Indonesia sendiri istilah manajemen merupakan kata serapan dari management dan memiliki arti dasar yang sama dengan mengendalikan atau mengatur.

Langkah-Langkah Prinsip Manajemen

Mengamati dan mempelajari masalah

Peneliti dalam manajemen mengamati masalah dengan cermat dalam situasi yang berbeda dan dari sudut yang berbeda. Mereka harus mempelajari secara mendalam masalah, penyebabnya, besarnya, konsekuensinya dan menemukan solusi mereka.

Menguji Prinsip

Prinsip yang dibentuk harus diuji dan diverifikasi secara ilmiah. Sebelum generalisasi prinsip pengujian dalam situasi yang berbeda adalah suatu keharusan.

Pilihan masalah atau peluang

Para peneliti dalam ilmu manajemen mengidentifikasi area di mana prinsip-prinsip umum manajemen bisnis kurang atau perlu dimodifikasi.

Membuat hipotesis

Berdasarkan observasi dan pengumpulan data, hipotesis dibentuk, dalam situasi yang diasumsikan apa yang diharapkan terjadi. Misalnya, akan ada lebih banyak output, karena upah dibayarkan menurut sistem besaran upah per satuan.

Kesimpulan dan peramalan

Langkah selanjutnya adalah mencapai kesimpulan logis dan memprediksi kejadian spesifik dalam situasi yang diasumsikan. Dengan demikian, prinsip-prinsip manajemen tidak seakurat prinsip-prinsip ilmu fisika, karena manajemen adalah ilmu sosial sehingga menjadi korban dari kedekatan ilmu-ilmu sosial. Ini berkaitan dengan manusia yang perilakunya selalu tidak dapat diprediksi, karena mereka memiliki status sosial ekonomi, kebutuhan dan persepsi yang berbeda secara individu.

Kedua, ini berkaitan dengan masalah kompleks yang hanya sedikit diketahui, meskipun banyak prinsip telah diturunkan dari eksperimen, observasi dan penyelidikan. Prinsip-prinsip ini diterapkan dengan memuaskan tetapi kita tidak dapat mengatakan bahwa kita telah mencapai tahap kesempurnaan. Penemuan dan peningkatan teori dalam setiap disiplin ilmu merupakan proses yang berkelanjutan. Prinsip-prinsip manajemen yang ada cukup efektif dalam memahami masalah manajemen yang kompleks. Prinsip-prinsip ini diterapkan dalam situasi nyata dalam mengelola perusahaan bisnis dan mencapai hasil yang bagus.

Sifat / Karakteristik ciri dari Prinsip Manajemen

Sifat prinsip manajemen adalah singkatan dari fitur atau karakteristik khusus dari prinsip manajemen. Berikut adalah ciri-ciri penting dari prinsip-prinsip manajemen:

Penerapan universal

Prinsip manajemen diterapkan dalam setiap situasi, di mana tujuan dicapai melalui upaya kelompok. Semua organisasi seperti organisasi sosial, politik, budaya, atau bahkan agama mengajukan permohonan agar kegiatan mereka berhasil. Setiap organisasi harus memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya yang tersedia dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan dan pengendalian secara efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.

Fleksibilitas

Prinsip manajemen adalah pedoman dinamis dan bukan aturan statis. manajemen membantu bisnis dalam melipatgandakan keuntungannya dengan biaya minimum. Situasi bisnis dan lingkungan sosial ekonominya sudah cukup untuk menyesuaikan dengan ukuran, sifat, kebutuhan dan situasi bisnis. Perbaikan dan modifikasi prinsip manajemen merupakan proses yang berkelanjutan, sehingga prinsip manajemen selalu fleksibel.

Pernyataan Umum

Prinsip-prinsip manajemen terutama berkaitan dengan perilaku manusia yang tidak dapat diuji dalam kondisi terkendali, misalnya di laboratorium. Perilaku manusia selalu tidak dapat diprediksi. Jadi, prinsip manajemen tidak sama persis dengan prinsip ilmu fisika. Dengan cara ini, prinsip manajemen hanyalah pernyataan.

Ini mempengaruhi perilaku manusia

Unsur manusia adalah faktor penting dari produksi. Itu aktivitas dan ekstrak pekerjaan dari faktor lain juga. Setiap pekerja secara individu berbeda dengan pekerja lainnya dalam hal kemampuan, pengetahuan, keterampilan, status sosial ekonomi, sikap dan ideologinya. Manajemen prihatin dengan integrasi upaya individu dan bagaimana mendesentralisasikannya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jadi, prinsip manajemen dikatakan sebagai kerja dan aktivitas kelompok. Dengan demikian, prinsip-prinsip manajemen bertujuan untuk mempengaruhi upaya individu dan mengarahkan mereka ke minimalisasi keuntungan dengan watt minimum dan pemanfaatan sebaik mungkin dari sumber daya yang tersedia.

Hubungan sebab dan akibat

Prinsip-prinsip manajemen juga membentuk hubungan sebab dan akibat. Ini menunjukkan konsekuensi dari prinsip-prinsipnya, misalnya jika upah dibayar berdasarkan sistem upah per satuan, kuantitas pekerjaan akan lebih banyak, tetapi kualitasnya akan menurun. Jika prinsip kesatuan komando diadopsi, kebingungan, duplikasi dan tumpang tindih akan dihindari. Dengan cara yang sama, prinsip-prinsip lain juga menunjukkan hubungan antara prinsip-prinsip, konsekuensi dan hasilnya.

Sama pentingnya

Tidak ada inferioritas atau superioritas di antara prinsip-prinsip, tidak ada satu prinsip yang memiliki signifikansi lebih besar dari yang lain. Kita tidak bisa mengatakan prinsip persatuan komando lebih penting daripada prinsip kesatuan arah. Dengan cara ini semua prinsip manajemen sama pentingnya.

Penerapan yang cermat dan bijaksana

Prinsip manajemen tidak dapat diterapkan secara membabi buta, karena ada prinsip yang relatif, tidak absolut. Dengan demikian prinsip-prinsip ini harus sesuai dengan kebutuhan dan situasi organisasi.

Pengambilan keputusan

Manajemen selalu mementingkan faktor pengambilan keputusan produksi yang langka dan mereka juga memiliki kegunaan alternatif. Jadi, manajemen harus memutuskan kombinasi terbaik dari sumber daya yang tersedia, dan teknik produksi yang paling sesuai diterapkan. Dengan cara ini, prinsip-prinsip manajemen menjadi dasar pengambilan keputusan.

Prinsip manajemen dan kepentingannya

Prinsip manajemen sangat penting untuk keberhasilan manajemen organisasi dalam situasi nyata. Ini adalah pedoman penting bagi manajemen. Prinsip-prinsip ini menunjukkan area di mana manajemen harus memusatkan perhatian segera. Mereka menyederhanakan proses manajemen, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dan membantu dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Faktor-faktor berikut dirangkum di bawah ini terlepas dari signifikansi prinsip-prinsip manajemen:

Ini meningkatkan efisiensi manajemen

Prinsip manajemen memberikan pedoman kepada manajer untuk menangani masalah yang kompleks secara lebih efektif. Ini juga memudahkan manajer dalam menjalankan tugasnya dengan lancar. Dengan demikian efisiensi manajemen meningkat dan para manajer mengadopsi pendekatan sistematis dan ilmiah terhadap solusi masalah.

Hal ini membantu dalam mencapai tujuan sosial

Manajemen mengembangkan semangat kerja sama dan koordinasi di antara pekerja dan karyawan mereka. Ini juga membantu dalam pemanfaatan sumber daya sosial secara optimal. Ini menghilangkan pemborosan sumber daya yang tidak perlu. Saat ini, prinsip-prinsip manajemen diarahkan pada keuntungan sebesar-besarnya tanpa kehilangan nilai-nilai sosial. Oleh karena itu, manajemen harus memasok komoditas dengan harga yang wajar, tidak termasuk pemalsuan dan membayar upah yang wajar kepada pekerjanya.

Ini menghasilkan pemahaman yang baik

Prinsip-prinsip manajemen menghasilkan pemahaman yang baik tentang masalah-masalah bisnis perusahaan yang sulit. Manajemen menerapkan pendekatan ilmiah untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Dalam hal ini, mengelola perusahaan dan menimbulkan pemborosan sumber daya.

Mengarahkan bidang pelatihan

Prinsip-prinsip manajemen mengidentifikasi bidang manajemen saat ini dan prospektif. Untuk ini para manajer harus dilatih secara khusus. Situasi bisnis itu sendiri sulit dan berubah drastis seiring dengan perubahan dalam situasi sosial, politik dan ekonomi. Jadi, prinsip manajemen membuat pentingnya menemukan area dan memberikan program pelatihan yang diperlukan kepada para eksekutif mereka.

Ini memandu pekerjaan penelitian dalam manajemen

Prinsip-prinsip manajemen yang diperlukan untuk membuat pedoman yang membutuhkan modifikasi yang diperlukan dengan situasi yang berubah. Dalam rangka untuk membuat manajemen bermakna dan utilitas praktis, peneliti memeriksa prinsip-prinsip ini membenarkan utilitas ini dan menyarankan berbagai modifikasi, jika perlu.

Tujuan Prinsip Manajemen

Adapun prinsip manajemen ini sebenarnya memiliki beberapa tujuan yang spesifik. Beberapa di antara tujuan tersebut yaitu antara lain sebagai berikut.

1. Memberikan pengarahan.

Dengan adanya berbagai pedoman yang ditanamkan pada anggota organisasi maka tiap anggota akan bertindak sesuai dengan adanya pedoman tersebut. Jadi setiap orang di dalam organisasi bisa tahu dengan jelas arah dari segala hal yang dilakukannya. Kondisi ini akan mendukung organisasi sehingga dapat lebih mudah mencapai tujuan yang diharapkan bersama. Tanpa adanya arahan maka setiap orang di dalam suatu organisasi akan bekerja secara sendiri-sendiri. Bahkan bisa saja setiap orang tidak tahu mengenai tujuan dari apa yang dilakukannya. Tentu saja kondisi ini akan membuat kinerja organisasi menjadi kurang efektif dan kurang efisien. Bahkan organisasi bisa menjadi berantakan karena tidak adanya arahan. Oleh karena itu adanya arahan dan pedoman bagi organisasi dan perusahaan sangatlah penting. Arahan ini juga harus dikomunikasikan dengan baik pada para tenaga kerja di suatu perusahaan.

2. Mengurangi ketidakpastian.

Seorang manajer dalam membuat sistem manajemen tentunya disertai dengan pandangan jauh ke depan. Berbagai hal yang mungkin saja bisa terjadi ke depannya juga akan diperkirakan sehingga tidak menjadi penghambat bagi jalannya suatu organisasi. Berbagai perubahan yang akan terjadi juga turut menjadi ramalan atau prediksi bagi seorang manajer sehingga setiap keputusan diambil dengan berdasar pada berbagai macam pertimbangan tersebut. Perencanaan pada suatu organisasi juga dilakukan dengan mempertimbangkan segala hal yang mungkin saja bisa menghambat jalannya organisasi. Segala ketidakpastian yang bisa terjadi diantisipasi semaksimal mungkin agar tidak sampai menghambat jalannya organisasi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pedoman yang kuat dan dapat membuat organisasi bisa terus menjalankan misinya dalam rangka mencapai tujuan.

3. Meminimalisir pemborosan.

Segala pekerjaan yang terarah dan terencana sudah tentu akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Demikian pula di dalam suatu perusahaan tentunya para tenaga kerja bisa menjalankan tugas dan pekerjaannya masing-masing dengan baik. Segala arahan yang telah menjadi pedoman bagi terlaksananya suatu tindakan ini tentu menimbulkan adanya biaya pengeluaran. Oleh karena itu sudah seharusnya arahan ini ada sehingga segala perbuatan yang dilakukan setiap tenaga kerja di perusahaan bersifat efektif dan efisien. Dengan demikian maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa ditekan. Pemborosan bisa diminimalisir karena tidak adanya inefisiensi di dalam perusahaan.

4. Menetapkan tujuan.

Adanya pedoman bagi suatu perusahaan tentu akan membantu perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang diharapkannya. Tujuan bersama dari para tenaga kerja yang menjadi anggota di suatu perusahaan juga dapat tercapai dengan lebih mudah. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya perilaku atau tindakan yang dilakukan dengan berdasar pada pedoman dan harapan dari perusahaan sehingga tujuan bisa segera tercapai. Pada akhirnya pedoman yang telah ditetapkan ini bisa juga memiliki fungsi sebagai kontrol dan evaluasi terhadap kinerja anggota perusahaan. Dengan adanya pengontrolan dan evaluasi inilah maka setiap anggota dari suatu perusahaan dapat mengerti kesalahannya dalam bekerja serta dapat mencegahnya agar tidak sampai terulang lagi. Dengan demikian maka setiap anggota pekerja bisa memaksimalkan peran dan tugasnya masing-masing dan bisa bekerja sama mendukung perusahaan untuk bisa mencapai tujuan utama.

Unsur Prinsip Manajemen

Pada dasarnya sebuah rencana dan sasaran menjadi hal yang penting di dalam prinsip manajemen. Rencana atau yang juga disebut dengan istilah plan merupakan skema yang dibuat dan dijadikan sebagai dokumen untuk mencapai tujuan. Umumnya perencanaan ini meliputi jadwal dan sumber daya serta berbagai tindakan penting lainnya yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan. Sedangkan sasaran sebenarnya merupakan hal yang ingin dicapai oleh seseorang ataupun oleh grup ataupun sebuah organisasi. Sasaran seringkali disebut juga dengan istilah tujuan. Sasaran ini akan memandu manajemen hingga timbul suatu keputusan dan terjadi tindakan. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai kriteria untuk mengukur suatu hal atau pekerjaan.

Sasaran dan rencana pada dasarnya saling berhubungan dan keduanya ini sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Sebuah perencanaan sudah tentu dibuat bila sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi sudah ditentukan. Jadi sebuah perencanaan akan dibuat mengikuti penetapan tujuan atau sasaran dari organisasi. Misalnya saja sebuah perusahaan memiliki sasaran tepat yaitu konsumen. Maka segala perencanaan akan dibuat dengan tujuan utama yaitu meraih konsumen. Kedua hal ini menjadi hal penting dalam proses manajemen karena suatu sistem manajemen dibuat untuk mempermudah organisasi dalam mencapai sasaran dan menjalankan rencana. Oleh karena itu prinsip manajemen dari sebuah organisasi haruslah jelas dan tepat agar apa yang dilakukan organisasi dapat berjalan sesuai dengan rencana sehingga bisa semakin tepat sasaran.

Kesimpulan

Prinsip manajemen pada dasarnya membantu agar segala sesuatu yang direncanakan dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Demikian juga halnya pembayaran payroll perusahaan hendaknya diatur sedemikian rupa pula. Salah satunya melalui penggunaan produk yang sesuai, misalnya yaitu JojoPayroll. Dengan produk ini maka perusahaan dapat mencetak slip gaji otomatis, memastikan pemotongan pajak yang tepat dan benar. Selain itu lebih mudah pula untuk menentukan tunjangan serta gaji karyawan otomatis sesuai jumlah kehadiran mereka.

Semua manfaat ini berkat berbagai macam fitur yang tersemat di dalam JojoPayroll. Beberapa fitur tersebut termasuk fitur Automatic Prorate for New Joiners, Customized Allowance Component, Allowance by Organization Chart, Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, serta fitur-fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu segera saja beralih pada produk ini dan dapatkan coba gratis sekarang juga. Beralihlah pada sistem payroll yang lebih baik dan sistematis hanya bersama dengan JojoPayroll.