Recruiter VS Hiring Manager, Mana Yang Lebih Efektif?

Recruiter vs hiring manager sekilas memang tampak sama karena kedua peran ini sama-sama tergabung ke dalam divisi Human Resources atau HR. Divisi HR pada dasarnya bertugas dan bertanggung jawab dalam berbagai hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia atau tenaga kerja. Banyak kegiatan di perusahaan yang membutuhkan peran dari divisi HR mulai dari proses recruitment hingga pengembangan kualitas tenaga kerja agar tiapkaryawan bisa bekerja secara maksimal.

Dalam Divisi HR inilah diperlukan pula peran seorang recruiter VS hiring manager agar perusahaan bisa memiliki karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tentunya juga diharapkan agar dapat menjadi seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan. Para karyawan di suatu perusahaan sudah tentu diharapkan untuk bekerja secaralebih efektif dan efisien agar dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan utama. Dengan adanya skill dari para karyawan maka suatu perusahaan diharapkan dapat memperoleh laba tau keuntungan yang sebesar-besarnya.

Oleh karena itu dibutuhkan recruiter yang dapat membantu perusahaan untuk bisa merekrut pegawai atau karyawan baru dengan keahlian dan kemampuan yang baik. Selain itu perusahaan juga membutuhkan peran dari hiring manager yang akan membantu perusahaan untuk memantau aktivitas para karyawan sehingga hiring manager dapat memberikan upaya untuk lebih memantapkan kinerja dari para karyawan. Walaupun tugas dan peran seorang recruiter dan seorang hiring manager sekilas tampak sama namun dalam dunia HR rupanya kedua peran ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jika recruiter hanya berfokus pada perekrutan karyawan baru saja maka hiring manager berfokus pada upaya pengembangan karyawan yang telah bekerja di suatu perusahaan. Recruiter harus banyak memusatkan fokus pada latar belakang seorang karyawan sehingga ia bisa memberikan rekomendasi tenaga kerja yang tepat pada suatu perusahaan. Sedangkan hiring manager sudah seharusnya mengetahui kinerja para karyawan baik karyawan lama maupun karyawan baru sehingga ia bisa memikirkan langkah yang harus diambil untuk lebih memaksimalkan kinerja dari para karyawan.

Recruiter

Mungkin istilah recruiter cukup asing bagi masyarakat awam. Namun istilah recruiter ini sangat umum bila didengarkan oleh staf perusahaan. Tentunya setiap perusahaan memiliki recruiter yang bertugas untuk melakukan proses recruitment. Artinya seorang recruiter bertugas untuk melakukan peneriman pegawai baru untuk sebuah perusahaan.

Umumnya sebuah perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja baru terutama saat ada satu atau beberapa karyawan yang melakukan pengunduran diri sehingga posisi di perusahaan menjadi kosong. Tentu saja kekosongan salah satu posisi di perusahaan berpengaruh pada bagian lainnya sehingga diperlukan tenaga kerja yang baru unutk menggantikan posisi karyawan yang telah mengundurkan diri. Dalam melakukan pemilihan kandidat atau tenaga kerja yang baru inilah dibutuhkan peran dari recruiter agar perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja baru yang sesuai dengan kebutuhan. Recruiter dalam menjalankan tugasnya tentu harus memiliki kemampuan untuk bisa memilih dan merekomendasikan calon tenaga kerja baru yang tepat.

Banyak pertimbangan yang benar-benar harus dipikirkan oleh recruiter dalam memilih karyawan baru. Untuk itu diperlukan kemampuan atau keahlian khusus bagi recruiter agar dapat memilih orang yang tepat untuk bekerja di suatu perusahaan. Sebenarnya fungsi recruiter ini hampir sama dengan sales bagi para pencari kerja yang tergabung dalam perusahaan jasa outsourcing. Recruiter haruslah bekerja secara efektif sekaligus peduli dengan pengembangan karir dari tiap tenaga kerja yang direkomendasikan.

Dalam memilih kandidat tentunya recruiter tidak boleh berpikir untuk merekomendasikan tenaga kerja demi mengisi posisi yang kosong di suatu perusahaan saja. tetapi recruiter juga harus bisa berpikir mengenai keahlian dan kemampuan kandidat serta berpikir apakah kandidat yang dipilih tersebut nantinya bisa bekerja secara efektif di perusahaan dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan tempatnya bekerja. Recruiter tetap harus peduli terhadap karir karyawan sebab karir merupakan aspirasi bagi seorang tenaga kerja yang memang memiliki keahlian dan kemampuan khusus sehingga dapat bekerja secara maksimal dan dapat memberikan hasil pekerjaan yang sangat baik dan menguntungkan bagi perusahaan.

Hiring Manager

Pada divisi HR di suatu perusahaan memang banyak terdapat istilah yang mungkin saja termasuk asing bagi masyarakat tetapi sebenanrya sangat dikenal di kalangan perusahaan terutama di bagian perekrutan tenaga kerja baru dan pengembangan kepegawaian. Termasuk pula istilah hiring manager yang tentunya juga memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Hiring sendiri sebenarnya mengacu pada suatu kegiatan yang berfungsi untuk mendukung pengembangan SDM. Dalam arti seorang hiring memiliki peran dalam melakukan upaya uuntuk mengembangkan kualitas tenaga kerja atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

Tentunya tim hiring juga memerlukan peran hiring manager agar pengelolaan bisa berjalan lebih lancar. Pengelolaan SDM perlu dilakukan secara menyeluruh agar kemampuan dan keahlian para tenaga kerja di suatu perusahaan dapat berkembang secara maksimal. Bila tiap karyawan memiliki skill yang semakin hari berkembang semakin baik maka tentu saja para karyawan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Kontribusi yang akan diberikan ke perusahaan pada akhirnya bisa maksimal pula sehingga tujuan dari perusahaan bisa tercapai. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengadakan program pengembangan pegawai. Misalnya saja dengan pelatihan yang lebih intens agar pegawai menjadi paham benar dengan seluruh tugas dan fungsinya. Dalam halini tentunya hiring manager bertanggung jawab secara penuh terhadap pelaksanaan peningkatan kualitas SDM sekaligus operasional dari manajemen SDM.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Antara recruiter VS hiring manager keduanya sebenarnya memiliki tujuan yang sama untuk perusahaan. Baik recruiter begitu juga hiring manager mengemban tugas untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki kandidat terbaik mereka. Akan tetapi memang cara kerja yang konvensional jauh lebih lambat dan tidak optimal. Sehingga bila ingin sistem yang lebih cepat dan lebih efisien dibanding kedua personel tersebut, gunakan saja JojoTimes yang dapat secara otomatis menyimpan seluruh data proses rekruitmen termasuk memasukkan info data calon karyawan beserta kelebihan dan kekurangannya. Berkat penggunaan software tersebut, otomatis tim recruitment perusahaan bisa bekerja jauh lebih efektif, efisien, tepat dan maksimal. Tidak ada waktu terbuang percuma serta sistem yang sangat mudah digunakan.

Tentunya ada beberapa fitur andalan yang diberikan oleh JojoTimes untuk mendukung sistem tersebut bekerja sepenuhnya. Beberapa fitur andalannya antara lain:

  • Secured Cloud Based System
  • Accurate Real Time Monitoring
  • Import and Export Employee Data

Serta masih banyak lagi fitur lain yang tidak kalah menarik dan mudahnya. Berkat fitur-fitur tersebut tentu perusahaan akan lebih mudah mendapatkan calon karyawan terbaik yang dibutuhkan. Oleh sebab itu jangan buang waktu percuma dengan cara lama yang jauh lebih lambat dan tidak efektif. Segera coba gratis JojoTimes dan rasakan sendiri bagaimana sistem ini bekerja luar biasa di dalam perusahaan ini. Dijamin perusahaan akan berjalan lebih optimal serta dengan mudah bisa mendapatkan karyawan idaman dengan sistem yang jauh lebih tepat guna.