Yang Perlu Kamu Ketahui Soal Rekening Koran

Di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak punya rekening atau tabungan di bank? Saat membuatnya, pasti kamu akan mendapat satu kartu dan satu buku tabungan. Buku tabungan tersebut akan menjadi tempat untuk mengetahui alur transaksi yang terjadi dengan uangmu.

Alur transaksi tersebut dapat kamu ketahui setelah kamu meminta resepsionis bank untuk mencetakkannya. Nah, alur transaksi inilah yang sering juga disebut dengan rekening koran. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui apa itu rekening koran. Langsung aja yuk, kita lihat bersama!

Rekening Koran adalah

Rekening koran awalnya berasal dari Bahasa Belanda, yaitu courant yang berisi tentang laporan keuangan atau transaksi. Secara pengertian, rekening koran adalah ringkasan transaksi dalam satu rekening, baik itu individu ataupun rekening badan usaha. Isi dari ringkasan tersebut adalah alur keuangan dalam transaksi, seperti kredit, debit, keluar dan masuknya.

Pengertian lain menyebutkan, rekening koran adalah laporan yang diberikan bank kepada nasabah. Laporan tersebut berisi alur keluar masuk uang nasabah. Khususnya bagi nasabah untuk yang memiliki rekening giro. Biasanya, bank akan mengirimkan laporan alur kas mereka setiap bulan, dan itulah yang disebut rekening koran.

Kegunaan Rekening Koran

Mungkin sekarang banyak dari kita yang tidak merasa perlu untuk mencetak catatan atau laporan transaksi dalam jangka waktu tertentu. Mungkin juga banyak bank yang sudah tidak lagi mengirimkan cetakan dari laporan transaksi nasabahnya setiap bulan.

Namun, itu bukan berarti rekening koran atau laporan tersebut tidak penting lagi. Masih banyak yang memerlukannya, dan untuk itu, tidak ada salahnya jika kita langsung melihat apa saja kegunaan yang dimiliki oleh rekening koran ini!

Mengetahui Ringkasan Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian, bahwa kegunaan dari rekening koran adalah sebagai mutasi rekening khususnya kepada nasabah dari bank.

Nasabah bisa perorangan, bisa juga badan usaha, baik kecil ataupun besar. Laporan atau ringkasan tersebut dicetak secara berkala. Umumnya setiap tiga bulan sekali.

Mengajukan Visa

Kamu pernah ke luar negeri untuk liburan, sekolah atau melakukan tugas dinas. Tentunya untuk ke luar negeri kamu membutuhkan beberapa dokumen sebelum berangkat. Salah satunya adalah visa.

Ada beberapa negara yang mewajibkan visa bagi turis atau orang dari luar negaranya untuk memiliki visa sebelum masuk ke negara tersebut. Biasanya, salah satu syarat untuk mengajukan visa adalah rekening koran.

Kegunaan dari laporan keuangan ini untuk membuktikan bahwa kamu, atau mereka yang ingin berkunjung ke suatu negara memiliki cukup persediaan uang. Kecukupan persediaan uang tersebut agar kamu tidak menggembel atau yang banyak diperbincangkan saat ini, yaitu menjadi begpacker.

Menjadi Bukti Hukum

Karena isinya yang terbentuk dari laporan keuangan secara lengkap, rekening koran miliknya ini dapat dijadikan bukti hukum yang kuat lho! Misalkan kamu terlibat dalam suatu perselisihan terkait transaksi keuangan. Dengan menunjukkan laporan kamu bisa membuktikan dan menyelesaikan perselisihan tersebut.

Sebut saja saat kamu dinyatakan belum membayar tunggakan untuk salah satu pembelian misalnya di toko online, lalu nota pembayaran juga tidak ada, maka kamu bisa membuktikannya dengan ini. Melalui laporan keluar masuk dan transaksi yang tercatat dengan baik.

Mengajukan Pinjaman

Kegunaan selanjutnya akan kamu rasakan ketika akan mengajukan pinjaman ke bank. Misalnya kamu ingin meminjam uang untuk kartu kredit kepemilikan rumah (KPR).

Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman untuk kendaran bermotor atau membuat kredit tanpa agunan (KTA). Maka kamu butuh menyertakan laporan keuanganmu dari bank.

Menjadi Peserta Lelang

Kalau kamu ingin menjadi peserta lelang, kamu juga harus memiliki rekening koran. Tapi ini mungkin bukan lelang seperti lukisan, jersey sepak bola atau hewan kesayangan.

Namun, lebih berbentuk seperti pelelangan proyek besar yang membutuhkan laporan keuangan yang valid dari pesertanya. Maka, dengan melampirkan bukti transaksi ini, kamu dapat menunjukkan saldo dan jumlah dana yang kamu miliki dan layak menjadi peserta lelang

Audit Keuangan Perusahaan

Pembahasan-pembahasan sebelumnya banyak mengenai kegunaan laporan ini untuk pribadi atau kita perorangan. Bagi perusahaan, rekening koran juga penting untuk audit keuangan. Karena disana tertera lengkap transaksi perusahaan.

Mengajukan Rekening Koran

Bagaimana, apakah kamu adalah salah satu orang yang membutuhkan rekening koran?  Jika iya, berarti kamu perlu tau bagaimana cara mengajukan rekening koran. Banyak bank yang saat ini bisa mencetak laporan transaksi kamu dengan cepat.

Mungkin hanya dalam hitungan menit, laporan transaksi bisa segera kamu peroleh. Tapi, kamu tetap harus tahu nih, apa saja yang harus kamu siapkan untuk mencetaknya!

Buku Tabungan Asli

Persyaratan pertama adalah dengan menyertakan buku tabungan asli yang kamu miliki. Buku tabunganmu ini akan dibutuhkan untuk mencetak rekening koran. Buku tabungan tersebut harus asli, dan nantinya akan diserahkan ke customer service.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kenapa KTP dibutuhkan? Karena petugas bank butuh identitas kamu untuk mencetakkan laporan ini. Apakah sesuai dengan data yang tercatat di bank, dan apakah kamu benar-benar pemilik rekening itu.

Kartu Debit

Selain KTP dan buku tabungan asli, biasanya petugas bank akan meminta kamu untuk menunjukkan kartu debit. Fungsinya adalah untuk menunjukkan dan menyocokkan identitasmu dengan laporan transaksi yang kamu minta.

Biaya Administrasi

Terakhir, kamu tidak boleh lupa untuk membawa uang tunai ya! Karena hampir di setiap bank mengenakan biaya administrasi bagi nasabahnya yang ingin mencetak rekening ini.

Kegunaan Rekening Koran untuk Perusahaan

Sekarang, kita akan membahas dengan lebih spesifik kegunaan rekening koran ini untuk perusahaan. Jika kamu adalah seorang pebisnis atau pemilik usaha, perlu mengetahui kegunaan laporan transaksi ini.

Semakin banyak kamu tahu, maka akan semakin mudah kamu menjalankan perusahaan. Kenapa? Karena banyak manfaat dari rekening koran yang memiliki dampak kepada aktivitas-aktivitas bisnismu yang lainnya.

Memberikan Informasi

Ini merupakan kegunaan mendasar. Karena yang dicatat merupakan informasi transaksi, maka yang bisa perusahaan atau kamu dapatkan adalah informasi.

Informasi terkait keluar masuk dan transaksi keuangan ini dapat digunakan untuk banyak hal. Seperti pertimbangan strategi perusahaan, atau evaluasi terhadap hasil penjualan produk perusahaan.

Pembuktian Hukum

Rekening koran dapat kamu gunakan sebagai pembuktian hukum dalam suatu sengketa atau perselisihan. Pencatatannya yang akurat dan dikeluarkan oleh lembaga yang kredibel, yaitu bank, maka dia dapat menjadi bukti untuk sengketa keuangan. Khususnya sengketa terkait transaksi antar perusahaan, khususnya yang tidak memiliki bukti jelas.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Jika perusahaanmu ingin mengajukan pinjaman ke bank. Maka biasanya bank akan meminta rekening koran. Fungsinya untuk melihat rekam jejak transaksi perusahaanmu.

Syarat Mengikuti Lelang

Perusahanmu mungkin akan mengikuti sebuah lelang proyek yang besar. Biasanya, pihak penyelenggara lelang akan meminta rekening koran. Sebagai bukti kepemilikan modal dan saldo perusahaanmu, sebelum nantinya dapat memenangkan lelang tersebut.

Jika kamu sudah memahaminya, mungkin bisa sesekali kamu mencetak rekening koran ini, baik untuk pribadi ataupun perusahaan. Meskipun data transaksi sekarang bisa kamu buka kapan saja tanpa biaya administrasi di aplikasi yang ada di gawaimu, tapi tidak salah jika kamu mau melihat bukti transaksimu secara tercetak.

Laporan keuangan yang rapih itu mutlak dimiliki perusahaan, karena dia berpengaruh banyak dengan perkembangan dan keberjalanan perusahaan. Kamu bisa membuat kegiatan ini (perapihan dan pencatatan transaksi keuangan) menjadi lebih mudah dengan bantuan JojoExpense. Alur transaksi keuanganmu akan tercatat secara digital, dan kamu bisa memeriksanya kapan saja dan dimana saja. Sangat praktis, bukan?