Rekening Koran; Fungsi dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Untuk kegiatan usaha atau bisnis tentunya tidak asing lagi dengan transaksi di bank, dimana laporannya sering disebut dengan rekening koran. Hal tersebut wajar saja karena di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak punya rekening atau tabungan di bank?

Namun tidak semua bank memang mengirimkan rekening koran tanpa diminta. Anda harus mengajukan permohonan penerbitan laporan tersebut langsung ke kantor bank cabang. Umumnya, beberapa bank akan meminta biaya penerbitan laporan tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Namun perkembangan teknologi turut merambah dunia perbankan telah mengubah cara untuk mengetahui laporan ini. Jika dahulu nasabah yang memerlukan rekening koran harus mengecek transaksi harus datang ke Bank terkait, sekarang setiap nasabah bisa memeriksa transaksi keuangan melalui mobile banking. Perubahan ini tidak serta-merta menggeser posisi laporan ini dalam sistem transaksi perbankan.

Biasanya ketika Anda membuatnya, pasti Anda akan mendapat satu kartu dan satu buku tabungan. Buku tabungan tersebut akan menjadi tempat untuk mengetahui alur transaksi yang terjadi dengan uang.

Alur transaksi tersebut dapat Anda ketahui setelah kamu meminta resepsionis bank untuk mencetakkannya. Nah, alur transaksi inilah yang sering juga disebut dengan rekening koran. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui apa itu rekening koran. Langsung aja yuk, kita lihat bersama!

Pengertian Rekening Koran

Berasal dari Bahasa Belanda, yaitu courant yang berisi tentang laporan keuangan atau transaksi. Secara pengertian, rekening koran adalah ringkasan transaksi dalam satu rekening, baik itu individu ataupun rekening badan usaha. Isi dari ringkasan tersebut adalah alur keuangan dalam transaksi, seperti kredit, debit, keluar dan masuknya.

Pengertian lain menyebutkan, rekening koran adalah laporan yang diberikan bank kepada nasabah. Laporan tersebut berisi alur keluar masuk uang nasabah. Khususnya bagi nasabah untuk yang memiliki rekening giro. Biasanya, bank akan mengirimkan laporan alur kas mereka setiap bulan, dan itulah yang disebut rekening koran.

Apakah Anda tahu kalau rekening koran merupakan sebuah istilah Bahasa Belanda, yaitu courant. Pengertian rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, dapat berupa rekening milik individu maupun rekening milik badan usaha. Data yang terlampir pada sebuah rekening koran yang tercetak adalah rincian mengenai alur debit dan kredit, termasuk dari dana hasil transfer masuk atau keluar.

Sebelum perkembangan teknologi seperti saat ini, nasabah dulunya hanya dapat mengecek seluruh rincian data transaksi rekeningnya dari rekening koran. Adapun ketentuan atau sistem tentang percetakan atau pemberitahuan mengenai rekening koran di setiap bank bisa berbeda-beda.

Ada yang rutin secara berkala memberi atau mengirimkannya kepada nasabah meski tidak diminta, tapi ada juga nasabah sendiri yang harus melakukan proses pengajuan dulu sebelum mendapatkannya. Terkadang untuk proses pengajuannya harus menunggu beberapa waktu. Sebab customer service bank biasanya meminta persetujuan terlebih dahulu dari pejabat bank senior atau atasannya.

Tapi sekarang ini, nasabah sudah dapat mengakses transaksi keuangan dengan sistem online. Nasabah bisa melihat keseluruhan daftar transaksi hingga mutasi rekening melalui mobile application, website bank, atau melalui mesin ATM. Walaupun permintaan cetak rekening koran sudah mulai surut, tapi masih saja ada yang membutuhkan. Pasalnya rekening koran memiliki banyak kegunaan bagi nasabah.

rekening koran

Fungsi Rekening Koran Dalam Bisnis

Mungkin sekarang banyak dari kita yang tidak merasa perlu untuk mencetak catatan atau laporan transaksi dalam jangka waktu tertentu. Mungkin juga banyak bank yang sudah tidak lagi mengirimkan cetakan dari laporan transaksi nasabahnya setiap bulan.

Namun, itu bukan berarti laporan keuangan tersebut tidak penting lagi. Masih banyak yang memerlukannya, dan untuk itu, tidak ada salahnya jika kita langsung melihat apa saja kegunaan yang dimiliki oleh rekening koran ini!

1. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Fungsi yang utama pada dasarnya sama seperti buku tabungan, yaitu menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu (umumnya 3 bulan).

Informasi yang terdapat di ringkasan ini mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi. Laporan ini juga memiliki kelebihan, yakni bukan hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti di buku tabungan, tapi juga pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail lainnya.

Bagi bisnis laporan ini penting untuk memastikan bahwa seluruh transaksi berada dalam kendali dan meminimalisir adanya kecurangan atau tindakan fraud yang terjadi dalam bisnis.

Nasabah bisa perorangan, bisa juga badan usaha, baik kecil ataupun besar. Laporan atau ringkasan tersebut dicetak secara berkala. Umumnya setiap tiga bulan sekali.

2. Mengajukan Visa

Kamu pernah ke luar negeri untuk liburan, sekolah atau melakukan tugas dinas. Tentunya untuk ke luar negeri kamu membutuhkan beberapa dokumen sebelum berangkat. Salah satunya adalah visa.

Ada beberapa negara yang mewajibkan visa bagi turis atau orang dari luar negaranya untuk memiliki visa sebelum masuk ke negara tersebut. Biasanya, salah satu syarat untuk mengajukan visa adalah rekening koran.

Kegunaan dari laporan keuangan ini untuk membuktikan bahwa kamu, atau mereka yang ingin berkunjung ke suatu negara memiliki cukup persediaan uang. Kecukupan persediaan uang tersebut agar kamu tidak menggembel atau yang banyak diperbincangkan saat ini, yaitu menjadi begpacker.

3. Menjadi Bukti Hukum

Karena isinya yang terbentuk dari laporan keuangan secara lengkap, rekening koran miliknya ini dapat dijadikan bukti hukum yang kuat lho! Misalkan kamu terlibat dalam suatu perselisihan terkait transaksi keuangan. Dengan menunjukkan laporan kamu bisa membuktikan dan menyelesaikan perselisihan tersebut.

Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain atau mitra Anda yang terkait dengan mutasi rekening baik itu mengenai nilai atau waktu mutasi.

Contohnya saja ketika Anda yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan ke pemasok bahan baku Anda, namun pihak pemasok tidak merasa bahwa ada uang terkirim atas nama rekening Anda, sehingga order Anda tidak dapat diproses. Maka laporan ini bisa menjadi dasar hukum yang kuat untuk membuktikan kebenaran Anda.

4. Mengajukan Pinjaman

Jika Bisnis Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, P2P lending atau lembaga peminjaman lainnya rekening koran bisa menjadi salah satu dokumen yang diperlukan dalam mengajukan pinjaman selain laporan keuangan yang terperinci.

Ringkasan ini bisa menjadi salah satu dokumen yang dapat menunjang pada saat Anda mengajukan atau membuat permohonan tertentu (umumnya hal-hal yang berkaitan dengan finansial) untuk memberikan bukti bahwa ada alur keuangan yang sehat pada usaha Anda.

Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman untuk kendaran bermotor atau membuat kredit tanpa agunan (KTA). Maka kamu butuh menyertakan laporan keuanganmu dari bank.

5. Menjadi Peserta Lelang

Jika Anda tertarik mengikuti lelang sebagai entitas bisnis, selain Anda diharuskan untuk menunjukan SIUP Anda juga akan diminta ringkasan transaksi dari usaha Anda.

Terutama jika lelang proyek milik swasta atau pemerintah. Peserta lelang wajib memberi bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo yang ada pada rekeningnya. Jangan lupa lampirkan rekening koran dan laporan keuangan dalam dokumen persyaratan lelang.

Namun, lebih berbentuk seperti pelelangan proyek besar yang membutuhkan laporan keuangan yang valid dari pesertanya. Maka, dengan melampirkan bukti transaksi ini, kamu dapat menunjukkan saldo dan jumlah dana yang kamu miliki dan layak menjadi peserta lelang

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

6. Audit Keuangan Perusahaan

Pembahasan-pembahasan sebelumnya banyak mengenai kegunaan laporan ini untuk pribadi atau kita perorangan. Sebagai perusahaan, laporan ini menjadi sangat penting. Fungsi bagi perusahaan adalah untuk melakukan rekap daftar keuangan, baik transaksi arus masuk dan keluar. Jadi apabila ada suatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, hal ini dapat segera diproses.

Hal ini berkaitan pada poin nomor satu, jika Anda memiliki ringkasan transaksi dan proses keuangan yang transparan maka akan memudahkan Anda meminimalisir terjadinya tindakan kecura

7. Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank adalah sebuah rangkaian catatan informasi yang menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan kas. Seperti perbedaan antara catatan bank dengan catatan kas nasabah.

Apabila perbedaan muncul dari transaksi nasabah yang belum dicatat oleh bank, catatan bank nasabah yang benar. Sebaliknya, jika perbedaan disebabkan oleh catatan di pos-pos lain, maka catatan bank maupun perusahaan harus dilakukan penyesuaian.

Proses ini membutuhkan rekening koran untuk mengetahui ketidaksesuaian antara catatan keuangan pada bisnis dan catatan Bank.

Proses rekonsiliasi bank merupakan proses yang vital, apalagi jika Anda terbiasa melakukan  pembayaran atau pembelian dengan metode transfer bank. Namun proses rekonsiliasi bisa menjadi kegiatan yang sangat memakan waktu jika dilakukan dengan manual, terutama jika jumlah transaksi yang Anda lakukan sangat banyak.

rekening koran

Syarat Mengajukan Rekening Koran

Bagaimana, apakah Anda adalah salah satu orang yang membutuhkan rekening koran?  Jika iya, berarti Anda perlu tahu bagaimana cara mengajukan rekening koran. Banyak bank yang saat ini bisa mencetak laporan transaksi dengan cepat.

Mungkin hanya dalam hitungan menit, laporan transaksi bisa segera Anda peroleh. Tapi, Anda tetap harus tahu nih, apa saja yang harus Anda siapkan untuk mencetaknya!

Buku Tabungan Asli

Persyaratan pertama adalah dengan menyertakan buku tabungan asli yang kamu miliki. Buku tabungan Anda ini akan dibutuhkan untuk mencetak rekening koran. Buku tabungan tersebut harus asli, dan nantinya akan diserahkan ke customer service.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kenapa KTP dibutuhkan? Karena petugas bank butuh identitas kamu untuk mencetakkan laporan ini. Apakah sesuai dengan data yang tercatat di bank, dan apakah kamu benar-benar pemilik rekening itu.

Kartu Debit

Selain KTP dan buku tabungan asli, biasanya petugas bank akan meminta kamu untuk menunjukkan kartu debit. Fungsinya adalah untuk menunjukkan dan menyocokkan identitasmu dengan laporan transaksi yang kamu minta.

Biaya Administrasi

Terakhir, kamu tidak boleh lupa untuk membawa uang tunai ya! Karena hampir di setiap bank mengenakan biaya administrasi bagi nasabahnya yang ingin mencetak rekening ini.

Biaya Cetak

Sebelum proses pencetakan laporan transaksi keuangan di bank, Anda akan dimintai sejumlah dana untuk biaya cetak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Anda harus membayar biaya cetak kepada pihak bank, supaya prosesnya jauh lebih cepat.

Berikut ini contoh bank yang ada di Indonesia yang menyediakan Rekening Koran beserta biaya cetak nya antara lain:

  1. BNI
    Pihak bank BNI menyediakan layanan tersebut kepada nasabahnya untuk mengetahui informasi rekening. Para nasabah diharuskan membayar biaya cetak sebesar Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per lembarnya.
  2. BRI
    Bank Rakyat Indonesia atau biasa dikenal BRI ini juga menyediakan layanan rekening koran untuk para nasabah yang ingin mengetahui transaksi yang terjadi terhadap rekening tersebut. Pihak Bank BRI memberikan harga kepada nasabah yang ingin mencetak rekening koran seharga Rp 2.500 per lembar. namun pihak BRI memberikan harga cetak Rekening Koran seharga Rp 25.000 untuk transaksi lebih dari 12 bulan atau 1 tahun.
  3. BCA
    Bank BCA juga memberikan layanan tersebut untuk para nasabah yang ingin mengetahui informasi rekening tabungannya. Dengan harga yang sama dari setiap bank, bank BCA memberikan biaya cetak rekening koran sebesar Rp 2.500 per lembarnya.
  4. Bank Mandiri
    Bank Mandiri juga merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan rekening koran untuk para nasabah. Dengan harga cetak sebesar Rp 2.500 per lembar dengan data transaksi selama 3 bulan terakhir, serta Rp 5.000 dengan data transaksi selama 6 bulan terakhir.

Dari fakta yang tersedia, ada banyak sekali contoh bank yang ada di Indonesia dengan memberikan layanan rekening koran. Dengan biaya sebesar Rp 2.500 per lembarnya.

rekening koran

Cara Mendapatkan Rekening Koran

Rekening koran umumnya dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening, atau hanya dicetak atas permintaan pemegang rekening. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran dalam pencetakan laporan elektronik tanpa kertas.

Beberapa lembaga keuangan menawarkan nasabahnya untuk melihat atau mengunggah langsung rekening koran miliknya melalui situs web bank atau melalui aplikasi telepon pintar. Beberapa ATM juga menawarkan kemungkinan untuk mencetak riwayat transaksi atau mutasi rekening secara langsung.

Rekening koran memuat semua aktivitas rekening seperti tabungan, transfer uang, debit atau kredit, yang diperlukan oleh bank atau kreditur sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa pemegang rekening benar memiliki penghasilan atau mempunyai arus kas

Untuk memudahkan proses rekonsiliasi dan meminimalisir kesalahan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Jojonomic yang memiliki fitur rekonsiliasi bank secara otomatis.

Dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah untuk mencocokan setiap transaksi dengan laporan yang ada pada rekening Anda. Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, Anda bisa membacanya melalui link ini, atau menonton caranya melalui video diatas.

Masih banyak lagi fitur fitur Jojonomic yang bisa memudahkan proses pembukuan Anda. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa menggunakan Jojonomic secara gratis selama 14 hari

Jojonomic

Aplikasi JojoExpense Solusi laporan keuangan Perusahaan

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi JojoExpense memiliki fitur yang populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Untuk mengetahui kinerjanya silahkan dengan klik Coba Gratis Sekarang

Laporan keuangan yang rapih itu mutlak dimiliki perusahaan, karena dia berpengaruh banyak dengan perkembangan dan keberjalanan perusahaan. Kamu bisa membuat kegiatan ini (perapihan dan pencatatan transaksi keuangan) menjadi lebih mudah dengan bantuan JojoExpense.

Alur transaksi keuanganmu akan tercatat secara digital, dan kamu bisa memeriksanya kapan saja dan dimana saja. Sangat praktis, bukan?