Reksadana Pasar Uang dan Keunggulannya

Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah reksadana pasar uang, yaitu sebuah wadah untuk mengumpulkan dana dari investor atau pemodal yang akan diinvestasikan ke manajer investasi dalam beberapa instrumen seperti obligasi, saham dan deposito.

Reksadana merupakan jenis investasi yang banyak dipilih orang. Pasalnya, investasi reksadana menawarkan kemudahan dan keuntungan. Dalam investasi reksadana investor akan memberikan dana dalam portofolio efek yang dikelola oleh manajer investasi.

Apa yang dimaksud manajer investasi? Ini adalah istilah untuk pihak yang mengelola portofolio efek yang berdasar pada kebijakan investasi yang telah disepakati. Manajer investasi juga bertanggung jawab atas kinerja reksadana itu sendiri. Jenis investasi reksadana yang bisa Anda pilih adalah reksadana pasar uang.

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana merupakan jenis investasi yang disarankan oleh perencana keuangan. Pasalnya, dalam reksadana Anda akan berinvestasi pada manajer investasi yang akan mengelola portofolio efek sehingga investasi menjadi lebih aman.

reksadana pasar uang

Ada banyak jenis reksadana investasi yang bisa Anda pilih seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana indeks, reksadana terproteksi dan reksadana pasar uang.

Reksadana pasar uang adalah jenis investasi reksadana yang mengalokasikan dana seratus persen pada instrumen pasar uang. Misalnya Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito atau obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Cara kerja pasar uang ini cukup mudah, Anda mengumpulkan dana pada manajer Investasi sebagai pengelola. Lalu, Manajer Investasi akan melakukan perputaran modal tersebut dan membagi keuntungan pada para investor.

Dana yang telah Anda berikan pada manajer investasi ini kemudian akan dikonversi ke dalam Nilai aktiva Bersih atau NAB sebagai bentuk unit reksadana.

Reksadana pasar uang ini cocok bagi Anda yang menginginkan investasi dengan resiko rendah dan menginginkan jengka waktu investasi yang relatif singkat. juga menginginkan tingkat pengembalian dana lebih besar dibanding dengan suku bunga bank konvensional.

Apa Saja Keunggulan Investasi Reksadana Pasar Uang?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa reksadana pasar ini merupakan jenis investasi yang paling disarankan. Pasalnya dalam pasar uang yang berbasis reksadana, resiko investasi cukup rendah. Namun, selain itu tentu ada banyak keunggulan pada reksadana yang satu ini, apa sajakah itu?

1.     Hasil Stabil dan Cenderung Tidak Fluktuatif

Reksadana pasar uang menawarkan investasi dengan hasil yang stabil dan tidak fluktuatif. Bahkan reksadana yang satu ini dapat memberikan keuntungan lebih tinggi. hal ini bisa dilihat dari return pasar uang yang mencapai 6.33% hingga 7.35% per tahun.

Namun, return ini baru hanya prediksi, karena dalam kenyataannya return bisa lebih rendah atau lebih besar. Dalam investasi tersebut nilai return berfluktuasi bergantung pada tingkat suku bunga pasar.

Lau apa yang membuat pasar uang menjadi stabil? Dalam reksadana pasar uang penempatan maksimum dalam setiap instrument dibatasi hanya sebesar 10%. Karena hal tersebut maka risiko kerugian menjadi terbatas dengan sendirinya. Sehingga membuat hasil investasi menjadi lebih stabil.

2.     Modal Investasi yang Rendah

Hadirnya investasi reksadana mematahkan anggapan bahwa untuk berinvestasi membutuhkan dana yang besar. dalam investasi pasar uang jumlah investasi minimum tergolong rendah yaitu 100 ribu rupiah.

reksadana pasar uang

Bahkan dalam beberapa e-commerce yang menawarkan investasi reksadana, minimum investasi bisa dilakukan dengan dana sebesar 10 ribu rupiah.

Dengan kata lain, siapapun dapat berinvestasi dengan investasi reksadana. Berbeda dengan investasi jenis lainnya yang membutuhkan dana lebih besar.

3.     Cocok Untuk Investasi Jangka Pendek

Investasi reksadana pasar uang dapat dipilih sebagai investasi jangka pendek. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan cukup minim dengan return yang tinggi.

Selain itu, dalam reksadana juga tidak ada jangka waktu yang harus disepakati antara pemodal dan manajer investasi. Sehingga cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek di bawah satu tahun.

4.     Tidak ada Biaya Pembelian dan Penjualan

Pengelolaan portofolio efek dalam reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi yang membuat kebijakan dan bertanggung jawab atas reksadana. Contohnya melakukan pembelian saham, penjualan atau mempertahankan saham tertentu. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian atau penjualan.

5.     Jangka Waktu yang Fleksibel

Waktu merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan investasi. Dalam investasi reksadana pasar uang jangka waktu investasi menjadi lebih fleksibel bahkan tidak ada jangka waktu.

reksadana pasar uang

Anda dapat melakukan investasi sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan dan menerima return yang sama. Sehingga apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana untuk keperluan tertentu maka Anda dapat melakukan pencairan dana segera.

6.     Pencairan Lebih Mudah dan Tanpa Denda

Masih  berkaitan dengan sebelumnya, pencairan dana dalam reksadana pasar uang ini bisa dilakukan kapanpun Anda butuhkan. Hal ini berbeda dengan investasi deposito yang harus dicairkan dalam waktu yang ditentukan. Apabila pencairan dana tersebut dipercepat maka Anda akan mendapatkan denda.

Optimalkan Investasi Reksadana Pasar Uang Anda dengan JojoExpense

Dari beberapa pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa reksadana pasar uang merupakan investasi yang mengalokasikan dana 100% pada instrumen pasar uang seperti obligasi, deposito dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Pengelolaan portofolio efek dilakukan oleh manajer investasi, yaitu pihak yang mengumpulkan modal investasi dan melakukan perputaran modal tersebut hingga mendapatkan keuntungan yang dibagi secara rata pada para investor.

reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang ini merupakan investasi yang paling disarankan oleh perencanaan keuangan. Pasalnya, reksadana memiliki banyak keunggulan seperti minim resiko, modal yang dibutuhkan tergolong rendah, jangka waktu fleksibel hingga tidak ada denda jika pencairan dana dipercepat.

Agar dana dari para investor tetap bisa dialokasikan dan meminimalisir penipuan, maka Anda harus terus mengontrol keuangan dimana saja dan kapan saja. Jika hanya mengandalkan karyawan, hal tersebut akan susah untuk dilakukan. Karena itu, perlu tool tambahan yang disebut dengan JojoExpense.

Fitur JojoExpense yang Menarik

JojoExpense merupakan aplikasi yang membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan mencegah penipuan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi ini, management pengeluaran perusahaan lebih efektif hingga 76%. Aplikasi ini dilengkapi dengan budget controlling sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengatur dan memantau keuangan perusahaan.

Pengontrolan keuangan juga akan lebih maksimal dengan adanya real time geotagging. Jadi, setiap ada uang yang keluar, akan langsung tercatat di JojoExpense.

Dengan begitu, ketika harus membuat laporan keuangan, Anda bisa lebih mudah membuatnya dan Anda bisa melakukan pekerjaan yang lainnya. Apalagi, di aplikasi ini juga sudah dilengkapi fitur reimburse sehingga Anda bisa melakukan reimburse lewat aplikasi ataupun website.

Apalagi untuk perusahaan yang juga menyediakan fasilitas kas bon. Anda bisa menyetujui pengajuan kas bon dengan lebih mudah. Tidak perlu khawatir akan bercampur dengan dana investor, Anda tetap bisa mengawasi flow uang masuk dan keluar, dimana saja dan kapan saja dengan pencatatan yang jelas.

Untuk menikmati manfaat dari JojoExpense, Anda bisa langsung klik https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/. Kemudian download versi gratisnya. Jangan kaget kalau Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih dari yang sudah disebutkan di atas!