Ketahuilah Manfaat dari Trend Remote Employee!

Dalam kemajuan teknologi yang kian berkembang setiap harinya, kemudahaan untuk bekerja merupakan salah satu hal yang dapat dicapai dengan mudah. Saat ini, terdapat trend berupa remote employee yang sedang marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan start up dan biasanya dilakukan oleh para pekerja freelance dan sales marketing.

Dengan trend remote employee bukan hal yang mustahil apabila kamu ingin bekerja di café sambil meminum kopi dan berdiskusi dengan teman-teman. Suasana yang nyaman untuk mengumpulkan inspirasi bisa kamu dapatkan untuk bekerja. Apa sih sebenarnya remote employee?  Apa manfaat dan kekurangannya? Ayo pelajari dengan lengkap disini!

Pengertian Remote Employee

Remote employee adalah seseorang yang menyelesaikan segala pekerjaannya diluar dari lingkungan kantor dengan cara yang juga berbeda dari cara bekerja konvensional. Cara bekerja yang dilakukan oleh remote employee adalah dengan melakukan metode remote work.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Officeless hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Remote work ini didasarkan pada konsep bahwa pekerjaan tidak perlu dilakukan di tempat tertentu untuk dapat diselesaikan dengan baik dan cepat. Remote employee dapat menjalankan proyek atau pekerjaan mereka dimana pun dan kapan pun mereka mau.

Kamu bisa saja bekerja dari rumah, cafe, pantai, hotel atau tempat-tempat lainnya yang justru lebih efisien dalam mendatangkan lebih banyak inspirasi dan membuat kita lebih produktif daripada bekerja di kantor. Terdapat perubahan pemahaman mengenai apa yang dianggap masyarakat sebagai tempat kerja yang tepat.

Beberapa remote employee memanfaatkan keuntungan dari peluang bekerja jarak jauh yang mereka lakukan. Selain dapat mengatur jadwal mereka sehingga mereka dapat bekerja kapan pun di tempat yang paling produktif atau kreatif, beberapa karyawan jarak jauh memutuskan untuk meninggalkan rutinitas tradisional mereka.

Dalam upaya untuk membuka pikiran mereka dan memperluas jaringan profesional di seluruh dunia, remote employee bisa saja membawa pekerjaan yang mereka miliki diluar negeri.

Manfaat dari Trend Remote Employee

Didalam remote employee terdapat beberapa manfaat diantara nya antara lain:

Waktu yang Lebih Fleksibel

Alasan paling penting mengenai mengapa orang ingin bekerja secara remote adalah karena metode tersebut menawarkan lifestyle yang lebih fleksibel. Karena tidak adanya aturan untuk karyawan harus berada di kantor selama jangka waktu yang ditentukan, remote employee jauh dapat fokus pada hal-hal yang penting untuk mereka di luar kantor.

Jika seorang remote employee juga merupakan seorang ibu atau ayah yang memiliki anak. Maka, mereka akan memiliki kesempatan untuk bekerja di waktu yang lebih awal. Sehingga, disaat anak-anaknya pulang dari sekolah, mereka telah sampai dirumah.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi remote employee adalah kamu dapat pendidikan lebih lanjut dalam bidang yang kamu geluti. Melalui ketentuan remote work yang tidak terlalu mementingkan jadwal ketat di tempat kerja. Oleh karena itu, remote employee dapat melanjutkan pendidikan mereka di siang hari dan menyelesaikan pekerjaan mereka dimalam hari.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Officeless hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Produktivitas Menjadi Tinggi

Salah satu alasan yang paling diperhatikan apabila karyawan-karyawan melakukan remote work adalah peningkatan produktivitas karna fleksibilitasnya. Remote employee biasanya akan jauh lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan mereka.

Karyawan yang bekerja remote biasanya akan memberika hasil yang ekstra bahkan melampaui pekerjaan yang dilakukan dibandingkan dengan karyawan di kantor. Dua pertiga manajer yang disurvei melaporkan peningkatan produktivitas keseluruhan dari remote employee mereka.

Tempat yang Lebih Nyaman dan Sesuai Keinginan

Remote employee pastinya adalah orang-orang yang mementingkan suasana kerja. Bagi mereka, suasana kerja yang nyaman dan bagus akan menambah kreatifitas dan ide-ide. Mereka dapat bekerja dari rumah, tidak perlu stres dengan tekanan di kantor secara pribadi.

Deadline kerjaan atau tekanan kerja lainnya tidak akan terasa saat bekerja dengan suasana nyaman dan ditempat yang kamu inginkan. Bagi orang-orang yang bisa bekerja dari rumah, hal ini merupakan sebuah penghematan bagi mereka. Karena, mereka tidak perlu mengeluarkan uang transportasi dan uang makan.

Jauh dari Stress

Para remote employee akan cenderung jauh dari stress, selain itu mereka biasanya memiliki semangat kerja lebih tinggi daripada karyawan lainnya yang bekerja kantor. Kondisi jalanan yang macet dan waktu cukup lama pada pagi hari yang harus ditempuh seseorang untuk menuju kantor tentu saja bisa menimbulkan stress. Dengan menghilangkan jam kantor dan beban perjalanan mereka, lalu membiarkan para remote employee bekerja di lingkungan yang nyaman bagi mereka.

Perusahaan akan menghasilkan karyawan-karyawan yang lebih bahagia dan bebas stres. Karyawan yang menggunakan metode remote work akan lebih bertanggung jawab dan fokus dalam peran mereka. Karyawan yang lebih bahagia dan sehat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dan sempurna. Disaat karyawan bahagia maka, mereka akan merasa lebih berkomitmen pada apa yang dikerjakan, dan juga loyal pada perusahaan dimana ia bekerja. Jika dilihat bedasarkan kesehatan mental karyawan, maka remote work dinilai sebagai cara yang tepat untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Menghasilkan Karya yang Lebih Kreatif

Tertekan dalam pekerjaan dan persaingan antar karyawan dapat membuat daya kreativitas seseorang menurun drastis. Menurunnya kreativitas seseorang akan berpengaruh pada penurunan produktivitas kerja mereka. Hal ini akan sangat fatal bila terus menerus dilakukan dan tidak ditanggulangi.

Kegiatan dan rutinitas yang berulang ulang membosankan di kantor juga berpengaruh besar dalam membuat seorang karyawan berada dalam mood yang tidak baik dan stabil. Bekerja secara remote dapat membuat karyawan-karyawan menjadi jauh lebih kreatif. Hal ini juga merupakan tantangan yang mengasyikkan bagi beberapa orang karena biasanya bekerja di tempat terbuka juga dapat menambah inspirasi.

Menghemat Biaya Perusahaan

Remote employee juga bagus untuk menghemat anggaran dari perusahaan. Jika karyawan-karyawan dapat bekerja remote dengan penuh, maka perusahaan akan mendapatkan penurunan overhead dari uang yang dihemat untuk biaya seperti sewa dan perabot kantor. Hal ini dapat memberikan untung yang cukup banyak kepada perusahaan apabila remote employee bisa diatur sedemikian rupa.

Anggaran untuk sewa menurun, dan perusahaan tetap mendapatkan hasil yang baik dari para karyawannya. Selain biaya perusahaan yang bisa dihemat, biaya yang dikeluarkan oleh karyawan untuk transport dan konsumsi pun berkurang. Maka, karyawan juga dapat menghemat dan menabung uangnya.

Manfaat-manfaat yang disebutkan diatas merupakan hal yang akan kamu dapatkan apabila mengerjakan pekerjaan secara remote. Meskipun, banyak perusahaan yang masih ragu untuk menggunakan cara seperti ini karena mungkin akan ada satu atau dua karyawan yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaannya. Untuk mendukung perusahaan kamu agar siap memiliki remote employe salah satu hal yang harus dilakukan adalah menyediakan aplikasi untuk absen online.

Melalui absen online, karyawan-karyawan akan tetap terkontrol oleh perusahaan dimana pun dan kapan pun mereka mengerjakan pekerjaan yang dimiliki. Jojonomic merupakan solusi bagi perusahaan kamu untuk memulai langkah menjadi perusahaan yang lebih maju dengan melakukan remote work. Jojonomic memiliki aplikasi Jojotimes yang merupakan aplikasi absen online dengan fitur biometric face recognition. Absen lebih mudah dan fleksibel! Yuk, coba sekarang juga!