Rencana Pemasaran Perusahaan Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tujuan

Rencana Pemasaran Perusahaan Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tujuan — Rencana pemasaran pada dasarnya merupakan suatu bagian dari proses manajemen yang cenderung mengarah pada strategi pemasaran. Umumnya jika suatu perusahaan memiliki rencana pemasaran yang baik maka perusahaan tersebut dapat mencapai keuntungan dengan berbagai macam cara yang cenderung efektif dan efisien. Dalam hal ini hal-hal yang tergolong sebagai bentuk dari rencana pemasaran yaitu pengumpulan informasi dan penyebarluasan informasi. Selain itu kegiatan ini juga meliputi strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Seluruh komponen ini pada dasarnya merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk dapat menggunakan sumber daya yang ada secara masikmal.

Rencana strategi dalam pemasaran memang merupakan suatu hal yang penting dan harus dilakukan oleh suatu perusahaan jika perusahaan tersebut ingin meraih keuntungan besar dengan cara yang efektif dan efisien. Seluruh bentuk dari rencana pemasaran tampaknya juga harus mendapat dukungan penuh terutama dari tim pemasaran atau marketing sehingga kegiatan pemasaran nantinya dapat berjalan dengan baik.

Rencana tersebut sebenarnya juga melibatkan beberapa peran penting terutama dalam proses pelaksanaannya. Jika strategi dan proses pemasaran bisa berjalan sesuai dengan  marketing plan yang telah dibentuk maka sudah tentu kegiatan pemasaran tersebut berjalan dengan baik. Dengan demikian pencapaian tujuan oleh perusahaan bisa cenderung lebih mudah untuk dicapai. Tentu saja hal ini berarti bahwa rencana perusahaan telah membantu perusahaan untuk memperoleh pencapaian hasil.

Oops! We could not locate your form.

Pengertian

Rencana Pemasaran Perusahaan Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tujuan — Ada beberapa definisi yang diberikan oleh beberapa ahli mengenai rencana dalam strategi pemasaran. Menurut ahli Kurowski dan Sussman misalnya rupanya rencana pemasaran diartikan sebagai suatu dokumen yang di dalamnya terdapat beberapa hal meliputi analisis situasi pemasaran saat ini dan analisis peluang serta ancaman. Di dalam rencana  ini juga tedapat sasaran dan strategi pemasaran serta program tindakan dan pendapatan yang diproyeksikan.

Di sisi lain rupanya seorang ahli yang lain seperti Malcom McDnald juga memberikan definisi dari istilah rencana untuk pemasaran. Menurutnya rencana pemasaran berarti suatu proses manajemen yang cenderung mengarah pada suatu kegiatan perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan suatu urutan logis dalam suatu rangkaian aktivitas yang mengarah pada penetapan tujuan pemasaran.

Selain itu dalam rencana bagi pemasaran ini juga terdapat hal yang berkaitan dengan pembuatan rumusan perencanaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada dasarnya suatua rencana pemasaran memang berkaitan dengan bagaimana suatu perusahaan nantinya akan melkukan proses pemasaran sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam pencapaian tujuan.

Tujuan Rencana Pemasaran

Rencana Pemasaran Perusahaan Adalah: Pengertian, Manfaat dan Tujuan — Dalam usahanya mencapai tujuan melalui kegiatan yang efektif dan efisien maka perusahaan melakukan rencana untuk pemasaran agar dapat menjadi dasar bagi pencarian strategi atau praktek pemasaran oleh tim marketing di siatu perusahaan. Jika dilihat lebih lanjut sebenarnya banyak pemilik perusahaan yang membuat marketing plan atau rencana strategi pemasaran namun kemudian tim marketing perusahaan tidak menjalankannya. Padahal sebenarnya suatu rencana diadakan dengan maksud untuk memberikan arahan bagi tim marketing atau tim pemasaran dalam mencapai tujuan bisnis yang telah direncanakan oleh suatu perusahaan.

Tim marketing atau pemasaran dalam hal ini memang merupakan tokoh yang berperan penting dalam membantu perusahaan untuk bisa mencapai tujuannya. Oleh karena itu sebenarnya suatu rencana bagi pemasaran sanga dibutuhkan agar dapat menjadi rujukan sehingga kegiatan pemasaran nantinya dapat dinilai hasilnya secara berkala. Dengan adanya rencana strategi untuk pemasaran maka diharapkan agar tim marketing dapat mengetahui berbagai informasi mengenai perubahan pasar dan kompetitor. Selain itu tim marketing diharapkan juga agar dapat menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan berbagai organisasi atau mungkin dengan perusahaan lainnya. Melalui adanya rencana pemasaran diharapkan agar terjadi pula suatu bentuk penyesuaian bisnis sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara lebih efektif dan efisien.

Manfaat

Penyusunan atau pembuatan rencana strategi bagi pemasaran seharusnya dilakukan secara terperinci. Sebab pembuatan rencana dengan terperinci merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pada dasarnya pemasaran merupakan bagian yang sangat penting pada suatu perusahaan. Bahkan tim pemasaran sebenarnya sama pentingnya dengan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Atau mungkin saja aktivitas pemasaran juga sama pentingnya dengan layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. Tanpa adanya pemasaran dalam suatu perusahaan maa konsumen ataupun klien tidak akn bisa memperoleh informasi mengenai suatu perusahaan.

Kondisi ini tentu saja akan mmebuat konsumen atau klien tidak akan dapat melakukan kegiatan pembelian terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Akibatnya perusahaan Anda tidak akan memperoleh keuntungan karena tidak adanya pemasukan dari konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kegiatan pemasaran yang di dalamnya terdapat kegiatan promosi mengenai produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Namun sebelumnya perlu dibuat suatu rencana yang baik agar aktivitas pemasaran dapat mencapai koordinasi yang lebih baik.

Fungsi Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran adalah dokumen operasional yang menguraikan strategi periklanan yang akan diterapkan organisasi untuk menghasilkan arahan dan mencapai pasar sasarannya.

Sebuah rencana pemasaran merinci penjangkauan dan kampanye yang akan dilakukan selama suatu periode, termasuk bagaimana perusahaan akan mengukur efek dari inisiatif ini. Fungsi dan komponen rencana pemasaran meliputi:

  • Riset pasar untuk mendukung keputusan harga dan entri pasar baru
  • Pesan yang disesuaikan yang menargetkan demografi dan wilayah geografis tertentu
  • Pemilihan platform untuk promosi produk dan layanan digital, radio, Internet, majalah perdagangan, dan campuran platform tersebut untuk setiap kampanye
  • Metrik yang mengukur hasil upaya pemasaran dan jadwal pelaporannya

Rencana pemasaran didasarkan pada strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan.

POIN PENTING

  • Rencana pemasaran merinci strategi yang akan digunakan perusahaan untuk memasarkan produknya kepada pelanggan.
  • Rencana tersebut mengidentifikasi pasar sasaran, proposisi nilai merek atau produk, kampanye yang akan dimulai, dan metrik yang akan digunakan untuk menilai efektivitas inisiatif pemasaran.
  • Harus disesuaikan secara berkelanjutan berdasarkan temuan dari metrik yang menunjukkan upaya mana yang berdampak dan mana yang tidak.
  • Rencana pemasaran adalah bagian penting dari rencana bisnis Anda secara keseluruhan.
  • Harus fokus pada audiens target bisnis.
  • Rencana pemasaran akan membantu memandu upaya pemasaran Anda setiap tahun.
  • Selalu pastikan bahwa strategi pemasaran yang Anda gunakan sejalan dengan tujuan dan rencana yang Anda buat untuk bisnis.

 

Memahami Rencana Pemasaran

Istilah rencana pemasaran dan strategi pemasaran sering digunakan secara bergantian karena rencana pemasaran dikembangkan berdasarkan kerangka kerja strategis yang menyeluruh. Dalam beberapa kasus, strategi dan rencana dapat digabungkan ke dalam satu dokumen.

Terutama untuk perusahaan kecil yang hanya menjalankan satu atau dua kampanye besar dalam satu tahun. Rencana tersebut menguraikan aktivitas pemasaran setiap bulan, triwulanan, atau tahunan sementara strategi pemasaran menguraikan proposisi nilai keseluruhan

Membuat Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran mempertimbangkan proposisi nilai bisnis. Proposisi nilai adalah janji nilai keseluruhan yang akan dikirimkan kepada pelanggan dan merupakan pernyataan yang muncul di depan dan tengah situs web perusahaan atau materi branding apa pun.

Proposisi nilai harus menyatakan bagaimana produk atau merek memecahkan masalah pelanggan, manfaat produk atau merek, dan mengapa pelanggan harus membeli dari perusahaan ini dan bukan dari perusahaan lain. Rencana pemasaran didasarkan pada proposisi nilai ini kepada pelanggan.

Rencana pemasaran mengidentifikasi pasar sasaran untuk suatu produk atau merek. Riset pasar sering kali menjadi dasar untuk pasar sasaran dan keputusan saluran pemasaran. Misalnya, apakah perusahaan akan memasang iklan di radio, media sosial, melalui iklan online, atau di TV regional.

Rencana pemasaran mencakup alasan pengambilan keputusan ini. Rencana tersebut harus fokus pada pembuatan, waktu, dan penempatan kampanye tertentu dan mencakup metrik yang akan mengukur hasil dari upaya pemasaran.

Menjalankan Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran dapat disesuaikan kapan saja berdasarkan hasil dari metrik. Jika iklan digital berkinerja lebih baik dari yang diharapkan, misalnya, anggaran untuk kampanye dapat disesuaikan untuk mendanai platform yang berkinerja lebih tinggi atau perusahaan dapat memulai anggaran baru. Tantangan bagi para pemimpin pemasaran adalah memastikan bahwa setiap platform memiliki waktu yang cukup untuk menunjukkan hasil.

Pemasaran digital menunjukkan hasil hampir secara real-time, sedangkan iklan TV membutuhkan rotasi untuk mewujudkan tingkat penetrasi pasar apa pun. Dalam model bauran pemasaran tradisional, rencana pemasaran akan termasuk dalam kategori “promosi”, yang merupakan salah satu dari empat “P”, istilah yang diciptakan oleh Neil Borden untuk menggambarkan bauran pemasaran produk, harga, promosi, dan tempat.

Jenis Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran menguraikan strategi pemasaran khusus bisnis dan mencakup tindakan nyata yang harus diambil dan hasil yang diharapkan. Rencana pemasaran berfungsi sebagai peta jalan bagi perusahaan untuk melaksanakan dan mengukur hasil upaya pemasaran selama periode tertentu. Ada berbagai jenis rencana pemasaran, termasuk:

  • Pemasaran berbayar : Periklanan dan bayar per klik
  • Pemasaran media sosial : Menggunakan saluran media sosial yang berbeda, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter
  • Marketing jangka waktu : Kampanye yang digunakan selama jangka waktu yang ditentukan
  • Pemasaran konten : Menggunakan konten asli untuk memamerkan produk atau layanan
  • Pemasaran produk atau layanan baru : Rencanakan untuk memamerkan peluncuran produk

Elemen Penting Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran dapat bervariasi tergantung pada industri, jenis produk atau layanan, dan tujuan yang ingin Anda capai, tetapi ada elemen penting tertentu yang termasuk dalam sebagian besar rencana:

Ringkasan eksekutif dan deskripsi bisnis

Ringkasan eksekutif adalah gambaran tingkat tinggi dari rencana pemasaran. Bagian ini harus memberikan ringkasan singkat dari rencana tersebut bagi mereka yang mungkin tidak membaca seluruh dokumen.

Deskripsi bisnis adalah tentang bisnis itu termasuk lokasi, pemilik bisnis, posisi di pasar,  pernyataan misi  dan nilai inti perusahaan, dan faktor eksternal yang saat ini memengaruhi atau pada akhirnya dapat memengaruhi bisnis.

Analisis situasi

Analisis situasi merinci konteks untuk upaya pemasaran Anda. Pada bagian ini, akan melihat lebih dekat pada faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi strategi pemasaran. Banyak perusahaan melakukan analisis SWOT, yang menggabungkan analisis eksternal dan internal untuk meringkas kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Sasaran pemasaran dan sasaran bisnis

Sasaran pemasaran akan terkait dengan tujuan bisnis secara keseluruhan, tetapi mereka hanya akan fokus pada bagian bisnis yang dapat dipengaruhi pemasaran.

Misalnya, jika tujuan keseluruhan perusahaan adalah untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis yang berulang dengan persentase tertentu di tahun depan, maka tujuan pemasaran terkait mungkin untuk mendapatkan sejumlah pelanggan untuk mendaftar program penghargaan setiap bulan.

Target pasar dan rencana pengiriman

Konsep pasar sasaran adalah salah satu aspek terpenting dari pemasaran. Tidak realistis untuk berpikir bahwa dapat menarik semua orang, jadi perlu mengidentifikasi pelanggan ideal. Ingin tahu apa yang mereka sukai, apa yang tidak mereka sukai, dan di mana dapat menemukannya.

Rencana distribusi dan pengiriman menguraikan bagaimana perusahaan akan menjual dan mengirimkan produknya ke pelanggan. Metode penjualan dan pengiriman termasuk eceran, grosir, langsung ke rumah atau bisnis, atau online.

Proposisi dan taktik penjualan yang unik

Proposisi penjualan yang unik  menggambarkan bagaimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan kompetitif di pasar dengan menyediakan satu atau lebih dari manfaat berikut untuk pelanggan:

  1. Memberikan produk yang unik atau unggul
  2. Menawarkan harga yang lebih rendah
  3. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik
  • Pedoman perpesanan
  • Anggaran
  • Pelacakan dan evaluasi

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Penyusunan Rencana Pemasaran

Dalam meyusun suatu rencana untuk pemasaran bisnis maka dibutuhkan keterlibatan dari beberapa komponen yang ada pada suatu perusahaan. Pada dasarnya suatu rencana meliputi beberapa hal penting misalnya seperti pencarian deskripsi mengenai pesain dan pencarian data mengenai permintaan akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Untuk itu suatu rencana strategi pemasaran perlu disusun dengan langkah awal melakukan analisis situasi. Hal ini merupakan komponen utama dalam melakukan penyusunan rencana sehingga kekuatan dan kelemahan perusahaan nantinya dapat diidentifikasi. Selain itu tujuan dan sasaran juga perlu dirumuskan dalam penyusunan rencana tersebut. Sasaran atau target dari kegiatan pemasaran haruslah ditetapkan agar tujuan perusahaan berupa keuntungan besar bisa tercapai dengan cara yang lebih mudah.

Kesimpulan

Melalui rencana dalam pemasaran yang tepat tentu strategi perusahaan bisa tercapai dengan baik. Oleh sebab itu merencanakan strategi yang tepat memang sangat penting bagi keberhasilan tujuan perusahaan itu sendiri. Tidak terbatas pada perencanaan dan strategi pemasaran yang sesuai, tetapi mengelola sumber daya perusahaan juga merupakan salah satu unsur penting yang tidak boleh terlupakan. Salah satunya melalui manfaat yang dapat diberikan oleh JojoTimes. Dimana melalui software tersebut maka perusahaan lebih mudah melihat kemampuan karyawan serta dapat mengidentifikasi sisi kekuatan dan kelemahan sumber daya manusia yang dimiliki. Sehingga merencanakan strategi pemasaran perusahaan melalui pengelolaan sumber daya karyawan bisa lebih maksimal dan praktis.

Hal ini berkat beberapa fitur JojoTimes yang nantinya bisa memudahkan perusahaan dalam memantau kinerja karyawannya. Termasuk yaitu fitur-fitur menarik berikut ini:

  • Integrated Attendance System
  • Import and Export Employee Data
  • Actual Real-Time Monitoring

Serta masih banyak fitur lainnya yang bisa membantu perusahaan menjadi lebih baik di kemudian harinya. Oleh sebab itu segeralah benahi sistem yang ada pada perusahaan Anda sekarang. Jangan tunggu menyesal karena data karyawan yang tidak tersimpan dengan baik. Segera dapatkan informasi coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda sekarang juga. Lihatlah bagaimana sistem tersebut bekerja mempermudah tim Anda melakukan pemantauan termasuk menjalankan strategi-strategi pemasaran yang hebat nantinya. Dijamin hasil akhirnya akan memuaskan!