Rencana Pemasaran Perusahaan, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Utamanya

Rencana pemasaran pada dasarnya merupakan suatu bagian dari proses manajemen yang cenderung mengarah pada strategi pemasaran. Umumnya jika suatu perusahaan memiliki rencana pemasaran yang baik maka perusahaan tersebut dapat mencapai keuntungan dengan berbagai macam cara yang cenderung efektif dan efisien. Dalam hal ini hal-hal yang tergolong sebagai bentuk dari rencana pemasaran yaitu pengumpulan informasi dan penyebarluasan informasi. Selain itu kegiatan ini juga meliputi strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Seluruh komponen ini pada dasarnya merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk dapat menggunakan sumber daya yang ada secara masikmal.

Rencana strategi dalam pemasaran memang merupakan suatu hal yang penting dan harus dilakukan oleh suatu perusahaan jika perusahaan tersebut ingin meraih keuntungan besar dengan cara yang efektif dan efisien. Seluruh bentuk dari rencana pemasaran tampaknya juga harus mendapat dukungan penuh terutama dari tim pemasaran atau marketing sehingga kegiatan pemasaran nantinya dapat berjalan dengan baik.

Rencana tersebut sebenarnya juga melibatkan beberapa peran penting terutama dalam proses pelaksanaannya. Jika strategi dan proses pemasaran bisa berjalan sesuai dengan  marketing plan yang telah dibentuk maka sudah tentu kegiatan pemasaran tersebut berjalan dengan baik. Dengan demikian pencapaian tujuan oleh perusahaan bisa cenderung lebih mudah untuk dicapai. Tentu saja hal ini berarti bahwa rencana perusahaan telah membantu perusahaan untuk memperoleh pencapaian hasil.

Pengertian

Ada beberapa definisi yang diberikan oleh beberapa ahli mengenai rencana dalam strategi pemasaran. Menurut ahli Kurowski dan Sussman misalnya rupanya rencana pemasaran diartikan sebagai suatu dokumen yang di dalamnya terdapat beberapa hal meliputi analisis situasi pemasaran saat ini dan analisis peluang serta ancaman. Di dalam rencana  ini juga tedapat sasaran dan strategi pemasaran serta program tindakan dan pendapatan yang diproyeksikan.

Di sisi lain rupanya seorang ahli yang lain seperti Malcom McDnald juga memberikan definisi dari istilah rencana untuk pemasaran. Menurutnya rencana pemasaran berarti suatu proses manajemen yang cenderung mengarah pada suatu kegiatan perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan suatu urutan logis dalam suatu rangkaian aktivitas yang mengarah pada penetapan tujuan pemasaran.

Selain itu dalam rencana bagi pemasaran ini juga terdapat hal yang berkaitan dengan pembuatan rumusan perencanaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada dasarnya suatua rencana pemasaran memang berkaitan dengan bagaimana suatu perusahaan nantinya akan melkukan proses pemasaran sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam pencapaian tujuan.

Tujuan Rencana Pemasaran

Dalam usahanya mencapai tujuan melalui kegiatan yang efektif dan efisien maka perusahaan melakukan rencana untuk pemasaran agar dapat menjadi dasar bagi pencarian strategi atau praktek pemasaran oleh tim marketing di siatu perusahaan. Jika dilihat lebih lanjut sebenarnya banyak pemilik perusahaan yang membuat marketing plan atau rencana strategi pemasaran namun kemudian tim marketing perusahaan tidak menjalankannya. Padahal sebenarnya suatu rencana diadakan dengan maksud untuk memberikan arahan bagi tim marketing atau tim pemasaran dalam mencapai tujuan bisnis yang telah direncanakan oleh suatu perusahaan.

Tim marketing atau pemasaran dalam hal ini memang merupakan tokoh yang berperan penting dalam membantu perusahaan untuk bisa mencapai tujuannya. Oleh karena itu sebenarnya suatu rencana bagi pemasaran sanga dibutuhkan agar dapat menjadi rujukan sehingga kegiatan pemasaran nantinya dapat dinilai hasilnya secara berkala. Dengan adanya rencana strategi untuk pemasaran maka diharapkan agar tim marketing dapat mengetahui berbagai informasi mengenai perubahan pasar dan kompetitor. Selain itu tim marketing diharapkan juga agar dapat menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan berbagai organisasi atau mungkin dengan perusahaan lainnya. Melalui adanya rencana pemasaran diharapkan agar terjadi pula suatu bentuk penyesuaian bisnis sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara lebih efektif dan efisien.

Manfaat

Penyusunan atau pembuatan rencana strategi bagi pemasaran seharusnya dilakukan secara terperinci. Sebab pembuatan rencana dengan terperinci merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pada dasarnya pemasaran merupakan bagian yang sangat penting pada suatu perusahaan. Bahkan tim pemasaran sebenarnya sama pentingnya dengan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Atau mungkin saja aktivitas pemasaran juga sama pentingnya dengan layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. Tanpa adanya pemasaran dalam suatu perusahaan maa konsumen ataupun klien tidak akn bisa memperoleh informasi mengenai suatu perusahaan.

Kondisi ini tentu saja akan mmebuat konsumen atau klien tidak akan dapat melakukan kegiatan pembelian terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Akibatnya perusahaan Anda tidak akan memperoleh keuntungan karena tidak adanya pemasukan dari konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kegiatan pemasaran yang di dalamnya terdapat kegiatan promosi mengenai produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Namun sebelumnya perlu dibuat suatu rencana yang baik agar aktivitas pemasaran dapat mencapai koordinasi yang lebih baik.

Penyusunan Rencana Pemasaran

Dalam meyusun suatu rencana untuk pemasaran bisnis maka dibutuhkan keterlibatan dari beberapa komponen yang ada pada suatu perusahaan. Pada dasarnya suatu rencana meliputi beberapa hal penting misalnya seperti pencarian deskripsi mengenai pesain dan pencarian data mengenai permintaan akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Untuk itu suatu rencana strategi pemasaran perlu disusun dengan langkah awal melakukan analisis situasi. Hal ini merupakan komponen utama dalam melakukan penyusunan rencana sehingga kekuatan dan kelemahan perusahaan nantinya dapat diidentifikasi. Selain itu tujuan dan sasaran juga perlu dirumuskan dalam penyusunan rencana tersebut. Sasaran atau target dari kegiatan pemasaran haruslah ditetapkan agar tujuan perusahaan berupa keuntungan besar bisa tercapai dengan cara yang lebih mudah.

Melalui rencana dalam pemasaran yang tepat tentu strategi perusahaan bisa tercapai dengan baik. Oleh sebab itu merencanakan strategi yang tepat memang sangat penting bagi keberhasilan tujuan perusahaan itu sendiri. Tidak terbatas pada perencanaan dan strategi pemasaran yang sesuai, tetapi mengelola sumber daya perusahaan juga merupakan salah satu unsur penting yang tidak boleh terlupakan. Salah satunya melalui manfaat yang dapat diberikan oleh JojoTimes. Dimana melalui software tersebut maka perusahaan lebih mudah melihat kemampuan karyawan serta dapat mengidentifikasi sisi kekuatan dan kelemahan sumber daya manusia yang dimiliki. Sehingga merencanakan strategi pemasaran perusahaan melalui pengelolaan sumber daya karyawan bisa lebih maksimal dan praktis.

Hal ini berkat beberapa fitur JojoTimes yang nantinya bisa memudahkan perusahaan dalam memantau kinerja karyawannya. Termasuk yaitu fitur-fitur menarik berikut ini:

  • Integrated Attendance System
  • Import and Export Employee Data
  • Actual Real-Time Monitoring

Serta masih banyak fitur lainnya yang bisa membantu perusahaan menjadi lebih baik di kemudian harinya. Oleh sebab itu segeralah benahi sistem yang ada pada perusahaan Anda sekarang. Jangan tunggu menyesal karena data karyawan yang tidak tersimpan dengan baik. Segera dapatkan informasi coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda sekarang juga. Lihatlah bagaimana sistem tersebut bekerja mempermudah tim Anda melakukan pemantauan termasuk menjalankan strategi-strategi pemasaran yang hebat nantinya. Dijamin hasil akhirnya akan memuaskan!