Resolusi Finansial 2020 dan Cara Ampuh Mencapainya

Di tahun 2020, banyak hal yang ingin dicapai. Salah satunya adalah mandiri secara finansial. Resolusi finansial tersebut bisa membantu Anda mendapatkan kondisi keuangan yang lebih sehat.

Resolusi atau tujuan yang ingin dicapai ini dapat dilakukan oleh siapapun. Baik oleh orang yang belum memiliki pekerjaan, pekerja lepas hingga perusahaan.

Untuk menuliskan resolusi keuangan sangat mudah. Namun, untuk mencapai resolusi tersebut tidaklah mudah. Mungkin bisa tercapai semuanya dan bisa saja tidak dapat tercapai semua resolusi yang sudah ditulis tersebut.

2 Poin Penting Rancang Resolusi Finansial

Untuk mencapai resolusi keuangan, maka Anda harus memperhatikan 2 point berikut ini. Pertama adalah tujuannya berdasarkan pada kondisi keuangan. Kedua adalah komitmen.

resolusi finansial

Anda harus melihat kondisi keuangan Anda terlebih dahulu. Kemudian buat resolusi finansial baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Tentukan resolusi yang rasional atau sekiranya bisa Anda raih.

Tujuannya adalah agar Anda juga bisa mengukur batas kemampuan Anda dan tetap bisa memotivasi diri Anda sendiri. Sehingga di tengah Anda mencapai resolusi tersebut, Anda tidak merasa terlalu berat dan menyerah.

Point kedua yang tidak kalah penting adalah komitmen. Percuma jika hanya menuliskan resolusi dan walaupun resolusi tersebut mudah, namun jika tidak ada komitmen, maka tidak akan tercapai.

Biasanya terjadi karena kurang motivasi dalam diri sehingga menyebabkan diri sendiri malas berjuang. Akibatnya resolusi tidak tercapai dan kondisi finansial memburuk.

Tidak perlu langsung loncat untuk mencapai resolusi yang besar, Anda bisa secara bertahap mencapai resolusi tersebut. Misalnya bulan pertama penghasilan harus Rp 3 juta, bulan kedua harus punya asset investasi emas 6 gr.

Dengan tahapan ini, bisa membantu Anda untuk secara perlahan meningkatkan disiplin diri sehingga untuk mencapai resolusi tersebut tidak terasa sulit.

Contoh Resolusi FInansial 2020

Ada beberapa contoh resolusi finansial yang bisa Anda catat dan capai di tahun 2020 ini. diantaranya yaitu:

1.     Hidup Hemat dan Minim Belanja

Salah satu hal yang merusak kondisi keuangan adalah hidup konsumtif, terutama untuk wanita. Kala ada baju atau produk baru yang menarik, maka tidak akan ragu untuk membelinya.

Sayangnya perilaku tersebut menyebabkan Anda harus menanggung pengeluaran yang lebih besar. Jika tidak dikontrol akan membuat Anda terlilit hutang.

resolusi finansialKarena itu, di awal 2020 ini, Anda bisa mencoba untuk mengurangi belanja Anda dan mengalihkan uang tersebut ke tabungan atau berinvestasi. Kurangi juga untuk membeli makanan atau jajanan kekinian yang Anda sendiri tidak suka atau hanya sebatas gengsi. Lalu dipamerkan ke media sosial.

2.     Melunasi Hutang

Jangan membiarkan hutang menumpuk walaupun hanya sedikit. Terkadang, karena menganggap hutang tersebut nilainya kecil, kemudian melalaikan hutang tersebut. Tanpa sadar Anda memiliki tumpukan hutang dan membuat Anda terus khawatir bagaimana nanti jika ditagih.

Karena itu, Anda setidaknya harus menyisihkan sedikit uang untuk membayar hutang tersebut. Sedikit demi sedikit, maka Anda akan merasa jika hutang semakin ringan. Sehingga, Anda bisa menggunakan uang pemasukan untuk keperluan yang lainnya.

3.     Punya Lebih dari 1 Rekening

Agar Anda bisa menghitung berapa pemasukan dan berapa pengeluaran yang Anda lakukan, sebaiknya Anda memiliki lebih dari 1 rekening. 1 untuk keperluan Anda sehari-hari, sisanya untuk investasi atau keperluan lainnya.

Untuk rekening yang Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari tersebut, Anda harus mengisi dengan dana pas. Tujuannya adalah agar Anda tidak menggunakan uang dalam jumlah yang terlalu banyak.

resolusi keuanganSedangkan rekening yang satunya hanya khusus untuk simpanan. Sehingga tidak boleh dipergunakan kecuali untuk keperluan tertentu yang mendesak.

Anda bisa menggunakan pembagian 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk utang dan 20% untuk simpanan. Sehingga sesaat setelah Anda mendapatkan uang masuk tersebut, langsung Anda bagi. Dengan begitu, uang tidak langsung habis dan Anda tetap memiliki simpanan.

4.     5 juta Per Bulan

Setiap orang memiliki target yang berbeda. Misalnya menargetkan dalam 1 bulan Anda berpenghasilan Rp 5 jutaan padahal saat ini penghasilan hanya Rp 3 juta per bulan. Anda bisa melakukan pekerjaan tambahan seperti menulis ataupun memotret.

5.     Mempersiapkan Dana Pensiun dan Investasi

Tidak ada yang tahu bagaimana nanti di masa depan. Karena hal itu, Anda harus mempersiapkannya sejak dini. Misalnya dengan mengumpulkan dana pensiun dan cara untuk berinvestasi. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika di masa tua Anda, Anda sudah tidak bisa bekerja kembali.

Cara Mencapai Resolusi Keuangan 2020

Untuk mencapai resolusi finansial yang sudah Anda buat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah.

1.     Mengecek Keuangan Bulanan

Anda harus memiliki catatan anggaran yang bisa Anda pergunakan untuk mengetahui berapa saja dana masuk dan dana keluar per bulannya. Dari catatan bulanan tersebut Anda melakukan evaluasi.

resolusi finansial

Mana yang harus dikurangi dan mana yang jumlahnya harus ditambah. Catatan tersebut juga bisa menjadi motivasi Anda agar Anda bisa lebih berhemat.

2.     Miliki Alasan Kuat

Untuk meningkatkan konsistensi selama anda mencapai resolusi finansial Anda, maka Anda bisa memiliki alasan yang kuat. Misalnya untuk melunasi hutang atau untuk membangun rumah 3 tahun kedepan. Adanya alasan tersebut akan menyebabkan Anda termotivasi setiap hari sehingga Anda bisa mencapai tujuan Anda.

3.     Buat Tahapan

Tahapan untuk resolusi keuangan ini bisa termasuk sebagai resolusi jangka pendek untuk resolusi jangka panjang. Untuk mencapainya, Anda harus merencanakan secara spesifik dan detail. Jangan lupa untuk membuat rencana cadangan sehingga jika rencana awal gagal, Anda tidak perlu khawatir mencari cara untuk mencapai resolusi finansial tersebut.

4.     Beri Reward and Punishment untuk Diri Sendiri

Agar Anda tidak mengulang kesalahan yang sama dan tidak ingin gagal, Anda bisa menerapkan reward and punishment untuk diri Anda sendiri. Tidak perlu yang ekstrim namun yang cukup bisa membantu Anda mengingat dan termotivasi kembali. Sehingga Anda bisa tetap fokus mencapai resolusi keuangan tersebut.

5.     Cari Partner untuk Mengingatkan

Mempercayai diri sendiri untuk mencapai resolusi bukan hal yang salah. Namun, ada kalanya diri sendiri lupa jika harus fokus agar tujuan resolusi bisa tercapai. Karena itu, Anda bisa mencoba untuk meminta bantuan partner atau keluarga anda untuk mengingatkan. Dengan begitu, Anda bisa kembali fokus dan termotivasi.

Capai Resolusi Finansial dengan JojoExpense

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti JojoExpense. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan kendali penuh atas anggaran, terutama untuk perusahaan.

JojoExpense dilengkapi dengan mobile approval, capture expense, budget controlling dan cash advanced. Dengan fitur tersebut, Anda bisa memantau kondisi keuangan Anda sehingga finansial tetap sehat.

Untuk mencapai resolusi finansial dengan JojoExpense, coba kunjungi langsung websitenya. Lalu download versi gratisnya dan silakan dicoba. Semoga sukses mencapai resolusi keuangan dengan pengelolaan semakin baik!