7 Keuntungan Rotasi Pekerjaan Dalam Perusahaan

Mengerjakan sesuatu yang sama dari hari ke hari hingga bertahun-tahun lamanya bisa membuat seorang karyawan merasa stagnan. Pekerjaan yang monoton memang mudah menimbulkan rasa bosan yang berlebihan. Oleh sebab itu rotasi pekerjaan pada sebuah perusahaan sering kali dianggap penting. Sehingga beberapa perusahaan memiliki program untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya melakukan rotasi pekerjaan ini membawa beberapa perubahan dan keuntungan yang positif. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini 7 keuntungan rotasi pekerjaan dalam perusahaan.

1. Menyalurkan Minat Karyawan

Melalui proses rotasi tersebut, maka ada kesempatan yang bisa diperoleh karyawan untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Terutama kemampuan yang sebelumnya tidak diketahui. Misalnya memindahkan staf bagian keuangan ke bagian pembelian. Bisa jadi dengan memindah ke bagian yang lain maka kinerja karyawan jauh lebih optimal. Karena bisa saja latar belakang Pendidikan sebelumnya yang lebih berkaitan. Inilah fakta yang sering kali terjadi pada sebuah perusahaan. Dimana karyawan belum tentu menempati posisi sesuai latar belakang pendidikan. Dengan sistem rotasi, maka potensi menentukan posisi karyawan berdasarkan kemampuan dan pendidikannya bisa terbuka lebih lebar.

2. Identifikasi Posisi Terbaik

Masih berkaitan dengan minat dan bakat karyawan, rotasi pekerjaan membantu supaya perusahaan lebih mudah mengidentifikasi mana posisi yang paling sesuai untuk karyawannya tersebut. Sehingga dengan demikian posisi yang sesuai akan membawa hasil pekerjaan yang jauh lebih optimal. Bila kondisi dan tugas yang diterima sesuai kemampuan, maka tentu otomatis pekerjaan berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga dalam hal ini perusahaan juga menerima keuntungan berupa efisiensi karyawan yang optimal. Oleh sebab itu tidak perlu ragu untuk melakukan rotasi terhadap para karyawan. Bisa saja dengan cara yang demikian maka struktur organisasi perusahaan bisa berjalan lebih baik dari yang sebelumnya. Terutama secara teknis dan jalannya proses pekerjaan itu sendiri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Suasana Kerja Yang Baru

Umumnya rotasi kerja akan memberikan suasana yang baru bagi para karyawan. Baik itu lokasi kerja yang baru hingga kawan-kawan yang baru dalam departemen atau lokasi rotasi mereka. Penyegaran ini cukup penting dan bermanfaat untuk karyawan. Memberikan suasana kerja yang baru sedikit banyak akan menimbulkan semangat kerja yang baru juga. Sehingga di awal yang baru umumnya seseorang akan lebih merasa semangat menjalankan pekerjaannya. Demikian juga halnya saat karyawan mendapatkan suasana yang baru meskipun dalam perusahaan yang sama. Hal ini pasti membawa perubahan suasana dalam diri karyawan. Terutama jika posisi dan suasana yang ditawarkan jauh lebih baik. Tentu hal ini akan memicu semangat kerja karyawan hingga memberikan hasil yang lebih optimal setiap harinya.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan semangat kerja di bagian yang baru, otomatis karyawan akan lebih merasa bahagia dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Hal ini tentu akan berujung pada kinerja karyawan yang lebih maksimal serta peningkatan pada produktivitasnya. Karyawan yang berpindah ke divisi lain sering kali merasa tertantang dan ingin membuktikan kesanggupannya melakukan tugas yang diberikan oleh atasan barunya. Sehingga hal ini memicu rasa tanggung jawab dan dedikasi yang cukup optimal pada pekerjaannya. Secara tidak langsung tentu hal ini membawa pada produktivitas perusahaan yang lebih maksimal di akhirnya.

5. Mengurangi Resiko Turnover Yang Tinggi

Salah satu strategi terbaik dalam mengurangi turnover yang cukup tinggi pada sebuah perusahaan termasuk dengan melakukan rotasi karyawan. Hal ini karena ada banyak karyawan yang mengundurkan diri umumnya karena merasa bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja. Bahkan ada pula karyawan yang mengundurkan diri karena posisinya saat ini tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Melalui program rotasi, hal ini seolah memberikan kesempatan baru pada karyawan untuk bekerja sesuai latar belakang dan pengalamannya. Sehingga otomatis ada rasa apresiasi dari karyawan yang didengar oleh pihak perusahaan. Dengan kata lain, rotasi pada pekerjaan untuk karyawan bisa membantu menghindari turnover dan mempertahankan karyawan yang potensial. Otomatis hal ini juga memimpin perusahaan pada kinerja yang lebih baik serta prestasi kerja yang lebih maksimal.

6. Mendorong Perkembangan Karyawan

Dengan melaksanakan rotasi yang tepat dan sesuai kebutuhan baik untuk karyawan maupun perusahaan, di sisi lain hal ini membantu juga supaya karyawan bisa lebih berkembang. Bayangkan jika karyawan pada akhirnya menduduki posisi yang paling disukai atau paling sesuai karakternya atau paling tepat dengan latar belakang kemampuannya. Tentu saja hal ini mendorong kinerja karyawan yang jauh lebih baik dalam menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas juga. Karyawan secara tidak langsung akan makin berkembang serta potensi yang dimiliki bisa dieksplor dengan baik untuk kemajuan dan keuntungan perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan memiliki aset terbaik berupa karyawan itu sendiri.

7. Minimalisasi Kejenuhan

Melakukan rotasi pekerjaan juga membantu mengatasi rasa stress dan dampak psikologis pada karyawan. Beberapa karyawan yang telah bekerja di satu bidang terus menerus sering mengalami stress dan rasa jenuh. Oleh sebab itu dengan berpindah pada divisi lainnya dan melakukan tugas yang baru, maka rasa jenuh tersebut dapat disingkirkan dan diganti oleh semangat yang baru. Hal ini akhirnya memberikan dampak positif pada sisi psikologis karyawan sepenuhnya. Hari yang baru serta semangat kerja yang baru membawa perilaku diri karyawan yang lebih positif. Sehingga akhirnya juga bisa memberikan kontribusi yang cukup baik untuk kemajuan perusahaan. Karyawan merasa senang dan bahagia, perusahaan juga lebih optimal dan sukses.

Melalui program rotasi pekerjaan yang baik dalam suatu perusahaan, maka tentu hal ini membawa makna yang positif bagi pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Oleh sebab itu setiap tahunnya dalam evaluasi kinerja karyawan, hal ini merupakan salah satu unsur yang selalu diperhatikan. Dengan memberi kesempatan baru pada masing-masing karyawan, secara tidak langsung maka perusahaan juga memperoleh dampak positifnya seperti yang telah disebutkan di atas.

Adapun dari sini sangat penting jika perusahaan melakukan perencanaan rotasi pekerjaan yang baik dan tepat sasaran. Oleh sebab itu untuk hasil terbaik sebaiknya gunakan saja JojoTimes sebagai aplikasi yang akan membantu tim HRD dalam mengatur rotasi pekerjaan semaksimal mungkin. Berkat fitur-fitur seperti misalnya Import and Export Employee Data, Secured Cloud Based Storage, maupun Task Management Tool maka perusahaan lebih mudah untuk mengontrol rotasi yang akan dilakukan bagi para karyawannya. Sehingga hal ini juga secara tidak langsung membawa manfaat berupa sistem yang jauh lebih efektif dan efisien, serta lebih teratur dan sistematis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jadi, hindari kesulitan melaksanakan program rotasi karyawan secara optimal. Gunakan segera JojoTimes dan coba gratis di perusahaan Anda untuk bukti yang nyata. Bersama JojoTimes, maka baik karyawan maupun perusahaan akan menuju pada hari depan yang lebih baik. Pasti!